Review Kode Broker AO – Erdikha Elit Sekuritas, Apakah Broker Aman?
BROKER, Review 30 Broker Forex

Review Kode Broker AO – Erdikha Elit Sekuritas, Apakah Broker Aman?

Kode broker AO adalah kode broker yang dimiliki oleh salah satu perusahaan sekuritas yang sudah terdaftar di OJK ataupun BEI, pemilik kode broker AO ini adalah PT Erdikha Elit Sekuritas. Perusahaan sekuritas ini adalah broker lokal aktif dan resmi di Indonesia yang telah mendapatkan izin usaha dari OJK, yaitu sebagai perantara pedagang efek dan penjamin emisi efek.

Sebagai broker lokal aktif dan resmi di Indonesia, tentu banyak investor di luar sana yang tertarik untuk berinvestasi melalui broker ini. Untuk mengetahui apakah broker ini aman atau tidak bagi investor, kami sudah menyiapkan review lengkap mengenai broker AO di artikel ini yang bisa investor baca hingga selesai.

AO Kode Broker Apa?

Kode broker bisa kita analogikan sama seperti kode saham perusahaan, dimana setiap perusahaan sekuritas yang sudah terdaftar di OJK ataupun BEI akan memiliki kode broker yang berbeda dengan perusahaan sekuritas lainnya yang terdiri dari 2 huruf kapital. Saat ini, setidaknya ada 91 perusahaan sekuritas yang sudah terdaftar di OJK ataupun BEI.

Kode broker AO adalah kode broker yang disematkan kepada Erdikha Elit Sekuritas. PT Erdikha Elit Sekuritas adalah sebuah broker yang sudah didirikan sejak tahun 1989 dengan nama PT Erdikha Mulyatama dan nama perusahaan berubah menjadi PT Erdikha Elit Sekuritas pada 2008, dan dikenal selama ini dengan sebutan Erdikha Sekuritas.

Broker ini diketahui sudah mengantongi izin usaha dari OJK sebagai perantara pedagang efek (9 Maret 1992) dan penjamin emisi efek (27 Oktober 2009). Erdikha Sekuritas berkantor pusat di Jakarta, dan memiliki 2 kantor cabang yang berlokasi di Semarang dan Surabaya.

PT Erdikha Elit Sekuritas adalah perusahaan sekuritas yang menawarkan sejumlah layanan seperti melayani perdagangan jual-beli saham yang bisa investor akses secara online lewat website dan aplikasi. Selain itu, Erdikha Sekuritas juga menyediakan layanan pembayaran margin dan repo.

Selain melayani sebagai broker, broker AO juga menyediakan layanan investasi perbankan sebagai penjamin emisi efek untuk membantu nasabah institusi dalam meningkatkan permodalan lewat IPO, merger dan akuisisi, dan aksi korporasi lainnya.

Broker AO juga memiliki tenaga ahli yang berpengalaman dan bisa membantu investor institusi untuk berinvestasi di berbagai produk pendapatan tetap seperti obligasi pemerintah dan perusahaan pada pasar perdana dan sekunder, Medium Term Notes (MTN), Promissory Notes (PN), dan produk pendapatan tetap lainnya.

Untuk memudahkan investor saat ingin mengambil keputusan investasi, Erdhika Sekuritas juga menyediakan rekomendasi saham-saham apa saja yang layak diinvestasikan secara berkala berdasarkan informasi dan tren terkini dari pasar modal dan emiten.

Berdasarkan profil perusahaan yang dipublikasikan di situs resmi Bursa Efek Indonesia (BEI), Broker AO resmi didirikan pada 21 Januari 1989 sesuai dengan akte perusahaan nomor 83 dengan modal dasar sebesar Rp80 miliar dan modal yang disetorkan broker ini sebesar Rp 55 miliar.

Status perusahaan sekuritas ini adalah lokal dan status operasional aktif, dan memiliki izin untuk margin, online, perantara pedagang efek, dan penjamin emisi efek. Broker AO tercatat berkantor pusat di Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Produk yang Ditawarkan Kode Broker AO

Berdasarkan situs resmi perusahaan, broker AO diketahui memiliki sejumlah layanan seperti 

·  Perdagangan Saham

Anda bisa trading saham melalui broker AO secara online lewat website dan aplikasi. Selain itu, perusahaan sekuritas ini juga diketahui membuka beberapa gerai untuk melayani investor yang ingin melakukan perdagangan saham melalui tenaga penjualan/sales perusahaan.

Saham adalah produk keuangan yang sangat menguntungkan bagi investor, lantaran Anda bisa mendapatkan keuntungan dari pembagian dividen dan capital gain. Namun perlu Anda ketahui juga bahwa investasi saham juga memiliki sejumlah risiko seperti saham yang dihapus dari bursa, risiko likuiditas, dan capital loss.

Ini adalah keuntungan dan risiko investasi saham yang perlu investor pertimbangkan secara matang-matang sebelum melakukan investasi. Hal ini dikarenakan saham termasuk investasi high risk high return, lantaran mudah mengalami perubahan harga mengikuti pergerakan pasar yang terjadi. 

·  Investasi Obligasi

Selain saham, broker AO juga melayani perdagangan untuk produk investasi pendapatan tetap yang memberikan hasil pasti berupa bunga seperti obligasi pemerintah, obligasi perusahaan, Promissory Notes (PN), Medium Terms Notes (MTN), dan produk investasi pendapatan tetap lainnya.

·  Penjamin Emisi Efek

Bagi perusahaan yang ingin meningkatkan permodalan juga bisa menunjuk Erdikha Sekuritas sebagai penjamin emisi efek untuk membantu aksi korporasi melalui IPO, merger dan akuisisi, dan aksi korporasi lainnya.

Tentu bukan sembarang perusahaan yang bisa menggunakan layanan investasi perbankan ini. Contohnya adalah perusahaan yang ingin melakukan IPO, dimana perusahaan bersangkutan harus memenuhi sejumlah syarat IPO dari BEI seperti memiliki struktur organisasi yang jelas, memiliki laba minimal Rp1 miliar dalam setahun terakhir, memiliki aset nyata minimal Rp5 miliar, memenuhi syarat akuntansi dan keuangan, dan memenuhi batas minimal IPO.

Perusahaan yang diketahui menggunakan layanan investasi perbankan Erdikha Sekuritas adalah PT Vastland Indonesia Tbk dan PT Sumber Mas Konstruksi Tbk. Dimana, kedua perusahaan tersebut sudah melakukan IPO dan menunjuk Erdikha Sekuritas sebagai penjamin emisi efek.

Review Aplikasi Online Trading Broker AO

Menurut situs resmi perusahaan, kode broker AO menyediakan layanan trading kepada investor yang bisa diakses secara online lewat website dan aplikasi. Investor bisa melakukan trading lewat aplikasi Elit yang tersedia di Google Play Store, App Store, dan Windows/macOS.

Melalui aplikasi Elit, investor dapat melakukan pendaftaran dan membuka Rekening Dana Nasabah (RDN) 100% online. Pada aplikasi Elit, investor juga bisa melakukan perdagangan dengan keunggulan dapat diakses kapanpun dan di manapun.

Berdasarkan review aplikasi Elit di Google Play Store, aplikasi ini mendapatkan 3,8 bintang dari 80 ulasan yang  berarti cukup baik. Dimana, mayoritas pengguna memberikan rating 5 untuk aplikasi Elit dengan beragam komentar positif. Misalnya order dapat dilakukan secara cepat, minimum deposit yang kecil, user friendly bagi investor pemula, menyediakan fitur yang informatif, dan investor bisa membuka banyak RDN untuk membagi portofolio sesuai metode dan jangka waktu transaksi.

Selain itu, aplikasi Elit juga dianggap memiliki kekurangan karena tidak memiliki fitur stop loss bagi investor. Padahal, fitur stop loss ini adalah strategi jual saham otomatis yang dapat mengurangi kerugian di saat harga suatu aset mengalami penurunan hingga menyentuh batas yang sudah ditentukan (Harga Aktivasi).

Aplikasi Elit diklaim aman karena terenkripsi secara end to end untuk memberikan jaminan keamanan ekstra bagi pengguna dan memiliki tampilan grafis yang baik. Aplikasi ini setidaknya sudah diunduh oleh lebih dari 1.000 pengguna sejak dirilis pada bulan Mei 2021 lalu dan terakhir kali di update pada 23 Februari 2023.

Setidaknya, ada beberapa fitur yang bisa investor gunakan di aplikasi Elit di antaranya; heat map, watchlist saham, open = low, broker summary, dan chart.

Review Aplikasi Online Trading Broker AO

Cara Buka Akun di Broker AO

Untuk membuka akun di broker AO, Anda bisa mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini: 

·  Buka https://oa.erdikha.com/#/register.
·  Anda bisa melakukan registrasi dengan mengisi form data pendaftaran berupa alamat email aktif, nomor ponsel aktif, dan kata sandi. Lalu, klik Daftar dan Klik OK.
·  Selanjutnya, Anda akan melihat adanya notifikasi tampilan yang memberikan informasi bahwa registrasi berhasil.
·  Cek email yang telah didaftarkan sebelumnya untuk melakukan verifikasi akun dengan memasukkan kode OTP yang dikirimkan ke alamat email tersebut. Lalu, klik Aktivasi dan klik OK.
·  Tahapan berikutnya, Anda akan diminta login kembali ke akun dengan memasukkan alamat email dan kata sandi. Lalu, klik MASUK.
·  Siapkan foto e-KTP, NPWP (opsional), dan rekening pribadi, melakukan swafoto bersama e-KTP, dan foto tanda tangan Anda di atas kertas warna putih.
·  Lengkapi data pribadi, data bank dan pekerjaan, serta upload dokumen pendukung yang sudah disiapkan sebelumnya.
·  Registrasi selesai.

Setelah Anda sudah menyelesaikan registrasi akun di broker AO, Anda tinggal menunggu persetujuan dari pihak broker yang dapat memakan waktu hingga 4-5 hari kerja bursa. Oleh karenanya, Anda perlu memastikan bahwa data yang sudah diisi benar dan akurat.

Untuk pembuatan Rekening Dana Nasabah (RDN), investor bisa membuka banyak RDN di broker AO dengan pilihan RDN BCA, RDN CIMB, RDN Mandiri, dan RDN Permata. Dimana, pembuatan RDN di broker AO dapat dilakukan secara online, serta bebas setoran awal dan biaya bulanan.

Biaya Trading di Erdhika Elit Sekuritas

Broker AO dikenal oleh banyak investor di luar sana sebagai salah satu perusahaan sekuritas yang menawarkan biaya trading yang kompetitif dan murah. Berikut adalah rincian biaya trading di Erdikha Sekuritas:

 ·  Deposit

Pada broker AO, investor dibebaskan dari setoran awal dan biaya bulanan. Alhasil, investor bisa membeli saham di aplikasi Elit sesuai dengan jumlah lot saham yang ingin dibeli. 

·  Fee Jual + Beli

Perusahaan sekuritas biasanya membebankan biaya transaksi jual + beli kepada investor sebesar 0,3% – 0,6%. Biaya transaksi beli + jual yang dibebankan kepada investor di broker AO adalah sebesar 0,5% dengan rincian fee beli 0,15% dan fee jual 0,35%.

Fee jual + beli saham adalah sebuah biaya yang dibebankan kepada investor oleh broker ketika melakukan transaksi jual-beli saham. Biaya transaksi fee jual + beli ini sudah termasuk biaya broker, biaya levy, PPN biaya broker, dan PPh.

Fee transaksi di broker AO ini tergolong sangat kompetitif dan murah, lantaran fee transaksi yang dibebankan kepada investor tidak sampai 1%.

Layanan Fitur Open = Low di Erdikha Sekuritas

Pengertian dari open = low adalah harga pembukaan (open) sama dengan harga terendah (low). Strategi trading ini banyak digunakan oleh para trader atau investor di luar sana untuk bermain saham jangka pendek (scalping) untuk menghasilkan cuan.

Rumus open = low pada perdagangan saham digunakan untuk mendeteksi saham mana yang hari ini akan naik. Pada aplikasi Elit, investor bisa mendapatkan saham-saham mana saja yang harganya bernilai open = low lewat fitur stock screener.

Kelebihan Broker AO

Ada sejumlah kelebihan Erdikha Sekuritas yang membuat perusahaan sekuritas ini bisa eksis hingga saat ini dan banyak dipercaya oleh investor di luar sana:

1.  Biaya Trading MurahBiaya trading yang kompetitif dan murah adalah salah satu kelebihan broker AO. Erdikha Sekuritas tidak membebankan minimum setoran awal bagi investor dan menawarkan biaya transaksi jual dan transaksi beli yang tergolong kecil karena tidak sampai 1%.
2.  Platform User FriendlyInovasi terus dilakukan oleh Erdikha Sekuritas untuk memberikan pengalaman trading terbaik bagi investor, dimana investor bukan hanya bisa melakukan trading melalui website. Melainkan, investor juga bisa melakukan trading kapanpun dan di mana pun melalui aplikasi yang bisa diakses di ponsel pintar.Tampilan yang user friendly dengan grafis yang baik dan adanya berbagai fitur pendukung, tentu saja hal ini semakin memudahkan pengguna yang ingin melakukan transaksi perdagangan di platform mereka.
3.  Legalitas TerjaminBroker AO bukanlah perusahaan sekuritas yang baru seumur jagung. Melainkan, perusahaan sekuritas ini sudah melayani investor ritel maupun institusi sejak tahun 1989. Erdikha Sekuritas sudah terdaftar di OJK dan BEI, sehingga broker ini memiliki legalitas yang jelas dan bukanlah broker penipuan. Berdasarkan situs resmi perusahaan, broker ini mencantumkan alamat kantor yang jelas dan nomor telepon yang bisa dihubungi jika sewaktu-waktu ada investor yang mengalami kendala saat menggunakan layanan broker AO. 
4.  Proses Registrasi Sangat MudahProses pendaftaran hingga transaksi jual-beli saham di Erdikha Sekuritas bisa dilakukan 100% online melalui website atau aplikasi. Tentu hal ini dapat menghemat waktu dan tenaga karena tidak perlu harus datang secara fisik ke kantor sekuritas.

Kekurangan Broker AO

Di balik kelebihan broker AO yang sudah kita bahas sebelumnya, broker AO juga memiliki kekurangan yang perlu menjadi pertimbangan investor saat memilih broker ini: 

1.  Produk Keuangan Kurang BeragamBroker AO hanya melayani saham dan obligasi, dimana hal ini tentu kurang beragam dibanding broker-broker lainnya di luar sana yang melayani perdagangan untuk saham, forex, komoditas, dan crypto. Alhasil, investor yang ingin berinvestasi di produk keuangan lainnya harus berpindah platform untuk bisa berinvestasi. 
2.  Tidak Ada LeverageSejauh penelusuran kami di situs resmi perusahaan, kami tidak menemukan adanya informasi fasilitas leverage bagi investor. Jika informasi ini benar, tentu saja hal ini akan menjadi kekurangan broker AO di mata investor.Umumnya, para investor dengan modal kecil sangat tertarik untuk menggunakan fasilitas leverage untuk meningkatkan hasil cuan.

Apakah Broker AO Aman bagi Investor?

Dari sisi legalitas, Erdikha Sekuritas sudah memenuhi persyaratan sebagai perusahaan sekuritas resmi di Indonesia. Lantaran, broker ini sudah terdaftar di OJK dan BEI dengan kode broker AO.

Selain itu, Erdikha Sekuritas juga memiliki website resmi yang dapat menunjukkan alamat kantor yang jelas, serta alamat email dan nomor telepon yang bisa dihubungi sewaktu-waktu oleh investor.

Reputasi Erdikha Sekuritas sebagai perusahaan sekuritas legal di Indonesia tidak perlu diragukan lagi karena broker ini pernah menjadi penjamin emisi efek untuk sejumlah perusahaan yang ingin melakukan IPO.

Sejauh ini tidak ada laporan perihal broker ini melakukan penipuan dan membawa kabur uang nasabah. Namun sayangnya, produk yang ditawarkan oleh Erdikha Sekuritas kurang beragam. Hal ini tentu menjadi catatan tersendiri bagi investor yang ingin bergabung di broker ini.

Selain memastikan bahwa broker yang hendak dipilih memiliki legalitas yang jelas, Anda sebagai investor juga perlu berinvestasi sesuai dengan profil risiko dan juga tujuan keuangan agar mendapatkan keuntungan investasi yang maksimal.

Broker Mitrade Memiliki Produk Keuangan yang Beragam

Tentu lelah dan malas rasanya jika sebagai investor kita harus membuka akun di berbagai sekuritas hanya untuk bisa berinvestasi di beragam produk keuangan. Namun tidak, jika Anda berinvestasi di broker Mitrade.

Mitrade adalah broker global legal di Indonesia yang melayani perdagangan untuk beragam produk keuangan seperti forex, crypto, indeks, saham, dan komoditas lain, serta sudah mengantongi legalitas dari lembaga keuangan dunia (ASIC dan CIMA).

Walaupun notabene Mitrade adalah broker global yang punya banyak investor dari berbagai belahan dunia, namun Mitrade tidak membebankan biaya minimum deposit yang besar. Anda bisa memulai trading di Mitrade dengan biaya minimum deposit sebesar $50 yang didukung dengan  ratusan indikator dan lebih dari 7 jenis chart yang dapat mempermudah investor untuk menganalisa pasar.

Jika Anda menyukai trading dengan fasilitas leverage besar, broker Mitrade menyediakan fasilitas leverage hingga 1000x yang sangat cocok bagi Anda yang ingin melakukan perdagangan dengan modal kecil.

Kesimpulan

Erdhika Elit Sekuritas adalah perusahaan sekuritas resmi di Indonesia yang sudah terdaftar di OJK dan BEI dengan kode broker AO. Dimana, kode broker AO yang disematkan kepada Erdikha Sekuritas adalah bukti bahwa perusahaan sekuritas ini telah memenuhi persyaratan untuk menjadi perusahaan sekuritas legal dan terpercaya di Indonesia.

Biaya trading di perusahaan sekuritas ini juga tergolong rendah karena fee jual dan feel beli tidak sampai 1%, serta membebaskan setoran awal dan biaya bulanan. Namun jika Anda ingin mencari broker yang menawarkan multi aset, Erdhika Elit Sekuritas bukanlah pilihan broker terbaik karena tidak memiliki produk yang beragam seperti Mitrade.

Disclaimer: Review mengenai kode broker AO diambil dari berbagai sumber. Artikel ini ditulis hanya untuk edukasi saja dan tidak bermaksud untuk menjelekkan pihak tertentu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *