APA itu ape coin
INVESTASI, BITCOIN, Trader FAQ

Mengenal Ape Coin, Mata Uang Crypto Baru yang Terus Meroket

Ape Coin menjadi perbincangan para penggemar crypto akhir-akhir ini. Sejak dirilis pada 16 Maret 2022, harga ape coin terus melonjak. Data Coin Market Cap terbaru juga menunjukan bahwa peringkat market cap Ape Coin saat ini berada di rangking 32. Hal ini menunjukan bahwa peringkat mata uang crypto satu ini memiliki prospek yang bagus. Sebenarnya, apa itu ape coin dan bagaimana strategi investasi dengan mata uang crypto satu ini? Berikut ulasan lengkap mengenai coin market cap:

Mengenal Ape Coin-Apa itu Ape Coin?

Ape coin adalah salah satu token dengan jaringan ERC20 yang memiliki ape ekosistem yang sangat luar biasa dan terdesentralisasi untuk membangun komunitasnya. Ape Coin juga memiliki market NFT yang sangat besar, bahkan hampir terbesar di dunia NFT.

Bisa dibilang, ApeCoin adalah token tata kelola dan utilitas ERC20 yang digunakan dalam ekosistem APE untuk memberdayakan dan mendorong pembangunan komunitas terdesentralisasi di garis depan web3.

Pemegang Ape Coin mengatur diri mereka sendiri melalui kerangka tata kelola terdesentralisasi yang mengendalikan Ape Coin DAO, dan memberikan suara tentang bagaimana Dana Ekosistem DAO Ape Coin harus digunakan. ApeCoin adalah proyek terdesentralisasi yang terinspirasi oleh proyek Bored Ape Yacht Club dari Yuga Labs.Ape Coin dibangun dalam Ekosistem APE yang didukung oleh APE Foundation.

Mengenal Ape Coin-Apa itu Ape Coin?

DAO ApeCoin bertujuan untuk membangun dan memelihara Ekosistem APE dengan cara yang adil dan inklusif, menyediakan infrastruktur bagi pemegang Ape Coin untuk berkolaborasi melalui proses tata kelola yang terbuka dan tanpa izin.

Saat pertama kali launching, Ape Coin berhasil menembus perdagangan hingga US$ 900 juta dan pada hari pertama langsung listing di lebih dari 12 bursa ternama seperti Binance, FBX, Gemini, dan sampai ke Indonesia (Toko Crypto).

Jumlah ape coin yang beredar sebanyak 1 miliar token. Semua token dicetak sekaligus. Saat hari pertama peluncuran, sebanyak 300,25% token beredar. Persentase tersebut meningkat setelah hari peluncuran secara berkala selama periode 48 bulan.

Jumlah Ape Coin yang beredar adalah angka dinamis yang akan terus berubah, tergantung dari faktor pasar.

 peringkat market cap Ape Coin saat ini berada di rangking 32.

Pengembang Ape Coin

ApeCoin adalah proyek terdesentralisasi yang dibuat melalui proyek Bored Ape Yacht Club dari Yuga Labs. Ape Coin didirikan di bawah dukungan APE Foundation untuk digunakan 

dalam Ekosistem APE yang sedang berkembang.

DAO Ape Coin bertujuan untuk membangun dan memelihara Ekosistem APE dengan cara yang adil dan inklusif, menyediakan infrastruktur bagi pemegang Ape Coin untuk berkolaborasi melalui proses tata kelola yang terbuka dan tanpa izin.

Dewan administratif di dalam APE Foundation (board), akan melaksanakan keputusan anggota DAO Ape Coin. Dewan khusus tersebut bertanggung jawab atas administrasi harian, pembukuan, manajemen proyek, dan tugas-tugas lain untuk memastikan ide-ide Komunitas bisa direalisasikan. Anggota DAO Ape Coin memberikan suara pada anggota Dewan.

Cara Kerja Ape Coin

Ape coin dibuat dalam ekosistem APE yang bertumbuh. Mata uang crypto ini dikelola oleh Ape Coin DAO di bawah dukungan APE Foundation. ApeCoin DAO adalah organisasi otonom terdesentralisasi (DAO) sehingga pemilik token APE bisa berpartisipasi dalam keputu tata kelola. Pemilik token bisa memutuskan cara pengelolaan dana ekosistem, pembuatan aturan tata kelola, pemilihan proyek hingga kemitraan. 

Pengambilan keputusan bisa dilakukan setelah anggota DAO melakukan voting terhadap proposa. Kemudian, APE Foundation akan menindaklanjuti keputusan tata kelola di bawah pimpinan komunitas.

APE Foundation adalah pengurus hukum anggota DAO sekaligus pihak yang memfasilitasi perkembangan dan pertumbuhan ekosistem APE. Foundation tersebut memiliki dewan khusus yang bertugas sebagai penjamin bahwa visi komunitas bisa diimplementasikan. Dewan khusus tersebut berisi lima anggota dari teknologi dan kripto, salah satunya Alexis Ohanian (co-founder Reddit). Anggota dewan khusus, atau yang disebut board, akan menjabat selama enam bulan sebelum pemilik APE melakukan voting keanggotaan baru setiap tahunnya.

Cara Kerja Ape Coin

Keunikan Ape Coin dan Kegunaan Ape Coin

Melansir dari Coin Market Cap, Ape coin tergolong unik karena dibangun di atas tata kelola Ekosistem APE yang memungkinkan pemegang token untuk berpartisipasi dalam Ape Coin DAO. Pemegang Ape coin juga bisa mendapatkan mata uang bersama (share currency) dan yang dapat digunakan tanpa perantara terpusat. 

Hampir 62% dari semua Ape Coin dialokasikan ke Dana Ekosistem, untuk mendukung ide komunitas yang dipilih oleh anggota DAO Ape Coin.

Ape Coin juga memberikan akses ke bagian tertentu dari Ekosistem yang tidak tersedia, seperti game dan layanan eksklusif. Untuk pengembang pihak ketiga, Ape Coin adalah alat untuk berpartisipasi dalam ekosistem dengan memasukkan ApeCoin ke dalam layanan, game, dan proyek lainnya.

Selain itu, APE Foundation telah dianugerahi NFT nomor 1 oleh Yuga Labs, pencipta Bored Ape Yacht Club. Yuga Labs telah memberikan semua hak intelektual dan hak khususnya untuk NFT ini dan karya seni yang terkait kepada APE Foundation. Jadi, Anggota DAO Ape Coin dapat memutuskan bagaimana kekayaan intelektual ini digunakan.

Ape Coin memungkinkan pemiliknya untuk berpartisipasi dalam tata kelola APe Coin Dao. Pemilik Ape Coin juga bisa mengakses fitur eksklusif yang disediakan ekosistem Ape Coin, seperti game, merchandise. layanan, dan acara.

Ape coin juga bisa menjadi alat pengembang pihak ketiga untuk berkontribusi dalam ekosistem APE. Jadi, mereka bisa menggabungkan token ini ke layanan, game dan berbagai proyek lainnya. Misalnya, APE diadopsi oleh Benji Bananas, game seluler play to earn yang dikembangkan oleh Animoca Brand. 

Benji Bananas menawarkan member pass berupa NFT yang memungkinkan pemiliknya untuk memperoleh token khusus saat bermain game tersebut. Mereka juga bisa melakukan swap token tersebut dengan Ape coin.

Data Historis Harga Ape Coin

Melihat data Coin Gecko, nilai Ape Coin terus mengalami kenaikan. Jika terjadi penurunan, nilainya tidak terlalu signifikan. Saat awal diluncurkan, satu token Ape Coin berada di angka US$  7,40. Setelah itu, token ini mengalami kenaikan di angka US$ 15, 32 pada 18 Maret 2022. Nilai token kemudian menurun si angka US$  9,78 pada tanggal 21 Maret 2022 kemudian mengalami trend sideways. 

Setelah sideways yang cukup panjang, nilai token kembali rebound atau naik di angka US$ 16, 40 pada tanggal 20 April 2022. Kenaikan terus berlanjut hingga berada di angka US$ 25, 97 pada tanggal 29 April 2022.

Setelah meroket pada tanggal 29 April 2022, Ape Coin mengalami trend bearish. Namun, trend bearish yang terjadi tidak terlalu signifikan. Hingga saat artikel ini ditulis, nilai Ape Coin turun di angka US$ 6, 45, Secara rinci, berikut data historis harga ape coin:

*Anda juga bisa melihat data pergerakan harga Ape Coin melalui situs resmi Mitrade. Cara melihat harga Ape Coin di Mitrade sangat mudah, berikut caranya:

  1. Buka situs resmi Mitrade dan login dengan akun Anda
  2. Lalu di bagian pilihan instrumen trading, pilih crypto dan klik Ape Coin. 
  3. Setelah itu, layar akan menampilkan harga pergerakan Ape Coin dan Anda bisa melakukan analisa sebelum open posisi
Data Historis Harga Ape Coin

Prediksi Mengenai Ape Coin

Harga Ape Coin saat ini diperdagangkan di sekitar level US$14,87 pada awal bulan Mei 2022.Lalu saat artikel ini ditulis harga Ape Coin turun di angka US$ 6,45 dengan kapitalisasi pasar sebesar US$1.840.084.06. Namun penurunan tersebut diprediksi hanya terjadi sementara waktu saja. Mengingat token ini baru saja memasuki pasar. harga diprediksi akan meningkat. Bahkan, di akhir tahun 2022 Ape Coin diprediksi bisa mencapai harga US$ 50.

Sementara itu, di tahun 2023 peminat Ape Coin diprediksi akan terus bertambah sehingga harga token ini bisa mencapai nilai US$ 90. 

Lalu di tahun 2021, Ape coin kemungkinan akan semakin memiliki banyak peminat, mengingat token ini juga terlibat dalam proyek metaverse selama dua tahun kedepan. Jika hal itu terjadi, kemungkinan besar harga token ini bisa mencapai angka US$ 135 di akhir tahun 2024.

Keunggulan dan Kekurangan Beli Ape Coin

Ape Coin disukai banyak orang karena memiliki keungguhlan dan kekurangan seperti berikut:

👍Keunggulan👎Kekurangan
📈Bisa digunakan untuk pembayaran:
Ape Coin dirancang dengan cara yang mirip dengan koin Web 3.0 lainnya karena dapat digunakan sebagai cara untuk melakukan pembayaran terdesentralisasi. Karena penyebaran token ERC20, Ape Coin secara teoritis dapat diterima oleh banyak pedagang – yang tidak berlaku untuk token dari blockchain yang lebih kecil.
📉Harga bisa berada di luar prediksi:
Meski nilai token ini diprediksi akan terus meningkat, APE Coin bisa saja turun drastis dan sepi peminat. Karena itu, Anda tak bisa mengandalkan token ini sebagai satu-satunya aset untuk berinvestasi.
📈Diatur oleh komunitas:
Ape Coin DAO, perusahaan di balik munculnya Ape Coin, diatur oleh pemegang token. Jadi, proposal diajukan oleh anggota komunitas dan kemudian dipilih oleh pemilik APE. Ini menciptakan insentif yang jelas untuk memiliki token dan akan menjadi salah satu pendorong utama permintaan di masa mendatang.
📉Memerlukan pin:
Sama dengan mata uang crypto lainnya, Ape Coin juga membutuhkan digital wallet sebagai penampung, Digital wallet ini harus dibuka dengan kunci berupa pin. Jika Anda lupa pin, maka Anda tidak bisa mengakses Ape Coin yang Anda miliki.
📈Hadiah NFT:
Bored Ape Yacht Club adalah salah satu NFT terbaik untuk dibeli. Semua pemilik NFT tersebut bisa mendapatkan token APE gratis. Jadi, memiliki token ini sama dengan  menerima uang gratis, karena pemegang NFT dapat segera menguangkan token mereka untuk FIAT jika mereka mau.  Prospek harga token APE juga diperkirakan akan semakin meningkat sehingga token ini bisa menjadi investasi jangka panjang. 
📉Tidak ada perlindungan dari pemerintah:
Investasi Ape Coin tidak memiliki perlindungan dari pemerintah. Jika terjadi masalah, Anda tidak bisa melakukan komplain atau mendapatkan perlindungan yang sah di mata hukum.
📈Terdaftar di Bursa Utama:
Salah satu faktor utama yang membantu mendorong Ape Coin memiliki nilai tinggi adalah bahwa koin tersebut telah terdaftar di banyak bursa utama. Hal ini adalah prestasi yang luar biasa, karena banyak pertukaran terpusat memiliki hambatan masuk yang tinggi dan sulit untuk dipenuhi oleh proyek-proyek baru. Saat ini, Ape Coin dan cryptocurrency lainnya dapat dibeli di Binance, Huobi, Coinbase, KuCoin,hingga Toko Crypto.
📉Ada potensi pelanggaran hukum:
Tidak semua negara melegalkan transaksi dengan Ape coin. Regulasi yang sama juga berlaku di Indonesia. Jadi, Anda tidak bisa menggunakan mata uang crypto ini untuk bertransaksi secara bebas.

Cara Membeli Ape Coin di Binance

Ape Coin bisa dibeli di bursa utama, salah satunya Binance. Berikut cara membeli Ape Coin di Binance:

  1. Buka situs resmi binance atau download aplikasinya melalui Playstore.
  2. Lakukan login atau registrasi
  3. Lalu pilih menu “buy crypto” dan pilih koin APE
  4. Masukan jumlah pembelian dan pilih metode pembayaran
  5. Lakukan konfirmasi detaill pembayaran dan verifikasi identitas serta metode pembayaran.

Cara Beli Ape Coin di Toko Crypto

Di Indonesia, token ini juga bisa dibeli di Toko Crypto. Berikut cara beli Ape Coin di Toko crypto:

  1. Buka laman resmi Toko Crypto dan lakukan registrasi akun
  2. Lakukan verifikasi e-kyc lalu buka kembali akun Toko Crypto Anda
  3. Pilih menu dompet lalu pilih menu setoran
  4. Setelah itu, pilih menu IDR dan pilih metode pembayaran yang akan digunakan
  5. Lakukan transfer dana dan Anda bisa menggunakan dana deposit tersebut untuk membeli Ape Coin

Cara Trading Ape Coin di Broker Mitrade

Bagi Anda yang ingin berinvestasi di mata uang crypto atau berbagai produk keuangan lainnya (saham, indeks, forex, komoditi, emas), Anda bisa bergabung dengan broker Mitrader. Mitrade juga menyediakan ape coin yang. Dengan bergabung di Mitrade, Anda bisa berinvestasi atau trading menggunakan Ape Coin. Mitrade adalah broker resmi yang telah mendapatkan izin dari Australian Securities and Investments Commission (ASIC) dan Cayman islands monetary authority (CIMA). Selain itu, Mitrade juga telah banyak memenangkan penghargaan bergengsi, salah satunya broker terbaik tingkat dunia. Trading atau investasi di Mitrade bisa dimulai dari modal deposit US$ 50 saja. Mitrade juga menyediakan ratusan indikator untuk membantu Anda melakukan analisis sebelum open posisi. Cara buka akun atau registrasi di Mitrade bisa dilakukan kapan saja dan dari mana saja dalam hitungan menit saja. Berikut cara mudah membuka akun live di Mitrade:

  1. Kunjungi situs resmi Mitrade atau langsung gunakan aplikasi selulernya yang bisa Anda download di PlayStore atau App Store
  2. Lakukan registrasi dengan memilih menu “Create Account”. Registrasi bisa dilakukan dengan akun Facebook, Google, Apple ID, atau nomor telepon.
  3. Lakukan verifikasi dengan submit kartu identitas, bisa berupa KTP, SIM, atau paspor.
  4. Lakukan deposit dana dengan transfer virtual account atau melalui e-wallet.
  5. Pilih produk keuangan yang Anda inginkan lalu lakukan analisis sebelum open posisi
  6. Setelah target profit tercapai, Anda bisa menutup posisi dan melakukan penarikan dana.
mitrade -broker terbaik di indonesia

Kesimpulan 

Ape coin adalah salah satu token dengan jaringan ERC20 yang memiliki ape ekosistem yang sangat luar biasa dan terdesentralisasi untuk membangun komunitasnya. Ape coin menjadi salah satu mata uang crypto yang memiliki prospek bagus sehingga banyak ahli merekomendasikan untuk membeli mata uang crypto ini sebagai investasi jangka panjang. Meski demikian, Ape Coin sama dengan mata uang crypto lainnya yang memiliki beberapa kelemahan. Jadi, Anda tidak bisa menjadikan token ini sebagai satu-satunya aset investasi. Agar aman, sebaiknya Anda melakukan diversifikasi aset untuk meminimalisir kerugian saat berinvestasi. Untuk membeli mata uang crypto ini, Anda bisa membelinya di berbagai bursa utama, salah satunya binance.  Di Indonesia, token ini juga bisa dibeli di Toko Crypto.

Disclaimer: Artikel ditulis hanya untuk keperluan edukasi bukan rekomendasi. Jika terdapat saran trading, hal itu hanya berguna sebagai referensi belaka dan tidak bisa Anda gunakan sebagai acuan utama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *