PancakeSwap Finance
INVESTASI, BITCOIN, BROKER

Kenali Apa itu PancakeSwap Finance dan Cara Kerjanya

PancakeSwap finance dengan tokennya cake muncul sebagai platform yang sangat populer di sektor Decentralized finance atau Defi. Hanya dalam waktu enam bulan sejak diluncurkan, token cake berhasil melonjak hingga 1400% dan memperoleh harga all time high pada tanggal 19 Februari 2021 dengan harga berkisar Rp 284.000. Lonjakan harga token cake tersebut membuatnya menjadi project pertama Binance Smart Chain yang berharga miliaran dollar. Sebenarnya apa itu PancakeSwap Finance dan bagaimana cara meraih profit dari platform tersebut? Berikut penjelasan lengkapnya:

Apa itu PancakeSwap Finance?

PancakeSwap Finance adalah decentralized exchange berbasis binance smart chain yang dibuat oleh sekelompok developer anonim. Platform PancakeSwap Finance dibuat sebagai tempat pertukaran mata uang crypto dengan basis BEP – 20. PancakeSwap Finance mirip seperti Uniswap, sama-sama memiliki tata kelola berbasis komunitas. Hanya saja, Uniswap berbasis Ethereum dan dan PancakeSwap berbasis binance smart chain.

Untuk mengatasi masalah likuiditas, PancakeSwap menggunakan mekanisme automatic market maker (AMM), dimana sistem perdagangan dilakukan dengan menggunakan kumpulan likuiditas. Jadi, pengguna PancakeSwap bisa menambahkan likuiditas untuk mendapatkan reward berupa biaya transaksi. PancakeSwap Finance juga memiliki berbagai fitur yang bisa dimanfaatkan penggunanya untuk mendapatkan reward.

Platform PancakeSwap Finance juga dianggap sebagai platform terbaik untuk membeli koin crypto yang baru terbit dan belum listing di exchange terkenal seperti binance, indodax, atau coinbase. Koin-koin semacam itu hanya bisa kita dapatkan melalui platform PancakeSwap Finance. 

PancakeSwap Finance

Sejarah PancakeSwap Finance

Seperti yang disebutkan sebelumnya, PancakeSwap Finance diluncurkan pada September 2020 di Binance Smart Chain sebagai alternatif automated market maker (AMM) untuk Uniswap (UNI), dengan biaya transaksi yang lebih rendah dan kecepatan yang lebih tinggi.

PancakeSwap telah mengembangkan sejumlah fitur yang memungkinkan penggunanya mendapatkan banyak reward sehingga platform ini lebih banyak digunakan daripada Uniswap. 

PancakeSwap sekarang memiliki Nilai Total Terkunci lebih banyak daripada Uniswap, dan memiliki lebih banyak transaksi harian serta interaksi kontrak. Selain itu, tim developper juga sering menambahkan fitur baru dan melibatkan komunitas secara langsung dalam pengelolaanya. 

PancakeSwap Finance

Apakah PancakeSwap Finance aman digunakan?

Platform PancakeSwap Finance tergolong aman digunakan karena telah melalui proses security audit dari Certik dengan score 94/100. Certik adalah lembaga yang bertugas menilai keamanan komprehensif dari kontrak pintar dan kode blockchain untuk mengidentifikasi adanya risiko peretasan dan merekomendasikan cara untuk memperbaikinya. 

Selain dari Certik, PancakeSwap telah mendapatkan audit dari berbagai lembaga SlowMist Team dan PeckShield. Dari sisi transparansi, PancakeSwap Finance dibangun di atas perangkat lunak yang bersifat open source sehingga publik bisa melihat semua transaksi yang ada di platform. 

Akan tetapi, pada 15 Maret tahun lalu situs PancakeSwap Finance sempat mendapatkan serangan DNS. Serangan DNS tersebut akan membuat para pengguna PancakeSwap Finance kehilangan aset crypto miliknya jika melakukan share seed phrase dan [private key wallet untuk menyimpan koin crypto. Jika Anda khawatir  Jadi, jangan pernah menunjukan seed phrase dan private key wallet Anda ke siapapun untuk menjaga keamanan aset crypto Anda.

Apakah PancakeSwap Finance aman digunakan?

Cara Kerja PancakeSwap Finance

Seperti yang disebutkan sebelumnya, sistem perdagangan di platform PancakeSwap Finance dengan menggunakan kumpulan likuiditas. Jadi, perdagangan dilakukan bukan jual beli antar sesama pengguna karena tidak ada order book yang mencocokan order Anda dengan pengguna lainnya. Dengan sistem automatic market maker, platform PancakeSwap Finance memungkinkan pertukaran dua token di Binance Smart Chain. Pertukaran token di PancakeSwap adalah cara sederhana untuk memperdagangkan token BEP-20 dengan token sejenis. Ketika Anda melakukan swap di platform PancakeSwap, Anda harus membayar biaya transaksi sebesar 0,2%. Sebelum menggunakan PancakeSwap Finance, Anda juga harus menyiapkan wallet yang mendukung Binance Smart Chain (BSC). Wallet yang Anda siapkan bisa berbasis desktop atau perangkat seluler, yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan.  Berikut cara “swap” token di PancakeSwap:

  1. Kunjungi situs PancakeSwap Finance (pancakeswap.finance)
  2. lalu tekan menu “connect wallet” yang ada di bagian pojok kanan atas layar
  3. setelah wallet terkoneksi, pilih menu exchange dan pilih token yang ingin ditukarkan. Kemudian sistem akan memberikan keterangan jumlah token yang Anda dapatkan dan biaya transaksi yang harus dibayarkan.

Likuiditas yang ada di platform PancakeSwap Finance berasal dari liquidity provider. Liquidity provider adalah orang yang mengunci token mereka di liquidity pool. Sebagai gantinya, mereka akan mendapatkan token flip. Nantinya, token flip tersebut bisa dikunci untuk farming dan mendapatkan token cake. Jadi, reward yang didapatkan pengguna akan lebih banyak. 

Dengan menyediakan likuiditas di liquidity pool tersebut, Anda juga bisa mendapatkan reward berupa fee transaksi sebesar 0,17% dari transaksi fee yang dibayarkan pengguna lainnya. Selain swap token, Anda juga bisa mendapatkan pasif income melalui fitur yang disediakan PancakeSwap Finance, seperti fitur farming dan syrup pools. 

Selain melakukan penukaran token lewat likuiditas pool, Anda juga bisa memanfaatkan PancakeSwap Finance untuk ikut serta dalam initial farm offering (IFO). Jadi, Anda bisa membeli koin crypto yang baru saja diterbitkan sebelum koin-koin tersebut dijual ke platform exchange besar.

Fitur PancakeSwap Finance

Selain pertukaran token, ada beberapa fitur dalam platform PancakeSwap Finance yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan pasif income. Berikut berbagai fitur dalam PancakeSwap Finance. 

  1. Swapping

Swapping adalah fitur dalam PancakeSwap Finance yang bisa kalian manfaatkan untuk pertukaran koin. PancakeSwap dirancang khusus dengan absis Binance Smart Chain. Melalui open protokol Defi, pengguna bisa melakukan pertukaran token BEP-20 di bursa Binance Smart Chain.

  1. Farming

Ketika menjadi liquidity provider dalam PancakeSwap, Anda bisa mendapatkan token flip. Nah, token flip ini bisa Anda manfaatkan untuk fitur farming. Untuk memanfaatkan fitur farming, Anda harus memilih menu “Farms” pada website PancakeSwap.Finance. Lalu pilih token liquidity pool yang ingin Anda staking (proses menukar crypto dengan hadiah). Beberapa token liquidity pool yang bisa Anda pilih antara lain Cake BNB, BUX BNB, NULS BNB, dan masih banyak lainnya. 

  1. Syrup Pool

Fitur kedua dalam PancakeSwap Finance yang bisa Anda manfaatkan adalah syrup pool. Dalam fitur ini, Anda bisa staking token cake, LIT Pool, Bry Pool, DODO Pool, dan sejenisnya. Cara menggunakan fitur ini sangat mudah. Anda hanya perlu mendapatkan token liquidity pool lalu menukarnya dengan token cake. Setelah itu, Anda bisa mempertaruhkan token Cake di kumpulan Syrup untuk mendapatkan reward.

  1. Lotre

Dalam fitur ini, Anda bisa membeli tiket lotre seharga 10 cake, dimana setiap tiket lotre terdiri atas empat angka. Untuk memenangkan jackpot (50% dari seluruh hadiah lotre), Anda harus memastikan bahwa keempat angka pada tiket lotre yang kalian miliki harus sesuai (dengan angka yang akan menang nanti. Jika angka tidak sesuai, Anda tetap bisa mendapatkan dua  angka atau lebih di tiket lotre milik kalian susunannya sama dengan tiket pemenang.

Cara Menggunakan PancakeSwap Finance

PancakeSwap Finance bisa Anda gunakan untuk trading cryptocurrency langsung di wallet Anda. Berikut cara menggunakan PancakeSwap Finance untuk trading:

  1. Buka wallet cryptocurrency Anda. Pastikan wallet yang Anda gunakan mendukung fitur Binance Smart Chain. Contoh wallet yang bisa digunakan dalam Binace Smart Chain antara lain Trust Wallet, Metamask, Binance Chain Wallet, dan sejenisnya.
  2. Buka laman PancakeSwap.Finance lalu tekan menu “Connect Wallet” yang ada di pojok kanan atas.
  3. Lalu tuliskan modal yang ingin diinvestasikan dan pilih jenis koin crypto yang ingin Anda beli (tekan bagian slide current), lalu klik swap.
  4. Sistem akan menampilkan data mengenai transaksi Anda, lalu klik “Approve” dan masukan password.

Setelah proses pembelian coin crypto Anda lakukan, Anda bisa menyimpannya dan menaruhnya kembali ke liquidity pool. Berikut caranya:

  1. Kembali ke laman PancakeSwap.Finance an pastikan wallet Anda sudah terkoneksi
  2. Pilih fitur “Farms” atau “Syrup Pool” di bagian menu.
  3. Pilih jenis token yang ingin Anda tukarkan lalu tekan “Stake LP” dan lanjutkan dengan confirm. Setelah itu, tunggu sampai profit terkumpul dan mentransfer profit tersebut ke wallet Anda.

Kelebihan PancakeSwap Finance

PancakeSwap merupakan platform DEX yang sudah digunakan banyak orang. Tahun lalu, pengguna PancakeSwap Finan sudah mencapai 2,8 juta orang dengan nilai totak terkunci mencapai US$ 9,9 milliar. Platform ini menjadi populer karena dinilai memiliki berbagai kelebihan berikut:

  1. Biaya transaksi rendah

Biaya transaksi di PancakeSwap Finance tergolong lebih rendah daripada platform sejenis. Biaya transaksi di PancakeSwap hanya sekitar 0,2%. Fee transaksi juga tidak dibayarkan dalam bentuk koin BNB, bukan Eter, sehingga margin keuntungan jauh lebih tinggi. Biaya transaksi yang murah ini membuat PancakeSwap Finance digemari banyak orang. Bahkan, komunitas pengguna PancakeSwap di media sosial juga memiliki basis yang cukup besar.

  1. Return tinggi

Semua opsi staking atau fitur reward di PancakeSwap menawarkan return yang tinggi. Staking atau proses memasang toke untuk membantu memvalidasi transaksi di blockchain ke bursa terdesentralisasi adalah salah satu peluang pendapatan pasif utama yang dimiliki investor kripto. Melalui staking, investor dapat memperoleh token tambahan di blockchain menggunakan model validasi proof-of-stake, atau dalam kumpulan likuiditas yang digunakan bursa terdesentralisasi untuk memfasilitasi transaksi.

Akan tetapi, annual percentage yield (APY) dengan sistem transaksi tersebut  tergolong sedikit sehingga profit yang didapatkan investor juga rendah. Lain halnya dengan sistem likuiditas penuh yang diterapkan di PancakeSwap. Investor berpeluang mendapatkan profit dengan APY mencapai 72% dan berbagai reward yang menjanjikan. Meski harga aset fluktuatif, pengguna juga tetap bisa mendapatkan profit tinggi dibandingkan hanya menyimpan aset crypto di wallet.

  1. Adaptasi tinggi

Platform PancakeSwap tergolong sangat adaptif karena tim developer selalu mengembangkan fitur-fitur baru yang disesuaikan dengan pengguna. Apalagi, platform ini juga dikelola langsung oleh komunitas sehingga pengembangan pihak developer bisa mendapatkan masukan secara langsung untuk mengembangkan platform.

  1. Tidak memiliki perantara

Likuiditas yang ada di PancakeSwap Finance berasal dari liquidity provider langsung. Jadi, pengguna yang mengunci token d liquidity pool berperan langsung sebagai liquidity provider sehingga tidak memerlukan perantara. Jadi, return yang diberikan pun lebih besar.

BACA JUGA : Begini Cara Beli Saham BRI, Mudah dan Cuan!

Kekurangan PancakeSwap Finance

Meski return yang diberikan tinggi dan banyak fitur yang menawarkan berbagai reward, pengguna PancakeSwap juga perlu berhati-hati karena platform tersebut memiliki kelemahan seperti berikut:

  1. Rawan Hacker

Tahun lalu, platform PancakeSwap Finance sempat mengalami serangan DNS sehingga banyak pengguna yang kehilangan asetnya. Hacker melakukan serangan dengan meminta private key wallet dan seed phrase. Jadi, Anda tidak boleh sembarangan memberikan private key wallet dan see phrase Anda.

  1. Proses staking cukup rumit

Proses staking atau klaim reward di Pancake Swap Finance tergolong rumit. Ada banyak langkah yang harus Anda lakukan untuk melakukan staking, mulai dari connect ke wallet, memasang liquidity poll, dan mengecek koin yang ingin dipertukarkan. Karena itu, platform ini kurang cocok untuk pemula.

  1. Tidak cocok untuk semua wallet

Untuk menggunakan platform Pancake Swap, Anda harus memiliki wallet yang mendukung Binance Smart Chain. Sayangnya, wallet yang mendukung Binance Smart Chain tidak sebanyak Blockchain.

KelebihanKekurangan
✅Biaya transaksi rendah
✅Return tinggi
✅Adaptasi tinggi
✅Tidak ada perantara
❌Rawan hacker
❌Proses staking cukup rumit
❌Tidak cocok untuk semua wallet

Cara Lain Investasi Cryptocurrency

Selain melalui platform exchange seperti PancakeSwap Finance, Anda juga bisa melakukan investasi cryptocurrency melalui broker ternama Mitrade. Mitrade menyediakan 10 jenis mata uang crypto dan berbagai aset investasi yang akan membantu Anda mendapatkan profit maksimal. Selain mendapat legalitas dari otoritas keuangan Australia dan Kepulauan Cayman, Mitrade juga telah mendapatkan berbagai penghargaan bergengsi di bidang keuangan. Proses buka akun di Mitrade bisa dilakukan dalam hitungan menit dengan minimum deposit hanya US$ 50 saja. Berikut cara buka akun di Mitrade untuk investasi Crypto:

  1. Buka situs resmi Mitrade atau melalui aplikasi yang bisa Anda download di Playstore/AppStore
  2. Lakukan registrasi dengan akun Gmail, Facebook, Apple ID, atau nomor telepon dan lanjutkan dengan proses registrasi mengunggah foto kartu identitas dan rekening koran
  3. Lakukan login di Platform Mitrade dengan akun yang sudah Anda daftarkan
  4. Lakukan deposit dana dengan transfer virtual account atau E-Wallet.
  5. Pilih aset yang Anda inginkan (untuk crypto, Anda bisa memilih Bitcoin, Ripple, Litecoin, Bitcoin Cash, dan sejenisnya)
  6. Ketika target profit yang Anda inginkan dari aset yang Anda beli telah tercapai, Anda bisa melakukan entry sell dan penarikan dana ke rekening pribadi.

Untuk berlatih trading, Mitrade menyediakan akun demo senilai US$ 50.000 yang bisa Anda akses secara gratis. Bersama Mitrade, Anda juga bisa berinvestasi saham, index, forex, emas, dan komoditas dengan leverage hingga 1:1000. Mitrade juga menyediakan ratusan indikator agar Anda bisa melakukan analisis teknikal secara akurat dan mendapatkan profit maksimal.

Kesimpulan

PancakeSwap Finance adalah platform terbaik untuk mendapatkan pasif income. Selain menjanjikan profit tinggi, biaya transaksi PancakeSwap Finance tergolong rendah dibandingkan platform lainnya. Platform PancakeSwap Finance juga digunakan banyak orang sehingga potensi perkembangan di masa depan cukup menjanjikan. Akan tetapi, Anda harus berhati-hati dalam menggunakan PancakeSwap Finance karena platform ini juga rawan hacker sehingga potensi pencurian data atau aset cukup tinggi. Penggunaan platform ini juga membutuhkan latihan khusus karena proses staking cukup rumit.

Disclaimer: Tulisan ini dibuat berdasarkan observasi langsung platform PancakeSwap Finance. Tujuan penulisan hanya untuk edukasi. Jika ingin berinvestasi melalui platform exchange tersebut, Anda perlu mempelajarinya lebih lanjut karena segala bentuk investasi memiliki risiko tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *