Cara Membeli SICOM Rubber
INVESTASI, SAHAM

Membedah Komoditas Sicom Rubber, Apakah Layak Investasi?

Sicom rubber merupakan komoditas yang banyak dilirik investor. Namun, hanya sedikit orang yang mengetahui bagaimana cara berinvestasi atau trading menggunakan komoditas ini. Lalu bagaimana peluang investasi menggunakan sicom rubber? Berikut review lengkap sicom rubber:

Apa itu Sicom Rubber?

Sicom rubber adalah komoditas karet yang bisa ditemukan di pasar berjangka Sicom. Sicom sendiri merupakan singkatan dari Singapore Commodity Exchange Limited. Singapore Commodity Exchange Limited didirikan pada tahun 1991. Sicom merupakan perusahaan induk investasi Singapura yang menyediakan berbagai layanan terkait perdagangan sekuritas dan derivatif dan sejenisnya. Sicom juga merupakan anggota World Federation of Exchanges dan Asian and Oceanian Stock Exchanges Federation.

Pesatnya pertumbuhan permintaan global akan komoditas dalam beberapa dekade terakhir diperkirakan akan terus berlanjut karena pasar negara berkembang memodernisasi infrastruktur mereka. Meningkatnya jumlah kelas menengah yang mencari produk bernilai lebih juga semakin tinggi. 

Perdagangan karet memainkan peran penting dalam kebangkitan Singapura sebagai pusat keuangan utama di mana banyak bank lokal yang berdiri dari modal perdagangan. Dengan lebih dari 100 tahun perdagangan karet di pantai lokal, Singapura membentuk perannya sebagai pasar karet global terkemuka untuk penentuan harga, dengan SICOM sebagai platform perdagangan karet internasional. 

SGX menawarkan saluran alternatif untuk pengiriman fisik melalui kontrak derivatif kami, dan mengoperasikan pusat arbitrase di Singapura untuk penyelesaian perselisihan yang timbul dari kontrak komersial yang dibuat antara para pihak untuk penjualan dan pembelian karet fisik.

Salah satu produk unggulan sicom rubber adalah jenis TSR 20. Dalam periode jangka panjang, harga di Sicom Rubber cenderung jadi referensi untuk pembentukan harga karet. Harga tersebut mengindikasikan dalam waktu jangka panjang dari dua pasar yang mengoreksi dan melihat adanya pergerakan harga di pasar fisik dalam menentukan harga.

Pasar berjangka sering membawa pengaruh positif sehingga bisa menaikan harga di bursa berjangka Sicom pada hari sebelumnya. Pada akhirnya, hal ini akan memperjelas harga karet yang terbentuk di pasar. Biasanya, harga karet di pasar fisik mengacu pada pergerakan harga yang terjadi di SICOM. Biasanya, harga karet akan memiliki nilai yang elastis dalam jangka panjang dan inelastis dalam jangka pendek.

Apa itu Sicom Rubber?

Produk Komoditas di Sicom

Di persimpangan keuangan Asia, Singapura berada di posisi terbaik untuk membantu investor mencari produk investasi yang mencakup semua kelas komoditas utama. Komoditas yang disediakan Sicom  memungkinkan investor dan manajer keuangan dalam memposisikan diri terhadap perubahan besar dalam harga komoditas untuk tujuan investasi dan operasional. Selain karet, berikut beberapa produk yang disediakan oleh Sicom:

Bijih Besi & BajaBijih besi adalah komoditas terbesar kedua di dunia menurut berat dan nilainya. Sebagai bahan baku utama (bersama dengan batu bara kokas) dalam produksi baja, komoditas ini memainkan peran penting dalam ekonomi global. Ini berkorelasi sangat baik dengan ukuran utama ekonomi China seperti produksi industri dan indeks A50. Likuiditas dalam kontrak Bijih Besi SGX 62% kini telah mencapai 2 miliar ton per tahun dengan likuiditas yang dalam di Futures dan Opsi sepanjang hari.
KargoSingapura adalah salah satu pelabuhan tersibuk di dunia, dengan tradisi perdagangan sejak berabad-abad lalu. Infrastruktur perdagangan yang ada di Singapura menjadikan Sicom  platform yang ideal untuk mengelola risiko yang terkait dengan pengiriman. Sicom menawarkan serangkaian kontrak derivatif pengiriman untuk membantu pengguna mengelola risiko tarif pengiriman atau untuk mendapatkan paparan volatilitas pasar. Sicom juga menawarkan kontrak derivatif bahan bakar bunker, yang memungkinkan industri perkapalan untuk mengelola volatilitas harga bahan bakar angkutan dan bunker pada satu platform untuk efisiensi lintas margin.
Batu baraPerkembangan ekonomi China, India, dan negara-negara ASEAN telah mendorong permintaan akan energi, baja, semen, dan bahan industri lainnya – banyak di antaranya dihasilkan dari batubara termal atau batubara kokas. Sebagai bahan utama dalam produksi baja, batu bara kokas semakin penting di kalangan importir yang beragam seperti India, Jepang, Korea Selatan, dan Cina.
MinyakSingapura adalah pelabuhan bunker top dunia dan pusat perdagangan minyak terbesar ketiga. Sicom menawarkan berbagai alat manajemen risiko untuk bahan bakar minyak yang mencakup 380cst, 180cst dan Bahan Bakar Laut 0,5% yang sesuai dengan IMO 2020 serta Gasoil 10ppm dengan offset margin antar komoditas yang tersedia di seluruh produk.
PetrokimiaKonsumsi petrokimia di seluruh dunia terus meningkat dalam dekade terakhir, didorong oleh modernisasi yang cepat dan pertumbuhan ekonomi dari pasar utama, khususnya Asia. Dinamika penawaran dan permintaan, perubahan dalam lingkungan politik dan bencana alam diterjemahkan menjadi harga petrokimia yang tidak stabil dan risiko bisnis bagi pemasok, produsen, dan pengguna akhir. Untuk mengatasi kebutuhan manajemen risiko ini, Sicom menawarkan serangkaian kontrak Pertukaran Petrokimia dan Kontrak Berjangka di seluruh pasar aromatik, olefin, dan metanol.
ListrikPasar listrik berjangka adalah elemen kunci di Singapura menjadi pasar energi pertama yang dikembangkan sepenuhnya di Asia dan Pusat Energi Asia. Sebagai salah satu bursa berjangka terkemuka di Asia, Sicom memiliki posisi yang baik untuk membangun dan menumbuhkan pasar ini. Sicom Electricity Futures menawarkan pelaku pasar alat untuk mengelola eksposur risiko harga sambil memberikan penemuan harga dan transparansi yang lebih baik, dan telah memainkan peran penting dalam keberhasilan liberalisasi pasar listrik ritel Singapura pada tahun 2019. Calon peserta baru di pasar listrik dapat menggunakan kontrak berjangka pasar untuk menetapkan harga bagi konsumen atau kapasitas pembangkitan mereka.
EnergiEnergi menjadi tulang punggung penting yang menopang gerakan hijau, dengan volatilitas harga yang tinggi mendorong pengembangan alat manajemen risiko sebagai mekanisme lindung nilai utama terhadap eksposur harga. Pelaku pasar dapat memanfaatkan rangkaian produk yang ditawarkan oleh SGX untuk mengelola eksposur harga mereka di lingkungan yang semakin bergejolak. Kontrak turunan logam energi dirancang untuk memberikan penentuan harga dalam transisi ke sumber energi yang lebih ramah lingkungan dan memberikan efisiensi modal yang unik dalam ‘kompleks mobil virtual’ di samping tolok ukur karet alam global di SICOM.

Sejarah SICOM Rubber

Karet memiliki kisah unik dalam sejarah komersial Singapura dibandingkan dengan komoditas global utama lainnya. Karet menunjukkan sifat fisik dan kimia unik yang tak tertandingi oleh bahan apa pun – fleksibel dan tahan air. Apalagi, 90% dari semua produksi global karet alam berasal dari Asia Tenggara, terutama Cina dan India.

Penanaman karet menjadi populer di seluruh semenanjung Melayu setelah peluang komersial komoditas menjadi jelas, yang dipicu oleh runtuhnya pasar kopi. Akibatnya, Singapura muncul sebagai pusat industri karet, memasok tenaga kerja terampil dan modal untuk mengolah karet yang disadap di wilayah tersebut untuk diekspor ke AS, Inggris, dan bagian Eropa lainnya.

Layanan pendukung di bidang perbankan, perkapalan, dan hukum pun dikembangkan untuk menentukan signifikansi Singapura sebagai pusat layanan keuangan internasional di Asia. Selama bertahun-tahun, kelompok industri seperti RTAS dan Singapore International Chamber of Commerce Rubber Association (SICCRA) membantu mempromosikan pasar yang terorganisir sehingga menciptakan basis modal yang kuat.

Saat perdagangan karet global berkembang pesat, pusat gravitasi bergeser dari London ke Singapura selama 1970-an dan 1980-an. Saat ini, Singapura telah menjadi pusat saraf dunia untuk perdagangan karet, jauh dari zamannya sebagai pusat pengusahaan dan pengelolaan lokal. Peran negara dalam industri ini telah berkembang menjadi pusat perdagangan yang menjembatani dan menyatukan berbagai kepentingan di seluruh rantai nilai. Tahun ini menandai 10 tahun sejak eks Singapore Commodity Exchange (SICOM) bergabung dengan keluarga Singapore Exchange (SGX).

Sejarah SICOM Rubber

Pergerakan Harga SICOM Rubber TSR20

Di tahun 2005, SICOM Rubber TSR20 memiliki karakteristik elastisitas harga karena penawaran dan permintaan karet hasil alam sangat kecil. Data dari tahun 1981 hingga 2004 juga menunjukan bahwa elastisitas harga dari pemasok karet (dalam hal ini China) hanya 0,1123.

Sementara itu, elastisitas harga dari permintaan karet alam mencapai angka -0,0786. Hal ini terjadi karena output minimal mencapai 6 hingga 7 tahun dengan masa produksi lebih dari 30 tahun. Hal inilah yang membuat upaya pembeli dalam meningkatkan stoknya mampu mendorong harga karet.

Lalu pada 12 April 2019 harga SICOM Rubber TSR20 mencapai angka US$ 155,2 sen/kilogram. Harga tersebut terus naik karena pasokan karet di negara produsen, termasuk Indonesia, mengalami pengurangan. Karena pasokan SICOM Rubber TSR20 yang terbatas, harga karet tersebut mengalami breakout dari harga US$ 160 sen/kilogram. Hingga saat ini, harga SICOM Rubber TSR20 telah berada di angka 140 an.

sumber dari investing.com

Cara Melihat Harga Karet di SICOM

Sebelum Anda membeli SICOM Rubber, Anda bisa melihat list harga komoditas tersebut melalui platform SICOM, berikut caranya:

  1. Buka situs resmi SICOM (sgx.com)
  2. Cari menu market information lalu klik bagian derivatives.
  3. Geser halaman tersebut ke bagian bawah hingga menemukan bagian commodities, lalu cari SICOM Rubber.
  4. Pilih jenis karet yang Anda inginkan, maka akan terlihat tabel yang berisi berbagai informasi dari kolom last bid size, contract month, bid ask, ask size, dan sejenisnya. Namun, Anda hanya perlu berfokus pada kolom open, high, low, dsp, dan, an prev day dsp karena informasi tersebut akan sering digunakan untuk menentukan harga komoditas di hari berikutnya.
Cara Melihat Harga Karet di SICOM
sumber dari: https://www.sgx.com/derivatives/products/sicom-rubber

Cara Membeli SICOM Rubber

Jika ingin membeli SICOM Rubber, Anda harus mencari broker yang menyediakan komoditas luar negeri. Setelah itu, Anda bisa melakukan langkah berikut:

  1. Download dan instal platform trading broker yang dipilih.
  2. Lakukan registrasi akun, kemudian lanjutkan dengan verifikasi.
  3. Lakukan deposit sesuai ketentuan broker.
  4. Pilih komoditas yang Anda inginkan, lalu lakukan order.
  5. Ketika proses order berhasil, maka komoditas yang Anda pilih akan masuk ke portofolio Anda.

Apakah Investasi SICOM Rubber Menguntungkan?

Secara umum, investasi komoditas karet tergolong menguntungkan untuk jangka panjang. Selain itu, instrumen investasi ini juga bisa menjadi media diversifikasi portofolio saat pasar saham atau obligasi berkinerja buruk. Karet biasanya bertindak berbeda dengan kelas aset lain dan bahkan komoditas lainnya.

Komoditas karet juga membantu investor untuk melakukan lindung nilai agar terhindar dari efek inflasi. Komoditas lunak seperti karet cenderung menjadi lebih berharga saat inflasi naik. Selain itu, hampir tiga perempat dari semua karet yang diproduksi di seluruh dunia digunakan untuk pembuatan ban. Karet juga digunakan untuk suku cadang mobil lainnya termasuk bumper, kantung udara, dan keset. Seiring dengan pertumbuhan industri otomotif, terutama di negara-negara berkembang, permintaan karet juga akan meningkat.

Ada dua jenis karet, yakni alami dan sintetis. Karet alam berasal dari pohon, sedangkan karet sintetis diproduksi menggunakan minyak mentah. Jika harga minyak naik, biaya produksi karet sintetis akan meningkat. Karet alam juga akan mendapat keuntungan dari harga yang lebih tinggi, karena permintaannya akan meningkat ketika sintetis menjadi terlalu mahal.

Apalagi, harga minyak telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir, seperti halnya penjualan mobil. Saat pandemi berakhir, industri otomotif diperkirakan akan mengalami peningkatan penjualan, yang akan berdampak bagus untuk harga karet. Jika Anda berencana untuk berinvestasi di karet, ada baiknya melakukan beberapa analisis fundamental ke pasar yang lebih luas untuk membantu mengatur waktu investasi Anda.

Tips Berinvestasi SICOM Rubber

Investasi SICOM Rubber sebenarnya hampir sama dengan investasi komoditas lainnya. Agar sukses berinvestasi SICOM Rubber, kita bisa menerapkan tips berikut:

1️⃣Tentukan strategi investasiSebelum Anda berinvestasi pada karet, Anda harus memutuskan apakah Anda akan berinvestasi aktif atau pasif. Ini akan membantu memandu Anda untuk menemukan metode investasi terbaik.
2️⃣Lakukan RisetSebelum berinvestasi, pertimbangkan kegunaan dan manfaat utamanya. Pahami terlebih dahulu faktor apa saja yang bisa mempengaruhi harga karet di pasar.
3️⃣Tetapkan anggaranAnda mungkin sudah memiliki gambaran bahwa Anda siap mengambil resiko. Setelah itu, Anda harus menetapkan anggaran dan tetap disiplin dengan budget yang sudah ditentukan agar bisa membuat keputusan terbaik. HIndari mengambil risiko lebih dari yang Anda mampu untuk menanggungnya.
4️⃣Tentukan durasi investasiRiset Anda tentang pasar karet dapat membantu Anda memutuskan prospek jangka pendek atau jangka panjangnya. Memilih kerangka waktu mana yang Anda rencanakan untuk berinvestasi dapat membantu Anda memutuskan metode yang tepat untuk berinvestasi.

Review Broker Mitrade

Bagi Anda yang ingin berinvestasi komoditas, Anda juga bisa memilih broker Mitrade. Mitrade adalah broker terpercaya yang menyediakan komoditas, forex, saham, crypto, dan indeks. Keamanan Mitrade juga dijamin oleh Australian Securities and Investments Commission (ASIC) dan Cayman islands monetary authority (CIMA).

Deposit Mitrade bisa dimulai hanya dengan modal US$ 50. Tersedia juga leverage hingga 1000x yang meringankan modal Anda saat bertransaksi. Platform trading Mitrade sangat user friendly sehingga Anda tidak akan kebingungan saat menggunakannya. Apalagi, platform trading tersebut juga dilengkapi ratusan indikator teknikal yang mempermudah Anda dalam melakukan analisis.

Proses registrasi sangat mudah dan tidak memakan waktu yang lama. Anda juga bisa melakukan registrasi dari mana saja. Semua uang yang Anda setorkan ke Mitrade akan disimpan di bank segregated sehingga tidak akan dipakai dalam proses operasional perusahaan. Jadi, tunggu apa lagi? Mau trading aman dan murah, Mitarde bisa jadi pilihannya.

mitrade -broker terbaik di indonesia

Kesimpulan

Sicom rubber adalah komoditas karet yang bisa ditemukan di pasar berjangka Sicom. Sicom sendiri merupakan singkatan dari Singapore Commodity Exchange Limited. Singapore Commodity Exchange Limited didirikan pada tahun 1991. Sicom merupakan perusahaan induk investasi Singapura yang menyediakan berbagai layanan terkait perdagangan sekuritas dan derivatif dan sejenisnya. Dalam periode jangka panjang, harga di Sicom Rubber cenderung jadi referensi untuk pembentukan harga karet. Harga tersebut mengindikasikan dalam waktu jangka panjang dari dua pasar yang mengoreksi dan melihat adanya pergerakan harga di pasar fisik dalam menentukan harga. Pasar berjangka sering membawa pengaruh positif sehingga bisa menaikan harga di bursa berjangka Sicom pada hari sebelumnya. Pada akhirnya, hal ini akan memperjelas harga karet yang terbentuk di pasar. Biasanya, harga karet di pasar fisik mengacu pada pergerakan harga yang terjadi di SICOM. Biasanya, harga karet akan memiliki nilai yang elastis dalam jangka panjang dan inelastis dalam jangka pendek.

Disclaimer: Artikel mengenai SICOm Rubber ini tidak bisa Anda gunakan sebagai panduan dalam berinvestasi. Lakukan investasi atau trading sesuai dengan budget dan profil risiko yang Anda miliki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *