Metaverse Crypto Adalah
BITCOIN, INVESTASI

Metaverse Crypto Adalah – Mengenal Karakteristik dan Daftar Aset Metaverse Crypto

Metaverse crypto adalah proses transaksi dalam dunia metaverse yang dilakukan dengan alat pembayaran dunia crypto. Dunia metaverse adalah dunia virtual di mana kita bisa memiliki kehidupan layaknya dunia nyata. Nah, salah satu media yang menghubungkan dunia nyata dengan metaverse adalah crypto. Lalu seperti apa Metaverse Crypto dan bagaimana peluang investasi crypto dalam dunia metaverse? Berikut penjelasan lengkap mengenai metaverse crypto:

Apa itu Metaverse Crypto?

Metaverse crypto merupakan transaksi yang dilakukan dalam dunia metaverse dengan menggunakan mata uang digital atau crypto. Dunia metaverse memang erat kaitannya dengan cryptocurrency. Sebab, hampir semua jenis crypto diperjualbelikan oleh siapapun melalui dunia metaverse tersebut.

Saat ini, cryptocurrency juga menjadi salah satu aset yang menarik untuk dikoleksi. Bahkan, banyak orang berhasil mendapatkan profit melimpah dengan berinvestasi melalui crypto. Sebab, cryptocurrency memiliki nilai fluktuasi yang sangat tinggi.

Metaverse sendiri merupakan ruang virtual yang menghubungkan antar pengguna melalui pengalaman berbeda. Dengan begitu, Anda bisa menjelajahi dunia virtual tanpa adanya sekat dengan dunia nyata. Sebagai penghubung antara dunia nyata dan dunia virtual, maka diperlukan crypto sebagai jembatan penghubungnya.

Apa itu Metaverse Crypto?

Mengenal Metaverse

Istilah Metaverse pertama kali muncul dalam sebuah novel berjudul “Snow Crash”, yang ditulis oleh Neal Stephenson pada tahun 1992. Dalam novel  tersebut, Stephenson mengonsepkan Metaverse sebagai ruang virtual yang terhubung melalui internet dan realitas berimbuh atau augmented reality secara realtime. Dalam novel tersebut,  dunia metaverse dihuni oleh avatar dari dunia sungguhan.

Namun, konsep metaverse diperluas oleh perusahaan teknologi, seperti Facebook. Dalam dunia virtual tersebut, Anda bisa  beraktivitas seperti dunia nyata, misalnya berbelanja, berolahraga, mengobrol, hingga membeli tanah dan membangun rumah. Para pengguna bisa terhubung lebih erat, baik secara sosial dan ekonomi. Inilah konsep metaverse yang kini dijalankan dalam internet menggunakan perangkat virtual.

Cikal bakal metaverse sudah dijalankan saat ini, seperti dalam game aksi Axie Infinity, The Simps, dan Animal crossing, yang baru saja menggelar konser virtual untuk Ariana Grande dan Travis Scott. Layaknya di dunia nyata, dalam metaverse juga terdapat mata uang berupa cryptocurrency dan  komoditi yang diperjualbelikan, berupa Non-Fungible Toke (NFT), yang meurpakan aset digital dengan kepemilikan tersimpan aman dalam blockchain.

Mengenal Metaverse

Hubungan Metaverse dan Crypto

Untuk mengetahui kaitan antara metaverse dan crypto, kita bisa melihatnya terlebih dahulu dari blockchain. Blockchain merupakan teknologi fundamental yang menjadi inti dari cryptocurrency dan metaverse. Awalnya, blockchain dirancang oleh pembuat bitcoin, Satoshi Nakamoto. Saat ini, blockchain juga digunakan oleh berbagai aset crypto lainnya sebagai buu besar digital publik yang mencatat data transaksi.

Transaksi yang menggunakan jaringan blockchain bersifati peer-to-peer atau tidak melibatkan interaksi pengguna dan pihak ketiga. Dengan begitu, proses transaksi menjadi lebih cepat dan hemat biaya.

Transaksi yang digunakan dalam dunia metaverse juga menggunakan mata uang digital atau crypto. Blockchain dan mata uang digital tersebut dikembangkan sebagai sarana untuk bertransaksi bisnis di dunia digital. Metaverses dengan dunia virtual 3D dan layanan imersif tersebut juga sama-sama memanfaatkan teknologi blockchain sebagai cara untuk menciptakan interaksi yang mudah dan cepat antara pengguna internet.

NFP Adalah – Mengenal Pentingnya NFP dalam Trading Forex

Inilah Daftar Koin Micin Potensial 2022 Dan Cara Memilihnya

Ciri-Ciri Metaverse Crypto

Meski metaverse dianggap sebagai replika dunia nyata, namun metaverse memiliki karakteristik yang berbeda dengan dunia nyata. Ada beberapa hal yang membedakan antara dunia nyata dengan metaverse. Berikut beberapa ciri-ciri metaverse crypto yang harus Anda ketahui:

1. Memberi Pengalaman Real TimeMetaverse crypto bisa memberikan pengalaman real time kepada penggunanya. Pengguna bisa menjelajah berbagai tempat di seluruh dunia secara virtual dalam satu waktu. hal ini tentu akan memberikan pengalaman menarik yang berbeda untuk penggunanya.
2. Menghubungkan Dunia Nyata Dan Dunia VirtualMetaverse crypto bisa menjadi sarana penghubung antara dunia nyata dan dunia virtual. Dengan begitu, antara dunia nyata dan dunia virtual tidak ada lagi terdapat batasan. Dengan augmented reality, pengguna bisa menikmati berbagai pengalaman menarik yang disajikan dalam metaverse.
3. DesentralisasiKarena menggunakan teknologi blockchain, metaverse crypto juga memiliki sifat desentralisasi. Sistem disentralisasi ini memunglinkan pengguna mendapatkan kepemilikan metaverse secara merata dan menyeluruh. 
4. Terdapat Fungsi EkonomiFungsi ekonomi dalam dunia metaverse sama halnya dengan fungsi ekonomi pada dunia nyata. Pengguna bisa melakukan transaksi jual beli dengan mata uang berbasis blockchain. Seperti yang Anda tahu, cryptocurrency merupakan salah satu aset penting dalam dunia metaverse dan termasuk alat transaksi yang berjalan dalam sistem blockchain.
5. Bersifat Tanpa BatasDunia metaverse berjalan tanpa ada reset sehingga tidak memiliki akhir dan batasan jika dikembangkan. Selain itu, metaverse juga dinilai mampu menjawab kebutuhan masyarakat di era modern. Dengan banyaknya pengguna, metaverse crypto aka semakin bervariasi dan terus bertambah seiring banyaknya waktu.
6. Pengguna Ikut TerlibatPlatform atau layanan digital lainnya hanya memungkinkan pengguna sebagai penikmat. Konten di dalamnya dibuat oleh developer tanpa ada campur tangan pengguna. Hal itu berbeda total dengan dunia metaverse. Dalam dunia metaverse, pengguna bisa ikut serta untuk membuat konten yang diinginkan tanpa harus mengikuti konten orang lain.

Keunggulan dan Kekurangan Metaverse Crypto

Metaverse crypto memiliki beberapa keunggulan dan kekurangan seperti berikut:

👍Keunggulan👍Kekurangan
💚Komunikasi menjadi lebih inovatif dan efektif:
Adanya metaverse crypto akan membuat proses transaksi berjalan semakin inovatif dan efektif. Sebab, komunikasi bisa dilakukan tanpa perantara pihak ketiga. Anda juga bisa berkomunikasi digital dengan memberikan aspek baru, seperti sentuhan fisik dan tampilan yang lebih kompleks.
💔Membutuhkan teknologi yang tinggi:
Transaksi crypto dalam dunia metaverse membutuhkan teknologi yang tinggi. Sebab, metaverse menghasilkan grafis yang kompleks dan berkualitas tinggi.
💚Bisnis menjadi lebih efektif:
Dalam dunia bisnis, pengaplikasian metaverse crypto bisa mengubah cara manusia beriklan dan berjualan. Anda juga bisa melakukan bisnis dari rumah tanpa harus pergi ke kantor.
💔Butuh biaya besar:
Akses untuk melakukan transaksi crypto dalam dunia metaverse tentu saja membutuhkan biaya yang tinggi. Sebab, dunia metaverse hanya bisa diakses dengan teknologi canggih yang memakan harga mahal.
💚Pekerjaan menjadi lebih efisien:
Adanya metaverse juga memungkinkan Anda bisa bekerja dari mana saja. Jadi, Anda tidak perlu pergi ke kantor untuk melakoni pekerjaan Anda.
💔Rentan hacker:
Dunia digital sangat rentan dengan peretasan oleh hacker. Oleh karena itu, transaksi crypto dalam dunia metaverse juga rentan mengalami peretasan hacker. Jika tidak diperhatikan dengan baik teknologi metaverse juga bisa mengancam privasi penggunanya. Oleh karena itu, dibutuhkan teknologi keamanan tinggi tinggi seiring dengan pengembangan metaverse.

Daftar Aset Crypto Terbaik yang Ada di Metaverse

Beberapa aset crypto terbaik yang ada di metaverse antara lain:

1. Token AXS

Token AXS adalah mata uang digital yang bisa Anda gunakan untuk bermain game Axie Infinity. Axie Infinity adalah game berbasis blockchain yang terinspirasi oleh Pokemon dan Tamagochi. Di Axie infinity, kita bisa mengembangbiakan monster-monster lucu yang bernama axis. Setiap Axis bisa sangat unik. Setia[ monster Axis yang langka bisa dijual di marketplace dengan harga tinggi. Untuk bermain Axie infinity, kita perlu membeli Axis di marketplace Axie Infinity dengan menggunakan token  AXS. Setiap monster Axis merupakan NFT yang juga bisa Anda jual belikan.

2. Token Alice

Token Alice memiliki project bernama “My Neighbour Alice”. My neighbour Alice adalah dunia virtual dengan konsep farming. Di My Neighbour Alice, user juga bisa melakukan perdagangan NFT. Item-item yang ada di game ini juga bisa di NFT-kan dan bisa di monetize. Untuk memainkan game ini, kita harus memiliki sepetak lahan yang bisa dibeli di marketplace dengan token Alice. Token Alice berdiri di atas ethereum dan bisa distaking-kan untuk menghasilkan yield.

3. MANA

MANA adalah token yang digunakan dalam pembayaran item yang diperjual belikan dalam marketplace decentrand. Mana berdiri di atas blockchain ethereum. Di dalam dunia virtual ini, pengguna bisa membeli sebuah lahan virtual dan membangun di atas lahan tersebut, yang kemudian bisa di monetize.

4. Enjin

Enjin adalah software yang memungkinkan pengguna untuk membuat dan memanage benda-benda digital di blockchain ethereum. Enjin menerbitkan SDK untuk mengintegrasikan aset digital para developer game pada sebuah game dan aplikasi.  Use case-nya bisa digunakan untuk memanage dan menyimpan koleksi virtual. Jadi, untuk membuat dan membentuk item game, developer perlu membeli token enjin terlebih dahulu.

5. Sand

Sand adalah token yang digunakan dalam ekosistem sandbox. Token ini berdiri di atas ERC 20 dengan maximum supply 3 milyar sand. Sandbox adalah dunia virtual yang bisa dibangun sendiri oleh para player, bahkan bisa monetize gaming experiencenya. Hanya ada  160.464 petak tanah yang ada di metaverse sandbox, beberapa di antaranya sudah dimiliki oleh perusahaan besar. 

Review Broker Berkualitas – Mitrade

Bagi Anda yang ingin berinvestasi crypto, Anda juga bisa bergabung dengan broker Mitrade.Selain crypto Mitrade juga menyediakan berbagai akses ke produk keuangan seperti indeks, saham, forex, dan komoditas. Broker Mitrade sudah pasti terjamin keamanannya karena sudah mendapat legalitas dari Australian Securities and Investments Commission (ASIC) dan Cayman islands monetary authority (CIMA). Seluruh uang yang Anda transfer juga tidak akan digunakan untuk operasional perusahaan karena akan disimpan dalam bank segregated.

Soal kualitas, Anda tak perlu meragukannya lagi karena Mitrade telah mendapatkan banyak penghargaan bergengsi, salah satunya Forex Customer Satisfaction & Happiness Australia dari Global Banking and Finance. Registrasi di mitrade juga mudah dan cepat. Proses registrasi hanya memerlukan waktu hitungan menit dan bisa dilakukan hanya dengan akun Facebook, Google, Apple ID, atau nomor telepon. Verifikasi data juga bisa dilakukan hanya dengan mengupload foto kartu identitas Anda yang masih berlaku.

Mitrade juga menyediakan banyak kemudahan dalam bertransaksi. Deposito mulai dari US$ 50 dan bisa dilakukan melalui transfer e-wallet, virtual account, atau rekening bank. Untuk berlatih trading, Anda bisa menggunakan fasilitas akun demo senilai US$ 50.000. Tersedia pula leverage hingga 1000x bagi Anda yang ingin bertransaksi di pasar dengan modal minim.

mitrade -broker terbaik di indonesia

Kesimpulan

Metaverse crypto merupakan transaksi yang dilakukan dalam dunia metaverse dengan menggunakan mata uang digital atau crypto. Dunia metaverse memang erat kaitannya dengan cryptocurrency. Sebab, hampir semua jenis crypto diperjualbelikan oleh siapapun melalui dunia metaverse tersebut. Metaverse sendiri merupakan ruang virtual yang menghubungkan antar pengguna melalui pengalaman berbeda. Dengan begitu, Anda bisa menjelajahi dunia virtual tanpa adanya sekat dengan dunia nyata. Sebagai penghubung antara dunia nyata dan dunia virtual, maka diperlukan crypto sebagai jembatan  penghubungnya. Dengan adanya transaksi crypto melalui dunia metaverse, bisnis bisa menjadi lebih mudah. Komunikasi melalui dunia metaverse juga lebih efektif karena tidak memerlukan perantaranya. Namun, untuk bertransaksi di dunia metaverse memerlukan teknologi tinggi yang tentu saja memakan biaya mahal. Beberapa aset crypto yang terdapat dalam Metaverse antara lain, Enjin, SAND, MANA, Alice, dan AXS.

Disclaimer: Tulisan ini tidak bisa Anda gunakan sebagai rekomendasi trading. Trading memiliki risiko yang tinggi sehingga Anda harus memiliki persiapan matang sebelum melakukannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *