Three White SoldierS
INVESTASI, CANDLESTICK PATTERN, FOREX

Cara Trading dengan Three White Soldier Agar Profit Maksimal

Three White Soldier adalah pola candlestick idaman banyak trader. Ketika pola tersebut muncul dalam chart harga, para trader biasanya mulai mempersiapkan diri untuk entry posisi. Sebenarnya, apa itu three white soldier dan bagaimana cara trading dengan formasi candlestick tersebut? Berikut ulasan lengkapnya:

Apa Itu Three White Soldiers?

Three white soldiers adalah salah satu jenis formasi candlestick bullish untuk memprediksi adanya pembalikan trend dari bearish menjadi bullish. Sama seperti namanya, pola ini terdiri dari tiga candlestick bullish yang berurutan. Three white soldier terbentuk saat instrumen trading mengalami penurunan harga. Untuk membantu Anda memahami bagaimana bentuk three white soldier, coba perhatikan ilustrasi di bawah ini:

Apa Itu Three White Soldiers?

Pada ilustrasi di atas, instrumen trading diketahui sedang bergerak dalam trend bearish (downtrend). Di akhir trend bearish, formasi three white soldier terbentuk dan setelah itu harga bergerak naik. Candlestick yang membentuk three white soldier juga memiliki body yang panjang dengan shadow berukuran kecil.  Lalu di antara close candle 1 dan candle 2 serta close candle 2 dan candle 3 juga terjadi gap down. Hal itu menandakan bahwa candlestick yang kedua dibuka lebih rendah daripada candlestick pertama, begitu pula dengan candlestick ketiga. Selain itu, three white soldier juga bisa menjadi tanda bahwa trend naik akan berlanjut dan menunjukan titik tertingginya. Hal ini biasanya terjadi saat harga saham sedang bullish namun minat buyer masih tinggi sehingga mendorong rally dan membentuk resistance baru. Saat terbentuk di tengah trend bullish, biasanya three white soldier didahului oleh penurunan harga yang berlangsung dalam waktu singkat.

Ciri-Ciri Three White Soldiers

Tidak semua candle bullish yang berjajar tiga dalam chart harga masuk dalam kategori three white soldier. Sebab, three white soldier memiliki ciri-ciri khusus seperti berikut:

  1. Instrumen trading berada dalam trend bearish
  2. Terdiri dari tiga candle bullish yang berurutan
  3. terjadi gap down antara close candlestick pertama dengan close candlestick kedua dan close antara candlestick kedua dengan candlestick ketiga.

Kondisi Psikologis Pasar

Terbentuknya three white soldier menunjukan bahwa pasar sedang mengalami perubahan sentimen pasar yang kuat. Ada dua kemungkinan yang mendasari terbentuknya three white soldier, yaitu adanya oversold atau overbought. Ketika pasar sedang oversold, pergerakan harga biasanya menunjukan penurunan yang berlangsung lama. Lalu saat mencapai titik terendahnya, buyer mulai mendorong aksi harga menjadi bullish. Namun jika terjadi saat trend naik, kekuatan buyer mendorong harga biasanya melemah beberapa saat.

Ketika hal itu terjadi, jumlah buyer yang memasuki pasar semakin bertambah dan berhasil mendorong harga menjadi bullish melampaui titik tertinggi sebelumnya. Kemudian pasar pun mengalami rally atau penguatan trend naik yang tajam dan berhasil membuat chart harga terus bergerak uptrend. 

Saat three white soldier terbentuk, pasar bisa saja mengalami sideways atau konsolidasi untuk sementara waktu. Namun, setelah itu pasar akan langsung menunjukan kekuatan bullish. Oleh karena itu, Anda sebaiknya melakukan entry posisi secara bertahap (dengan cara mencicil) jangan langsung melakukannya dengan full power

Cara Trading dengan Three White Soldiers

Seperti yang disebutkan sebelumnya, terbentuknya three white soldier adalah peluang yang bagus untuk melakukan entry buy. Sebab, adanya formasi three white soldier dalam chart harga adalah pertanda bahwa instrumen trading akan naik. Namun entry buy dengan formasi candlestick ini diperlukan teknik khusus agar Anda bisa mendapatkan return yang maksimal.

Entry Buy

Langkah pertama untuk entry buy dengan three white soldier adalah memastikan bahwa formasi candlestick tersebut telah terbentuk sempurna. Jadi, pastikan instrumen trading Anda bergerak turun. Lalu perhatikan apakah ada tiga candlestick bullish yang ;letaknya saling bersebelahan atau berurutan. Setelah itu, pastikan bahwa semua body candle memiliki ukuran yang panjang dengan lower shadow yang kecil dan perhatikan apakah terjadi gap down antara close candlestick pertama dengan close candlestick kedua serta close candlestick kedua dengan close candlestick ketiga. Setelah semua ciri-ciri pembentukan three white soldier terverifikasi, Anda bisa menunggu sampai candle bullish ketiga melakukan close untuk entry buy. Kemudian Anda bisa meletakan stop loss untuk meminimalisir kerugian di bagian lowes shadow candle bullish yang pertama. Setelah itu, take profit bisa Anda lakukan saat harga bergerak di area resistance atau muncul sinyal bahwa harga akan kembali turun. Ilustrasi mengenai entry buy dengan three white soldier bisa Anda lihat di bawah ini:

Entry Sell

Entry sell adalah cara bagi Anda untuk taking profit setelah melakukan entry buy. Namun, formasi three white soldier tidak bisa Anda gunakan untuk melakukan entry sell. Sebab, saat formasi ini muncul harga masih relatif rendah dan akan melanjutkan kenaikannya secara signifikanny. Dalam trading, profit bisa kita dapatkan saat membeli aset di harga yang rendah dan menjualnya kembali saat harga sedang tinggi. Sementara itu, adanya three white soldier hanyalah awal mula dari kenaikan harga, yang artinya harga instrumen aset masih rendah dan Anda bisa memanfaatkannya untuk membelinya. Cara terbaik untuk entry sell adalah saat formasi three black crows terbentuk. Kebalikan dari three white soldier, three black crows adalah tanda bahwa harga akan segera turun. Jika ingin entry sell saat pola tersebut terbentuk, Anda harus memastikan bahwa saat harga bullish muncul tiga candle bearish secara berurutan. Pastikan candle bearish tersebut punya body panjang namun shadow yang kecil. Lalu perhatikan antara harga close candle pertama dan kedua apakah terjadi gap up, begitupula dengan harga close pada candle kedua dan ketiga. Saat candle bearish ketiga closing, Anda bisa bersiap entry sell dan setelah itu instrumen trading yang Anda miliki sebelumnya akan turun. Berikut ilustrasi entry sell tersebut:

Strategi Trading dengan Three White Soldier

Agar Anda bisa meraih profit maksimal ketika trading dengan three white soldier, Anda bisa menerapkan strategi berikut ini:

1. Tunggu Sampai Candle Ketiga Melakukan Close

Saat muncul formasi three white soldier, banyak trader terburu-buru melakukan entry buy. Padahal, cara terbaik adalah menunggu sampai candle ketiga melakukan close. Lalu pastikan bahwa shadow yang terbentuk berukuran kecil. Meski terdapat tiga candle bullish berjajar urut dalam chart harga, hal itu belum tentu menunjukan bahwa formasi yang terbentuk adalah three white soldier. Bisa saja candle tersebut hanyalah candle bullish biasa. Jadi, sebagai konfirmasi sebaiknya Anda memasang posisi beli ketika candle bullish ketiga benar close. Untuk memahami posisi close pada candle bullish, coba perhatikan gambar berikut:

Strategi Trading dengan Three White Soldier

Gambar di atas adalah contoh candlestick bullish. Berbeda dengan candle bearish, close pada candle bullish terletak di bagian atas atau di dekat upper shadow yang menunjukan harga tertinggi pada sesi perdagangan di hari itu.Close menunjukkan harga penutupan pada sesi perdagangan sebelumnya. Pada candle bullish, close terletak di dekat upper shadow menunjukan bahwa harga penutupan di periode sebelumnya lebih rendah daripada harga pembukaan pada sesi perdagangan saat ini. Jadi, Anda bisa menunggu konfirmasi bahwa harga penutupan pada sesi perdagangan di hari kedua lebih rendah daripada harga perdagangan di hari ketiga sebelum melakukan entry buy.

2. Kombinasikan Dengan Indikator RSI

RSI atau relative strength index adalah indikator yang akan membantu Anda untuk mendeteksi apakah pasar sedang jenuh jual (oversold) atau jenuh beli (overbought). Three white soldier biasanya menunjukan kenaikan harga yang tinggi saat pasar sedang berada dalam kondisi oversold. Jadi, pastikan indikator RSI yang Anda gunakan berada di atas level 30 (keluar dari zona oversold). Setelah indikator RSI menunjukan kondisi oversold, tunggu sampai pola three white soldier terbentuk sempurna dan Anda bisa entry buy saat candle bullish ketiga melakukan close. Contoh penggunaan three white soldier dan indikator RSI bisa Anda lihat melalui ilustrasi gambar berikut:

Strategi Trading dengan Three White Soldier

Pada ilustrasi gambar di atas, three white soldier terbentuk ketika indikator RSI bergerak ke atas hingga memotong level 30 (melewati zona oversold). Hal itu menunjukan bahwa harga akan bergerak naik.

3. Gunakan Level Support

Saat harga bergerak menuju zona support, hal itu menandakan bahwa harga telah menemui titik terendahnya dan akan segera memantul ke atas. Jadi, Anda bisa membuat horizontal line dengan mencari dua titik terendahnya. Lalu gabungkan keduanya sebagai acuan support. Saat pola three white soldier terbentuk di zona support, hal itu bisa menjadi konfirmasi kuat bahwa harga akan segera bergerak menuju bullish. Berikut ilustrasi menentukan support dengan horizontal line:

Strategi Trading dengan Three White Soldier

4. Pastikan Besar Body Candle Dan Shadownya

Three white soldier bisa menjadi sinyal kuat saat body candle kedua lebih besar daripada candle pertama. Selain itu, semua candle harus memiliki shadow yang kecil atau bahkan tidak memerlukan shadow sama sekali. Sebab, hal itu menjadi tanda bahwa buyer sudah menguasai pasar dan mampu melakukan close di puncak candle.

5. Gabungkan Dengan Indikator Volume

Agar semakin valid, Anda juga bisa menggabungkan three white soldier dengan indikator volume. Ketika formasi three white soldier terbentuk dan indikator volume menunjukan kenaikan, hal itu bisa menjadi konfirmasi bahwa trend bullish semakin kuat. Semakin besar pergerakan volume, hal itu mengindikasikan bahwa trend bullish yang terjadi semakin kuat. Contoh dalam chart harga bisa Anda lihat di bawah ini:

Strategi Trading dengan Three White Soldier

Pada gambar di atas, setelah three white soldier terbentuk harga mengalami kenaikan. Adanya kenaikan semakin terkonfirmasi dengan peningkatan indikator volume. Saat hal itu terjadi, Anda bisa melakukan entry buy tepat saat candle bullish ketiga melakukan close. Jika pola three white soldier terjadi pada volume rendah dengan resistensi jangka pendek, Anda harus menunggu sampai terjadi breakout untuk entry buy.

Kelebihan Three White Soldier

Formasi three white soldier memiliki sejumlah kelebihan yang menguntungkan trader. Berikut berbagai kelebihan three white soldier:

  1. Mudah digunakan

Analisis teknikal dengan three white soldier tidak memerlukan perhitungan matematis yang rumit. Anda hanya perlu memiliki ketelitian visual yang tinggi untuk memperhatikan jenis candle, besar body dan shadow candle. Dengan semua kemampuan tersebut, Anda bisa melakukan analisis teknikal dengan three white soldier. Karena itu, formasi tersebut juga cocok digunakan trader pemula.

  1. Bisa menjadi acuan entry buy

Three white soldier adalah jenis candle bullish reversal. Dengan kata lain, munculnya formasi tersebut adalah pertanda bahwa pasar yang downtrend akan berubah menjadi bullish. Karena itu, Anda bisa memanfaatkan momen untuk melakukan entry buy dan taking profit dengan entry sell saat trend bullish menunjukan sinyal akhir.

  1. Sinyal kuat adanya bullish reversal

Munculnya formasi ini memiliki probabilitas munculnya pembalikan trend yang tinggi. Meski terkadang setelah formasi terbentuk muncul sideways, kondisi tersebut seringkali tak berlangsung lama dan kenaikan harga pun akan terjadi dalam jangka waktu yang panjang.

Kekurangan Three White Soldier

Three white soldier tidak bisa Anda jadikan acuan utama dalam trading karena memiliki sejumlah kekurangan seperti berikut:

  1. Terkadang muncul saat sideways

Three white soldier terkadang muncul saat pasar sedang sideways. Hal ini seringkali membuat banyak trader terjebak. Karena itu, dibutuhkan bantuan indikator lain untuk mengkonfirmasi trend yang sedang terjadi di pasar.

  1. Kemunculan jarang terjadi

Pola three white soldier sangat jarang terjadi pembentukannya di dalam chart harga. Meski trend di pasar akan berbalik, tidak selamanya pola ini akan muncul. Ada banyak pola yang menandai bahwa trend akan berbalik arah. Jadi, Anda tidak boleh hanya mengandalkan three white soldier saja.

  1. Tidak bisa untuk entry sell

Konsep trading adalah melakukan entry buy saat harga rendah dan entry sell ketika harga tinggi. Ketika three white soldier muncul, harga masih relatif rendah karena akan menunjukan kenaikan yang lebih dalam. Jadi, Anda tidak bisa menggunakannya sebagai acuan entry sell.

Kelebihan👇Kekurangan👇
✅Mudah digunakan
✅Acuan untuk entry buy
✅Sinyal kuat adanya bullish reversal
❌Terkadang muncul saat sideways
❌Kemunculan jarang terjadi
❌Tidak bisa untuk entry sell

Rekomendasi Broker untuk Trading yang Aman

Aktivitas trading adalah hal berisiko tinggi. Salah satu resiko terbesar trading adalah penipuan mengatasnamakan broker. Jika Anda ingin mencoba peruntungan di pasar modal, sebaiknya broker yang Anda pilih telah mendapat legalitas dari lembaga berwenang. Salah satu broker internasional yang sudah mendapat legalitas adalah Mitrade. Mitarde adalah broker forex internasional yang sudah mendapat legalitas dari Australian Securities and Investments Commission (ASIC) dan Kepulauan Cayman. Jadi, seluruh aktivitas trading Anda dijamin keamanannya. Untuk meningkatkan potensi profit, Mitrade juga menyediakan lebih dari 100 indikator dan tujuh jenis grafik. Deposit di Mitrade bisa Anda lakukan mulai dari modal US$ 50 saja. Anda juga bisa mendapatkan fasilitas leverage 1000 x untuk trading dengan modal minimal. Proses bukanakun bisa dilakukan di rumah hanya dalam hitungan menit. Berikut langkah buka akun di Mitrade:

  1. Kunjungi laman resmi dengan bantuan akses VPN atau download aplikasi selulernya di PlayStore atau AppStore.
  2. Lakukan registrasi dengan Facebook, Gmail, Apple ID, atau nomor telepon. lalu lanjutkan proses registrasi dengan mengunggah foto kartu identitas dan rekening koran yang masih berlaku untuk verifikasi.
  3. Lakukan deposit dengan transfer virtual account atau E-wallet.
  4. Pilih instrumen trading yang diinginkan dan lakukan transaksi. Mitrade menyediakan akses ke berbagai produk keuangan seperti saham, forex, cryptocurrency, indeks, dan komoditas.
  5. Jika target profit tercapai, penarikan dana ke rekening pribadi bisa Anda lakukan dengan proses maksimal 3 hari kerja tanpa dipungut biaya apapun.

Jika Anda belum terbiasa melakukan transaksi di pasar modal, Mitrade juga menyediakan akun demo senilai US$ 50.000 yang bisa Anda gunakan gratis selama dua bulan. Dengan begitu, Anda bisa berlatih trading agar lebih mahir di pasar modal tanpa takut kehilangan uang.

mitrade -broker terbaik di indonesia

Kesimpulan

Three white soldier adalah [pola candlestick bullish reversal. Dengan munculnya pola candlestick tersebut, Anda bisa melakukan entry buy. Pola tersebut merupakan sinyal kuat bahwa harga akan berubah dari downtrend menjadi uptrend. Jadi, Anda bisa memanfaatkan momen dengan melakukan aksi beli dan taking profit atau entry sell saat trend bullish mulai menunjukan tanda akhir. Namun, pola ini tidak bisa menjadi acuan tunggal dalam entry buy sebab memiliki beberapa kelemahan. Karena itu, Anda disarankan untuk mengkombinasikannya dengan indikator lain.

Disclaimer: Artikel ini ditulis hanya untuk tujuan edukasi bukan meminta Anda untuk melakukan trading. Informasi dalam penulisan artikel didapatkan dari review beberapa sumber yang relevan dan praktik langsung dengan akun demo. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *