Review Kode Broker AK – UBS Sekuritas Terbaru 2023, Apakah Aman
BROKER, Review 30 Broker Forex

Review Kode Broker AK – UBS Sekuritas Terbaru 2023, Apakah Aman?

Kode broker AK adalah entitas yang dimiliki oleh salah satu perusahaan sekuritas aktif yang sudah terdaftar di OJK ataupun BEI. Perusahaan yang berada di balik kode broker AK bukanlah perusahaan kaleng-kaleng alias merupakan perusahaan keuangan terkemuka di dunia yang berkantor pusat di Basel dan Zurich.

Nama perusahaan broker saham AK adalah PT UBS Sekuritas Indonesia. Di dunia internasional, UBS dikenal sebagai perusahaan keuangan yang memiliki gurita bisnis di hampir semua aktivitas keuangan yang meliputi perbankan komersil dan individu, manajemen kekayaan, manajemen investasi, hingga perbankan investasi.

Indonesia termasuk pasar yang dianggap potensial oleh UBS, sehingga perusahaan keuangan terkemuka ini membuka perusahaan sekuritas di tanah air yang investor kenal sebagai UBS Sekuritas Indonesia.

Menarik untuk kita bahas bagaimana profil dan juga track record broker AK hingga menjadi salah satu perusahaan sekuritas terbesar di Indonesia. Walaupun broker AK menyandang nama besar perusahaan keuangan dunia UBS, namun investor tetap perlu berhati-hati sebelum berinvestasi.

Untuk mengetahui apakah broker AK aman atau tidak bagi investor, kami sudah menyiapkan review lengkap mengenai broker AK terbaru 2023 yang bisa investor baca di artikel ini.

Mengenal Kode Broker Saham AK

Sedikit banyaknya Anda sudah diberikan penjelasan singkat mengenai profil broker AK di awal artikel ini. Kode broker saham AK adalah entitas yang disematkan kepada PT UBS Sekuritas Indonesia atau lebih dikenal sebagai UBS Sekuritas.

PT UBS Sekuritas Indonesia adalah perusahaan broker asing yang berasal dari Swiss yang sudah beroperasi sejak tahun 1982. Dimana, PT UBS Sekuritas Indonesia adalah salah satu entitas perusahaan dari perusahaan keuangan UBS AG yang telah beroperasi di lebih dari 50 negara di seluruh dunia.

Review Kode Broker AK – UBS Sekuritas Terbaru 2023, Apakah Aman?
(Sumber: OJK)

Pada saat berdiri pada tahun 1982, nama perusahaan broker ini adalah PT Aksara Kencana sebelum resmi berubah nama menjadi PT UBS Sekuritas Indonesia hingga sekarang. Perusahaan broker ini sudah mengantongi izin usaha dari OJK sebagai Anggota Bursa (1995), Penjamin Emisi Efek (1996), dan Perantara Pedagang Efek (1992).

Berdasarkan profil perusahaan yang dipublikasikan di situs resmi OJK, PT UBS Sekuritas Indonesia memiliki alamat kantor terdaftar di Sequis Tower Lantai 22 Unit 22-1, SCBD, Jakarta Pusat. Broker ini diketahui memiliki modal dasar sebesar Rp400 miliar dan jumlah modal yang disetor sebanyak Rp118 miliar.

Jika kita lihat dari komposisi pemegang saham saat ini, UBS AG adalah pemilik PT UBS Sekuritas Indonesia sebesar 98,35% dan PT Madari Prima Indonesia sebesar 1,65%. Inilah alasan mengapa broker AK adalah broker asing karena hampir seluruh sahamnya dikuasai oleh perusahaan asal Swiss yaitu UBS AG yang berkantor pusat di Basel dan Zurich.

Pilihan Produk Keuangan dan Layanan yang Ditawarkan Kode Broker AK

Sebagai broker saham asing aktif dan populer di Indonesia, broker AK dikenal merupakan sebuah perusahaan sekuritas yang punya nilai transaksi saham yang sangat tinggi. Menurut Bloomberg pada kuartal III 2023, UBS Sekuritas Indonesia berhasil mencatatkan namanya sebagai broker dengan nilai transaksi saham tertinggi sebesar Rp286,38 triliun di IDX.

Berikut adalah pilihan produk keuangan dan layanan yang ditawarkan broker AK kepada investor institusi dan ritel. 

1.  Saham

Saham adalah instrumen investasi yang ditawarkan broker AK kepada investor. Dengan berinvestasi saham, investor bukan hanya terhindar dari penurunan nilai uang akibat inflasi, melainkan investor juga bisa mendapatkan keuntungan dari capital gain dan pembagian dividen secara berkala.

Selain itu, investasi saham juga menawarkan imbal hasil jangka panjang yang paling tinggi dibanding jenis instrumen investasi lainnya dan sangat cocok untuk dijadikan aset yang produktif untuk meningkatkan penghasilan Anda.

Jangka waktu investasi yang optimal untuk saham adalah minimal 3 – 15 tahun. Inilah alasan mengapa sebelum membeli saham dari suatu perusahaan, Anda sebagai investor perlu memahami betul saham perusahaan tersebut dan juga industrinya secara menyeluruh.

Ciri-ciri saham yang layak dibeli untuk jangka panjang, antara lain: 

·      Pilih saham perusahaan dengan ROE tinggi, Anda bisa memilih saham yang punya nilai ROE minimal 15%.
·      Pertimbangkan membeli saham yang punya laporan keuangan yang baik pada kondisi apapun seperti saat krisis, resesi, dan lain sebagainya.
·      Pilih saham perusahaan yang selalu membagikan dividen secara berkala setidaknya 30-40% dari laba bersih perusahaan dalam setahun.
·      Pilih saham perusahaan yang memiliki prospek bisnis yang bagus setidaknya untuk 5 tahun ke depan.
·      Saham yang bagus untuk investasi jangka panjang adalah saham perusahaan blue chip dengan market cap di atas Rp10 triliun.

Ini adalah beberapa tips investasi saham untuk tujuan keuangan jangka panjang.  Melalui broker AK, Anda bisa membeli saham-saham big cap hingga small cap yang terdaftar di IDX. Dengan memahami saham perusahaan yang ingin dipilih dan industrinya secara menyeluruh. Anda bisa memaksimalkan potensi cuan yang diperoleh dari investasi saham untuk tujuan keuangan jangka panjang.

BACA JUGA: Rekomendasi Saham AI yang Layak Investasi

2.  Penjamin Emisi Efek

Sejak tahun 1996, broker AK atau UBS Sekuritas Indonesia sudah mengantongi izin usaha sebagai Penjamin Emisi Efek yang dapat membantu perusahaan di luar sana yang ingin meningkatkan permodalan.

UBS Sekuritas Indonesia dengan kode broker AK sebagai Penjamin Emisi Efek dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan permodalan lewat aksi korporasi seperti IPO, merger dan akuisisi, dan melalui aksi korporasi lainnya.

Salah satu klien mereka adalah unicorn startup di Indonesia yaitu Bukalapak yang dikabarkan menunjuk broker AK (UBS Sekuritas) sebagai salah satu Penjamin Emisi Efek saat resmi melantai di bursa saham pada Agustus 2021 lalu.

Review Platform Trading Broker AK Terbaru 2023

Transaksi jual/beli aset investasi di UBS bisa dilakukan melalui aplikasi UBS & UBS key4 dengan beragam produk keuangan yang bisa ditawarkan berdasarkan profil risiko investor untuk jangka pendek hingga jangka panjang. Dimana, aplikasi ini terhubung dengan akun mobile banking UBS yang dapat memudahkan Anda dalam berinvestasi beragam produk keuangan yang ditawarkan.

Selain itu, melalui aplikasi UBS & UBS key4, investor juga bisa memantau perkembangan nilai investasi secara berkala dengan mudah. Namun, aplikasi ini hanya tersedia untuk investor dari luar negeri. Bagi investor Indonesia yang ingin membeli saham di broker AK (UBS Sekuritas). Anda hanya bisa melakukan pembelian saham secara offline dengan datang langsung ke kantor pusat UBS Sekuritas Indonesia.

Berdasarkan pantauan kami di Google Play Store, aplikasi UBS & UBS key4 mendapatkan rating yang baik yaitu 4,5 dari 45,5 ribu ulasan dengan beragam komentar positif dari pengguna. Aplikasi ini diketahui punya sistem keamanan yang baik bagi pengguna dan sudah diunduh lebih dari 1 juta pengguna.

Cara Daftar di UBS Sekuritas Indonesia Terbaru 2023 Secara Offline

Investor Indonesia yang ingin membuka akun dan membeli saham di broker AK bisa mengikuti prosedur dan tahapannya secara offline seperti berikut: 

·  Investor bisa datang langsung ke kantor pusat UBS Sekuritas Indonesia yang berlokasi di Sequis Tower Lantai 22 Unit 22-1, SCBD, Jakarta Pusat.
·  Saat datang ke kantor pusat UBS Sekuritas Indonesia, Anda jangan lupa untuk membawa beberapa dokumen pendukung seperti KTP/paspor, NPWP, buku tabungan, dan materai Rp10 ribu.
·  Setelah Anda sudah tiba di kantor pusat UBS Sekuritas Indonesia, nanti Anda akan diarahkan menuju customer service yang sedang bertugas.
·  Isi formulir pendaftaran investor yang disiapkan UBS Sekuritas.
·  Lakukan penyetoran dana awal kepada UBS Sekuritas Indonesia. Besaran jumlah setoran dana awal ini  mengikuti ketentuan dan persyaratan yang berlaku di UBS Sekuritas.
·  UBS Sekuritas Indonesia akan membelikan saham perusahaan sesuai dengan order investor berdasarkan jumlah lot saham yang ingin dibeli dengan minimal pembelian 1 lot saham (100 lembar saham).
·  Setelah saham berhasil dibeli oleh UBS Sekuritas Indonesia. Anda sebagai investor nantinya akan diberikan akses untuk memantau nilai investasi Anda secara berkala.

Anda bisa mengunjungi kantor pusat UBS Sekuritas Indonesia pada hari Senin – Jumat  dengan jam operasional mulai dari pukul 08.30 – pukul 17.30. Selain itu, Anda juga bisa membuat janji temu terlebih dahulu dengan pihak UBS Sekuritas dengan menghubungi nomor telepon 021-2554-7000.

Berapa Minimal Deposit di UBS Sekuritas Indonesia?

Berbicara soal biaya trading, broker AK mungkin adalah salah satu perusahaan sekuritas di Indonesia yang memiliki biaya trading yang relatif tinggi bagi kalangan investor. Bagaimana tidak? broker asing ini mematok minimal deposit lebih dari Rp1 miliar bagi investor yang ingin membuka akun investasi di UBS Sekuritas Indonesia.

Sebenarnya, memang terdapat perbedaan antara broker saham asing dan lokal. Salah satu perbedaannya adalah dari segi biaya transaksi, dimana broker saham asing punya biaya transaksi yang relatif lebih tinggi dibanding broker saham lokal.

Namun, tingginya biaya transaksi di broker saham asing biasanya akan dikonversikan dalam bentuk kualitas pelayanan yang berbeda dan lebih personal sehingga nasabah memiliki akses langsung ke emiten dan juga mendapatkan undangan untuk menghadiri berbagai event.

Dalam hal ini, investor yang melakukan transaksi jual/beli saham di sebuah perusahaan sekuritas akan dikenakan sejumlah biaya, antara lain: 

·      PPN.·      Komisi broker.·      PPh.·      Biaya transaksi.

Untuk biaya transaksi jual/beli saham di sekuritas, besaran biaya ini sudah ditentukan oleh BEI. Sementara untuk komisi broker, biaya ini ditentukan oleh pihak sekuritas. Sedangkan PPN dan PPh, biaya pajak ini mengikuti aturan perpajakan yang berlaku di Indonesia.

Dari segi biaya trading, broker AK menawarkan biaya trading yang lebih tinggi dibanding broker saham lokal di Indonesia dengan mengkonversikannya ke dalam bentuk pelayanan yang berbeda dan lebih personal kepada investor.

Kelebihan Broker AK

Nama besar perusahaan yang berada di balik kode broker AK memang bukanlah perusahaan kaleng-kaleng pada industri keuangan. Hal ini tentu saja adalah salah satu kelebihan yang dimiliki PT UBS Sekuritas Indonesia di mata investor. Selain punya nama besar, broker AK juga memiliki kelebihan lainnya yang bisa ditawarkan kepada investor seperti berikut:

1.  Nilai Transaksi Saham di UBS Sekuritas Sangat Besar

PT UBS Sekuritas Indonesia bukan hanya mendompleng nama besar UBS sebagai salah satu perusahaan keuangan terkemuka di dunia. Melainkan, broker AK juga menawarkan kualitas pelayanan yang baik kepada investor dengan layanan yang berbeda dan lebih personal.

Hal ini mengingat investor yang bertransaksi di UBS Sekuritas bukanlah orang sembarangan yang hanya punya modal investasi jutaan hingga ratusan juta saja. Tetapi, mereka adalah investor yang punya dana dingin hingga mencapai miliaran rupiah untuk berinvestasi di berbagai saham terbaik yang ada di IDX melalui UBS Sekuritas.

1.  Nilai Transaksi Saham di UBS Sekuritas Sangat Besar
Kelebihan Broker AK
(Sumber: Bisnis.com)

Jadi, investor tidak usah heran mengapa broker AK dinobatkan sebagai broker dengan nilai transaksi saham tertinggi pada kuartal III 2023 sebanyak Rp286,38 triliun di IDX. Hal ini ditopang dengan profil investor dengan modal besar dan juga didorong dengan nilai transaksi pembelian saham blue chip dalam jumlah lot yang sangat banyak di UBS Sekuritas Indonesia.

Investor ritel yang berinvestasi di UBS Sekuritas Indonesia bisa disamakan dengan level korporasi dengan modal investasi yang tentunya besar.

2.  Memiliki Legalitas yang Jelas 

Selain ada nama besar UBS di balik PT UBS Sekuritas Indonesia, namun sebagai broker saham asing di Indonesia. Broker AK patuh terhadap aturan yang berlaku dengan mengurus perizinan usaha sebagai sebuah perusahaan sekuritas asing resmi yang beroperasi di Indonesia.

2.  Memiliki Legalitas yang Jelas Kelebihan Broker AK
(Sumber: BEI)

Legalitas dari broker saham asing ini bisa kita lihat dari izin usaha yang sudah diterbitkan oleh OJK maupun BEI, dimana broker AK terdaftar sebagai Anggota Bursa, Penjamin Emisi Efek, dan Perantara Perdagangan Efek.

Sehingga, broker AK memiliki legalitas hukum yang jelas untuk menyediakan layanan trading saham bagi investor Indonesia dan juga bisa memberikan layanan investasi perbankan kepada perusahaan yang ingin meningkatkan permodalan lewat IPO, merger atau akuisisi, dan aksi korporasi lainnya.

Kekurangan Broker AK

Walaupun sering mencetak nilai transaksi saham jumbo di Indonesia, namun UBS Sekuritas dengan kode broker AK juga memiliki kekurangan yang perlu investor cermati sebelum berinvestasi melalui broker ini. 

1.  Modal Investasi Awal Sangat Besar

Investor ritel yang berinvestasi di UBS Sekuritas memiliki modal investasi selevel dengan investor institusi dengan minimal deposit lebih dari Rp1 miliar. Dengan persyaratan minimal deposit yang sebesar itu, tentu hanya sebagian kecil investor saja yang bisa menyanggupi besaran minimal deposit tersebut.

Minimal deposit UBS Sekuritas yang sangat besar hingga lebih dari Rp1 miliar adalah salah satu kekurangan yang dimiliki perusahaan sekuritas ini khususnya bagi investor dengan modal kecil.

2.  Cara Daftar di UBS Sekuritas Rumit Karena Offline

Kekurangan broker AK selanjutnya adalah proses pendaftaran akun hanya bisa dilakukan secara offline untuk investor di Indonesia. Tentu saja, proses pendaftaran akun secara offline yang mengharuskan investor datang ke kantor perusahaan sekuritas adalah cara yang dianggap kurang efektif.

Hal ini dikarenakan investor perlu mengeluarkan biaya tambahan karena harus bolak-balik ke perusahaan sekuritas dan juga menunggu antrian. Inilah alasan mengapa cara daftar offline di sekuritas saat ini dianggap kurang efektif dan hanya buang-buang waktu.

Tentu berbeda halnya jika pendaftaran akun bisa dilakukan lewat website ataupun aplikasi. Hal ini membuat investor tidak perlu datang ke perusahaan sekuritas karena bisa melakukan pendaftaran akun dari rumah saja.

Salah satu alasan UBS Sekuritas Indonesia belum menyediakan layanan pendaftaran akun secara online adalah nilai transaksi yang dilakukan oleh investor mungkin dianggap sangatlah besar sehingga perlu mempertimbangkan faktor keamanan dana nasabah.

3.  Pilihan Produk Keuangan Kurang Beragam

UBS Sekuritas Indonesia dengan kode broker AK diketahui hanya menyediakan perdagangan saham bagi investor. Jika kita bandungkan dengan perusahaan sekuritas lainnya yang beroperasi di Indonesia, tentu pilihan produk keuangan yang ditawarkan broker AK kurang beragam.

Hal ini dikarenakan biasanya sekuritas di Indonesia bukan hanya melayani perdagangan saham saja, tetapi juga menyediakan produk keuangan pasar modal lainnya seperti reksa dana dan obligasi. Bahkan, tak jarang juga ada sekuritas yang mengantongi izin layanan perdagangan kripto dari Bappebti.

Apakah Broker AK Aman bagi Investor?

Sebelum berinvestasi pada suatu broker, setiap investor bukan hanya mempertimbangkan berapa biaya trading yang dibebankan pihak sekuritas kepada investor. Melainkan, ada hal yang jauh lebih penting lagi dibanding hanya sekedar faktor biaya yaitu bagaimana legalitas dan track record dari broker tersebut.

Sejauh penelusuran kami di internet, PT UBS Sekuritas Indonesia belum pernah terlibat kasus hukum yang merugikan investor. Selain itu, broker AK juga telah memenuhi persyaratan sebagai perusahaan sekuritas resmi dan legal di Indonesia karena telah mengantongi izin usaha dari OJK.

Namun, investor juga perlu mencermati beberapa kekurangan broker AK seperti minimal deposit yang besar dan juga minimnya produk keuangan yang ditawarkan. UBS Sekuritas Indonesia dengan kode broker AK bukanlah broker saham yang direkomendasikan untuk investor yang ingin trading dengan modal kecil dan juga ingin berinvestasi di multi aset.

Apakah Broker AK Aman bagi Investor?

Mitrade adalah Pilihan Broker Terbaik untuk Modal Kecil

Tingginya minimal deposit yang ditawarkan broker AK hingga lebih dari Rp1 miliar. Tentu sangatlah memberatkan sebagian besar investor di Indonesia. Hal ini dikarenakan mayoritas investor di Indonesia adalah investor pemula yang baru terjun berinvestasi.

Sebagai investor pemula, selain mempertimbangkan biaya trading yang murah. Anda juga perlu mempertimbangkan legalitas dari suatu broker sebelum berinvestasi. Salah satu pertimbangannya adalah Anda bisa memilih broker yang sudah teregulasi dengan baik oleh lembaga keuangan dunia.

Dalam hal ini, Anda bisa mempertimbangkan broker Mitrade yang telah berlisensi ASIC dan CIMA dengan berbagai produk keuangan yang bisa Anda perdagangkan seperti crypto, saham, indeks, forex, dan komoditas.

Berapa minimal deposit di Mitrade? Cukup deposit $20 saja, Anda sudah berinvestasi di berbagai produk keuangan yang tersedia dan menikmati trading dengan leverage besar hingga 1000x yang sangat cocok bagi trader yang punya modal kecil.

Selain menyediakan fasilitas leverage besar hingga 1000x, investor juga bisa memanfaatkan beragam fitur trading yang tersedia di broker Mitrade seperti penggunaan lebih dari 7 jenis chart pattern, ratusan indikator teknikal, kalender ekonomi, hingga fitur berita dan analisa yang bisa Anda gunakan untuk menganalisa market secara lebih akurat.

Untuk menjaga keamanan dana nasabah, broker Mitrade juga menyediakan rekening nasabah terpisah dan juga memberikan perlindungan saldo negatif bagi nasabah.

iklan mitrade  Mitrade adalah Pilihan Broker Terbaik untuk Modal Kecil

Kesimpulan

Berdasarkan review kode broker AK terbaru 2023 yang sudah kami jabarkan di artikel ini secara lengkap. Investor sebenarnya bisa menilai sendiri apakah UBS Sekuritas itu aman atau tidak dengan mengenali ciri-ciri broker legal itu seperti apa.

UBS Sekuritas Indonesia bisa dianggap broker legal jika terdaftar resmi di OJK maupun BEI, penarikan dana mudah dilakukan, dan tidak adanya laporan user experience yang buruk dari mantan penggunanya. Dari ketiga hal ini, kita bisa menyimpulkan bahwa UBS Sekuritas Indonesia bukanlah broker bodong atau penipuan yang dapat merugikan investor.

Disclaimer: Review mengenai kode broker AK ini ditulis untuk kepentingan edukasi saja. Sehingga, pilihan untuk berinvestasi melalui UBS Sekuritas Indonesia atau tidak adalah hak masing-masing investor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *