Review IUX Markets Terbaru 2023, Apakah Rawan Scam?
INVESTASI, BROKER, SAHAM

Review AmiBroker, Software Wajib untuk Para Trader

AmiBroker adalah salah satu software yang tidak boleh dilewatkan oleh para trader. Software satu ini sangat membantu trader dalam melakukan analisis teknikal. Lalu apa itu AmiBroker dan apa saja manfaatnya untuk trader? Berikut penjelasan lengkap mengenai AmiBroker:

Apa Itu AmiBroker?

AmiBroker adalah software charting tools dan analisis teknikal yang cukup lengkap bagi para trader. Sudah banyak trader yang menggunakan software ini. Selain tools yang cukup lengkap,data yang digunakan juga bisa dipakai secara real time.

AmiBroker merupakan software analisis teknis dan platform pengembangan sistem perdagangan berfitur lengkap dengan grafik real-time yang  canggih, pengujian kembali/optimasi portofolio, dan kemampuan pemindaian. 

Lingkungan pengembangan sistem yang kuat dari AmiBroker memungkinkan pedagang untuk menemukan peluang pasar, mengkodekan sistem dan memvalidasinya menggunakan metode statistik yang kuat..

AmiBroker juga memungkinkan Anda untuk berdagang langsung dari grafik atau secara terprogram, menggunakan antarmuka perdagangan otomatis. Berikut contoh tampilan software AmiBroker:

Apa Itu AmiBroker?

Sejarah AmiBroker

Software Amibroker diproduksi oleh perusahaan perangkat lunak asal Polandia yang mengkhususkan diri dalam penulisan perangkat lunak analisis teknis yang disebut AmiBroker. Perangkat lunak ini sedang dikembangkan menggunakan standar industri profesional Visual C++ dan perpustakaan Microsoft Foundation Classes.

AmiBroker didirikan oleh Dr. Tomasz Janeczko, seorang Ph.D dalam bidang Ilmu Komputer dan Telekomunikasi dari Universitas Teknologi Wroclaw . Keterlibatannya dalam pemrograman komputer dimulai dengan membangun sistem berbasis Z80 pada tahun 1985. 

Sejak itu, ia memprogram semuanya secara harfiah termasuk seri 68K, Transputer, DSP, SoC, sistem tertanam berbasis ARM, dan tentu saja sistem berbasis Intel x86/x64. Dengan lebih dari 30 tahun pengalaman pemrograman, ia mampu memberikan AmiBroker kode kualitas tertinggi yang tersedia di mana saja.

AmiBroker sendiri sudah berusia 15 tahun dari versi pertamanya. Namun, software ini baru booming di Indonesia saat awal krisis finansial di tahun 2008 ketika market bergerak sangat volatil sehingga para trader membutuhkan sebuah tool yang dapat mengantisipasi pergerakan market yang sangat cepat.

Sejarah AmiBroker

Harga AmiBroker Indonesia

Software AmiBroker tentunya tidak bisa didapatkan secara gratis. Trader harus membayar jika ingin menggunakan software ini. Hindari menggunakan AmiBroker versi crack karena bisa saja data Anda dicuri atau tiba-tiba software Anda dinonaktifkan secara permanen.

Perangkat lunak AmiBroker hadir dalam dua edisi, yakni Edisi Standar dan Edisi Profesional. Anda juga dapat membeli AmiBroker Ultimate Pack Pro, bundel dari AmiBroker Professional Edition. 

Untuk versi standar, harga software ini mencapai US$ 279. Anda bisa mendapatkan fasilitas free upgrade selama 24 bulan. Amibroker versi standart cocok untuk swing trader atau intraday. Sementara itu, AmiBroker versi profesional seharga US$ 339. AmiBroker versi profesional menyediakan platform real-time dan analytical profesional dengan backtesting dan optimasi tingkat lanjut.

Jika ingin menggunakan AmiBroker Ultimate Pack Pro, Anda harus membayar sebesar US$ 499. Dalam versi ini, Anda bisa mendapatkan pengunduh kutipan dari berbagai sumber online yang menampilkan data EOD dan intraday gratis serta data fundamental gratis (AmiQuote), dan AFL Code Wizard untuk membuat formula AFL dari kalimat bahasa Inggris biasa.

Harga AmiBroker

Datafeed yang Digunakan

Data adalah salah satu faktor penting dari amibroker. Tanpa data tersebut, Anda tidak dapat menggunakan perangkat lunak amibroker. Sebelum membeli data, Anda harus memastikan bahwa vendor umpan data harus terdaftar di bursa. Secara garis besar ada tiga macam Datafeed yang bisa Anda hubungkan dengan amibroker. Berikut data feed yang dibutuhkan AmiBroker:

Data EOD👉Sesuai dengan namanya, data EOD (End Of Day) adalah data yang kita dapatkan setelah transaksi di pasar selesai. Data EOD berisi jumlah harga penutupan, harga tertinggi, harga terendah, harga pembukaan, dan volume harian untuk ekuitas tertentu. Biasanya diperbarui pada penutupan pasar, sekali sehari. 
Data Intraday Real time👉Data realtime bisa Anda gunakan untuk memantau aktivitas perdagangan secara real time.
Data Historis👉Data historis adalah tipe data yang digunakan secara offline sebagai referensi untuk backtest atau mempelajari grafik secara offline. 

Tools yang disediakan AmiBroker

AmiBroker menyediakan berbagai tools yang bermanfaat untuk trader. Berikut tools yang disediakan AmiBroker:

Jendela Analisis👉Jendela Analisis bisa Anda gunakan untuk pemindaian, eksplorasi, pengujian balik portofolio, pengoptimalan, pengujian langsung, dan simulasi Monte Carlo.
Screen Market👉Screen Market adalah alat penyaringan/penambangan data multiguna yang menghasilkan keluaran tabel yang dapat diprogram sepenuhnya dengan jumlah baris dan kolom yang tidak terbatas dari semua data simbol.
Backtest👉Backtest memungkinkan Anda  untuk menguji kinerja sistem Anda pada data historis. 
Skoring &Ranking👉Jika beberapa sinyal masuk terjadi pada bar yang sama dan Anda kehabisan daya beli, AmiBroker melakukan peringkat bar-by-bar berdasarkan skor posisi yang ditentukan pengguna untuk menemukan perdagangan yang lebih disukai.
Simulasi Monte Carlo👉Tools ini membantu Anda untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi kondisi pasar yang sulit. Dengan simulasi Monte Carlo, Anda bisa mengetahui properti statistik dari sistem perdagangan Anda.

Plugin AmiBroker

Plugin Amibroker adalah plugin program untuk aplikasi ProTrader, yang memungkinkan klien untuk mendapatkan feed data dari ProTrader dan mengirimkannya ke program AmiBroker untuk melakukan monitoring pergerakan harga aset dan chart. Jadi, Protrader akan menyediakan data real time untuk pengguna AmiBroker secara gratis.

Plugin AmiBroker bisa didapat dari berbagai sumber, seperti Plugin dari sekuritas yang menyediakan fasilitas AmiBroker, Plugin TradingView maupun Investhing. Anda memerlukan memulai komunikasi dengan broker. Amibroker perlu berkomunikasi dengan broker Anda untuk mengirim order dan mencari tahu apakah Anda bisa mengeksekusi order atau tidak.

Tanpa plugin tersebut, AmiBroker Anda tidak bisa dijalankan. Meskipun Amibroker tidak menawarkan plugin untuk semua broker, Anda dapat membuat plugin sendiri. Namun, hal Itu membutuhkan banyak pengetahuan mengenai pemrograman.

Cara Menggunakan AmiBroker dalam Trading

AmiBroker bisa Anda manfaatkan untuk melakukan trading secara otomatis. Untuk memulai perdagangan otomatis dengan Amibroker, Anda perlu membuat kode skrip yang memungkinkan Anda mengelola pesanan dan perdagangan Anda untuk menghindari banyak pesanan dikirim.

Hal pertama yang Anda butuhkan adalah strategi backtested dengan aturan ketat untuk melakukan open buy dan sell. Berikut cara cara ringkas trading otomatis dengan AmiBroker:

  1. 👉Jika Anda menghasilkan sinyal beli atau jual, Amibroker harus terhubung ke broker melalui plugin/jembatan.
  2. 👉Setelah terhubung ke broker, Anda harus memeriksa apakah strategi Anda sudah memiliki posisi untuk strategi ini. Jika Anda tidak melakukan langkah ini, Anda akan memiliki banyak pembelian untuk strategi yang sama dan Anda mungkin akan berakhir tanpa uang sepeser pun. Metode termudah adalah dengan menggunakan variabel statis untuk ini.
  3. 👉Jika Anda memiliki posisi datar atau ingin menambah posisi yang ada, gunakan Amibroker untuk mengirim order. Broker memiliki berbagai jenis pesanan dan dengan demikian jenis pesanan tergantung pada broker yang Anda gunakan. Anda mengirim pesanan pilihan Anda (OPG, MOC, Limit order, Market order, dll.).
  4. 👉Tunggu beberapa saat agar Amibroker melacak atau menyimpan pesanan yang dikirim untuk menghindari pengiriman beberapa pesanan (atau setidaknya untuk membatasi jumlah pesanan).
  5. 👉Jika pesanan terisi, Amibroker perlu melacak kembali order tersebut untuk menghindari banyak order dalam strategi yang sama.
  6. 👉Anda bisa mengulang [prosedur yang sama untuk order jual.

Kelebihan dan Kekurangan AmiBroker

Selain disukai banyak trader karena memiliki beberapa kelebihan, AmiBroker juga memiliki beberapa kekurangan seperti berikutnya.

💚Kelebihan💔Kekurangan
Bisa Melakukan Semua Teknik Analisa:
Anda bisa melakukan semua teknik analisa dengan AmiBroker. Jadi, software ini bisa menyesuaikan dengan gaya trading Anda.
❌❌Harga Mahal:
Menggunakan software ini tentu tidak gratis. Anda harus membayar dengan harga yang cukup mahal. Untuk versi standar saja, Anda perlu membayar US$ 279, versi pro sekitar US$ 339, dan ultimate pack pro US$ 449. Jika dirupiahkan, nominal tersebut tentu mencapai jutaan rupiah.
Bisa Dikustomisasi:
Formula atau indikator di AmiBroker bisa kita kustomisasi sendiri. Kita juga bisa menambahkan dengan berbagai formula trading baru dari librarynya secara gratis.
❌❌Tidak Cocok Untuk Pemula:
Software ini kurang cocok untuk trader yang baru saja terjun dalam dunia trading. Sebab, penggunaan fitur atau tools di dalamnya memerlukan pengaturan khusus yang cukup rumit.
Mempermudah Mendapatkan Sinyal:
AmiBroker membantu trade untuk lebih mudah mendapatkan sinyal jual atau beli saham secara harian dari ratusan saham yang terdaftar di bursa dengan menggunakan fungsi automatic analisisnya.
❌❌Lebih Efektif Untuk Trading Saham:
Penggunaan AmiBroker hanya efektif untuk trading saham. Sebab, fitur dan tools yang tersedia di dalamnya memang diciptakan khusus untuk membaca analisa pergerakan saham.

Rekomendasi Broker Terpercaya – Mitrade

Ingin trading dengan untuk maksimal? Anda bisa memilih broker Mitrade. mitrade adalah broker internasional yang sudah mendapatkan izin resmi beroperasi dari Securities and Investments Commission (ASIC) dan Cayman islands monetary authority (CIMA). Keamanan Mitrade juga tak perlu Anda ragukan lagi karena seluruh uang yang Anda transfer akan ditampung dalam bank segregated.

Trading di Mitrade bisa Anda lakukan hanya dengan modal US$ 50. Tersedia juga leverage 1000 x yang bisa Anda manfaatkan untuk trading dengan modal kecil. Jika ingin lebih mahir di pasar modal, Anda bisa berlatih trading dengan akun demo senilai US$ 50.000 yang disediakan gratis. Anda juga bisa melakukan berbagai teknik analisis teknikal dengan bantuan ratusan indikator dan tujuh jenis chart.

Untuk mendaftar di Mitrade, Anda hanya perlu akun Facebook, Google, Apple ID, atau nomor telepon. Pendaftaran bisa dilakukan di mana saja dan hanya butuh waktu hitungan menit. Verifikasi data hanya membutuhkan foto kartu identitas dan rekening koran yang masih berlaku.

mitrade -broker terbaik di indonesia

Kesimpulan

AmiBroker adalah software charting tools dan analisis teknikal yang cukup lengkap bagi para trader. Sudah banyak trader yang menggunakan software ini. Selain tools yang cukup lengkap,data yang digunakan juga bisa dipakai secara real time. AmiBroker merupakan software analisis teknis dan platform pengembangan sistem perdagangan berfitur lengkap dengan grafik real-time yang  canggih, pengujian kembali/optimasi portofolio, dan kemampuan pemindaian. Untuk menggunakan AmiBroker, Anda harus memiliki plugin AmiBroker terlebih dahulu. Plugin Amibroker adalah plugin program untuk aplikasi ProTrader, yang memungkinkan klien untuk mendapatkan feed data dari ProTrader dan mengirimkannya ke program AmiBroker untuk melakukan monitoring pergerakan harga aset dan chart. Jadi, Protrader akan menyediakan data real time untuk pengguna AmiBroker secara gratis. Anda bisa mendapatkan plugin AmiBroker  dari berbagai sumber, seperti Plugin dari sekuritas yang menyediakan fasilitas AmiBroker, Plugin TradingView maupun Investhing.

Disclaimer: Artikel ini dibuat bukan untuk saran atau rekomendasi trading. Semua bentuk kerugian akibat trading adalah tanggung jawab pribadi sehingga Anda harus berhati-hati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *