Industri Semikonduktor Bangkit di 2024, Saham Perusahaan Semikonduktor Ini Layak Dipilih
SAHAM, INVESTASI

Industri Semikonduktor Bangkit di 2024, Saham Perusahaan Semikonduktor Ini Layak Dipilih

Di tengah pesatnya perkembangan teknologi di dunia, perusahaan-perusahaan semikonduktor di dunia punya peranan yang penting untuk menyuplai pasokan chip semikonduktor ke berbagai sektor industri teknologi yang membutuhkan.

Dalam beberapa tahun terakhir, permintaan chip semikonduktor untuk berbagai sektor teknologi sangat besar. Tingginya permintaan chip semikonduktor di dunia dipengaruhi oleh tren industri digital yang sedang berkembang pesat di berbagai belahan dunia.

Perkembangan teknologi mata uang kripto, AI, 5G, komputasi awan, energi baru terbarukan, VR, dan kendaraan listrik adalah sektor-sektor industri yang saat ini sedang menjadi tren industri digital di dunia yang juga berkontribusi besar terhadap pertumbuhan industri semikonduktor secara global.

Berdasarkan data yang dipublikasikan oleh perusahaan riset Gartner pada April 2023 lalu, pendapatan industri semikonduktor global pada 2022 diperkirakan mencapai $599,6 miliar dan diprediksi mengalami penurunan sebesar 11,2% menjadi $532,2 miliar di tahun 2023 yang disebabkan salah satunya oleh penurunan permintaan chip memori secara global sebesar 35,5%.

Industri Semikonduktor Bangkit di 2024, Saham Perusahaan Semikonduktor Ini Layak Dipilih

Turunnya permintaan chip memori pada 2023 diprediksi akan segera pulih di tahun 2024 dengan proyeksi pendapatan industri semikonduktor mencapai $630,9 miliar atau naik 18,5% dibanding 2023.

Bagi investor saham, kabar kebangkitan industri semikonduktor di 2024 adalah peluang investasi yang bisa Anda tangkap untuk mendapatkan cuan dari naiknya harga saham-saham perusahaan semikonduktor global di 2024 nanti.

Sebelum Anda memutuskan berinvestasi di saham-saham semikonduktor terbaik di dunia. Sebagai investor, Anda perlu mengenal terlebih dahulu industri semikonduktor itu seperti apa sehingga investor tidak membeli saham perusahaan semikonduktor seperti membeli kucing dalam karung.

Apa yang Dimaksud dengan Perusahaan Semikonduktor?

Perusahaan semikonduktor adalah perusahaan manufaktur yang membuat perangkat semikonduktor untuk dipasok ke berbagai industri di dunia.

Negara Indonesia bukanlah negara produsen semikonduktor di dunia. Hal ini dikarenakan jumlah pabrik dan jumlah produksi semikonduktor di Indonesia masih terbilang sedikit. Tentu berbeda halnya dengan negara Jepang, Tiongkok, Taiwan, Amerika Serikat, Jerman, Korea Selatan, Inggris, Malaysia, Belanda, dan Israel.

Semua negara yang sudah disebutkan tersebut adalah termasuk negara produsen semikonduktor di dunia yang memiliki kapasitas produksi yang sangat besar untuk memenuhi permintaan pasar.

Apa yang Dimaksud dengan Perusahaan Semikonduktor?
sumber dari:IC Insights

Apakah Ada Perusahaan Semikonduktor di Indonesia?

Untuk mengembangkan industri semikonduktor di Indonesia. Pemerintah Indonesia diketahui sudah menyiapkan lahan seluas 83 ribu meter persegi di Batam untuk dijadikan pusat industri semikonduktor di Indonesia.

Sudah ada 2 negara produsen semikonduktor dunia yang sudah menjalin kerjasama dengan pemerintah Indonesia untuk mengembangkan industri semikonduktor di Indonesia, yaitu Jerman dan Amerika Serikat. Selain Jerman dan Amerika Serikat, pemerintah Indonesia juga sedang menjajaki investasi chip semikonduktor di Indonesia dengan negara Korea Selatan, Jepang, dan Taiwan.

Saat ini, ada satu perusahaan semikonduktor asal Jerman bernama PT Infineon Technologies Batam yang sudah resmi beroperasi dan membuka pabriknya di Batam. Sebelum PT Infineon Technologies Batam resmi beroperasi di Indonesia, Indonesia sebenarnya pernah punya pabrik semikonduktor yang memproduksi chip semikonduktor untuk diimpor ke luar negeri pada tahun 1986.

Apakah Ada Perusahaan Semikonduktor di Indonesia?

Alasan Produsen Semikonduktor Dunia Melirik Industri Semikonduktor di Indonesia

1.  Indonesia Menawarkan Stok Pasir Silika yang Melimpah

Salah satu daya tarik Indonesia di mata investor chip semikonduktor dunia adalah Indonesia punya hasil pertambangan yang melimpah, salah satunya adalah pasir silika. Pasir silika adalah salah satu bahan utama untuk membuat semikonduktor, dimana sumber daya alam ini bisa dijadikan tawaran investasi yang menarik bagi seluruh investor di luar sana yang tertarik untuk investasi chip semikonduktor di Indonesia. 

2.  Permintaan Semikonduktor di Indonesia Semakin Tinggi

Alasan berikutnya adalah permintaan semikonduktor di Indonesia semakin tinggi. Hal ini dikarenakan chip semikonduktor digunakan oleh berbagai industri seperti otomotif, sepeda listrik, ponsel, dan produk elektronika lainnya.

Indonesia adalah pasar yang besar bagi produk elektronika. Oleh sebabnya, Indonesia dapat menawarkan rantai pasokan untuk industri semikonduktor bagi produsen-produsen semikonduktor dunia. 

3.  Tenaga Kerja Indonesia Murah

Hal yang menjadi bahan pertimbangan lainnya bagi perusahaan asing yang ingin membuka pabrik di Indonesia adalah karena adanya faktor tenaga kerja Indonesia yang melimpah dan murah.

Dengan biaya tenaga kerja yang murah, perusahaan asing bisa menekan pengeluaran sekecil mungkin dan dapat memaksimalkan potensi keuntungan yang bisa diperoleh.

Kenapa Chip Semikonduktor Sangat Penting Pada Produk Elektronika? Ini Fungsi dan Cara Kerja Semikonduktor

Walaupun berukuran kecil, namun chip semikonduktor adalah komponen utama untuk kendaraan bermotor dan produk elektronika lainnya. 

·  Fungsi Semikonduktor pada Mobil

Pada industri otomotif, chip semikonduktor memiliki fungsi elektronik untuk mengaktifkan beberapa fitur seperti sasis, safety, infotainment, body, serta electronic system dan powertrain.

1.  Fitur Sasis Mobil2.  Fitur Safety3.  Fitur Bodi Mobil4.  Fitur Infotainment
Komponen chip semikonduktor yang terdapat pada  bagian sasis mobil dapat berfungsi untuk mengaktifkan fitur power steering, Anti-lock Braking System (ABS), dan chassis control.Komponen chip semikonduktor bukan hanya terdapat pada fitur sasis mobil saja, melainkan juga berfungsi untuk mengaktifkan sensor airbag dan parking assistance pada fitur safety di mobil. Pada fitur bodi mobil, komponen chip semikonduktor berfungsi untuk mengaktifkan power window, power door, dan seat control. Fitur infotainment yang terdapat di mobil terdiri dari car audio, entertainment, connectivity audio, dan dashboard. Dimana, fitur infotaiment ini membutuhkan chip semikonduktor untuk mengaktifkannya.

Penggunaan chip semikonduktor pada mobil tidak hanya terbatas untuk keempat fitur yang sudah disebutkan di atas, melainkan chip semikonduktor juga digunakan pada lampu, mesin, aki, starter, dan transmisi pada mobil. 

·  Fungsi Chipset Semikonduktor Pada Ponsel Pintar

Selain industri otomotif, industri smartphone juga adalah pasar terbesar bagi industri semikonduktor di dunia.  Chipset atau biasanya kita kenal sebagai processor yang terdapat pada ponsel pintar memiliki fungsi penting untuk mengatur modem, memproses data, memproses grafis, dan memproses kamera, dan lain sebagainya.

Mahalnya suatu chipset yang ada di pasar dapat dipengaruhi karena beberapa hal, antara lain; nilai tukar USD, kelangkaan stok chipset, jenis chipset, dan generasi chipset.

Dalam perangkat elektronik yang kompleks, semikonduktor memiliki fungsi utama untuk switching, converting, dan controlling. 

·  Chip Semikonduktor Terbuat dari Apa?

Bahan umum yang biasanya digunakan untuk membuat chip semikonduktor adalah silicon, karbon, dan germanium. Proses pembuatan chip semikonduktor perlu melalui beberapa tahapan seperti berikut: 

1.  Endapan.
2.  Litografi.
3.  Lapisan fotoresist.
4.  Paparan.
5.  Litografi komputasi.
6.  Memanggang dan mengembangkan.
7.  Etsa.
8.  Metrologi dan inspeksi.
9.  Implantasi ion.
10.   Mengulang proses hingga wafer tertutup pola.
11.  Chip semikonduktor dipotong dadu dan dikemas dengan paket pelindung.

Setelah chip semikonduktor sudah dikemas, barulah chip semikonduktor siap untuk dipasarkan dan digunakan untuk TV, tablet, dan perangkat digital lainnya. Untuk bisa menghantarkan listrik, semikonduktor memanfaatkan pergerakan elektron. Di saat suhu rendah, elektron akan berfungsi sebagai isolator. Namun ketika suhu naik, elektron akan mendapatkan energi yang cukup untuk bergerak dan menghasilkan aliran arus listrik.

Mengenal Sektor Industri Semikonduktor di dunia

Dalam menjalankan bisnis semikonduktor, perusahaan semikonduktor yang ada saat ini dibagi menjadi beberapa sektor, antara lain: 

1.  Produsen Perangkat Terintegrasi (IDM)

Perusahaan semikonduktor yang termasuk sektor IDM adalah perusahaan-perusahaan manufaktur semikonduktor yang merancang, memproduksi, hingga menjual chip semikonduktor ke pasar.

Contoh perusahaan semikonduktor dunia yang termasuk sektor IDM adalah Samsung dan Intel. 

2.  Fabless

Menurut Investopedia, perusahaan semikonduktor fabless adalah perusahaan yang merancang dan menjual semikonduktor. Namun perusahaan semikonduktor fabless tidak memproduksi chip atau wafer silikon.

Proses produksi chip atau wafer silikon tersebut dipercayakan kepada pabrik atau perusahaan pengecoran logam yang berada di luar negeri seperti Taiwan dan Tiongkok.  Dengan keuntungan mendapatkan biaya produksi lebih rendah dan dapat memaksimalkan keuntungan penjualan chip semikonduktor sebesar-besarnya.

Contoh perusahaan semikonduktor fabless di dunia adalah NVIDIA, Apple, dan Qualcomm. Walaupun perusahaan-perusahaan semikonduktor dunia tersebut tidak memproduksi chip. Namun NVIDIA, Apple, dan Qualcomm tetap memegang hak kekayaan intelektual atas merek yang dijual. 

3.  Foundry

Perusahaan semikonduktor foundry adalah perusahaan yang memproduksi chip semikonduktor untuk perusahaan lain.

Contoh perusahaan semikonduktor foundry adalah Samsung Foundry, Globalfoundries Inc, dan United & Microelectronics Corporation (UMC). 

4.  Perakitan dan Pengujian Semikonduktor Outsourcing (OSAT)

Sektor industri semikonduktor selanjutnya adalah OSAT, perusahaan semikonduktor OSAT adalah perusahaan outsourcing yang menyediakan layanan pengemasan dan pengujian IC bagi perusahaan semikonduktor IDM, foundry, dan fabless.

Contoh perusahaan semikonduktor OSAT dunia adalah Amkor, HUATIAN, ChipMos, dan ASE.

Menilik Prospek Saham Perusahaan Semikonduktor Dunia di 2024

Tahun 2024 diprediksi akan menjadi tahun kebangkitan saham-saham perusahaan semikonduktor dunia. Hal ini dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain: 

1.  Pulihnya Permintaan Pasar Semikonduktor di 2024

Menurut DIGITIMES Research pada Oktober 2023 lalu, pertumbuhan industri semikonduktor di 2024 sangat dipengaruhi oleh tingkat permintaan di industri otomotif dan juga industri ponsel & PC, dan server.

Melalui risetnya, DIGITIMES Research mengatakan bahwa permintaan semikonduktor global akan didominasi oleh industri otomotif yang mencapai 60% dan industri ponsel & PC, dan server mencapai 40%.

Dilansir dari Reuters, penjualan mobil secara global diperkirakan mencapai 90,2 juta unit pada tahun 2024. Sementara menurut IDC, pasar ponsel pintar global yang mengalami penurunan di tahun 2023 diprediksi akan kembali bangkit pada 2024 dengan pertumbuhan mencapai 6% dari tahun ke tahun.

Proyeksi pertumbuhan industri otomotif dan ponsel pintar global di tahun 2024 tersebut bisa investor jadikan sentimen positif bagi pergerakan harga saham-saham perusahaan semikonduktor dunia. 

2. Perusahaan Semikonduktor Berkomitmen untuk Meningkatkan Kapasitas Produksi

Untuk memenuhi permintaan semikonduktor global yang diprediksi kembali meningkat di tahun 2024. Perusahaan semikonduktor dunia seperti Samsung berencana akan meningkatkan kapasitas produksinya mencapai 2,5x di 2024.

Kebijakan perusahaan Samsung ini tentu akan diikuti oleh perusahaan semikonduktor dunia lainnya untuk bisa memenuhi permintaan semikonduktor global yang diprediksi mulai bangkit di 2024.

Pasar Semikonduktor Bangkit di 2024, Saham-saham Perusahaan Semikonduktor AS ini Diprediksi Bisa Cuan

Mulai pulihnya permintaan semikonduktor global di tahun 2024 adalah sentimen positif bagi pergerakan harga saham-saham perusahaan semikonduktor di dunia. Berikut adalah rekomendasi 5 saham perusahaan semikonduktor AS terbaik yang bisa Anda lirik di tahun 2024. 

1.  NVIDIA

NVIDIA adalah perusahaan semikonduktor asal Amerika Serikat yang sudah berdiri sejak tahun 1993. Perusahaan semikonduktor ini menguasai lebih dari 80% pasar chip global.

Tercatat, pendapatan NVIDIA pada Juli 2023 lalu mencapai $13,507 miliar atau naik 101,48% dari tahun ke tahun. Menurut Goldman Sachs, harga saham NVIDIA bisa mencapai $605/saham pada tahun 2024 dengan mempertimbangkan kuatnya permintaan semikonduktor global dan meningkatnya pasokan chip NVIDIA ke seluruh dunia di 2024. 

1.  NVIDIA-Pasar Semikonduktor Bangkit di 2024, Saham-saham Perusahaan Semikonduktor AS ini Diprediksi Bisa Cuan

2.  Broadcom

Broadcom adalah salah satu perusahaan semikonduktor asal Amerika Serikat dengan pendapatan terbesar pada kuartal 3 2023 yaitu sebesar $8,88 miliar atau naik 4,87% dari tahun ke tahun. 

Pulihnya permintaan semikonduktor global di 2024 membuat banyak pihak optimis bahwa saham Broadcom bisa menyentuh $1100/saham pada akhir tahun 2024.

Menilik Prospek Saham Perusahaan Semikonduktor Dunia di 2024-Broadcom

3.  Qualcomm

Saham perusahaan semikonduktor AS berikutnya yang layak untuk dilirik investor adalah Qualcomm. Perusahaan Qualcomm adalah salah satu kompetitor terbesar NVIDIA pada pasar chip global.

Perusahaan Qualcomm sudah berdiri sejak Juli 1985, menurut laporan keuangan perusahaan pada kuartal 3 2023, Qualcomm berhasil membukukan pendapatan mencapai $8,63 miliar.

Dengan pendapatan perusahaan yang stabil dan pertumbuhan dividen berturut-turut selama 21 tahun, perusahaan Qualcomm adalah perusahaan semikonduktor dunia yang masih layak dilirik investor karena terlibat banyak proyek di sektor 5G. 

2. Perusahaan Semikonduktor Berkomitmen untuk Meningkatkan Kapasitas Produksi

4.  Intel

Saham Intel juga tidak kalah menarik untuk dicermati oleh investor pada tahun 2024. Pada kuartal 3 2023, perusahaan Intel berhasil membukukan pendapatan hingga $14,16 miliar atau turun 7,69% dari tahun ke tahun.

Salah satu alasan mengapa saham Intel layak dilirik investor pada 2024 adalah perusahaan Intel memiliki pendapatan yang solid setiap kuartalnya dan juga memiliki market share yang besar di pasar semikonduktor. 

Pasar Semikonduktor Bangkit di 2024, Saham-saham Perusahaan Semikonduktor AS ini Diprediksi Bisa Cuan

5.  AMD

Selain Intel, Broadcom, NVIDIA, dan Qualcomm, investor saham semikonduktor juga tidak boleh melupakan perusahaan AMD sebagai salah satu pemain besar dalam industri semikonduktor global.

Saham AMD diprediksi juga akan ikut menguat pada 2024 nanti di tengah mulai pulihnya permintaan semikonduktor global. Selain itu, ada pula katalis saham AMD lainnya yang perlu investor cermati seperti peluncuran processor canggih yang baru (MI300 Chip), chip ini diklaim bisa mengurangi aplikasi AI yang boros daya.

Sepertinya hampir tidak ada pesaing yang berarti bagi AMD pada pasar processor PC di dunia. Prediksi industri PC yang bakal mengalami rebound pada 2024 tentu merupakan sentimen positif bagi perusahaan AMD untuk memaksimalkan penjualan processor PC ke seluruh dunia.

Pasar Semikonduktor Bangkit di 2024, Saham-saham Perusahaan Semikonduktor AS ini Diprediksi Bisa Cuan--5.  AMD

Apakah Investor Bisa Beli Saham Perusahaan Semikonduktor Terbaik di Broker Mitrade?

Bagi Anda yang tertarik dengan prospek saham perusahaan semikonduktor dunia seperti Intel, AMD, NVIDIA, Qualcomm, dan Broadcom di 2024 nanti. Anda bisa membeli saham perusahaan semikonduktor terbaik tersebut  melalui broker Mitrade.

Mitrade adalah broker internasional yang sudah teregulasi dengan baik oleh lembaga keuangan dunia seperti ASIC dan CIMA. Untuk bisa memulai trading saham di broker Mitrade, Anda hanya perlu melakukan deposit minimal $20 dan Anda sudah bisa melakukan trading dengan  fasilitas leverage besar hingga 1000x dan dapat menggunakan ratusan indikator teknikal, dan lebih dari 7 jenis chart yang bisa investor gunakan untuk menganalisa kondisi pasar.

Agar dana nasabah tetap aman, broker Mitrade juga menyediakan rekening terpisah dan juga memberikan perlindungan saldo negatif bagi nasabah. Selain saham, broker Mitrade juga menawarkan instrumen trading lainnya yang bisa investor perdagangkan seperti forex, komoditas, indeks, dan crypto.

iklan mitrade

Kesimpulan

Tahun 2024 diprediksi akan menjadi tahun kebangkitan industri semikonduktor global yang turut pula akan mempengaruhi kenaikan harga saham-saham perusahaan semikonduktor di dunia.

Salah satu sentimen positif yang dapat menggerakkan pasar semikonduktor adalah mulai pulihnya permintaan semikonduktor pada tahun 2024 yang ditopang oleh industri otomotif dan industri ponsel pintar, PC, dan server.

Untuk memaksimalkan permintaan pasar semikonduktor yang meningkat di tahun 2024. Perusahaan-perusahaan semikonduktor di dunia dikabarkan akan meningkatkan kapasitas produksi untuk memenuhi permintaan pasar dan meraup penjualan sebesar-besarnya.

Disclaimer: Artikel mengenai prospek saham perusahaan semikonduktor ini ditulis hanya untuk keperluan edukasi saja dan tidak bisa investor jadikan sumber untuk mengambil keputusan investasi. Segala risiko investasi menjadi tanggung jawab masing-masing investor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *