Mengenal Seluk Beluk Saham Oils, Apakah Layak Koleksi
INVESTASI, SAHAM

Mengenal Seluk Beluk Saham Oils, Apakah Layak Koleksi?

Saham Oils pasti tidak asing lagi di telinga investor. Saham ini memang dinilai moncer dalam menghasilkan cuan karena peluang di industri minyak sangatlah besar. Namun, bagaimana kualitas saham Oils jika dilihat dari sisi teknikal dan fundamentalnya? Berikut seluk beluk saham OILS:

Apa Itu Saham Oils?

Saham Oils adalah jenis saham yang dikeluarkan oleh emiten Indo Perkasa Tbk. Perusahaan tersebut didirikan pada 5 Januari 2016 dan beroperasi secara komersial sejak tahun 2016. Emiten saham Oils memiliki kantor pusat yang berlokasi di Jalan Raya Pening, Mojokerto, Jawa Timur. 

Emiten saham Oils memproduksi dan memasarkan minyak kelapa murni atau crude coconut oil. Perusahaan ini juga memproduksi sekaligus memasarkan produk turunan dari crude coconut oil, yakni minyak kelapa murni yang kembali diproses menjadi refined coconut oil, tepung kopra, atau copra meal.

Emiten saham Oils tidak hanya melakukan pemasaran di tingkat nasional namun juga melakukan ekspor ke Sri Lanka, china, dan Malaysia. Emiten saham Oils memiliki pabrik dengan kapasitas 4000 ton bahan baku, dengan tangki penyimpanan minyak berkapasitas 500 ton, serta penyimpanan tepung kopra hingga 3000 ton. Emiten saham Oils juga memiliki kapasitas produksi hingga 100 ton crude coconut oil per hari, yang setara dengan 150 ton tepung kopra. Produksi dilakukan melalui 4 unit mesin.

Apa Itu Saham Oils?
Foto: IPO PT Indo Oil Perkasa Tbk (OILS) 

Realisasi Dana IPO Saham Oils

Emiten saham Oils berhasil mengumpulkan dana hingga Rp 40,5 miliar dengan biaya sebesar Rp 1,89 miliar saat IPO. Dengan kata lain, emiten saham Oils telah mendapatkan hasil bersih dari IPO mencapai Rp 38,6 miliar. Terhitung pada 31 Desember 2021, emiten saham OILS telah menggunakan dana IPO sebesar Rp 38,6 miliar tersebut untuk pembelian bahan baku kopra. Terhitung pada 6 September 2021, emiten saham Oils juga menjadi perusahaan pengolah kopra pertama yang tercatat di Bursa Efek Indonesia.

Emiten saham Oils melakukan penawaran umum perdana (IPO) pada 27 Agustus 2021. Perusahaan ini melakukan IPO dengan menawarkan saham sebanyak 150 juta lembar dengan nilai nominal Rp 100 per lembarnya. Harga penawaran saham Oils saat itu Rp 270 per lembar disertai dengan waran seri I sebanyak 37,5 juta dengan harga pelaksanaan mencapai Rp 320 per lembar. Saham dan waran tersebut mulai tercatat di Bursa Efek Indonesia pada 6 September 2021.

Sebagai informasi, waran seri 1 merupakan efek yang diterbitkan perseroan yang memberi hak kepada pemesannya untuk melakukan pemesanan saham biasa yang bernilai Rp 100 per saham. Waran seri I tersebut diberikan secara gratis sebagai insentif pemegang saham baru yang namanya tercantum dalam daftar pemegang saham pada tanggal penjatahan. Saat proses IPO, emiten saham OILS juga menunjuk PT Korean INvestment dan Sekuritas Indonesia sebagai penjamin pelaksana emisi efek.  

Apa Itu Saham Oils?
SUMBER DARI IDNFinancials

Kinerja Keuangan Saham Oils

Jika dilihat dari tahun 2019 hingga tahun 2021, emiten saham Oils menunjukan kinerja yang positif. Di rentang tahun tersebut terlihat adanya pertumbuhan, seperti pada laba bersih tahun berjalan dan penurunan liabilitas. Emiten saham Oils juga sempat mencatat adanya kenaikan laba bersih hingga 23,75% di tahun 2020 dibandingkan tahun 2019 jika dilihat secara year on year. 

Sedangkan pada Mei 2021, emiten saham Oils berhasil mencatat laba bersih tahun berjalan hingga 45,48% dari bulan Mei di tahun 2020. Lalu pada kuartal ! tahun 2021, emiten saham ils juga mengalami penurunan liabilitas sebesar 26,30% dibandingkan Mei 2020. Kenaikan signifikan juga terlihat di tahun 2022. Di tahun tersebut, emiten saham Oils berhasil membukukan pendapatan hingga Rp 504 miliar.

Lalu bagaimana dengan kinerja keuangan saham Oils di tahun 2023? Berdasarkan sumber yang diterima, emiten saham oils menargetkan kenaikan laba bersih hingga Rp 605 miliar dengan laba bersih mencapai Rp 24 miliar. Kondisi ini menunjukkan bahwa emiten saham Oils memiliki kinerja yang sangat efisien karena mampu meningkatkan keuangan di tengah pasar yang penuh ketidakpastian akibat pandemi.

Analisa Teknikal Saham Oils

Analisa Teknikal Saham Oils
SUMBER DARI: GOOGLE FINANCE

Jika dilihat secara teknikal, saham Oils tergolong mengalami penurunan tajam jika dibandingkan dengan tahun 2021. Pada September 2021, harga saham oils berada di angka sekitar Rp 600 an per lembarnya. Akan tetapi, di tahun 2023 ini saham harga saham Oils stagnan di angka Rp 208 per lembarnya. Harga tertinggi dalam 52 minggu terakhir adalah Rp 280 per lembar, sedangkan harga terendahnya dalam 52 minggu terakhir berada di angka Rp 174 per lembar.

Secara volume,Di lihat dari time frame 5 hari, saham Oils sedang berada dalam fase penurunan. Kapitalisasi pasar saham Oils mencapai  93,53 miliar. Volume transaksi saham Oils sendiri mencapai 788,1 K. Kondisi ini menunjukan bahwa saham tersebut masih diminati oleh banyak orang dan ada kemungkinan besar bahwa harga saham akan mengalami peningkatan.

Sementara itu, data per 3 Februari 2023 menunjukan bahwa harga saham Oils berada di angka Rp 206 per lembar. Jika Anda melakukan trading menggunakan time frame 5 jam, Anda disarankan melakukan aksi jual. Sebab, ada potensi besar bahwa harga saham Oils akan kembali turun. Jika Anda menggunakan indikator Moving Average dengan periode  20, Anda bisa melakukan aksi beli di angka Rp 205.

Analisa Fundamental Saham Oils

Secara fundamental, Saham Oils memiliki prospek yang bagus. Emiten Oils memproduksi crude coconut oils, di mana komoditas tersebut semakin populer dan telah menjadi alternatif dari crude palm oil karena adanya masalah lingkungan. Permintaan crude coconut oil juga semakin meningkat, terutama di negara seperti Amerika Serikat, Belanda, Jerman, Cina, Italia, dan Perancis. Meningkatnya permintaan crude coconut oils bisa menjadi prospek bagus untuk emiten ini kedepannya.

Penggunaan crude palm oil juga telah diboikot oleh negara eropa karena adanya isu lingkungan. Produk yang ditawarkan emiten saham oils merupakan produk minyak mentah yang cenderung ramah lingkungan namun memiliki output yang sama dengan minyak sawit. Oleh karena itu, emiten saham oils memiliki potensi market share yang luas jika dibarengi dengan strategi yang tepat.

Namun, adanya risiko volatilitas harga komoditas juga bisa mempengaruhi harga saham ini. Emiten saham Oils juga menunjukan adanya peningkatan positif pada pendapatannya dalam 3 tahun terakhir ini. Aset perusahaan ini juga bernilai positif, yang menunjukan bahwa nilai ekonomi yang dimiliki dan dikendalikan perusahaan ini sangat bagus.

Tahun 2022, return on assets (ROA) emiten saham oils menunjukan angka positif yang menandakan bahwa perusahaan ini mampu menghasilkan laba dengan aset yang dimilikinya. return on Equity saham Oils juga mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya, yakni dari  7,82% menjadi 17,9%. Rasio utang emiten saham oils juga kurang dari satu, yang menandakan jumlah asetnya lebih banyak dibandingkan utangnya.

Apakah saham Oils layak Investasi di tahun 2023?

Jika untuk jangka panjang, saham Oils tergolong saham yang layak diinvestasikan. Sebab, fundamental emiten saham oils sangat bagus. Selain itu, ada kemungkinan besar permintaan crude coconut oils meningkat sehingga akan berpengaruh besar pada harga saham ini.

Namun, jika Anda berniat untuk trading harian, sebaiknya jangan membeli saham ini. Trader yang sudah memegang saham oils bisa segera melakukan aksi jual karena harga saham ini diprediksi akan  naik lalu diikuti dengan penurunan. Selain itu, prospek bisnis emiten saham oils. Meskipun terdapat krisi energi di beberapa negara, saham-saham emiten energi, seperti saham Oils masih layak dipilih investor Indonesia.

Jika Anda ingin berinvestasi saham Oils, sebaiknya pelajari dulu sisi teknikal dan fundamental saham ini. Hindari membeli saham hanya karena mengikuti trend karena hal itu bisa merugikan Anda sendiri. Oleh karena itu, saat Anda memilih saham sebaiknya lakukan riset dan buat manajemen risiko yang sebaik mungkin.

BACA JUGA: Cara Beli Saham GOTO dan Prospek Saham GOTO di 2023

Cara Beli Saham Oils

Untuk membeli saham oils, Anda harus menemukan broker terlebih dahulu. Saham oils bisa Anda beli melalui beberapa perusahaan sekuritas, seperti Stockbit, Ajaib, atau IPOT. Berikut cara detail untuk membeli saham Oils:

✅Membeli lewat Stockbit

Untuk membeli saham oils lewat Stockbit, berikut langkah yang harus Anda lakukan:

  1. Unduh aplikasi Stockbit di PlayStore atau App Store. Aplikasi Stockbit telah tersertifikasi oleh Otoritas Jasa Keuangan Indonesia. Melalui aplikasi Stockbit, Anda juga bisa memonitor pergerakan saham Oils.
  2. Cari saham yang ingin Anda beli. Dalam hal ini, Anda bisa mengetikan kode saham Oils di kotak pencarian atau melihatnya di menu watchlist.
  3. Pilih menu yang bertuliskan buy kemudian lakukan order sesuai dengan harga dan jumlah saham yang Anda inginkan.
  4. Setelah menuliskan jumlah lot saham dan harga yang diinginkan, klik tombol “Buy”.

✅Membeli lewat Ajaib

Cara pembelian Saham Oils melalui Ajaib juga sangat mudah. Anda hanya perlu mendownload aplikasi Ajaib di PlayStore atau AppStore kemudian instal aplikasi tersebut di device Anda. Setelah itu, Anda dapat melakukan langkah berikut:

  1. Buat rekening dana nasabah. Proses pembukaan rekening bisa dilakukan secara online hanya dengan mengupload foto KTP, NPWP, dan buku tabungan.
  2. Lakukan deposit. Deposit di Stockbit bisa dimulai dari nominal berapapun, asalkan cukup untuk pembelian saham.
  3. Setelah membuka rekening dana nasabah, Anda bisa segera melakukan pembelian. Caranya hanya perlu mengetikan kode “Oils” di kotak pencarian setelah itu sistem akan memunculkan list saham tersebut.
  4. Setelah menemukan saham Oils, lakukan order pembelian sesuai dengan harga yang Anda inginkan. Saat pembelian berhasil, saham akan segera masuk ke portofolio Anda.

✅Membeli Lewat IPOT

Untuk membeli saham Oils lewat IPOT, berikut cara yang bisa Anda lakukan:

  1. Download terlebih dahulu aplikasi IPOT lalu instal aplikasi tersebut.
  2. Lakukan registrasi dengan menggunakan alamat email dan nomor telepon.
  3. Setelah registrasi, lakukan konfirmasi akun melalui alamat email yang Anda daftarkan tadi.
  4. Lakukan verifikasi data dengan mengunggah foto kartu identitas dan NPWP.
  5. Isi semua data yang diminta, baik itu data pekerjaan hingga tempat tinggal.
  6. Setelah verifikasi selesai, Anda bisa menggunakan akun tersebut untuk pembelian saham.
  7. Pembelian saham bisa dilakukan melalui menu list saham, lalu tekan tombol “buy”.
  8. Setelah itu, masukan harga dan jumlah lot saham yang diinginkan dan klik kembali tombol “buy”. Setelah pembelian berhasil, saham Oils akan masuk ke portofolio Anda.

Tips Membeli Saham

Membeli saham Oils tidak bisa dilakukan sembarangan. Bagaimanapun, investasi saham memerlukan perencanaan matang. Jadi, Anda harus melakukan beberapa persiapan sebelum melakukan pembelian. Berikut hal yang harus Anda lakukan sebelum membeli saham:

1. Evaluasi Kondisi Pasar

Sebelum Anda menambahkan posisi, perhatikan bagaimana pergerakan pasar yang lebih luas sebab kemungkinan besar saham bergerak sesuai dengan pasar. Selanjutnya, lihat rata-rata pergerakan indeks utama untuk mengetahui trend umum selama periode tertentu agar Anda mengetahui momentum apa yang terjadi di pasar. Jika kerangka waktu perdagangan Anda adalah dua bulan, misalnya, Anda dapat melihat rata-rata pergerakan 50 hari dari Indeks S&P 500 untuk mengukur arah umum pasar selama periode tersebut. Anda juga perlu melihat peristiwa yang berpotensi mempengaruhi pasar karena hal itu juga berpengaruh pada harga saham, seperti rapat kebijakan Federal Reserve atau pengumuman pendapatan.

2. Identifikasi Sektor

Setelah memiliki gambaran umum mengenai pasar, Anda harus berfokus pada sektor dan industri yang terlihat sangat menjanjikan. Hal ini bisa dilakukan dengan melacak kinerja masing-masing dari 11 sektor yang ditentukan oleh Standar Klasifikasi Industri Global untuk melihat mana yang unggul dalam beberapa bulan terakhir. Apabila tren pasar menunjukkan kemungkinan penurunan di masa depan, Anda bisa berfokus pada sektor atau industri dengan karakteristik yang lebih defensif, seperti sektor kesehatan.

3. Gunakan Strategi Growth Investing

Growth investing adalah strategi investasi di mana kita berfokus pada  saham yang sedang berkembang atau memiliki pertumbuhan tinggi di masa mendatang. Untuk lebih mempersempit daftar, coba fokus pada kandidat pertumbuhan atau nilai. Saham yang semacam ini cenderung memiliki valuasi lebih tinggi yang mencerminkan potensi perusahaan. 

4. Nilai Fundamental Saham

Untuk menilai sisi fundamental saham, hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah memeriksa komentar investasi yang tersedia untuk setiap perusahaan. Apakah ada tanda bahaya seperti penarikan kembali produk atau litigasi terhadap perusahaan yang dapat berdampak negatif terhadap harga. Anda juga harus memeriksa faktor lain seperti adanya  peluncuran produk atau pengumuman pengambilalihan yang tertunda yang menandakan bahwa harga saham dapat naik di masa mendatang. Anda juga harus memeriksa laporan pendapatan, laporan keuangan, dan peringkat masing-masing emiten. Hal ini perlu dilakukan untuk mengidentifikasi detail yang mungkin membedakan satu saham dari yang lain.

5. Nilai Sisi Teknikal Saham

Periksa apakah saham yang akan Anda beli sedang berada di fase trend naik atau tidak. Lakukanlah pembelian hanya ketika saham sedang uptrend. Anda boleh membeli saham saat masa downtrend hanya ketika yakin bahwa penurunan tersebut adalah anomali.

Review Broker Mitrade yang Terpercaya

Sayangnya, Anda tidak bisa melakukan pembelian saham Oils di broker Mitrade. Sebab, broker Mitrade hanya menyediakan saham luar negeri. Selain saham luar negeri, Mitrade juga menyediakan crypto, indeks, forex, dan komoditas. Berinvestasi di Broker Mitrade bisa dimulai dengan deposit US$ 50. 

Mitrade telah terjamin keamanannya karena sudah mendapatkan legalitas atau pengaturan dari Australian Securities and Investments Commission (ASIC) dan Cayman islands monetary authority (CIMA). Uang yang Anda setorkan ke broker Mitrade juga disimpan ke bank segregated sehingga tidak akan hilang. Mitrade juga memiliki platform trading yang mudah digunakan dan didesain sesuai keinginan klien. Jadi, Anda tak perlu panduan khusus saat menggunakannya.

Selain itu, platform trading Mitrade juga dilengkapi ratusan indikator dan tujuh jenis chart untuk mempermudah Anda melakukan analisa. registrasi juga bisa dilakukan secara online sehingga tak memakan banyak waktu dan tenaga. Anda juga bisa memanfaatkan leverage yang bernilai hingga 1000x agar tak perlu mengeluarkan banyak modal saat bertransaksi. Bagi Anda yang ingin trading atau investasi dengan cara mudah, Mitrade bisa jadi solusinya.

mitrade -broker terbaik di indonesia

Kesimpulan

Saham Oils adalah jenis saham yang dikeluarkan oleh emiten Indo Perkasa Tbk. Perusahaan tersebut didirikan pada 5 Januari 2016 dan beroperasi secara komersial sejak tahun 2016. Emiten saham Oils memiliki kantor pusat yang berlokasi di Jalan Raya Pening, Mojokerto, Jawa Timur. Emiten saham Oils memproduksi dan memasarkan minyak kelapa murni atau crude coconut oil. Perusahaan ini juga memproduksi sekaligus memasarkan produk turunan dari crude coconut oil, yakni minyak kelapa murni yang kembali diproses menjadi refined coconut oil, tepung kopra, atau copra meal. Secara fundamental, Saham Oils memiliki prospek yang bagus. Emiten Oils memproduksi crude coconut oils, di mana komoditas tersebut semakin populer dan telah menjadi alternatif dari crude palm oil karena adanya masalah lingkungan. Permintaan crude coconut oil juga semakin meningkat, terutama di negara seperti Amerika Serikat, Belanda, Jerman, Cina, Italia, dan Perancis. Meningkatnya permintaan crude coconut oils bisa menjadi prospek bagus untuk emiten ini kedepannya. Emiten saham oils juga memiliki potensi market share yang luas jika dibarengi dengan strategi yang tepat. Jika untuk jangka panjang, saham Oils tergolong saham yang layak diinvestasikan. Sebab, fundamental emiten saham oils sangat bagus. Selain itu, ada kemungkinan besar permintaan crude coconut oils meningkat sehingga akan berpengaruh besar pada harga saham ini. Namun, jika Anda berniat untuk trading harian, sebaiknya jangan membeli saham ini. Trader yang sudah memegang saham oils bisa segera melakukan aksi jual karena harga saham ini diprediksi akan  naik lalu diikuti dengan penurunan. Selain itu, prospek bisnis emiten saham oils. Meskipun terdapat krisi energi di beberapa negara, saham-saham emiten energi, seperti saham Oils masih layak dipilih investor Indonesia

Disclaimer: Artikel saham Oils ini hanya ditulis untuk kepentingan edukasi. Semua isi dalam artikel ini tidak bisa digunakan sebagai pedoman dalam trading atau investasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *