prospek saham antam 2023
INVESTASI, SAHAM

Layakkah Berinvestasi Saham Antam ? Cermati Prospek Saham Antam 2023 !

Prospek saham antam 2023 dinilai akan menarik. Di tengah isu resesi, investasi emas dianggap memberikan nilai positif. Hal ini tentu akan berdampak pada saham antam di tahun 2023. Kira-kira, bagaimana prospek saham antam di tahun 2023? Berikut ulasan lengkapnya:

Apa Itu Saham Antam?

Saham Antam adalah saham yang dikeluarkan oleh emiten PT Aneka Tambang Tbk (antam). Perusahaan ini merupakan Badan Usaha Milik Negara yang didirikan pada tanggal 5 Juli 1968. Perusahaan ini memiliki kegiatan yang mencakup eksplorasi, penambangan, pengolahan, dan pemasaran sumber daya mineral.

Komoditas utama emiten Antam adalah Bijih nikel kadar tinggi, bijih nikel kadar rendah, emas, perak, bauksit, dan feronikel. Perusahaan antam memiliki jasa utama berupa pengolahan dan pemurnian logam mulia serta jasa geologi. PT Antam dibentuk sebagai merger dari beberapa perusahaan pertambangn milik negara dan proyek eksplorasi di bidang mineral, seperti BPU Pertambun, PN Tambang Emas, PN Perbaki, dan Tikotok.

Perusahaan ini awalnya didirikan dengan nama Perusahaan Negara (PN) Aneka Tambang. Pendirian perusahaan berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 22 Tahun 1968. Perusahaan ini melakukan penawaran umum perdana (IPO) dengan Menjual 35% Sahamnya kepada Publik dan tercatat di Bursa Efek Indonesia pada tahun 1997.

Dana yang diperoleh dari IPO tersebut digunakan untuk mendukung perluasan proyek feronikel III. Tahun 2015, perusahaan ini melakukan Right issue yang menyertakan penyertaan Modal Negara sukses dengan oversubscription dan perolehan dana hampir Rp5,38 triliun. 

Saat IPO, saham Antam ditawarkan dengan harga Rp 1.400 per lembar. Sejak tahun 2013 hingga 2020 tren saham antam cenderung sideways. Lalu di tahun 2021, saham antam mencapai level tertingginya hingga Rp 3.440 per lembar.

Emiten ini memiliki konsumen jangka panjang yang cukup loyal di Asia dan Eropa. Antam juga membentuk beberapa usaha patungan dengan mitra internasional untuk memanfaatkan cadangan tambang yang menghasilkan keuntungan. Di tahun 2021, PT Antam berhasil meraup laba bersih hingga 1,8 triliun dari total pendapatan Rp 38,4 triliun.

Melihat Prospek Saham Antam 2023

Cara Beli Saham Antam

Anda bisa membeli saham Antam di IPOT atau Stockbit. Berikut cara membelinya:

1. Cara Membeli saham Antam di IPOT

Untuk membeli saham antam di IPOT, berikut langkah yang bisa Anda lakukan:

  • Unduh aplikasi IPOTGO yang kini tersedia di Play Store atau App Store.
  • Lakukan registrasi dengan menuliskan alamat email dan nomor ponsel yang masih aktif.
  • Klik kembali alamat email yang Anda gunakan untuk registrasi.
  • Setelah menerima kode OTP yang terkirim melalui SMS, masukkan kode tersebut.
  • Tuliskan nomor KTP dan NPWP milik Anda.
  • Lakukan konfirmasi nama sesuai KTP, lalu isis data yang dibutuhkan.
  • Pilih “Pembukaan Rekening Dana Nasabah” dan “Rekening Efek”.
  • Lakukan verifikasi dengan mengupload foto selfie sembari memegang KTP.
  • Lakukan verifikasi data melalui alamat email.

Nah, itulah langkah membuat akun di IPOT. Setelah memiliki akun, Anda bisa memilih menu “list saham” Kemudian pilih saham Antam, dan klik “BUy. DI bagian menu Order, masukan jumlah lot dan harga saham yang Anda inginkan, kemudian lakukan submit. Jika sudah yakin dengan harga dan jumlah lot saham Antam yang diinginkan, klik Confirm Order. Jika transaksi berhasil, saham Antam akan segera masuk ke portofolio Anda.

2. Cara Beli Saham Antam di Stockbit

Untuk membeli saham Antam di Stockbit, berikut langkah yang bisa Anda lakukan:

  • Lakukan registrasi akun dan buka “Rekening Dana Nasabah”.
  • Setelah selesai melakukan registrasi, top up dana RDN.
  • Di bagian menu Search, tuliskan saham Antam.
  • Tekan tombol Buy dan masukan harga pembelian dan jumlah saham yang diinginkan.
  • Tekan Buy lalu pilih confirm.

Analisis Teknikal Saham Antam 2023

Analisis Teknikal Saham Antam
Prospek Saham Antam 2023

Sepanjang tahun 2013 hingga 2020 saham Antam berada di zona sideways. Sejak akhir 2021, saham ANTAM sudah keluar dari zona sideways dan mencapai titik tertingginya di level Rp 3.440 per lembar. Lalu pada Desember 2022, saham Antam bertahan di zona support.Rp 1900 per lembar.

Kemudian di bulan Januari 2023, saham Antam mulai menunjukan trend positif disertai volume yang besar. Hal ini menunjukan bahwa saham Antam ada potensi mengakhiri masa konsolidasi dalam jangka panjang. Kemudian saham Antam juga membentuk pola ascending triangle dengan area resistance di Rp 2.150 hingga 2.275.

Untuk tiga hingga enam bulan kedepan, saham Antam diperkirakan akan uptrend hingga Rp 2.420 hingga Rp 2.600. Pada Desember 2022, Saham Antam berhasil menembus sideways hingga menyentuh resistance 2.150. Kenaikan di bulan Januari 2023 ini tergolong cukup bagus sehingga mampu mengakhiri trend konsolidasi.

Bila kita melihat harga emas terakhir ini, harga emas memang cenderung naik. Hal ini tentu berpengaruh pada saham Antam karena komoditas yang dihasilkan emiten tersebut adalah emas. Jika harga emas terus naik, harga saham Antam memiliki potensi besar juga akan terus naik. Komoditas berikutnya yang berkorelasi adalah harga nikel. Harga nikel sendiri masih membentuk sideways. Jadi, pergerakan naik harga saham Antam di bulan ini masih dipengaruhi oleh harga emas.

Untuk pergerakan investor asing, pada bulan Januari 2023 terlihat lebih sangat agresif untuk mengakumulasi saham besar. Hal ini ditunjukan oleh trend yang mulai naik dan menandakan bahwa pergerakan investasi mulai naik. Dengan kata lain, secara teknikal prospek harga saham Antam di tahun 2023 ini diperkirakan akan menuju uptrend.

Analisa Fundamental Saham Antam 2023

Secara fundamental, perusahaan aneka tambang tergolong perusahaan yang mature secara usia. Perusahaan ini juga bergerak di bidang pertambangan dan pengangkutan. Perusahaan Antam juga memiliki izin pertambangan di berbagai daerah di Indonesia. Antam juga memiliki anak usaha hingga 19, namun ada beberapa yang tidak beroperasi. Wilayah eksplorasi perusahaan ini juga cukup banyak.

Dilihat dari sisi keuangan, tahun 2022 perusahaan ini berhasil mencatat net profit hingga Rp 3,5 triliun. Namun, aset dan kas perusahaan Antam juga tergolong menurun, dari Rp 5 triliun menjadi Rp 3,2 triliun. Namun, persediaan perusahaan ini bertambah. Perusahaan ini berhasil mencetak earning per share positif dalam 5 tahun berturut-turut. Market cap perusahaan ini juga mencapai lebih dari Rp 40 triliun.

Kabar baiknya, rasio utang perusahaan ini kurang dari satu, yakni hanya 0,48 modal. Dengan kata lain, jumlah modal lebih banyak daripada hutangnya. Profitabilitas perusahaan ini juga tergolong baik, yakni Return on Equity lebih dari 15%. Return of Asset perusahaan ini juga tergolong meningkat, yakni 10, 37% di tahun 2022. Hal ini menunjukan bahwa total aset yang dimiliki perusahaan ini mampu menghasilkan laba.

Namun, di tahun 2022 perusahaan ini tidak membagikan dividen sama sekali. Pinjaman bank dan pinjaman investasi perusahaan ini juga tidak naik. Akan tetapi, liabilitas perusahaan ini naik dua kali lipat lebih. Jadi, dari liabilitas jangka pendek dan kas perusahaan ini kurang baik. Namun, dari total aset lancar perusahaan ini tergolong baik.

Prospek Saham Antam 2023

PT Aneka Tambang yang menjadi emiten Saham Antam baru saja merampungkan perjanjian kerjasama dengan mitra strategis huna perngembangan proyen kendaraan listrik. Hal ini tentu akan berdampak positif bagi Antam, meski tidak dalam waktu dekat.

Saat ini, harga komoditas logam di industri masih tertekan akibat melemahnya ekonomi global karena sikap agresif bank sentral dunia. Akan tetapi, saham Antam masih layak dikoleksi oleh investor. Antam memiliki potensi uptrend yang besar.

Kenaikan saham Antam bisa melebihi awal perkiraan. Hingga akhir tahun 2022, saham Antam masih berada di kisaran Rp 2.250 hingga Rp 2.350. Di tahun 2023, harga saham Antam, bisa mencapai Rp 3000 per lembarnya.

Meski demikian, perusahaan komoditas harus tetap berhati-hati hingga akhir tahun karena masih terdapat tekanan. Kabar baiknya, kondisi tersebut akan membaik pada kuartal tahun 2023. Masih ada peluang bahwa perusahaan komoditas di luar energi akan defensif hingga kuartal II 2023. Dengan begitu, saham Antam diperkirakan akan naik pada pertengahan tahun 2023.

Saat ini, emiten Antam tengah berfokus dalam penyelesaian kerjasama bersama partner strategis. Setelah perjanjian tersebut selesai, aspek pengelolaan environmental, social, and Governance serta project funding akan disepakati bersama para mitra. Antam juga turun langsung dalam sisi hulu pada proyek EV Battery. 

Sebagai informasi, saham antam saat artikel ini ditulis berada di angka Rp 2.280 per lembar. Harga tertinggi untuk hari ini berada di level Rp 2.390. Sata pasar buka, saham Antam berada di harga Rp 2.290.

Broker Terpercaya Mitrade

Sayangnya, Anda tidak bisa membeli saham Antam di Mitrade karena saham tersebut belum masuk listing saham internasional. Anda bisa membelinya di Mitrade jika saham Antam masuk dalam listing New York Stock Exchange (NYSE) dan National Association of Securities Dealers Automated Quotations (NASDAQ).

Jika ingin bergabung di Mitrade, Anda hanya bisa membeli saham luar negeri. Mitrade juga menyediakan indeks, crypto, forex, dan komoditas. Broker Mitrade adalah broker internasional terpercaya yang sudah mendapatkan legalitas dari Australian Securities and Investments Commission (ASIC) dan Cayman islands monetary authority (CIMA).

Bersama Mitrade, Anda bisa trading dengan aman karena broker ini juga bekerjasama dengan bank segregated. Pembuatan akun juga bisa dilakukan dari mana saja dan kapan saja Anda inginkan. Platform trading Mitrade juga didesain sesuai kebutuhan klien sehingga user friendly.

Deposit Mitrade bisa dimulai dari US$ 50. Tersedia leverage hingga 1000x untuk Anda yang ingin trading dengan modal kecil. Anda juga bisa memanfaatkan ratusan indikator teknikal yang tersedia untuk melakukan analisis.

mitrade -broker terbaik di indonesia

Kesimpulan

Saham Antam adalah saham yang dikeluarkan oleh emiten PT Aneka Tambang Tbk (antam). Perusahaan ini merupakan Badan Usaha Milik Negara yang didirikan pada tanggal 5 Juli 1968. Perusahaan ini memiliki kegiatan yang mencakup eksplorasi, penambangan, pengolahan, dan pemasaran sumber daya mineral. Sepanjang tahun 2013 hingga 2020 saham Antam berada di zona sideways. Sejak akhir 2021, saham ANTAM sudah keluar dari zona sideways dan mencapai titik tertingginya di level Rp 3.440 per lembar. Lalu pada Desember 2022, saham Antam bertahan di zona support.Rp 1900 per lembar.

Kemudian di bulan Januari 2023, saham Antam mulai menunjukan trend positif disertai volume yang besar. Hal ini menunjukan bahwa saham Antam ada potensi mengakhiri masa konsolidasi dalam jangka panjang. Untuk tiga hingga enam bulan kedepan, saham Antam diperkirakan akan uptrend hingga Rp 2.420 hingga Rp 2.600. 

Secara fundamental, PT Aneka Tambang yang menjadi emiten Saham Antam baru saja merampungkan perjanjian kerjasama dengan mitra strategis huna perngembangan proyen kendaraan listrik. Hal ini tentu akan berdampak positif bagi Antam, meski tidak dalam waktu dekat. Saat ini, harga komoditas logam di industri masih tertekan akibat melemahnya ekonomi global karena sikap agresif bank sentral dunia. Akan tetapi, saham Antam masih layak dikoleksi oleh investor. Antam memiliki potensi uptrend yang besar. Kenaikan saham Antam bisa melebihi awal perkiraan. Hingga akhir tahun 2022, saham Antam masih berada di kisaran Rp 2.250 hingga Rp 2.350. Di tahun 2023, harga saham Antam, bisa mencapai Rp 3000 per lembarnya.

Disclaimer: Penulisan artikel mengenai prospek saham antam 2023 ini hanya untuk edukasi dan tidak bisa menjadi pedoman utama untuk berinvestasi atau trading.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *