Kenali Apa Itu Indeks Saham LQ45 dan Daftar Saham LQ45 2021
INVESTASI, SAHAM, Trader FAQ

Kenali Apa Itu LQ45 dan Daftar Saham LQ45 Terbaik 2022

Indeks saham LQ45 adalah jenis saham yang banyak dilirik investor. Indeks saham merupakan tolak ukur nilai pada pasar saham. Perhitungan indek saham ini diukur dari pergerakan harga saham tertentu menggunakan rata-rata tertimbang. Lalu bagaimana kinerja indeks saham LQ45 dan apa saja emiten yang masuk dalam saham LQ45? Berikut penjelasan lengkap mengenai saham LQ45:

Apa Itu Indeks Saham LQ45?

LQ45 adalah jenis indeks yang bisa digunakan untuk mengukur performa saham dengan likuiditas dan kapitalisasi pasar yang besar. Emiten yang masuk dalam daftar saham LQ45 juga harus memiliki fundamental perusahaan yang baik. Sesuai dengan namanya, terdapat 45 saham pilihan yang masuk dalam indeks LQ45. Saham-saham tersebut dipilih setiap enam bulan. 

Saham yang masuk dalam indeks LQ45 harus memiliki likuiditas dan kapitalisasi pasar yang tinggi dari semua saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Secara rinci, saham yang masuk dalam indeks LQ45 harus memiliki ciri-ciri berikut:

  1. Masuk dalam 60 perusahaan teratas dengan kapitalisasi pasar tertinggi selama satu tahun terakhir.
  2. Masuk dalam 60 perusahaan teratas yang memiliki nilai transaksi tertinggi dalam pasar reguler selama satu tahun terakhir.
  3. Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) minimal 3 bulan.
  4. Kondisi keuangan, prospek pertumbuhan, dan nilai transaksi tinggi.
  5. Penambahan bobot free loat mencapai 100% dalam  porsi penilaian.

Harga saham yang masuk dalam indeks LQ45 sangat bervariasi. Harga terendah bisa berada di kisaran Rp 338 per lembar hingga Rp 76.500 per lembarnya. Dengan kata lain, masih ada saham LQ45 yang dijual di bawah harga Rp 1000 per lembar.

Apa Itu Indeks Saham LQ45?

Apa Itu Saham Blue Chip?

Banyak investor pemula yang masih bingung membedakan antara saham LQ45 dan saham blue chip. Kedua indeks saham tersebut memang tercatat di Bursa Efek Indonesia dan seringkali dianggap sama. Namun, saham Blue chip dan LQ45 memiliki perbedaan yang signifikan.

Saham blue chip adalah daftar saham dari perusahaan besar yang sudah beroperasi selama tahunan dan memiliki finansial yang baik. Emiten yang tergabung dalam saham blue chip memiliki pendapatan yang stabil dan naik.

Selain itu, perusahaan dalam saham blue chip juga sering membagikan dividen pada investornya. Saham blue chip merupakan saham yang populer di kalangan investor namun harga saham blue chip relatif mahal.

Emiten yang masuk dalam kategori saham blue chip juga memiliki ciri khusus, yaitu menjadi pemimpin sektor di industrinya, punya kapitalisasi pasar yang besar, kinerja perusahaan konsisten, sudah terdaftar di bursa sejak lama, dan pembagian deviden sangat konsisten.

Apa Itu Saham Blue Chip?

Perbedaan Saham Blue Chip dan Saham LQ45

Seperti yang disebutkan sebelumnya, banyak investor yang sulit membedakan apa itu saham blue chip dan saham LQ45. Jika saham blue chip merupakan kumpulan saham terbaik dari emiten yang menjadi pemimpin di industrinya, saham LQ45 merupakan kumpulan saham terbaik di pasar modal yang dilihat dari likuiditasnya. Secara rinci, berikut perbedaan mendasar antara saham blue chip dan LQ45:

👉Kriteria pasarTidak semua saham yang terdaftar dalam indeks LQ45 masuk dalam daftar saham blue chip. Untuk masuk dalam kategori saham blue chip, emiten harus menjadi pemimpin pasar di sektornya. Sementara itu, emiten dalam saham LQ45 tidak selalu harus menjadi market leader di sektornya.
👉Jangka waktuSaham blue chip biasanya terdaftar lebih lama di bursa efek Indonesia. Sedangkan saham LQ45 minimal 3 bulan terdaftar di Bursa Efek Indonesia namun sudah mengalami peningkatan laba dan perkembangan yang signifikan.
👉 Rasio utang dan aset stabilSaham blue chip memiliki rasio utang dan aset yang stabil dibandingkan saham LQ45. Hal ini menjadi pertimbangan penting bagi investor karena akan menentukan risiko yang akan diterimanya saat berinvestasi. Selain itu, saham blue chip juga konsisten membagikan saham kepada investor dan memiliki kinerja yang solid.
👉Fundamental dan likuiditasSaham LQ45 dinilai berdasarkan likuiditasnya sehingga mayoritas saham yang masuk dalam daftar ini tergolong likuid. Sedangkan saham blue chip dinilai berdasarkan fundamentalnya.

Tips Investasi Saham LQ45 2022

Meski profit investasi saham LQ45 tergolong besar, risiko investasi saham ini juga sangat tinggi, apalagi jika dilakukan tanpa strategi. Berikut strategi khusus berinvestasi di saham LQ45:

1. Cek Pergerakan Harga Secara Periodik

Saham yang bagus adalah saham yang bisa dikoleksi untuk jangka panjang dan jangka menengah. Karena saham LQ45 sangat likuid, pergerakan harganya juga cukup volatil. Terlalu sering memperhatikan pergerakan harga akan membuat psikologis Anda saat investasi menjadi terganggu. Agar Anda tetap tenang, sebaiknya pantau saja pergerakan harga dalam waktu dua hingga 3 hari atau secara mingguan.

2. Jangan Panik Saat Harga Terkoreksi

Banyak investor pemula yang buru-buru menjual sahamnya saat harga terkoreksi. Bursa global yang bergerak negatif bisa membuat harga saham LQ45 bergerak negatif. Hal tersebut juga bisa berpengaruh pada saham-saham yang ada di Bursa Efek Indonesia. Jadi, saat harga terkoreksi, sebaiknya Anda tenang saja. Anda justru bisa memanfaatkan momen tersebut untuk melakukan aksi beli kembali.

3. Beli di Sektor Yang Memadai

Bagi investor pemula, sebaiknya beli saham LQ45 di sektor yang memadai seperti perbankan, pertambangan, dan telekomunikasi. Sebab, ketiga sektor tersebut memiliki transaksi besar dan sentimen yang positif.

4. Jangan Membeli Terlalu Banyak

Investor pemula juga tidak disarankan untuk membeli saham LQ45 dalam jumlah yang terlalu banyak. Sebab, terlalu banyak saham yang dibeli akan menyulitkan Anda untuk memantau pergerakan harganya.

Kelebihan dan Kekurangan Saham LQ45

Saham LQ45 menjadi pilihan banyak investor karena memiliki kelebihan dan kekurangan seperti berikut:

💚Kelebihan💔Kekurangan
Likuiditas tinggi:
Saham LQ45 merupakan saham dengan likuiditas tinggi sehingga investor bisa menjualnya kembali dengan lebih mudah. Jadi, pemegang saham ini bisa menjualnya kapanpun saat membutuhkan uang.
Tidak cocok untuk investasi jangka pendek:
Saham LQ45 hanya cocok untuk investasi jangka menengah hingga panjang. Sebab, meski harga cenderung naik turun, pergerakan tersebut tidak terlalu signifikan sehingga profit jangka pendek juga tidak terlalu maksimal.
Harga murah:
Berbeda dengan saham blue chip yang relatif mahal, harga saham LQ45 lebih terjangkau. Banyak saham LQ45 yang harganya masih di bawah Rp 1000 per lembar. Jadi, Anda tidak perlu menyiapkan banyak modal saat ingin membeli saham ini.
Tergantung pada bursa global:
Jenis saham ini sangat dipengaruhi oleh bursa global. Jika bursa global sedang bergerak negatif, maka saham LQ45 juga bergerak negatif. Jadi, Anda harus bisa memantau kondisi pasar global agar tahu prediksi harga saham LQ45 kedepannya.
Relatif lebih aman:
Dibandingkan saham gorengan, saham LQ45 memiliki risiko yang lebih aman. Sebab, kapitalisasi pasar emiten dari saham LQ45 tergolong tinggi. Meski terjadi penurunan harga, harga bisa kembali naik dalam hitungan hari atau minggu.
Saham bisa tiba-tiba bergerak negatif:
Harga saham LQ45 bisa saja bergerak negatif tanpa ada tanda-tanda yang mendahuluinya. Hal ini cenderung membuat investor kelabakan dan terburu-buru melakukan aksi jual.

Daftar Saham LQ45 Terbaik Pada Tahun 2022

Bagi Anda yang ingin berinvestasi saham, berikut daftar saham LQ45 terbaik:

✅MEDCSaham MEDC dikeluarkan oleh emiten Medco Energi Internasional Tbk. Emiten tersebut bergerak di bidang eksplorasi dan produksi minyak bumi dan gas.Harga saham MED saat ini berada di angka Rp 635 per lembarnya.
✅ITMGITMG adalah saham yang dikeluarkan oleh emiten Indo Tambangraya Megah Tbk. Emiten ini bergerak di bidang investasi, dengan sejumlah anak perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan, khususnya batubara. Harga per lembar saham ITMG saat ini adalah 37.975 per lembar.
✅ADROADRO adalah saham yang dikeluarkan oleh emiten Adaro Energy Tbk. Emiten ini bergerak di sektor pertambangan batubara. Harga per lembar saham ADRO mencapai Rp 3.200. Kapitalisasi pasar saham ADRO mencapai 102,36 triliun.
✅INCOINCO adalah saham yang dikeluarkan oleh emiten Vale Indonesia Tbk. Emiten ini bergerak di sektor pertambangan dan pengolahan nikel. Harga per lembar saham INCO saat ini mencapai Rp 6.950. Kapitalisasi pasar saham ini mencapai 69,06 triliun.
✅PTBASaham PTBA dikeluarkan oleh emiten Bukit Asam Tbk. Emiten tersebut bergerak di bidang pertambangan batu bara. Harga saham PTBA per lembar mencapai Rp.4.150. Kapitalisasi saham PTBA mencapai 47,81 triliun.
✅UNTRSaham UNTR dikeluarkan oleh emiten United Tractor Tbk. Emiten ini bergerak di bidang mesin konstruksi, pertambangan, dan kontraktor. Harga saham UNTR per lembar saat ini mencapai Rp31.775.
✅MDKASaham MDKA dikeluarkan oleh emiten Merdeka Copper Gold Tbk. Emiten ini bergerak di bidang usaha pertambangan dan eksplorasi emas. Harga per lembar saham MDKA mencapai Rp 4.410.
✅ANTMANTM adalah saham yang dikeluarkan emiten Aneka Tambang Tbk. Emiten ini bergerak di bidang pertambangan dan eksplorasi sumber daya mineral. Harga per lembar saham ANTM mencapai Rp 2.230.
✅HRUMHRUM adalah saham yang dikeluarkan oleh emiten Harum Energy Tbk. Emiten ini bergerak di bidang pertambangan batu bara. Harga per lembar saham HRUM mencapai Rp 1.770.
✅BBNIBBNI adalah saham yang dikeluarkan oleh emiten Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Emiten ini bergerak di bidang perbankan. Harga per lembar saham BBNI mencapai Rp 8.475.

Review Broker Mitrade

Ingin berinvestasi di pasar modal dengan cara yang aman? Gabung saja bersama broker Mitrade. Sebagai broker internasional, Mitrade sudah mendapatkan legalitas dari Securities and Investments Commission (ASIC) dan Cayman islands monetary authority (CIMA). Uang Anda juga dijamin keamanannya karena disimpan dalam bank segregated. 

Hanya dengan deposit awal US$ 50, Anda trading di berbagai produk keuangan seperti saham, indeks, komoditas, forex, dan crypto. Mitrade juga menyediakan leverage hingga 1000x agar Anda bisa melakukan transaksi di pasar modal dengan modal minim.

Registrasi di Mitrade juga tidak rumit dan memakan banyak waktu. Hanya dalam hitungan menit, akun trading Anda siap digunakan. Jika merasa belum ahli di pasar modal, Anda juga bisa memanfaatkan akun demo senilai US$ 50.000 yang disediakan gratis oleh Mitrade. Platform trading Mitrade juga user friendly sehingga mudah digunakan oleh siapa saja, termasuk trader pemula.

mitrade -broker terbaik di indonesia

Kesimpulan

LQ45 adalah jenis indeks yang bisa digunakan untuk mengukur performa saham dengan likuiditas dan kapitalisasi pasar yang besar. Emiten yang masuk dalam daftar saham LQ45 juga harus memiliki fundamental perusahaan yang baik. Sesuai dengan namanya, terdapat 45 saham pilihan yang masuk dalam indeks LQ45. Saham-saham tersebut dipilih setiap enam bulan. Harga saham yang masuk dalam indeks LQ45 sangat bervariasi. Harga terendah bisa berada di kisaran Rp 338 per lembar hingga Rp 76.500 per lembarnya. Dengan kata lain, masih ada saham LQ45 yang dijual di bawah harga Rp 1000 per lembar. Investasi saham LQ45 tergolong cocok untuk pemula karena saham ini memiliki risiko yang relatif lebih rendah.

Kenali Apa Itu Haka Saham dan Cara Profit dengan Strategi Haka

Arti Sleeping Investor dan Cara Sukses Menjadi Sleeping Investor

Disclaimer: Artikel ditulis hanya untuk kepentingan edukasi dan tidak bisa menjadi rekomendasi trading. Trading memiliki risiko yang tinggi sehingga Anda harus memiliki bekal dan persiapan yang matang sebelum melakukannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *