Review Kode Broker LG
INVESTASI, BROKER, Review 30 Broker Forex

Review Kode Broker LG – Trimegah Sekuritas, Ini Profilnya

Kode broker LG adalah kode broker saham yang dimiliki oleh salah satu perusahaan sekuritas resmi yang telah terdaftar di OJK ataupun BEI. Pemilik kode broker LG ini adalah PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk atau selama ini kita kenal sebagai Trimegah Sekuritas.

Broker LG adalah termasuk jajaran broker saham terbaik yang ada di Indonesia dengan berbagai penghargaan yang sudah diperoleh. Tak heran, jika banyak investor di luar sana yang tertarik untuk berinvestasi melalui broker ini. Untuk mengetahui apakah broker ini aman atau tidak, Anda bisa membaca review mengenai broker LG di artikel ini hingga selesai.

Kode Broker LG Apa?

Kode broker yang disematkan kepada perusahaan sekuritas yang terdaftar di OJK ataupun BEI bisa kita ibaratkan seperti kode bank. Dimana, baik itu kode bank dan kode broker memiliki fungsi yang sama yaitu untuk mengidentifikasi perusahaan bank dan sekuritas.

Hal yang membedakan kode bank dan kode broker adalah kode broker terdiri dari 2 huruf kapital, sementara kode bank terdiri dari 3 digit angka.

Anda bisa mengetahui seluruh kode broker saham yang ada saat ini melalui situs resmi OJK. Termasuk siapa pemilik kode broker LG, dan juga pemilik kode broker lainnya. Melalui situs resmi OJK, Anda bisa mengetahui bahwa broker LG adalah perusahaan sekuritas yang kita kenal selama ini sebagai Trimegah Sekuritas Indonesia.

PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk adalah perusahaan broker aktif dan resmi di Indonesia yang telah berdiri sejak tahun 1990. Sebelum resmi berubah nama menjadi PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk, broker ini diketahui pernah beberapa kali melakukan perubahan nama perusahaan mulai dari: 

·  PT Trimulya Securindo Lestari (9 Mei 1990).
·  PT Trimegah Securindo Lestari (28 Mei 1990).
·  PT Trimegah Securities Tbk (12 Oktober 1999).

Barulah pada tanggal 29 Mei 2016, nama perusahaan broker ini resmi berubah menjadi PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk yang kita kenal hingga saat ini. Broker LG diketahui menawarkan beberapa produk dan layanan kepada investor seperti saham, reksa dana, obligasi, dan layanan perbankan untuk membantu investor institusi dalam meningkatkan permodalan lewat IPO, merger, akuisisi, dan aksi korporasi lainnya.

PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk memiliki alamat kantor terdaftar di Gedung Artha Graha Lantai 18 & 19, Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53, Jakarta Pusat. Selain itu, broker LG atau Trimegah Sekuritas juga memiliki kantor cabang yang berlokasi di sejumlah kota seperti Jakarta, Bandung, Medan, Cirebon, Semarang, Solo, Subaraya,  Makassar, dan Denpasar.

Berdasarkan profil perusahaan yang dipublikasikan di situs resmi BEI, broker LG resmi berdiri pada 9 Mei 1990 sesuai dengan akte perusahaan nomor 64 dengan modal yang disetorkan broker ini sebesar Rp355,46 miliar dan modal dasar sebesar Rp 680 miliar.

Status PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk adalah patungan dan punya status operasional aktif, dan telah mengantongi izin untuk perantara pedagang efek, margin, DMA, DMA AO, derivatif, online, online AO, online syariah, dan penjamin emisi efek.

Produk dan Layanan yang Ditawarkan Broker LG

Dikutip dari laman resmi perusahaan, broker LG diketahui menawarkan beberapa produk dan layanan seperti berikut: 

·  Saham

Saham adalah salah satu instrumen trading yang bisa Anda perdagangan melalui broker LG. Broker LG menyediakan dan menawarkan semua saham yang ada di IDX bagi investor untuk diperdagangkan.

·  Reksa Dana

Selain melayani perdagangan untuk saham, Trimegah Sekuritas juga menawarkan instrumen trading lainnya yaitu reksa dana. Anda bisa memilih jenis reksa dana yang sesuai dengan profil risiko dan juga tujuan keuangan. Menurut OJK, ada 5 jenis reksa dana yang ditawarkan saat ini yaitu:

·  Reksa dana pasar uang.
·  Reksa dana campuran.
·  Reksa dana pendapatan tetap.
·  Reksa dana syariah.
·  Reksa dana saham.

Reksa dana adalah instrumen investasi yang cocok bagi investor pemula karena rendah risiko. Hal ini dikarenakan investor yang berinvestasi pada reksa dana tidak menempatkan dananya pada satu aset saja melainkan berinvestasi pada banyak aset investasi.

Contohnya adalah produk reksa dana saham yang terdiri dari sejumlah saham pilihan dan aset investasi lain yang dipilih langsung oleh Manajer Investasi (MI). Sehingga, ketika Anda berinvestasi lewat produk reksa dana saham. Anda telah berinvestasi di sejumlah saham dan juga aset lain dalam produk reksa dana, dan hal ini sangat baik untuk diversifikasi investasi. 

·  Pendapatan Tetap

Karakteristik produk investasi pendapatan tetap adalah investor sudah pasti mendapatkan keuntungan dari bunga tetap hingga jatuh tempo, dan uang yang Anda investasikan tidak akan berkurang nilainya.

Contoh produk investasi pendapatan tetap di antaranya; deposito, tabungan, dan obligasi pemerintah maupun swasta. Bagi Anda yang tertarik dengan produk investasi pendapatan tetap, Anda bisa berinvestasi pada ORI, SR, SBR, dan ST yang tersedia di broker LG.

·  Layanan Investasi Perbankan

Broker AO juga menyediakan layanan investasi perbankan bagi investor institusi yang ingin meningkatkan permodalan lewat IPO, merger, akuisisi, dan aksi korporasi lainnya. Untuk memudahkan investor untuk bertransaksi di broker LG, Trimegah Sekuritas juga menyediakan fasilitas pembiayaan transaksi berupa fasilitas margin dan REPO.

Review Aplikasi Trimegah Sekuritas

Dilansir dari situs resmi perusahaan, broker LG telah mendukung online trading yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Aplikasi online trading milik Trimegah Sekuritas ini diberi nama TRIMA yang bisa Anda unduh lewat Google Play Store dan App Store.

Melalui aplikasi TRIMA, pengguna bisa melakukan kegiatan jual-beli efek ekuitas maupun reksa dana secara online. Berdasarkan penelusuran kami di Google Play Store, aplikasi TRIMA punya rating cukup baik dengan mendapatkan nilai 3,1 dari 3,81 ribu ulasan saat artikel ini ditulis dan sudah diunduh lebih dari 100 ribu pengguna. Namun, banyak pengguna yang mengeluhkan aplikasi TRIMA yang sering mengalami error dan tampilan aplikasi yang kurang baik.

Selain itu, aplikasi TRIMA juga belum dilengkapi dengan fitur auto order. Padahal, fitur auto order ini sudah banyak ditawarkan oleh perusahaan sekuritas lain di luar sana untuk memudahkan investor saat ingin membeli suatu saham sesuai keinginan.

Aplikasi TRIMA bisa diakses pengguna lewat perangkat elektronik yang memiliki software minimal Android 4.0 dan iOS 8.0.

BACA JUGA: Kode Broker GR — Panin Sekuritas TBK: Simak Kelebihan dan Kekurangannya!

Fitur yang Disediakan Broker LG

Untuk memudahkan investor saat berinvestasi di broker LG. Broker ini diketahui menawarkan sejumlah fitur yang bisa digunakan investor untuk memberikan keputusan investasi yang lebih baik.

1.  Search

Melalui fitur research, Anda bisa mendapatkan berbagai informasi penting terkait suatu emiten dan reksa dana yang meliputi search, Trimegah research, compare & benchmark, screen product, dan calculator. Anda bisa mendapatkan berbagai informasi terkait analisa harga, analisa fundamental, analisa teknikal, dll. Dengan mengetikkan nama saham yang ingin dipilih pada fitur search. 

2.  Trimegah Research

Investor bisa membaca laporan riset di broker LG dengan menggunakan fitur Trimegah Research yang menampilkan 3 laporan riset terakhir. 

3.  Compare & Benchmark

Untuk mendapatkan pilihan saham terbaik yang benar-benar layak diinvestasikan, Anda bisa menggunakan fitur compare & benchmark yang tersedia di Trimegah Sekuritas untuk memberikan perbandingan 3 efek berdasarkan indikator yang telah disediakan.

4.  Screen Product

Melalui fitur screen product yang tersedia di broker LG, setiap investor bisa membeli saham yang sedang dalam tren bullish dan memilih indikator mana yang ingin digunakan untuk menganalisa saham tersebut. 

5.  Calculator

Broker LG juga menyediakan fitur calculator yang bisa investor gunakan untuk menghitung keuntungan atau kerugian selama investasi dalam bentuk persentase maupun nilai uang.

Selain itu, Anda juga bisa mengetahui berapa besaran dana yang ideal untuk dialokasikan untuk investasi berdasarkan penghasilan dengan menggunakan fitur budget calculator yang disediakan Trimegah Sekuritas.

Cara Daftar Akun di Broker LG lewat Aplikasi TRIMA

Anda bisa membuka akun di broker LG lewat aplikasi TRIMA dengan cara seperti berikut: 

·  Unduh aplikasi Trimegah Sekuritas bernama TRIMA yang tersedia di Google Play Store dan App Store.
·  Buka aplikasi TRIMA.
·  Tekan Register Here, dan lakukan pendaftaran online untuk mendapatkan SID, SRE, dan RDN.
·  Tekan Buka Rekening Pribadi.
·  Selanjutnya, Anda bisa menyiapkan KTP dan NPWP (jika ada), pulpen dan kertas putih, dan melakukan selfie foto.
·  Tekan Selanjutnya.
·  Pada form Pembukaan Akun Investasi, Anda bisa memasukkan alamat email aktif dan nomor HP. Lalu, centang kotak persetujuan dan tekan Selanjutnya.
·  Ikuti setiap proses pendaftaran hingga akun Anda berhasil dibuat dan mendapatkan RDN.
·  Setelah akun Anda sudah terverifikasi oleh Trimegah Sekuritas, Anda sudah bisa mulai berinvestasi di broker LG.

Cara Top Up RDN di Trimegah Sekuritas

Untuk memulai investasi di Trimegah Sekuritas, Anda perlu melakukan setoran dana ke RDN terlebih dahulu dengan mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

·  Setoran saldo RDN di Trimegah Sekuritas sama seperti ketika Anda ingin melakukan transfer ke rekening bank.

·  Anda bisa melakukan setoran dana ke RDN dengan melakukan transfer sejumlah uang lewat ATM maupun mobile banking dengan memasukkan nomor RDN.

·  Sebelum melakukan setoran ke RDN, Anda perlu memastikan bahwa jumlah uang yang ingin disetorkan sudah sesuai dengan minimal setoran yang diberlakukan di Trimegah Sekuritas.

*Minimal setoran awal pada RDN di Trimegah Sekuritas adalah Rp100 ribu. Setelah Anda sudah berhasil melakukan setoran di RDN, Anda sudah bisa memulai investasi dengan membeli reksa dana atau saham lewat aplikasi TRIMA.

Anda juga bisa melakukan pembukaan rekening efek tanpa setoran dana terlebih dahulu melalui deposit minimal Rp100 ribu pada RDN.

Cara Withdraw RDN di Broker LG

Untuk menarik hasil keuntungan investasi Anda di broker LG, Anda bisa melakukan penarikan dana dengan cara seperti berikut: 

·  Buka aplikasi TRIMA di HP Anda.
·  Login ke akun Anda.
·  Pada pilihan menu, Anda bisa pilih Portofolio Saya.
·  Masukkan nomor PIN, lalu tekan Submit.
·  Selanjutnya, Anda bisa melihat jumlah saldo RDN yang bisa ditarik.
·  Berikutnya, Anda bisa kembali ke halaman sebelumnya.
·  Pilih Pengaturan.
·  Pilih Penarikan Dana Kas secara Online.
·  Isi jumlah saldo RDN yang ingin ditarik.
·  Setujui Syarat dan Ketentuan.
·  Tekan Submit.

*Jika Anda melakukan penarikan dana sebelum pukul 11.30 WIB, dana akan ditransfer pada hari yang sama. Namun jika Anda melakukan penarikan dana di atas pukul 11.30 WIB, penarikan dana akan diproses di hari kerja berikutnya.

Penarikan dana yang Anda lakukan akan dikenakan biaya transfer antar bank sebesar Rp6.500, jika Anda melakukan penarikan dana ke rekening bank yang berbeda dengan RDN.

Berapa Fee Trimegah Sekuritas?

Saat melakukan transaksi efek di Trimegah Sekuritas, investor akan dibebankan biaya jual, beli, dan bunga. Ini dia rincian biayanya: 

·      Fee Jual·      Fee Beli·      Bunga
Trimegah Sekuritas akan membebankan fee jual sebesar 0,28% dari total nilai transaksi. Sementara untuk biaya beli, broker LG menetapkan fee beli sebesar 0,18% dari total nilai transaksi. Bunga yang dibebankan kepada investor di Trimegah Sekuritas sebesar 25% per tahun dari nilai terutang, apabila investor tidak melunasi pembayaran setelah T+2. Untuk produk reksa dana, investor akan dibebankan biaya jual dan beli reksa dana sesuai ketentuan dari masing-masing Manajer Investasi (MI).

Kelebihan Broker LG

Broker LG atau kita kenal dengan nama Trimegah Sekuritas menawarkan sejumlah keunggulan bagi investor di antaranya: 

1.  Biaya Trading MurahFee trading yang dibebankan broker LG kepada investor tergolong rendah karena tidak sampai 1%. Hal ini dikarenakan Trimegah Sekuritas menawarkan fee jual sebesar 0,28% dan fee beli sebesar 0,18% kepada investor.
2.  Penarikan Dana Bisa Dilakukan di Hari yang SamaKelebihan berikutnya yang ditawarkan broker LG adalah penarikan dana bisa diproses di hari yang sama. Tentu tidak semua broker di luar sana yang menawarkan layanan withdraw seperti yang ditawarkan Trimegah Sekuritas. Umumnya, proses withdraw bisa memakan waktu paling cepat 2 hari. 
3.  Resmi OJK dan BEIKeuntungan berinvestasi melalui broker LG selanjutnya adalah investor tidak perlu khawatir bahwa Trimegah Sekuritas adalah broker penipuan.  Hal ini dikarenakan perusahaan sekuritas ini sudah terdaftar secara resmi di OJK maupun BEI. Sehingga, broker ini aman bagi investor di luar sana. 
4.  Dapat Diakses Secara OnlineProses pendaftaran hingga transaksi efek di broker LG bisa dilakukan secara online lewat aplikasi TRIMA yang tersedia bagi pengguna Android maupun Apple. Selain itu, aplikasi TRIMA juga dilengkapi dengan berbagai fitur seperti screen product, calculator, dll. Semua fitur tersebut bisa digunakan investor untuk membantu  mengambil keputusan investasi lebih baik

Kekurangan Broker LG

Selain kelebihan broker LG yang sudah kami sebutkan sebelumnya. Broker LG juga punya beberapa kekurangan dalam hal produk dan layanan yang ditawarkan seperti berikut: 

1.  Instrumen Trading Kurang BeragamProduk keuangan yang ditawarkan broker LG dianggap kurang beragam karena hanya menyediakan instrumen trading seperti obligasi, saham, dan reksa dana. Tentu berbeda dengan broker lain di luar sana yang bisa menawarkan instrumen trading yang lebih beragam seperti saham, forex, indeks, komoditas, dan crypto.
2.  Tidak Punya Fitur Auto OrderKekurangan lain bagi investor saat trading di Trimegah Sekuritas adalah tidak tersedianya fitur auto order. Padahal, fungsi fitur ini sangat berguna bagi investor saat ingin melakukan order saham secara otomatis berdasarkan beberapa kondisi seperti harga, waktu, gain loss, bottom rebound, dan trailing stop.

Apakah Broker LG Aman bagi Investor?

Trimegah Sekuritas yang dikenal dengan kode broker LG adalah termasuk broker aman bagi investor. Karena broker LG telah memenuhi persyaratan sebagai perusahaan sekuritas resmi di Indonesia yang telah berizin dan diawasi OJK maupun BEI.

Semua informasi tentang perusahaan Trimegah Sekuritas bisa Anda akses melalui situs resmi perusahaan. Selain itu, Trimegah Sekuritas juga mencantumkan kontak yang bisa dihubungi oleh nasabah jika mengalami kendala saat bertransaksi di broker LG.

Soal reputasi, nama besar PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk sebagai salah satu sekuritas resmi di Indonesia sudah tidak perlu diragukan lagi. Lantaran, perusahaan sekuritas ini sudah eksis selama lebih dari 30 tahun dan sering dipercaya sebagai penjamin emisi efek bagi perusahaan-perusahaan yang ingin melakukan IPO di BEI.

Apakah Broker LG Aman bagi Investor?

Mitrade adalah Broker Multi Aset yang Menawarkan Kemudahan Investasi bagi Investor

Kelebihan memilih broker multi aset adalah Anda bisa berinvestasi di produk keuangan yang lebih beragam. Ada sejumlah rekomendasi broker multi aset terbaik yang ada di luar sana yang bisa Anda pertimbangkan. Salah satunya adalah broker Mitrade yang menawarkan instrumen trading yang beragam bagi investor.

Melalui broker Mitrade, Anda bisa berinvestasi saham, crypto, komoditas, indeks, dan forex. Soal legalitas, broker Mitrade telah berizin dan diawasi oleh lembaga keuangan dunia seperti ASIC dan CIMA sehingga dapat memberikan rasa aman bagi investor saat bertransaksi di broker Mitrade

Anda bisa memulai trading online di broker Mitrade dengan minimal deposit rendah yaitu hanya sebesar $20 dan tersedia berbagai fitur yang bisa Anda gunakan selama trading seperti ratusan indikator teknikal, lebih dari 7 jenis chart, dan terdapat fasilitas leverage besar hingga 1000x yang cocok bagi Anda saat melakukan trading dengan modal kecil.

Untuk membantu Anda dalam menganalisa kondisi pasar, broker Mitrade juga menyediakan fitur berita, analisa, dan kalender ekonomi yang bisa investor baca untuk membantu mengambil keputusan investasi lebih baik.

Selain itu, investor juga tidak perlu khawatir dengan keamanan dana nasabah. Karena broker Mitrade menawarkan rekening nasabah terpisah dan juga menyediakan fitur saldo negatif bagi nasabah.

Mitrade adalah Broker Multi Aset yang Menawarkan Kemudahan Investasi bagi Investor

Kesimpulan

PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk adalah perusahaan sekuritas resmi yang terdaftar di OJK maupun BEI dengan kode broker LG. Selain legal, broker LG juga menawarkan biaya trading yang tergolong rendah karena feel jual dan fee beli tidak sampai 1%.

Namun, Trimegah Sekuritas bukanlah broker yang cocok bagi Anda yang ingin berinvestasi di multi aset. Karena broker ini hanya menawarkan 3 produk keuangan seperti saham, obligasi, dan reksa dana.

Bagi Anda yang ingin berinvestasi di multi aset, Anda sebaiknya mencari broker lain yang menawarkan produk keuangan yang lebih beragam seperti yang ditawarkan broker Mitrade kepada nasabah.

Disclaimer: Review mengenai kode broker LG ditulis hanya untuk edukasi saja dan tidak bermaksud untuk menyudutkan pihak tertentu yang diambil dari berbagai sumber.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *