Apakah PT Bestprofit Futures Penipuan
INVESTASI, BROKER, Review 30 Broker Forex

Apakah PT Bestprofit Futures Penipuan? Cek Legalitasnya di Sini

PT Bestprofit Futures adalah termasuk jajaran broker resmi Bappebti yang punya banyak kantor operasional di berbagai kota di Indonesia. Walaupun broker ini sudah dinyatakan legal di Indonesia, namun sejumlah kantor cabang Bestprofit Futures yang berlokasi di berbagai daerah sempat dilaporkan melakukan penipuan kepada nasabah.

Hal yang paling menghebohkan dan sempat viral adalah adanya kasus laporan penipuan yang dilakukan PT Bestprofit Futures Pekanbaru yang merugikan nasabah hingga Rp17 miliar. Dengan adanya kasus laporan penipuan ini, tentu banyak investor di luar sana yang bertanya-tanya bagaimana keamanan saat bertransaksi di broker legal ini.

Untuk memastikan apakah PT Bestprofit Futures penipuan atau bukan, dan apakah broker ini aman bagi investor. Kami sudah menyiapkan review lengkap mengenai broker Bestprofit Futures di artikel ini yang bisa Anda baca untuk mengetahui legalitas, regulasi, serta kekurangan dan kelebihan yang ditawarkan broker ini.

Apa Itu PT Bestprofit Futures?

PT Bestprofit Futures adalah perusahaan broker lokal yang biasanya dikenal oleh investor dengan nama broker BPF. Perusahaan broker ini bukanlah pemain baru dalam dunia trading, melainkan broker BPF sudah eksis sejak 2004 silam atau sudah berdiri selama lebih dari 15 tahun dengan menawarkan produk keuangan untuk produk multilateral JFX dan produk bilateral SPA.

Broker BPF saat ini diketahui memiliki 12 kantor cabang yang tersebar di berbagai kota di Indonesia di antaranya; Pekanbaru, Medan, Malang, Jambi, Bandar Lampung, Semarang, Surabaya, Banjarmasin, Pontianak, Bandung, dan Jakarta (2 kantor).

Dengan memiliki 12 kantor fisik, tentu hal ini dapat menunjukkan bahwa PT Bestprofit Futures memiliki jaringan pelanggan yang luas hingga ke berbagai kota di Indonesia.

Soal legalitas, broker BPF adalah perusahaan broker resmi yang sudah terdaftar di Bappebti sejak 2004 silam dengan nomor izin 499/BAPPEBTI/SI/X/2004. PT Bestprofit Futures memiliki alamat terdaftar yang berlokasi di Equity Tower Lantai 47, SCBD, Senayan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Selain itu, broker BPF juga merupakan anggota dari PT Bursa Berjangka Jakarta dan PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero). Nama besar broker ini tidak perlu Anda ragukan lagi. Karena broker BPF adalah termasuk jajaran perusahaan perdagangan berjangka komoditi teraktif di Indonesia yang sudah banyak mengantongi sejumlah penghargaan bergengsi.

Salah satu penghargaan bergengsi yang pernah broker BPF dapatkan adalah menjadi perusahaan berjangka komoditas teraktif dengan Transaksi Bilateral Terbanyak pada 2017 lalu, yaitu sebanyak 493.085 lot.

Hal ini tentu bisa menjadi garansi bahwa PT Bestprofit Futures bukanlah broker penipuan atau abal-abal sehingga aman bagi masyarakat untuk berinvestasi di broker ini.

Kenali Produk Keuangan yang Disediakan Bestprofit Futures

Menurut situs resmi perusahaan, broker BPF diketahui menawarkan 2 produk keuangan kepada investor yang meliputi produk multilateral JFX dan produk bilateral SPA.

1.  Produk Multilateral JFX

Broker BPF menyediakan 3 produk multilateral JFX yang bisa investor pilih di antaranya; 

·  GOL (Kontrak Berjangka Emas).

·  GOL250 (Kontrak Berjangka Emas 250 Gram).

·  OLE (Kontrak Berjangka OLEIN).

Perdagangan kontrak berjangka seperti GOL, GOL250, dan OLE adalah investasi yang terlihat menarik bagi investor. Karena produk multilateral menawarkan keuntungan harga yang lebih rendah, likuiditas yang baik, memberikan kontrak hak beli dan jual, dan Anda juga bisa mendapatkan cuan yang lebih besar karena adanya faktor leverage.

Multilateral adalah sistem perdagangan berjangka komoditi yang melibatkan banyak pihak, baik itu pembeli maupun penjual sehingga terjadi sistem tawar menawar untuk mendapatkan harga beli dan harga jual yang paling sesuai di bursa berjangka.

Selain komoditas minyak sawit dan emas, sebenarnya masih ada komoditas multilateral JFX lainnya seperti kopi robusta, kopi arabika, dan kakao. Namun PT Bestprofit Futures hanya menyediakan produk multilateral GOL, GOL250, dan OLE. 

2.  Produk Bilateral SPA

Produk keuangan selanjutnya yang ditawarkan broker BPF adalah produk bilateral SPA. Apa itu transaksi bilateral? Bilateral adalah mekanisme transaksi jual/beli yang hanya dilakukan oleh satu pihak dengan satu pihak dimana transaksi jual/beli ini biasanya dilakukan di luar bursa berjangka atau lebih dikenal over-the-counter (OTC).

Broker BPF diketahui menawarkan sejumlah produk bilateral SPA seperti XUL10 & XULF, JPK50_BBJ & JPK5U_BBJ, GU10F_BBJ & GU1010_BBJ, dll.

Perbedaan Produk Multilateral dan Bilateral

Produk multilateral adalah sistem perdagangan yang tidak banyak ditransaksikan oleh investor di Indonesia, dimana investor lebih tertarik dengan produk bilateral.

Ada sejumlah perbedaan produk multilateral dan bilateral yang perlu diketahui oleh investor sebelum melakukan transaksi jual/beli. 

· Perdagangan produk multilateral dilakukan di dalam bursa berjangka, sedangkan produk bilateral ditransaksikan di luar bursa.

· Aturan perdagangan produk multilateral diatur oleh bursa berjangka, sedangkan bilateral mengikuti aturan penyelenggara Sistem Perdagangan Alternatif (SPA).

· Sistem perdagangan multilateral kebanyakan adalah pasar order driven, sementara bilateral semuanya adalah quote driven.

· Perdagangan multilateral memiliki harga sama untuk satu kontrak, sedangkan bilateral memiliki spread yang berbeda-beda.

·   Perdagangan multilateral memungkinkan investor untuk bisa memilih harga yang berbeda, sedangkan bilateral tidak menyediakan pilihan harga.

· Perdagangan multilateral tidak pasti memberikan harga yang diinginkan investor, sementara bilateral pasti akan memberikan harga yang diinginkan kepada investor.

·  Pihak penjual dan pembeli tidak tetap di perdagangan multilateral, sementara pihak penjual dan pembeli di bilateral tetap.

· Bursa berjangka sebagai penyelenggara di perdagangan multilateral bersifat netral, namun penyelenggara SPA di transaksi bilateral memiliki motivasi mencari untung.

· Semua penjual dan pembeli di sistem perdagangan multilateral diperlakukan sama, sedangkan penjual dan pembeli di transaksi bilateral bisa diperlakukan tidak sama.

· Perdagangan multilateral mengikuti sistem perdagangan bursa berjangka, sedangkan transaksi bilateral mengikuti sistem penyelenggara SPA.

Di mata investor Indonesia, produk multilateral saat ini mulai semakin diminati. Berdasarkan data terbaru yang dipublikasikan ICDX, transaksi multilateral di Indonesia naik 67,5% pada semester 1 2023 dengan volume transaksi mencapai 748.275 lot yang didominasi oleh kontrak berjangka emas sebanyak 456.899 lot.

Walaupun begitu, produk multilateral masih kalah populer dibanding produk bilateral dengan jumlah transaksi yang jauh lebih banyak.

Review Platform Trading Bestprofit Futures

Berdasarkan pantauan kami di situs resmi perusahaan, kami tidak menemukan adanya informasi yang menjelaskan mengenai platform trading yang ditawarkan di broker BPF.

Namun berdasarkan situs WikiFX, broker ini diketahui tidak punya software trading. Anda bisa melakukan transaksi jual/beli produk multilateral dan bilateral di broker ini melalui website ataupun aplikasi.

Broker BPF menyediakan fasilitas online trading lewat aplikasi TradePro yang tersedia di App Store dan Google Play Store. Bagi Anda pengguna iPhone pastikan perangkat Anda memiliki software iOS 12.0 atau versi lebih baru.

Fitur yang Disediakan Bestprofit Futures

Berdasarkan situs resmi perusahaan, PT Bestprofit Futures diketahui menyediakan sejumlah fitur yang bisa digunakan investor saat trading di broker BPF. 

·  BPF-News

BPF-News adalah kumpulan berita ekonomi terpercaya dan terupdate yang bersumber dari berbagai media untuk membantu investor mengetahui beragam peristiwa ekonomi yang terjadi dan dapat berpotensi menggerakkan pasar. Aplikasi BPF-News ini bisa Anda akses lewat perangkat Android ataupun Apple.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan fitur lainnya yang ada di aplikasi BPF-News seperti market studies, pivot calculator, market calendar, market fact, dan investor bisa menautkannya dengan akun trading.

·  Rekening Terpisah

Fasilitas dan layanan selanjutnya yang disediakan Bestprofit adalah rekening terpisah. Broker ini menyediakan rekening nasabah terpisah sesuai dengan bank penyimpanan yang disetujui oleh Bappebti (CIMB Niaga, BCA, BNI, dan Mandiri).

Rekening terpisah ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan dana nasabah di broker untuk menjaga dana nasabah tetap aman dan tidak disalahgunakan. 

·  Pelaporan Transaksi Setiap Hari

Broker BPF juga menyediakan fitur daily statement bagi nasabah, dimana laporan transaksi harian ini dapat dikirimkan via email atau fax kepada nasabah. Selain itu, Anda juga bisa mengakses laporan transaksi harian lewat online trading platform yang disediakan Bestprofit Futures melalui menu utama Temporary Statement/Daily Statement.

Jenis Akun yang Disediakan PT Bestprofit Futures

Pilihan jenis akun yang ditawarkan di broker BPF, yaitu akun real dan akun demo. Kami tidak menemukan detail informasi mengenai kedua jenis akun tersebut di situs resmi perusahaan.

Untuk mengetahui detail informasi terkait kedua jenis akun yang ditawarkan broker BPF tersebut. Anda bisa menghubungi nomor kontak PT Bestprofit Futures yang tercantum di situs resmi mereka.

Berapa Biaya Trading di Bestprofit Futures?

Sebelum memulai trading di Bestprofit Futures penting bagi Anda untuk mengetahui terlebih dahulu berapa biaya trading di broker ini. 

·  Komisi

Broker BPF membebankan biaya komisi sebesar $15 per lot per sisi, dan besaran biaya biaya komisi ini berlaku untuk transaksi beli atau jual.

Untuk 1 lot settlement, broker BPF membebankan total biaya komisi sebesar $30. 

·  PPN

Selain biaya komisi, Anda juga akan dibebankan PPN sebesar 11% dari biaya komisi sebesar $1,65 per lot per sisi dan total biaya PPN sebesar $3,3 untuk 1 lot settlement. 

·  Biaya Inap

Biaya inap setiap lot transaksi akan dibebankan kepada investor, jika proses penyelesaian transaksi dilakukan lebih dari satu hari. Berikut ini adalah biaya inap untuk salah satu produk bilateral SPA di broker BPF: 

1.  HKK5U & HKK50 ($3/malam).

2.  XULF & XUL ($5/malam).

3.  JPK5U & HKK55 ($3/malam).

*Kurs yang diberlakukan di broker BPF adalah sebesar $1 = Rp10.000.

Cara Daftar Akun dan Deposit di Bestprofit Futures

Bagi Anda yang ingin bergabung dengan broker BPF, Anda bisa melakukan pendaftaran akun dengan cara seperti berikut: 

·  Buka situs https://www.bestprofit-futures.co.id/index.php/id/
·  Lakukan registrasi online.
·  Selanjutnya, Anda akan diminta untuk mengisi informasi seperti nama lengkap, NIK KTP, kode negara, nomor HP, cabang/wakil cabang, dan jenis rekening (bilateral atau multilateral).
·  Klik Daftar.
·  Langkah berikutnya, Anda perlu melakukan transfer bank ke rekening terpisah atas nama PT Bestprofit Futures.
·  Wakil pialang berjangka akan melakukan verifikasi data diri nasabah dan bukti transfer yang sudah dilakukan.
·  Jika proses verifikasi data diri nasabah dan bukti transfer sudah selesai. Anda akan menerima user id dan password lewat SMS dan email.
·  Login ke akun Anda dengan user id dan password yang diterima lewat email dan SMS.
·  Anda sudah bisa melakukan transaksi.

*Minimal deposit di broker BPF mulai dari $10.000.

Cara Withdraw di Bestprofit Futures

Untuk menarik profit investasi Anda di broker PBF, Anda bisa mengikuti prosedur penarikan dana di broker PBF dengan cara seperti di bawah ini: 

·  Login ke akun Anda.
·  Pilih menu Withdrawal yang berada di atas layar gadget Anda.
·  Setujui Syarat dan Ketentuan.
·  Isi jumlah uang yang ingin ditarik.
·  Pilih Tipe Penarikan lewat metode transfer atau IHT (In House Transfer).
·  Pilih nomor rekening yang sudah Anda daftarkan dan isi nama bank.
·  Setujui Persetujuan Penarikan Dana.
·  Klik Submit.

*Proses penarikan dana di Bestprofit Futures biasanya hanya memakan waktu 1 hari kerja dan paling lama 3 hari kerja. Jumlah dana yang bisa ditarik oleh nasabah tidak boleh melebihi dari jumlah effective margin yang tercantum pada laporan transaksi harian nasabah.

Kelebihan Bestprofit Futures 

1.  Broker Resmi Bappebti

Bestprofit Futures adalah perusahaan pialang berjangka yang sudah mengantongi regulasi Bappebti sejak 2004. Sertifikat Bappebti yang dikantongi oleh broker PBF ini adalah jaminan legalitas yang dapat memberikan rasa aman bagi investor yang ingin bertransaksi di broker ini.

Keuntungan Anda memilih broker resmi Bappebti adalah fasilitas dan layanan yang diberikan kepada investor sudah mengikuti standard dan regulasi dari Bappebti, seperti menyediakan rekening terpisah untuk melindungi dana nasabah dan mencegah penipuan. 

2.  Memiliki Jaringan Pelanggan yang Luas

Kelebihan berikutnya yang dimiliki broker BPF adalah broker ini punya 12 kantor operasional yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Tentu hal ini dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan dapat membangun hubungan yang baik dengan investor non milenial yang diketahui lebih suka bertransaksi secara offline dan terbiasa berhubungan dengan orang. 

3.  Mendukung Online Trading

Anda bisa melakukan online trading di broker BPF melalui aplikasi TradePro yang bisa diunduh di Google Play Store dan App Store. Melalui aplikasi Tradepro, Anda bisa melakukan trading kapan saja dan di mana saja.

Kekurangan Bestprofit Futures

1.  Tidak Ada Software Trading

PT Bestprofit Futures diketahui tidak menyediakan software trading dari pihak ketiga seperti MetaTrader atau platform trading lainnya. Namun Bestprofit Futures menyediakan aplikasi TradePro kepada pengguna yang ingin trading di broker ini. 

2.  Produk Keuangan Kurang Beragam

Kekurangan lainnya yang dimiliki broker BPF adalah produk keuangan yang ditawarkan kurang beragam karena hanya menyediakan produk bilateral dan multilateral. Tentu hal ini berbeda dengan broker-broker resmi Bappebti lainnya yang menawarkan produk keuangan yang lebih beragam seperti yang ditawarkan broker Victory International Futures

3.  Minimal Deposit Besar

Minimal deposit yang besar adalah kekurangan lainnya yang dimiliki broker BPF. Untuk memulai trading di broker BPF, Anda perlu melakukan deposit sebesar $10.000 atau setara Rp100 juta (kurs $1 = Rp 10 ribu). Biaya deposit ini tergolong sangat besar jika kita bandingkan dengan salah satu broker resmi Bappebti lainnya yang menawarkan minimal deposit mulai dari $200.

PT Bestprofit Futures Penipuan atau Bukan?

Untuk memastikan apakah broker PBF termasuk broker penipuan atau bukan. Anda bisa mengetahuinya dengan mengecek legalitas dan regulasi yang dimiliki broker PBF.

Soal legalitas, PT Bestprofit Futures adalah broker resmi dan legal di Indonesia. Karena broker ini sudah mengantongi izin dari Bappebti sejak 2004 sehingga aman bagi trader atau investor yang ingin bertransaksi di broker BPF.

Namun, Anda perlu waspada dan berhati-hati dengan maraknya penipuan berkedok investasi yang mengatasnamakan PT Bestprofit Futures yang meminta nasabah untuk melakukan transfer uang ke rekening bank yang bukan rekening terpisah atas nama PT Bestprofit futures.

Jadi, sebelum berinvestasi di suatu broker pastikan bahwa Anda sudah mengecek legalitas dan regulasi yang dimiliki broker tersebut terlebih dahulu untuk memastikan bahwa broker tersebut benar-benar aman dan bukanlah broker penipuan.

PT Bestprofit Futures Penipuan atau Bukan?

Mitrade adalah Broker Internasional yang Menawarkan Biaya Deposit Kecil

Tidak semua orang punya modal investasi yang besar. Bagi Anda yang memiliki keterbatasan modal investasi yang kecil, Anda bisa mempertimbangkan untuk mencari broker lain yang menawarkan biaya deposit yang sangat rendah.

Ada beberapa rekomendasi broker internasional yang bisa Anda pertimbangkan, salah satunya adalah broker Mitrade yang menawarkan biaya deposit mulai dari $20 dengan pilihan instrumen trading yang beragam seperti forex, crypto, indeks, saham, dan komoditas  

Mitrade adalah broker internasional yang sudah teregulasi dengan baik oleh lembaga keuangan dunia seperti ASIC dan CIMA sehingga aman bagi trader yang ingin bertransaksi di broker Mitrade. Untuk menjaga keamanan dana nasabah, broker Mitrade menyediakan rekening terpisah dan juga perlindungan saldo negatif bagi nasabah.

Untuk memudahkan investor atau trader saat melakukan trading, broker Mitrade juga menyediakan ratusan indikator teknikal, lebih dari 7 jenis chart, fasilitas leverage besar hingga 1000x, kalender ekonomi, serta berita dan analisa pasar yang bisa trader gunakan untuk memantau dan menganalisis kondisi market.

iklan mitrade
iklan mitrade

Kesimpulan

Berdasarkan legalitas dan regulasi yang dimiliki PT Bestprofit Futures, kita dapat memastikan bahwa broker BPF bukanlah broker penipuan atau abal-abal. Karena perusahaan broker ini sudah terdaftar resmi di Bappebti dengan nomor izin 499/BAPPEBTI/SI/X/2004.

Namun, Anda juga perlu mempertimbangkan beberapa kekurangan yang dimiliki broker BPF seperti minimal deposit yang sangat besar, tidak tersedianya software trading, dan juga produk keuangan yang ditawarkan kurang beragam. Hal ini bisa menjadi bahan pertimbangan bagi investor sebelum memutuskan berinvestasi di broker BPF.

Disclaimer: Artikel mengenai review Bestprofit Futures ini tidak bermaksud untuk menyudutkan pihak tertentu. Review broker BPF ini ditulis hanya untuk keperluan edukasi saja yang diambil dari berbagai sumber.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *