Kode Broker GR — Panin Sekuritas TBK: Simak Kelebihan dan Kekurangannya
BROKER, Review 30 Broker Forex

Kode Broker GR — Panin Sekuritas TBK: Simak Kelebihan dan Kekurangannya!

Kode broker GR adalah kode dari broker Panin Sekuritas Tbk. Perusahaan Sekuritas ini menjadi salah satu broker yang patut diperhitungkan di Indonesia. Banyak investor melirik broker GR untuk mengelola portofolio investasi mereka. Namun, apakah broker GR memiliki kinerja yang bagus? Apa saja kekurangan dan kelebihan broker GR? Simak penjelasan lengkap mengenai kode broker GR:

Apa Itu Kode Broker GR?

Setiap perusahaan sekuritas atau broker yang terdaftar resmi di  Otoritas Jasa Keuangan dan Bursa Efek Indonesia akan memiliki kode. Kode broker diberikan agar mudah mengidentifikasi identitas perusahaan di BEI dan OJK. Kode broker juga berguna untuk mempermudah trading dan menganalisis saham. Umumnya, kode broker terdiri atas dua huruf kapital, di mana setiap perusahaan sekuritas memiliki kode broker yang berbeda-beda.

Nah, salah satu kode broker di Indonesia yang sering dicari adalah kode broker GR. Kode broker GR  adalah kode broker milik Panin Sekuritas Tbk. Perusahaan sekuritas tersebut bergerak sebagai pialang saham. Pemilik kode broker GR didirikan di Jakarta pada tahun 1989. Secara legalitas, broker GR sudah mendapatkan izin beroperasi sebagai perantara pedagang efek dan penjamin emisi efek dari Ketua Badan Pengawas Modal sejak 14 April 1992.

Lalu pada 31 Januari 1997, perusahaan ini sudah resmi beroperasi sebagai Manajer Investasi. Secara historis, Panin Sekuritas didirikan oleh seorang konglomerat bernama Mu’min Ali Gunawan. Perusahaan ini berdiri di bawah induk Panin Group, yang juga menaungi bisnis pembiayaan dan asuransi.

Selama menjajaki dunia saham, perusahaan ini sudah sering berganti nama. Awal berdiri broker GR memiliki nama PT Panin Sekuritas Indol Kemudian di tahun 1991, broker GR berubah nama menjadi PT Nusamas Panin. Kemudian secara resmi broker ini beroperasi dengan nama Pain Sekuritas.

Apa Itu Kode Broker GR?

Produk dan Layanan yang Ditawarkan Broker GR

Sebagai broker terkemuka di Indonesia, Panin Sekuritas menawarkan beberapa produk dan layanan seperti berikut:

  1. Trading saham

Investasi saham memang disukai banyak orang di Indonesia karena menjanjikan return yang cukup tinggi jika dikelola dengan baik. Panin Sekuritas menawarkan layanan trading saham yang didukung oleh tim riset berpengalaman yang selalu menyajikan informasi terupdate kepada klien. Panin Sekuritas juga menjanjikan eksekusi pesanan secara akurat dan tepat.

  1. Corporate Finance dan e-IPO

Layanan ini berguna untuk memaksimalkan nilai pemilik saham dengan memberikan rencana keuangan jangka panjang dan pendek. Jadi, Panin Sekuritas bertugas sebagai penjamin emisi efek untuk penawaran umum perdana atau IPO, yang berlaku untuk saham dan obligasi. Dalam layanan ini, Panin Sekuritas juga bertugas membantu kegiatan perusahaan, seperti private placement atau penawaran tender.

  1. Fixed Income

Jika ingin mendapatkan return tetap dan rutin, Anda bisa memilih produk fixed income.. Fixed income dari Panin Sekuritas diberikan dalam bentuk obligasi atau surat utang. Selain obligasi dari perusahaan swasta, Panin Sekuritas juga menawarkan obligasi dari pemerintah, baik dari pasar perdana atau sekunder.

  1. Reverse REPO

Reverse REPO adalah layanan dalam bentuk penjamin emisi efek. Anda terikat kontrak jual dengan perjanjian kembali beli pada waktu yang sudah ditetapkan. Nilai transaksi minimal untuk Reverse REPO adalah 100 juta dengan minimal lama kontrak 1 bulan. Layanan ini menerapkan tingkat suku bunga mencapai 17 persen per tahun.

  1. Reksadana

Rekasadana adalah produk investasi yang dikelola secara efektif oleh Manajer Investasi. Jenis Reksadana yang ditawarkan oleh Panin Sekuritas adalah efek ekuitas, efek utang berpendapatan tetap, dan reksadana pasar uang. Untuk produk investasi ini, seluruh uang yang disetorkan oleh investor akan disimpan di bank kustodian sehingga lebih terjamin keamanannya.

Fasilitas yang Ditawarkan Broker GR

Broker GR menawarkan beberapa fasilitas untuk mempermudah klien dalam berinvestasi. Berikut fasilitas yang ditawarkan broker GR:

1. Reguler Online Trading

Panin Sekuritas menyediakan fasilitas online trading melalui platform Panin Sekuritas Online Stock Trading (POST).  Fasilitas ini memungkinkan klien melakukan order beli atau jual tanpa perantara. Jadi, order akan otomatis diteruskan oleh server POST ke sistem remote trading di BEI.

2. Syariah Online Trading

Jika ANda investor muslim yang ingin menghindari riba, Anda bisa mencoba fasilitas syariah online trading. Fasilitas ini dilakukan melalui platform POST Syariah, di mana saham yang diperjualbelikan adalah saham dari emiten berprinsip syariah. Transaksi melalui POST syariah juga sudah diawasi ketat oleh MUI atau Majelis Ulama Indonesia.

3. Margin Trading

Ingin beli saham berkali-kali lipat dari modal Anda saat ini? Anda bisa memanfaatkan margin trading. Dengan margin trading dari Panin Sekuritas, Anda bisa bertransaksi saham di BEI melebihi modal yang Anda miliki saat ini. Namun, transaksi dengan margin trading ini hanya berlaku untuk saham tertentu di BEI. Untuk menikmati fasilitas ini, Anda juga harus terdaftar sebagai nasabah reguler Panin Sekuritas.

4. Riset

Fasilitas riset bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan informasi mengenai analisa perusahaan agar mendapatkan peluang investasi bagus di pasar modal.Tim riset Panin Sekuritas menggunakan pendekatan analisis fundamental untuk memprediksi arah perekonomian global. Riset juga didasarkan pada trend pergerakan  harga dan volume transaksi saham agar bisa memberikan rekomendasi arah pergerakan harga di kemudian hari.

5. Edukasi

Investasi adalah hal beresiko yang tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Karena itu, seorang investor harus memiliki pengetahuan dasar yang baik mengenai keputusan investasi yang akan dibuatnya. Investor juga harus memiliki strategi khusus untuk meminimalisir kerugian dalam berinvestasi. Untuk menunjang hal tersebut, Panin Sekuritas memberikan layanan edukasi dasar untuk investor pemula dan edukasi lanjutan untuk investor yang ingin memperdalam skill di pasar modal.

Platform Trading yang Digunakan Broker GR

Sudah disebutkan secara ringkas sebelumnya bahwa platform trading yang digunakan oleh Panin Sekuritas adalah Panin Sekuritas Online Stock Trading atau POST. Platform trading ini didesain khusus untuk klien Panin Sekuritas. POST bisa diakses melalui website atau aplikasi untuk gadget dan PC. Untuk mendownload POST, Anda bisa klik link ini atau mendownloadnya di  Play Store.

Jika melihat review dari PlayStore, platform POST sebenarnya memiliki kinerja yang bagus. Fitur didalamnya dinilai sangat informatif, data juga jarang delay. Sayangnya, aplikasi tersebut sering keluar sendiri. Secara keseluruhan, platform trading broker GR mendapatkan 4,334 dari 5 bintang di PlayStore Untuk mengakses POST secara website, Anda bisa membuka situs www.post-pro.co.id.

POST memiliki fitur yang sangat menarik, yakni conditional order, yang memungkinka penggunanya untuk mengatur waktu transaksi sekaligus harga yang diinginkan. Untuk keamanan data, POST menggunakan sistem keamanan berlapis. Lewat POST, kita bisa membeli saham dan waran.

Platform Trading yang Digunakan Broker GR

Jenis Akun di Panin Sekuritas

Secara garis besar, ada tiga jenis akun yang disediakan oleh Panin Sekuritas. Berikut akun yang ada di Panin Sekuritas:

Self TradingAkun self trading memerlukan minimal deposit Rp 1 juta. Dengan akun self trading, Anda bisa trading langsung menggunakan aplikasi POST. Fee transaksi untuk self trading sekitar 0,2 persen untuk beli dan 0,3 persen untuk jual. Untuk biaya pemindahan saham di akun self trading, biaya yang dibebankan sekitar Rp 22 ribu. Akun broker reguler menyediakan fasilitas trial account.
Akun Broker RegulerJika Anda menggunakan akun broker reguler, sistem trading dilakukan dengan menelpon ke officer. Kemudian pihak officer yang akan melakukan order untuk Anda. Minimal deposit untuk akun broker reguler mencapai Rp 25 juta. Biaya transaksi jual di akun broker reguler mencapai 0,35 persen. Jika melakukan transaksi beli menggunakan akun broker reguler, maka Anda dikenai biaya 0,25 persen. 
Akun syariahPemilik akun syariah bisa melakukan trading sendiri melalui web. Hanya saja saham yang ditransaksikan sudah dikeluarkan oleh emiten yang beroperasi secara syariah. Minimal deposit di akun syariah Rp 1 juta. Untuk penggunaan akun syariah, Anda akan dibebankan biaya transaksi beli sebesar 0,2 persen dan biaya transaksi jual sebesar 0,3 persen. Jenis akun ini dilengkapi dengan margin trading dan trial account.

Biaya Investasi di Panin Sekuritas

Jika ingin berinvestasi di Panin Sekuritas, berikut biaya atau modal yang harus Anda siapkan:

Biaya akun self tradingUntuk transaksi beli di akun self trading, Panin Sekuritas membebankan biaya sekitar 0,20 persen. Sedangkan untuk transaksi jual, Panin Sekuritas membebankan biaya 0,30 persen.
Biaya akun broker regulerAkun broker reguler tergolong lebih mahal daripada self trading. Untuk fee transaksi beli sekitar 0,25 persen dan transaksi jual sekitar 0,35 persen.
DepositInvestasi tentu memerlukan biaya deposit. Minimal deposit di panin Sekuritas mencapai Rp 1 hingga Rp 25 juta. Minimal deposit tergantung pada jenis akun yang Anda pilih.

Cara Buka Akun di Broker GR

Untuk Anda yang tertarik investasi di broker GR, berikut tata cara pembukaan akun yang harus Anda ikuti:

Download formulirSiapkan dokumen verifikasiTunggu rekening dana nasabah
Pengisian formulir adalah syarat utama untuk prose buka akun di broker GR. Formulir pembukaan akun broker GR bisa Anda download di website resminya. Jadi, Anda hanya perlu masuk ke situs resmi Panin Sekuritas, lalu pilih menu “online trading”, dan pilih pembukaan rekening. Isi semua formulir dengan data yang valid karena nti akan ad proses verifikasi.Untuk memastikan data yang Anda isikan benar, siapkan dokumen data diri, seperti KTP, NPWP, dan halaman depan buku tabungan. Kirimkan berkas tersebut ke alamat kantor Panin Sekuritas atau melalui marketingnya.Setelah mengirim dokumen data diri, pihak Panin Sekuritas akan melakukan proses pembuatan rekening dana nasabah atau RDN. Anda hanya perlu menunggu prosesnya selama beberapa hari. Setelah proses pembuatan RDN selesai, Anda akan menerima konfirmasi melalui email. Setelah RDN selesai dibuat, Anda bisa melakukan deposit.

Registrasi juga bisa dilakukan secara online melalui cara berikut:

  1. Buka situs Panin sekuritas lalu pilih tab “Panin Online Stock Trading”
  2. Klik tombol “Open Account” atau langsung ke alamat https://register.pans.co.id/go/6ff3
  3. Isi semua data yang diminta, termasuk kode captcha klik “Lanjut”.
  4. Lakukan verifikasi data dan tunggu proses pembukaan RDN selesai kemudian lakukan deposit.

Cara Deposit di Panin Sekuritas

Setelah rekening dana nasabah selesai dibuat, Anda bisa mentransfer deposit di RDN tersebut. Transfer bisa dilakukan lewat ATM atau Mobile Banking. Jika menggunakan Mobile Banking, begini caranya:

  1. Buka aplikasi mobile banking Anda
  2. Buka menu “Transfer”.
  3. Tuliskan nomor rekening
  4. Setelah muncul data mengenai rdn, pastikan tidak ada yang keliru.
  5. Tuliskan nominal deposit dan sesuaikan dengan jenis akun Anda.
  6. Setelah transfer, deposit otomatis akan diproses. Kemudian Anda bisa mendapatkan password dan user ID untuk Log In.

Untuk deposit menggunakan mesin ATM, begini cara yang bisa Anda ikuti:

  1. Masukan kartu ATM Anda. Lalu pilih “Transaksi Lain”.
  2. Pilih menu “transfer ke rekening lain”. 
  3. Tuliskan kode bank Panin atau bank tempat RDN Anda dan lanjutkan dengan nomor RDN Anda.
  4. Tuliskan nominal deposit dan sesuaikan dengan jenis akun.
  5. Lakukan transfer dan tunggu bukti transfer tercetak, lalu ambil kembali kartu ATM Anda.

Cara Withdraw di Panin Sekuritas

Untuk penarikan dana atau withdraw Panin Sekuritas, Anda bisa mengikuti langkah di bawah ini:

  1. Buka akun POST Anda menggunakan password dan user ID.
  2. Di bagian pojok kanan atas aplikasi, pilih 3 garis. Lalu pilih menu “Account and investment”
  3. Pilih withdraw dan masukan data perbankan beserta jumlah uang yang akan ditarik.
  4. Klik “Submit” dan tunggu uang masuk ke rekening Anda.

Kelebihan Panin Sekuritas

Panin Sekuritas menjadi pilihan banyak investor Indonesia karena dianggap memiliki beberapa kelebihan berikut:

Ada banyak pilihan RDNMeski Panin Sekuritas masuk dalam Panin Group yang juga memiliki bisnis perbankan, broker ini memiliki banyak pilihan RDN. Anda bisa memilih RDN dari bank BCA, Bank Permata, Bank Mandiri, atau Bank Panin itu sendiri. RDN juga bisa dilakukan di bank syariah, seperti Bank BCA syariah atau Permata syariah. Banyaknya pilihan RDN ini bisa memudahkan Anda menentukan pilihan transaksi yang minim biaya administrasinya.
Aplikasi trading mudah digunakanAplikasi trading dari Panin Sekuritas mudah digunakan dan banyak fitur canggih.  Satu aplikasi juga bisa digunakan di mobile atau desktop, sehingga lebih efisien dan praktis penggunaanya.
Tersedia data feed gratisPanin Sekuritas sama sekali tidak membebankan biaya data feed atau data transaksi real time. Biaya data feed hanya dikenakan untuk pengguna broker reguler. Biayanya pun masih tergolong murah, yakni Rp 25 ribu per bulan.

Kekurangan Panin Sekuritas

Sebagai pertimbangan, Anda juga perlu memperhatikan kekurangan Panin Sekuritas. Berikut beberapa kekurangan Panin Sekuritas:

Fee transaksi tergolong mahalDibandingkan sekuritas lainya, besaran fee transaksi untuk Panin Sekuritas cenderung kurang kompetitif alias mahal. Padahal, ada banyak sekuritas yang menawarkan biaya transaksi di bawah 0, 20 persen. Besaran fee transaksi ini juga berpengaruh pada profit bersih.
Instrumen trading sedikitJika Anda seorang trader yang ingin mendapatkan return harian, Panin Sekuritas kurang cocok. Broker GR hanya menyediakan instrumen trading saham dan turunannya alias waran. Jika ada instrumen lain pun hanya cocok untuk investasi jangka panjang.
Deposit mahalMinimal deposit untuk Panin Sekuritas cukup mahal. Paling murah adalah Rp 1 juta yang berlaku untuk akun self trading dan syariah. Jika ingin akun broeker reguler, Anda bahkan harus membayar deposit hingga Rp 25 juta. Padahal, ada banyak broker yang mensyaratkan deposit sekitar Rp 500 ribu saja.

Apakah Broker GR Aman dan Layak untuk Investasi?

Secara keseluruhan,broker GR ini aman untuk investasi. Di Indonesia broker GR sudah dianggap legal karena mendapatkan izin OJK dan terdaftar di BEI. Panin Sekuritas juga mendapatkan izin beroperasi dari Ketua Badan Pengawas Pasar Modal. Setidaknya ada lima izin yang sudah dikantongi oleh Panin Sekuritas dan semua izin tersebut sudah diakui pemerintah, yakni izin sebagai penjamin emisi efek dan Manajer Investasi.

Dari sisi track record, ada banyak penghargaan yang sudah diraih oleh Panin Sekuritas. Selama berkiprah di pasar modal, Panin Sekuritas sudah mendapatkan penghargaan sebagai anggota bursa dengan transaksi efek ekuitas terakhir di tahun 2017 versi Bursa Efek Surabaya. Tahun 2006 dan 2007, broker GR juga dinobatkan sebagai sekuritas terbaik. Lalu di tahun 2010, perusahaan sekuritas ini mendapatkan penghargaan di Finance Asia sebagai perusahaan terbaik.

Namun, investasi bukan perkara memilih broker saja. Anda juga harus memastikan layanan dan instrumen yang disediakan broker tersebut cocok untuk tujuan investasi Anda. Jika memang berniat investasi jangka pendek atau melakukan trading scalping, broker GR tidak cocok untuk Anda. Broker GR lebih cocok untuk investasi jangka panjang. meski tersedia margin trading yang memungkinkan Anda bertransaksi saham melebihi modal saat ini, tetap saja biaya modal yang Anda butuhkan cukup banyak jika ingin berinvestasi di Panin Sekuritas.

Apakah Broker GR Aman dan Layak untuk Investasi?

Cara Memilih Instrumen Trading yang Cocok

Instrumen trading yang disediakan oleh Panin Sekuritas hanyalah saham. Instrumen lainnya yang tersedia hanya cocok untuk investasi jangka panjang. Sayangnya, tidak semua orang cocok untuk trading saham. Untuk mendapatkan instrumen yang sesuai dengan tujuan keuangan Anda, berikut tips memilih instrumen trading terbaik:

1. Toleransi Risiko

Setiap instrumen trading memiliki tingkat risiko yang berbeda, dan penting untuk memilih instrumen yang sesuai dengan toleransi risiko Anda. Misalnya, saham memiliki resiko lebih rendah daripada forex. namun, risiko investasi saham lebih tinggi dibandingkan obligasi.

2. Kondisi Pasar

Kondisi pasar saat ini juga harus dipertimbangkan saat memilih instrumen trading. Misalnya, jika pasar sedang bearish, mungkin lebih baik berinvestasi pada saham atau obligasi defensif, daripada aset berisiko seperti saham pertumbuhan atau kontrak berjangka.

3. Lamanya Investasi

Lamanya waktu yang Anda rencanakan untuk menahan investasi juga harus dipertimbangkan. Misalnya, jika Anda berencana untuk melakukan investasi dalam jangka waktu yang lama, investasi jangka panjang seperti saham atau obligasi mungkin lebih cocok, sedangkan jika Anda berencana untuk melakukan investasi dalam waktu singkat. waktu, investasi jangka pendek seperti opsi atau forex mungkin lebih cocok.

4. Tujuan Investasi

Tujuan investasi Anda juga harus dipertimbangkan saat memilih instrumen trading. Misalnya, jika Anda ingin menghasilkan pendapatan tetap, obligasi atau saham yang membayar dividen mungkin lebih cocok, sedangkan jika Anda ingin menghasilkan pertumbuhan modal, saham atau opsi pertumbuhan mungkin lebih cocok.

5. Riset dan Analisis

Sebelum memilih instrumen trading, penting untuk melakukan riset dan analisis agar memahami fundamental dan teknis instrumen, dan bagaimana kinerjanya di masa depan. Jadi, jangan memutuskan berinvestasi hanya karena tren sesaat. pastikan Anda sudah melakukan riset dan analisis terlebih dahulu.

6. Likuiditas

Likuiditas mengacu pada betapa mudahnya untuk membeli dan menjual instrumen. Instrumen likuid adalah instrumen yang dapat dibeli dan dijual dengan mudah, dengan dampak harga minimal, sedangkan instrumen non likuid adalah instrumen yang lebih sulit untuk diperdagangkan, dan dapat mengalami perubahan harga yang besar saat membeli atau menjual. Jadi, pastikan instrumen trading Anda bersifat likuid atau non likuid.

Instrumen Trading Populer yang harus Dipahami Pemula

Sebagai trader pemula, penting untuk memilih instrumen trading yang mudah dipahami dan sesuai dengan gaya trading Anda. Berikut ini beberapa pilihan instrumen trading populer:

ForexSahamOpsiFutures
Perdagangan forex  melibatkan pembelian dan penjualan mata uang secara berpasangan. Forex adalah pasar keuangan terbesar di dunia dan sangat likuid, artinya Anda dapat membeli dan menjual mata uang dengan cepat dan mudah.Perdagangan saham dilakukan dengan pembelian surat kepemilikan perusahaan. Perusahaan yang bisa memperjualbelikan saham harus melakukan penawaran umum terlebih dahulu atau IPO. Transaksi saham dapat dilakukan melalui broker atau platform perdagangan online.Perdagangan opsi melibatkan pembelian dan penjualan kontrak yang memberi Anda hak, tetapi bukan kewajiban, untuk membeli atau menjual aset dasar dengan harga yang telah ditentukan.Perdagangan berjangka atau futures melibatkan pembelian dan penjualan kontrak yang menentukan tanggal pengiriman di masa depan untuk aset dasar, seperti komoditas, mata uang, atau indeks saham.

Mitrade untuk Trading dan Investasi yang Aman

Jika ingin investasi atau trading dengan beragam aset, Anda bisa beralih ke broker Mitrade. Instrumen trading yang disediakan Mitrade cukup banyak, terdapat forex, kripto, indeks, komoditas, indeks, dan saham. Untuk legalitas, Mitrade diawasi ketat oleh  Australian Securities & Investment Commission (ASIC) dan Cayman Islands Monetary Authority (CIMA). Keamanan Mitrade juga semakin terjaga dengan kerjasama bank segregated untuk penyimpanan uang klien.

Platform trading bisa diakses dari website, PC, atau mobile dengan tampilan yang interaktif dan user friendly, Platform trading Mitrade juga dilengkapi banyak fitur menarik, termasuk ratusan indikator untuk mempermudah analisis. Deposit hanya perlu US$ 50 dan tersedia leverage hingga 1000x agar Anda bisa bertransaksi berkali-kali lipat dari modal yang dimiliki saat ini.

Proses registrasi hingga verifikasi data semuanya bisa dilakukan online, sehingga praktis dan efisien. Keamanan data juga dijamin karena menggunakan sistem keamanan berlapis sehingga minim terjadi pencurian data pribadi. Jika merasa belum mahir atau ragu dengan strategi Anda, Mitrade menyediakan akun demo bernilai US$ 50.000. Dengan Mitrade, trading menjadi menyenangkan dan mudah dilakukan.

iklan mitrade

Kesimpulan

Kode broker GR adalah kode dari broker Panin Sekuritas Tbk. Broker GR didirikan di Jakarta pada tahun 1989 di bawah naungan Panin Group. Secara legalitas, broker GR sudah mendapatkan izin beroperasi sebagai perantara pedagang efek dan penjamin emisi efek dari Ketua Badan Pengawas Modal sejak 14 April 1992. Lalu pada 31 Januari 1997, perusahaan ini sudah resmi beroperasi sebagai Manajer Investasi. Secara historis, Panin Sekuritas didirikan oleh seorang konglomerat bernama Mu’min Ali Gunawan. Platform trading yang digunakan oleh Panin Sekuritas adalah Panin Sekuritas Online Stock Trading atau POST. Platform trading ini didesain khusus untuk klien Panin Sekuritas. POST bisa diakses melalui website atau aplikasi untuk gadget dan PC. Instrumen investasi yang ditawarkan, antara lain saham, waran, dan obligasi. panin Sekuritas menyediakan layananan E-IPO, penjamin Emisi Efek, online trading, dan trading syariah. Ada tiga jenis akun yang disediakan oleh Panin Sekuritas, yakni akun self trading, syariah, dan broker reguler. Untuk deposit di akun self trading dan akun syariah, Anda perlu deposit minimal Rp 1 juta. Deposit di akun broker reguler mencapai Rp 25 juta. Biaya transaksi di akun self trading dan syariah berkisar 00,2 persen hingga 0,3 persen. Untuk akun broker reguler, biaya transaksi mencapai 0,25 hingga 0,35 persen.

Disclaimer: Artikel mengenai kode broker GR ditulis dengan tujuan edukasi pembaca. Penulisan didasarkan informasi yang valid, tanpa melebih-lebihkan atau mengurangi fakta, Isi artikel tidak bisa menjadi pedoman utama untuk berinvestasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *