Review Kode Broker YB – JUC Sekuritas (2023): Kelebihan, Kekurangan, dan Fitur
BROKER, Review 30 Broker Forex

Review Kode Broker YB – JUC Sekuritas (2023): Kelebihan, Kekurangan, dan Fitur

Kode broker YB adalah kode broker saham yang dimiliki oleh salah satu perusahaan sekuritas resmi di Indonesia yang telah berdiri selama lebih dari 30 tahun. Untuk investor kawakan yang sudah bertahun-tahun berinvestasi di pasar modal, Anda pasti sudah mengenal baik bagaimana sepak terjang dari broker YB. Pemilik kode broker YB adalah PT Jasa Utama Capital Sekuritas atau lebih dikenal investor dengan nama JUC Sekuritas.

Sebagai perusahaan sekuritas aktif dan resmi di Indonesia, tentu banyak investor yang tertarik untuk berinvestasi melalui broker ini. Bagi investor yang ingin berinvestasi di broker YB, sebaiknya Anda baca dulu review lengkap mengenai kode broker YB terbaru 2023 yang sudah kami siapkan di artikel ini agar Anda bisa mengetahui apa saja kelebihan, kekurangan, dan juga fitur yang ditawarkan di broker ini.

YB Broker Apa?

Saat ini, Bursa Efek Indonesia (BEI) memiliki jumlah anggota bursa terdaftar sebanyak lebih dari 80 perusahaan sekuritas. Salah satu di antaranya adalah PT Jasa Utama Capital Sekuritas (JUC Sekuritas) dengan kode broker YB.

Pada ruang lingkup bisnis sekuritas, kode broker saham yang dimiliki oleh masing-masing perusahaan sekuritas dijadikan sebagai identitas sebuah perusahaan sekuritas yang membedakan antara satu sekuritas dengan sekuritas lainnya.

Contohnya seperti Erdhika Sekuritas dengan kode broker AO, Trimegah Sekuritas dengan kode broker LG, dan UBS Sekuritas Indonesia dengan kode broker AK. Semua perusahaan sekuritas tersebut punya kode broker yang berbeda antara satu perusahaan sekuritas dengan perusahaan sekuritas lainnya dan kode broker saham tersebut dijadikan sebagai identitas sebuah perusahaan sekuritas.

Review Kode Broker YB – JUC Sekuritas (2023): Kelebihan, Kekurangan, dan Fitur
(Sumber: OJK)

PT Jasa Capital Utama Sekuritas (broker YB) adalah perusahaan sekuritas yang berdiri pada tanggal 28 September 1989. Broker ini sudah mengantongi izin usaha dari OJK sebagai Perantara Perdagangan Efek (PPE) sejak tahun 1992 dan sudah menjadi Anggota Bursa di Bursa Efek Indonesia (BEI) sejak tahun 1995.

Selain memiliki izin usaha sebagai Perantara Perdagangan Efek (PPE) dan menjadi Anggota Bursa, broker YB juga sudah mengantongi izin usaha dari OJK sebagai Penjamin Emisi Efek (PEE) sejak tahun 2012.

Menurut situs resmi perusahaan, kode broker YB resmi diberikan kepada PT Jasa Utama Capital Sekuritas sejak perusahaan sekuritas ini resmi menjadi Anggota Bursa pada tanggal 13 April 1995 sesuai dengan surat No.SPAB 96/JATS/BEJ.I.1/V/1995 yang dikeluarkan Bursa Efek Indonesia (BEI).

Sebelum berubah nama menjadi PT Jasa Utama Capital Sekuritas yang kita kenal saat ini, perusahaan sekuritas ini sebelumnya bernama PT Kapitalindo Investama. Barulah pada Januari 2017, broker YP resmi berubah nama perusahaan menjadi PT Jasa Utama Capital Sekuritas yang memiliki alamat kantor terdaftar di Gedung Kospin Jasa Lantai 7-8, Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 1, Menteng Dalam, Jakarta Selatan.

Broker YB juga diketahui memiliki sejumlah cabang yang tersebar di beberapa kota di Indonesia, antara lain Batam, Manado, Semarang, Bandung, Jakarta, Solo, Padang, hingga Medan. Soal legalitas, PT Jasa Utama Capital Sekuritas sudah terdaftar di BEI maupun OJK, sehingga perusahaan sekuritas ini legal dan aman bagi investor yang ingin berinvestasi melalui broker ini.

Pilihan Produk Keuangan yang Ditawarkan Kode Broker YB

Jika dilansir dari situs resmi perusahaan, broker YB diketahui melayani perdagangan saham dan juga menyediakan layanan investasi perbankan.

1.  Saham

Saham adalah satu-satunya produk keuangan yang ditawarkan broker YB kepada investor. Melalui investasi saham, investor bisa mendapatkan keuntungan dari pembagian dividen dan capital gain. Untuk bisa memaksimalkan potensi cuan dari investasi saham, setiap investor perlu mempertimbangkan beberapa hal terlebih dahulu sebelum berinvestasi. Hal ini dikarenakan saham adalah produk keuangan yang berisiko sehingga tidak semua profil investor cocok dengan produk keuangan ini.

Jadi, sebelum berinvestasi saham sebaiknya investor ketahui terlebih dahulu apakah profil investor Anda sudah sesuai atau belum dengan ciri-ciri investor saham di bawah ini:

·  Apakah Anda punya modal yang cukup besar atau tidak?·  Apakah Anda punya waktu untuk memantau market dan harga saham?·  Apakah Anda memiliki pengetahuan investasi atau tidak?

Jika Anda punya modal investasi yang cukup besar, punya waktu untuk memantau market dan harga saham, dan memiliki pengetahuan tentang ilmu investasi. Profil investor inilah yang sangat cocok untuk berinvestasi pada saham. Walaupun ada banyak saham yang bisa Anda beli dengan harga yang sangat murah, namun Anda perlu berhati-hati dengan saham gorengan yang bisa naik begitu tajam dan bisa turun secara drastis.

Inilah alasan mengapa sebelum berinvestasi saham, pastikan bahwa profil investor Anda sudah sesuai dengan ciri-ciri investor yang sudah dijelaskan sebelumnya. Melalui broker YB, investor bisa melakukan transaksi jual/beli saham yang terdaftar di IDX dengan keuntungan memperoleh dividen dan capital gain.

2.  Layanan Investasi Perbankan

Selain menyediakan perdagangan saham bagi investor, Jasa Utama Capital Sekuritas (broker YB) juga menyediakan layanan investasi perbankan bagi investor institusi yang ingin meningkatkan permodalan lewat IPO, merger, akuisisi, dan aksi korporasi lainnya.

Layanan yang ditawarkan broker YB ini sudah sesuai dengan izin usaha yang sudah dikantongi PT Jasa Utama Capital Sekuritas dari OJK sebagai Penjamin Emisi Efek (PEE). Salah satu klien mereka adalah PT Bhakti Multi Artha Tbk (BATI), PT Metro Healthcare Indonesia Tbk (CARE), dan PT Esta Multi Usaha Tbk (ESTA).

Review Aplikasi JUC Sekuritas Terbaru 2023

Untuk melakukan transaksi jual/beli saham di broker YB, PT Jasa Utama Capital Sekuritas menyediakan aplikasi trading bernama JOIN Mobile yang bisa investor akses lewat perangkat berbasis Android dan iOS. Selain itu, aplikasi JUC Sekuritas ini juga tersedia untuk perangkat Windows dan juga dapat diakses melalui website.

Berdasarkan penelusuran kami di Google Play Store, aplikasi JUC Sekuritas ini sudah diunduh lebih dari 5 ribu pengguna dan mendapatkan rating 3,7 dari 32 ulasan saat artikel ini ditulis.

Perangkat AndroidPerangkat iOS

Fitur yang Disediakan Broker YB

Saat Anda melakukan transaksi jual/beli saham di aplikasi JOIN Mobile, aplikasi trading milik JUC Sekuritas ini menyediakan sejumlah fitur yang bisa Anda gunakan selama trading di broker YB. Ini dia beberapa fiturnya:

1.  Smart Order

Keunggulan trading lewat aplikasi adalah bisa memudahkan investor yang ingin melakukan transaksi jual/beli aset dengan lebih cepat dan lebih mudah.

Pada fitur smart order yang terdapat pada aplikasi JOIN Mobile tersedia beberapa fitur yang bisa Anda gunakan seperti GTC, Bracket Order, LIT, Trailing Stop, dan Yuk Nabung Saham. 

2.  Plugin AmiBroker

Selain menawarkan fitur smart order lewat aplikasi JOIN Mobile, JUC Sekuritas juga menyediakan fitur plugin AmiBroker. AmiBroker adalah software charting tools dan analisis teknikal yang biasanya digunakan trader untuk menganalisa pergerakan harga dan chart secara real time.

Dengan fitur plugin AmiBroker yang disediakan broker YB bagi investor, Anda bisa menganalisa pergerakan harga saham dalam chart secara gratis. Untuk bisa menggunakan fitur plugin AmiBroker ini di aplikasi JOIN Mobile, Anda harus log in di AmiBroker.

3.  Financial Comparison

Fitur selanjutnya yang ditawarkan broker YB kepada investor adalah financial comparison. Melalui fitur financial comparison, investor bisa membandingkan satu saham dengan saham lain dari berbagai aspek berdasarkan sejumlah rasio keuangan yang tersedia di aplikasi JOIN Mobile yang dikembangkan oleh JUC Sekuritas.

Cara Buka Akun di Broker YB

Bagi Anda yang tertarik dengan fitur trading yang ditawarkan broker YB, Anda bisa melakukan registrasi akun secara online di JUC Sekuritas dengan mengikuti tahapannya berikut ini. 

·  Unduh aplikasi JOIN Mobile yang tersedia di Google Play Store maupun App Store.
·  Buka aplikasi JOIN Mobile yang sudah terpasang di HP Anda.
·  Pilih Pembukaan Rekening Efek Online.
·  Pada tahapan Verifikasi Data Rekening BCA. Anda akan diminta untuk memasukkan nomor rekening BCA dan diminta memasukkan nama pemegang rekening sesuai dengan nama yang tertera di buku tabungan.
·  Masukkan kode keamanan.
·  Centang kolom persetujuan.
·  Tekan tombol Verifikasi.
·  Jika tahapan Verifikasi Data Rekening BCA sudah berhasil dilakukan, tombol Verifikasi akan berubah menjadi tombol Lanjutkan.
·  Tekan tombol Lanjutkan dan Anda akan diarahkan ke halaman pendaftaran.
·  Pada tahapan Pendaftaran, Anda perlu melewati proses Verifikasi Dukcapil dengan mengisi NIK KTP, nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, dan jenis kelamin. Isi seluruh data ini sesuai dengan KTP Anda.
·  Setelah Anda sudah mengisi seluruh data pribadi yang diminta, langkah berikutnya adalah memasukkan kode keamanan.
·  Tekan tombol Pendaftaran.
·  Tekan Ok pada pesan pernyataan yang menyatakan bahwa seluruh data yang telah Anda isi sudah benar.
·  Setelah berhasil melakukan Verifikasi Dukcapil, Anda akan diminta untuk mengisi data yang belum lengkap seperti nomor NPWP dan kode AO. Untuk kode AO, Anda bisa mengetahuinya dari sales masing-masing. Namun jika tidak ada, Anda bisa mengisi angka 0.
·  Tekan tombol Selanjutnya.
·  Pada formulir Data Alamat, Anda bisa mengisi alamat tempat tinggal sesuai dengan KTP dan domisili Anda saat ini. Selain itu, Anda juga akan diminta untuk mengisi Data Kontak seperti kode area rumah, nomor telepon rumah, nomor HP, dan alamat email aktif.
·  Tekan tombol Selanjutnya.
·  Isi Data Rekening BCA, Data Pekerjaan, Alamat Korespondensi, dan data lainnya.
·  Submit dokumen pendukung seperti KTP, NPWP, dan buku tabungan.
·  Lakukan foto selfie portrait sambil memegang KTP, pastikan kualitas foto jelas dan dapat terlihat.
·  Lakukan tanda tangan di atas kertas putih dan foto kertas tersebut, dan submit dokumen tersebut. Anda perlu memastikan bahwa tanda tangan yang dibuat sama dengan tanda tangan Anda di KTP.
·  Foto NPWP jika pada awal pendaftaran Anda menyertakan dokumen ini.
·  Baca Pernyataan dan Persetujuan Pembukaan Rekening RDI di BCA.
·  Centang kolom persetujuan dan pilih Lanjutkan.
·  Jika dirasa formulir Pendaftaran Nasabah yang Anda isi sudah sesuai dan benar. Selanjutnya, Anda bisa tekan tombol Kirim Data.
·  Setelahnya, Anda akan diarahkan ke halaman Digisign untuk memproses aktivasi untuk akun Digisign dengan mengisi Form Aktivasi seperti email, username, dan password.
·  Jika aktivasi akun Digisign berhasil, Anda akan diarahkan ke halaman PDF yang nantinya perlu ditandatangani pada halaman 6 dan 18.
·  Setelah proses tanda tangan sudah dilakukan pada halaman PDF. Anda akan diarahkan ke lembar pernyataan yang berisikan alamat email, nomor HP, kode OTP, dan Password.
·  Untuk alamat email dan nomor HP sudah terisi secara otomatis sesuai dengan alamat dan nomor HP yang didaftarkan. Anda bisa mendapatkan kode OTP dengan menekan tombol Kirim OTP yang nantinya akan dikirimkan ke nomor HP Anda.
·  Masukkan kode OTP dan masukkan Password sesuai dengan kata sandi yang telah dibuat oleh nasabah pada proses aktivasi.
·  Centang kolom persetujuan dan tekan Setuju.
·  Pendaftaran akun Anda di broker YB berhasil dan Anda akan menerima email pemberitahuan bahwa pendaftaran akun sudah selesai.

Selain Anda bisa bisa melakukan pendaftaran akun di broker YB lewat aplikasi JOIN Mobile yang tersedia Google Play Store dan App Store, Anda juga bisa melakukan pendaftaran akun di JUC Sekuritas lewat website https://register.juc.co.id/.

Cara Deposit di Broker YB

Setelah akun Anda berhasil dibuat di JUC Sekuritas, Anda bisa memulai trading di broker YB dengan melakukan deposit awal terlebih dahulu dengan minimal deposit sebesar Rp1 juta. Berikut adalah tahapan deposit di broker YB:

·  Investor bisa melakukan deposit awal di broker YB dengan metode transfer antar rekening.
·  Anda bisa mendaftarkan terlebih dahulu akun RDN BCA Anda di BCA Mobile.
·  Jika akun RDN Anda sudah berhasil disimpan di BCA Mobile. Selanjutnya, Anda bisa melakukan transfer antar rekening.
·  Pilih nomor RDN yang ingin ditransfer.
·  Masukkan jumlah uang yang ingin ditransfer.
·  Anda bisa mengecek apakah deposit yang dilakukan sudah berhasil atau belum dengan log in ke akun Anda di aplikasi JOIN Mobile.
·  Jika deposit berhasil dilakukan, saldo RDN Anda akan bertambah sesuai dengan jumlah uang yang ditransfer.

Prosedur dan Tata Cara Withdraw di Broker YB

Keuntungan investasi Anda selama trading saham di broker YB bisa Anda lakukan penarikan dana melalui aplikasi JOIN Mobile dengan cara seperti berikut: 

·  Log in ke akun Anda di aplikasi JOIN Mobile.
·  Pilih menu Withdrawal.
·  Masukkan PIN Anda.
·  Klik Login.
·  Masukkan jumlah uang yang ingin ditarik.
·  Submit Request.

Berapa Fee di JUC Sekuritas?

Investor yang melakukan transaksi jual/beli saham di broker YB akan dikenakan 2 jenis biaya transaksi, yaitu: 

1.  Melalui Sales/Dealer

Jika Anda melakukan transaksi jual/beli saham melalui sales/dealer di broker YB. Investor akan dikenakan fee beli 0,201% dan fee jual 0,301%.

2.  Melalui Online Trading

Fee beli dan fee jual yang dikenakan kepada investor melalui sales/dealer lebih tinggi dibanding jika investor melakukan transaksi melalui online trading di aplikasi JOIN Mobile. Investor yang melakukan transaksi jual/beli saham lewat aplikasi JOIN Mobile akan dikenakan fee beli 0,151% dan fee jual 0,251%.

Kelebihan Broker YB

Sebagai perusahaan sekuritas yang sudah berdiri lebih dari 30 tahun, JUC Sekuritas dengan kode broker YB tentu menawarkan sejumlah kelebihan bagi investor yang ingin bergabung dengan broker ini. 

1.  Broker YB adalah Perusahaan Sekuritas Resmi di Indonesia

Salah satu kelebihan yang ditawarkan broker YB kepada investor di luar sana adalah perusahaan sekuritas ini sudah memiliki pengalaman melayani investor ritel dan investor institusi selama lebih dari 30 tahun.

 (Sumber: BEI)

Soal legalitas, perusahaan JUC Sekuritas merupakan jajaran broker saham resmi dan terdaftar di OJK maupun BEI. Sehingga, broker ini aman bagi investor karena sudah diawasi OJK dan BEI.

2.  Menyediakan Aplikasi Trading

Kelebihan berikutnya yang ditawarkan JUC Sekuritas kepada investor adalah kemudahan dalam melakukan transaksi jual/beli saham. Dengan aplikasi JOIN Mobile, investor lebih fleksibel dan mudah untuk melakukan trading saham dengan beragam fitur yang tersedia.

Kekurangan Broker YB

Sebagai investor, Anda perlu mempertimbangkan untung rugi sebelum berinvestasi di suatu broker. Berikut adalah beberapa kekurangan broker YB yang perlu Anda pertimbangkan.

1.  Produk Keuangan Tidak Beragam

Salah satu kekurangan broker YB yang perlu dicermati investor adalah broker saham ini hanya melayani perdagangan saham bagi investor. Produk keuangan yang kurang beragam ini bisa menjadi kekurangan bagi investor yang ingin melakukan diversifikasi portofolio investasi. 

2.  Biaya Deposit Awal yang Cukup Tinggi

Minimal deposit awal di broker YB yang perlu disetorkan investor adalah sebesar Rp1 juta. Biaya deposit awal ini tentu tergolong cukup besar dibanding broker-broker resmi OJK dan BEI lainnya, seperti Erdikha Sekuritas yang membebaskan setoran awal bagi nasabah.

Apakah Broker YB Aman Bagi Investor?

PT Jasa Utama Capital Sekuritas yang dikenal dengan kode broker YB adalah broker saham yang aman bagi investor. Karena perusahaan sekuritas ini sudah memenuhi persyaratan untuk bisa menjalankan bisnis sekuritas di Indonesia sebagai Perantara Pedagang Efek (PPE) dan Penjamin Emisi Efek (PEE) yang telah berizin OJK maupun BEI.

Broker yang terdaftar di OJK maupun BEI adalah salah satu ciri-ciri broker legal yang aman bagi investor. Investor bisa mempertimbangkan broker YB sebagai salah satu pilihan broker saham resmi dan terpercaya di Indonesia.

Mitrade adalah Broker yang Menawarkan Pilihan Produk Keuangan yang Beragam

Memilih broker yang menyediakan pilihan produk keuangan yang beragam dapat memberikan keuntungan bagi investor ketika ingin melakukan diversifikasi portofolio investasi tanpa perlu berpindah ke platform trading lain.

Kemudahan transaksi jual/beli beragam aset inilah yang ditawarkan broker Mitrade kepada investor di luar sana. Hanya dengan minimal deposit sebesar $20, investor sudah bisa melakukan trading berbagai aset yang tersedia seperti saham, komoditas, indeks, forex, dan cryptocurrency.

Anda bisa trading di broker Mitrade melalui aplikasi maupun website dengan beragam fitur yang tersedia seperti ratusan indikator teknikal, lebih dari 7 jenis chart pattern, kalender ekonomi, hingga fitur berita dan analisa yang bisa investor gunakan untuk memantau pergerakan harga di market.

Soal keamanan dana nasabah, broker Mitrade menyediakan rekening nasabah terpisah dan juga memberikan perlindungan saldo negatif bagi nasabah.

iklan mitrade
iklan mitrade

Kesimpulan

PT Jasa Utama Capital Sekuritas adalah perusahaan sekuritas resmi di Indonesia dengan kode broker YB. Broker saham ini bukanlah perusahaan sekuritas yang baru seumur jagung karena telah memiliki track record yang baik dalam melayani perdagangan saham bagi investor selama lebih dari 30 tahun.

Dengan memenuhi legalitas sebagai broker resmi di Indonesia, broker YB bisa dijadikan salah satu pilihan broker saham terpercaya bagi investor Indonesia yang ingin melakukan perdagangan saham. Namun, broker saham ini punya kekurangan yang bisa menjadi pertimbangan bagi investor sebelum berinvestasi yaitu minimal deposit awal yang cukup besar dan minimnya produk keuangan yang ditawarkan.

Disclaimer: Review mengenai kode broker YB ini ditulis untuk keperluan edukasi tanpa bermaksud menyudutkan pihak tertentu yang diambil dari berbagai sumber.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *