Daftar Broker Copy Trade Terbaik
BROKER, FOREX, INVESTASI

Daftar Broker Copy Trade Terbaik di Indonesia

Broker Copy trade terbaik kini sedang dicari banyak trader. Dengan menggunakan copy trade, trader bisa menyalin strategi perdagangan dari investor lain dan menempati posisi yang sama dengan mereka. Namun, menerapkan copy trade memang tidak mudah karena Anda harus menemukan seorang trader top yang bisa mendatangkan profit. Lalu apa itu copy trade dan bagaimana cara menerapkannya dalam trading? Berikut ulasan lengkap mengenai copy trade:

Apa Itu Copy Trade?

Copy trade sudah dikenal di kalangan trader sejak tahun 2000an. Orang yang menerapkan copy trade dikenal dengan sebutan copy trader. Copy trade merupakan upaya menyalin langkah atau strategi trader profesional dan berpengalaman, lalu meniru langkah tersebut agar bisa mendatangkan profit trading sebanyak mungkin. Copy trading juga memungkinkan trader mengcopy posisi trading milik trader ahli secara otomatis dengan menautkan akun yang dimiliki.

Proses copy trading memungkinkan trader untuk memantau strategi trader sukses lainnya. 

Copy trade juga berguna bagi trader yang tidak punya waktu untuk mengikuti kondisi pasar. Umumnya, copy trading difokuskan pada perdagangan jangka pendek, khususnya strategi perdagangan harian dan swing trader. 

Namun, copy trade cenderung berfokus pada aset di pasar valas, serta cryptocurrency serta pasar yang bersifat kompleks dan volatile. Meski copy trade bisa menguntungkan, namun bukan berarti layanan ini tidak memiliki risiko. Data yang digunakan dalam analisis layanan copy trade adalah data di masa lalu dan tidak ada jaminan bahwa data historis bisa memberikan profit di masa mendatang.

Cara Kerja Copy Trade

Cara melakukan copy trade sebenarnya berbeda-beda, tergantung dari broker yang Anda pilih. Namun, penerapan copy trade di setiap broker memiliki prinsip yang sama, yaitu Anda memilih seorang trader profesional yang Anda anggap terbaik, lalu menyalin semua langkah dan strategi trading yang ia lakukan ke dalam aktivitas trading Anda.

Sebelum membuat copy trade, Anda harus mendaftar dan membuat akun pada sebuah broker yang terpercaya dan berkualitas. Aktivitas copy trade melibatkan performa trader yang bisa Anda lihat dari statistik dan grafik. Untuk mengecek performa trader tersebut, Anda bisa melihat strategi yang mereka gunakan, bagaimana pengalaman sukses mereka dalam trading, manajemen resiko yang mereka terapkan, dan sejenisnya.

Jika trade yang Anda pilih saat proses copy trade membuka posisi trading yang baru, Anda juga harus melakukan hal yang sama. Sebaliknya. Anda juga harus melakukan closing saat trader pilihan Anda melakukan closing. Saat master trader pilihan Anda mendapatkan profit, Anda juga bisa mendapatkan profit. Namun jika master trader tersebut loss, Anda juga mengalami hal yang sama.

Cara Kerja Copy Trade

Langkah Melakukan Copy Trade

Untuk membantu Anda melakukan copy trade, berikut langkah-langkahnya:

Buat akunHal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat akun di platform trading yang andal. Di sebagian besar platform trading, ada opsi untuk mengikuti sesama pedagang. Ada standar berbeda untuk memilih trader yang tepat untuk diikuti. Misalnya, Anda mungkin ingin mengikuti seorang trader yang memiliki lebih banyak keuntungan, atau mereka memiliki pola trading yang konsisten.
Putuskan modal yang ingin diinvestasikanLangkah kedua adalah memutuskan jumlah yang ingin Anda investasikan dan persiapkan secara finansial untuk mengambil risiko. Mulailah dengan persentase kecil dari pendapatan yang dapat dibelanjakan dan ingatlah bahwa berinvestasi selalu disertai dengan risiko bahwa Anda tidak akan mendapatkan semua uang Anda kembali.
Lakukan copy tradeAda platform trading yang secara otomatis menyalin perdagangan pilihan Anda dengan sesama investor yang ingin Anda tiru. Namun, ada juga yang harus melakukannya secara manual dengan melihat pilihan portofolio yang dibeli dan dijual oleh rekan Anda.

Beda Copy Trade Dan Mirror Trade

Banyak orang yang tidak bisa membedakan apa itu mirror trading dan copy trading. Jika dibandingkan dengan copy trading, mirror trading lebih dahulu tenar. Mirror trading adalah strategi trading yang dilakukan dengan menyalin teknik perdagangan dari investor lain yang lebih berpengalaman. Jadi, metode ini memungkinkan trader yang lebih ahli untuk berbagi ilmu, pengalaman, dan analisis dari satu trader ke trader lain.

Mirror trading sangat berguna untuk investor pemula agar lebih bisa memahami pasar. Dalam hal ini, trader hanya perlu memeriksa kinerja akun mirror setiap minggu dan memutuskan apakah akan menggunakan strategi yang sama pada minggu berikutnya. Hasil trading dengan mirror trade juga lebih terverifikasi karena broker yang menawarkan metode ini biasanya melakukan pengujian, validasi, dan pemeriksaan terhadap strategi yang mereka salin.

Sementara itu, copy trading lahir dari mirror trading. Namun dalam copy trading, trader tidak hanya meniru strategi trader lain yang telah dianggap sukses. Sebaliknya, trader bisa mengikuti seluruh langkah yang digunakan oleh trader berpengalaman. Jadi, setiap posisi yang dibuka dicerminkan dari perdagangan salinan. 

Dengan kata lain, terdapat persentase total saldo akun yang ditetapkan agar bisa menyalin satu trader secara terbatas. Saat mengikuti copy trading, portofolio Anda akan terhubung ke portofolio trader yang Anda ikuti dalam jaringan sosial pilihan. Jadi, strategi trader yang Anda ikuti akan otomatis tersalin ke dalam portofolio Anda.

Beda Copy Trade Dan Mirror Trade

Cara Memilih Penyedia Copy Trader

Broker copy trading biasanya memiliki ribuan top trader profesional yang bisa Anda salin langkah perdagangannya. Oleh karena itu, Anda harus bisa memilih yang terbaik untuk mendapatkan profit yang stabil. Untuk membantu Anda memilih penyedia copy trader yang terbaik, berikut langkah-langkahnya:

1. Pantau Riwayat Trading Minimal 12 Bulan

Pantau riwayat trading trader yang Anda pilih minimal dalam waktu 12 bulan. Hal ini untuk melihat konsistensi mereka dalam melakukan perdagangan. Selain itu, jangka waktu tersebut juga membantu Anda untuk melihat performa trader dengan lebih detail.

2. Lihat Aktivitas Trading Mingguan

Untuk melihat performa trader, kita juga bisa mereview aktivitas trading mereka secara mingguan. Dengan melihat aktivitas trading mingguan mereka, Anda bisa mengetahui berapa banyak kesalahan yang mereka lakukan dalam trading dan apakah trader tersebut selalu mengulangi kesalahan yang sama.

3. Pastikan Profit Stabil

Anda juga perlu memastikan trader yang Anda pilih memiliki profit yang stabil, setidaknya dalam jangka waktu tiga bulan berturut-turut. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya kerugian yang terlalu besar.

4. Maksimal Drawdown Tidak Lebih dari 20%

Drawdown adalah penurunan nilai investasi tunggal. Performa seorang trader bisa dianggap stabil dan baik jika memiliki drawdown tidak lebih dari 20%.

Keunggulan Dan Kekurangan Copy Trade

Layanan copy trade dipilih banyak trader karena mendatangkan sejumlah keuntungan, sementara Copy trade juga memiliki sejumlah kekurangan, simak:

Keunggulan👇Kekurangan👇
✅Memperkecil resiko loss:
Dengan layanan copy trade, kita bisa meniru strategi perdagangan dari para top trader yang telah memiliki banyak pengalaman di pasar modal. Bagi trader pemula, hal ini akan membantu mengurangi resiko trading karena kita bisa mengandalkan pengetahuan orang yang telah sukses terlebih dahulu di pasar.
Waktu order jadi lebih lama:
Kecepatan order adalah hal yang penting dalam aktivitas trading. Layanan copy trading hanya memiliki jeda waktu yang pendek antara waktu trader ahli untuk membuat keputusan trading dan pembuatan salinan. Dalam waktu yang singkat tersebut, kerugian tetap bisa terjadi pada trader yang menyalin.
Mempermudah belajar trading:
Mempelajari seluk beluk trading memang tidak mudah dan membutuhkan banyak waktu. Bagi orang yang sibuk, menggunakan copy trade akan membantu mempersingkat waktu. Copy trade juga mempermudah trader pemula dalam mempelajari strategi dan cara trading.
Harus berpindah platform:
Tidak semua platform trading menyediakan fitur copy trading. Jika ingin menggunakan layanan copy trade, trader hari beralih ke platform yang menyediakannya. Selain itu, fitur copy trade biasanya membutuhkan biaya tambahan.
Menghemat waktu trading:
Dengan layanan copy trading, Anda bisa melakukan aktivitas perdagangan tanpa perlu menghabiskan banyak waktu. Oleh karena itu, layanan ini sangat cocok untuk trader yang tak punya banyak waktu atau cukup pengetahuan.
Harus melakukan analisis:
Untuk menentukan trade terbaik yang akan Anda salin portofolionya, Anda harus melakukan riset mendalam. Jika menggunakan perangkat lunak otomatis, Anda juga perlu memantau kerugian yang Anda alami. Memilih trader untuk disalin strateginya tidak mudah. Riset yang diperlukan juga membutuhkan waktu berbulan-bulan.

Cara Memilih Broker Copy Trade

Tidak semua broker menawarkan fasilitas copy trade. Meski Anda yang menawarkannya, tidak semuanya mampu memberikan layanan berkualitas. Jadi, Anda harus melakukan pemilihan dengan seksama. Berikut cara memilih broker copy trade yang berkualitas:

👉RegulasiAnda harus memastikan bahwa broker pilihan Anda sudah mendapatkan regulasi atau legalitas dari lembaga yang berwenang. Hal ini sangat penting untuk menghindari adanya penipuan.
👉Transparansi dan risikoSistem copy trading yang baik harus memberi trader penjelasan rinci tentang trader lain yang bisa mereka salin. Jadi, pastikan briker memiliki data mengenai metrik risiko, keuntungan, dan penurunan modal maksimum.
👉FleksibilitasPastikan broker yang menyediakan layanan copy trading tersebut juga memiliki fleksibilitas yang tinggi. Fleksibilitas memungkinkan Anda untuk melakukan filter trader mana yang ingin disalin sesuai dengan parameter biaya, risiko, atau pengembalian yang Anda inginkan.
👉PengikatanPastikan Anda bisa berhenti menyalin perdagangan secara instan tanpa perlu terkunci dalam waktu yang ditentukan. Jadi, Anda harus menolak upaya broker atau pihak ketiga yang ingin mengikat Anda secara hukum ke penyedia copy trading.
👉Memiliki penyesuaian parameterBroker Copy Trading yang baik juga harus memungkinkan trader untuk melakukan penyesuaian parameter sesuai dengan jumlah modal yang akan disalin, rasio take profit yang diinginkan, dan sejenisnya.

Daftar Broker Copy Trade Terbaik di Indonesia

Beberapa broker yang menyediakan layanan copy trading antara lain:

1. Hot Forex

Hot Forex adalah broker yang berdiri sejak tahun 2010. Broker Hot Forex menyediakan lima akun copy trade eksklusif. Akun Hot Forex ini tersedia untuk penyedia strategi yang telah bergabung. Penyedia strategi bisa membuka akun untuk membangun pengikut dan melakukan trading atas nama pengikut mereka dengan kondisi biaya kinerja. Pengikut hanya perlu membayar ke penyedia strategi jika strategi yang mereka ikuti berhasil. Untuk trading di Hot Forex, Anda harus melakukan deposit minimum US$ 500 dan membayar penyedia strategi sebesar US$ 100.

Daftar Broker Penyedia Copy Trading

Kelebihan dan Kekurangan Hot Forex

Broker Hot Forex memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan seperti berikut:

KelebihanKekurangan
💚Spread trading yang ketat hanya dimulai dari 0,1 pips saja sehingga profit bisa lebih maksimal.💔Menyediakan leverage 1:1000. Fasilitas leverage ini bisa menjadi pisau bermata dua. Trader bisa trading dengan modal minimal namun risiko yang diberikan juga sangat tinggi.
💚Fitur yang disediakan juga lengkap seperti kalkulator trading, analisis forex eksklusif, serta layanan berita dan analisis pasar terhangat.💔Biaya deposit sangat mahal. Untuk bisa trading di Hotforex, Anda harus deposit minimal US$ 200. Padahal, banyak broker yang hanya mensyaratkan minimal deposit di bawah US$ 50.
💚Menyediakan berbagai bonus, seperti welcome bonus, hadiah trading program loyalitas, dan pendanaan akun gratis.💔Layanan copy trade berbayar. Biaya untuk mengakses layanan copy trade di Hot Forex termasuk tinggi, yakni mencapai US$ 100.

2. Etoro

Etoro adalah broker yang telah berdiri sejak 2007. Namun, broker ini baru menyediakan layanan copy trade di tahun 2011. Etoro telah mendapatkan regu;asi dari CySEC, ASIC, dan FCA. Etoro memiliki simplicity yang memudahkan follower untuk berkenalan dan memilih provider penyedia copy trader yang tepat. Untuk trading di Etoro, Anda bisa mulai deposit minimal US$ 10.

Daftar Broker Copy Trade Terbaik di Indonesia

Kelebihan dan kekurangan Etoro

Etoro juga memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan seperti berikut:

Kelebihankekurangan
💚Layanan pembukaan akun sangat cepat dan nyaman.💔Belum memiliki regulasi resmi dari Bappebti sehingga dianggap ilegal di Indonesia.
💚Biaya minimal deposit sangat rendah.💔Spread yang ditawarkan termasuk tinggi daripada broker lainnya.
💚Fitur dan layanan trading sangat inovatif.💔Tidak menyediakan pilihan akun untuk trader berdasarkan levelnya.

3. FBS

FBS berdiri sejak tahun 2009. Minimal deposit di FBS hanya US$ 1. Broker ini telah mendapatkan regulasi dari CySEC, IFSC, ASIC, dan FSCA. FBS juga menyediakan leverage hingga 1:3000.  Deposit dan withdraw di FBS juga bisa dilakukan melalui bank lokal atau OVO. Spread trading di FBS bisa dimulai hanya dari 0,1 pips saja.

Daftar Broker Copy Trade Terbaik di Indonesia  -fbs

Kelebihan dan kekurang FBS

Broker FBS memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan seperti berikut:

Kelebihankekurang
✅Spread trading sangat rendah, hanya o,1 pips saja.💔Leverage yang disediakan terlalu tinggi. Jika tidak disertai manajemen risiko yang baik, maka Anda bisa berpotensi mengalami loss yang sangat tinggi.
✅Menyediakan leverage yang tinggi sehingga Anda bisa trading dengan modal kecil.💔Tidak ada perlindungan investor untuk klien non Uni Eropa.
✅Menyediakan metode deposit dari bank lokal.💔Produk trading yang ditawarkan kurang beragam.

2. Exness

Broker Exness berdiri sejak tahun 2008. Exness menawarkan layanan copy trade di platform metatrader. Komisi penyedia strategi dibayarkan sesuai dengan kesepakatan bersama, yakni antara 0% hingga 50% dari total profit. Exness juga menawarkan dua jenis akun trading untuk copy trade, yakni akun standar sosial dan akun pro sosial. Deposit minum untuk akun standar sosial sebesar US$ 500. Sementara itu, deposit untuk akun pro sosial sebesar US$ 2000.

Daftar Broker Copy Trade Terbaik di Indonesia  -Exness

Kelebihan dan Kekurangan Exness

Broker Exness memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan seperti berikut:

KelebihanKekurangan
✅Menyediakan leverage yang tinggi sehingga Anda bisa trading dengan modal kecil.❌Rentang aset sangat terbatas.
✅Menyediakan analisis pasar yang memadai.❌Risiko loss sangat tinggi karena penggunaan leverage yang sangat ekstrim.
✅Tersedia fitur edukasi yang sangat membantu trader.❌Spread tergolong tinggi.

5. FxPro

Broker FxPro berdiri sejak tahun 2006. FX Pro menawarkan layanan copy trade melalui trading sinyal yang terdapat pada platform Metatrader 4, Metatrader 5, dan cTrader. Untuk penyedia sinyal Metatrader 4 dan Metatrader 5, trader penyalin dibebankan biaya berlangganan sekitar US$ 30 hingga US$ 40 per bulan. Sementara itu, biaya yang dibebankan untuk penggunaan cTrader Mirror adalah US$ 100  per juta. Deposit minimum di FxPro sekitar US$ 100.

Daftar Broker Copy Trade Terbaik di Indonesia  -fxpro

Kelebihan dan kekurangan FxPro

FxPro menawarkan beberapa kelebihan dan kekurangan seperti berikut:

Kelebihankekurangan
✅Platform trading sangat canggih, yakni menggunakan Metatrader dan cTrade.❌Belum memiliki legalitas dari Bappebti sehingga dianggap ilegal di Indonesia.
✅menyediakan leverage 1:500.❌Biaya minimal deposit tergolong mahal.
✅Produk trading yang ditawarkan sangat beragam.❌Spread termasuk tinggi.

Review Broker Berkualitas-Mitrade

Mitrade adalah broker internasional yang telah memiliki jutaan pelanggan di seluruh dunia. Broker ini telah mendapatkan regulasi dari Australian Securities and Investments Commission (ASIC) dan Cayman islands monetary authority (CIMA). Kualitas Mitrade juga tak perlu Anda ragukan lagi karena broker ini telah mengantongi berbagai penghargaan kelas dunia, salah satunya Forex Customer Satisfaction & Happiness Australia dari Global Banking and Finance.

Mitrade menyediakan berbagai produk keuangan seperti saham, komoditas, forex, indeks, dan crypto, sehingga Anda bisa melakukan diversifikasi portofolio dengan mudah. Trading di Mitrade bisa dimulai hanya dengan modal US$ 50 dan Anda bisa memanfaatkan fasilitas leverage hingga 1000x. Untuk membantu Anda mahir di pasar modal, Anda bisa memanfaatkan akun demo senilai US$ 50,000. Tersedia juga ratusan indikator yang bisa Anda gunakan untuk analisis teknikal.

Registrasi di Mitrade sangat mudah dan bisa dilakukan kapan saja tanpa harus ke luar rumah. Registrasi bisa Anda lakukan menggunakan akun Apple ID, Facebook, Google, atau nomor telepon. Proses registrasi hanya perlu mengunggah foto kartu identitas dan rekening koran yang masih berlaku.

mitrade -broker terbaik di indonesia

Kesimpulan

Copy trade adalah upaya menyalin langkah trader profesional dan berpengalaman agar bisa mendatangkan profit sebanyak mungkin. Copy trade memungkinkan trader yang tidak punya waktu untuk memantau kondisi pasar agar tidak ketinggalan peluang entry posisi. copy trade biasanya difokuskan untuk trading harian atau swing trader.

Copy trade bisa dilakukan dengan membuka akun di broker penyedia layanan copy trading. Setelah itu, Anda bisa memilih seorang trader profesional untuk disalin langkah dan strategi trading mereka, lalu menerapkannya dalam aktivitas trading Anda sendiri.

Namun sebelum menggunakan layanan copy trade, Anda harus memperhatikan performa trader yang akan Anda salin, melihat strategi yang mereka gunakan, bagaimana pengalaman sukses mereka dalam trading, manajemen resiko yang mereka terapkan, dan sejenisnya. Meski membuat pengalaman belajar trading lebih mudah dan menghemat waktu, tidak ada jaminan bahwa copy trade akan mendatangkan keuntungan. Resiko loss tetap bisa menghantui Anda kapan saja.

Apa Itu Copy Trading? Ini Penjelasan Lengkapnya!

Hati-hati, Begini Resiko Trading yang Perlu Anda Pahami Sebelum Terjun!

Disclaimer: Isi dalam artikel ini tidak bisa menjadi acuan utama trading. Trading sangat berisiko sehingga Anda harus berhati-hati dan memiliki persiapan yang matang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *