PooCoin adalah Koin Receh?
BROKER, Review 30 Broker Forex

Mengenal Kode Broker AI, Apakah Broker Ini Bagus untuk Investasi?

Kode broker AI adalah broker milik UOB Kay Hian Sekuritas. Kode broker AI tergolong kode broker milik asing yang telah beroperasi di Indonesia. Namun, masih banyak trader Indonesia yang belum mengerti bagaimana legalitas dan track record broker ini. Jika dilihat secara sekilas, banyak investor tertarik dengan broker ini. Broker ini juga terlihat menjanjikan dalam mengelola aset kliennya. Namun, apakah broker AI aman? mari kita simak ulasan lengkap mengenai broker AI:

Apa Itu Broker AI?

Kode Broker AI adalah kode broker dari sebuah perusahaan sekuritas Asing yang beroperasi di Indonesia, UOB Kay Hian Holdings Limited. Berada dibawah naungan Grup UOB, UOB Kay Hian adalah salah satu perusahaan pialang terbesar di Asia. Broker AI berkantor pusat di Singapura dan sudah memiliki lebih dari 80 cabang di seluruh dunia termasuk jaringan kantor yang berkembang di seluruh Asia Tenggara, Tiongkok Raya, Inggris, dan Amerika Utara.

Broker AI akses tanpa batas ke berbagai produk dan pasar di setiap negara, alat dan teknologi canggih kami menawarkan kepada investor kemampuan untuk berdagang di berbagai sekuritas, termasuk saham, obligasi, unit trust, kontrak berjangka, opsi, CFD, dan valas. Broker AI juga menyediakan berbagai layanan untuk basis klien yang terdiversifikasi yang mencakup korporasi, institusi, dan investor lokal.

Broker Ini menyediakan investment banking seperti penjamin emisi efek (underwriting) untuk melakukan pengumpulan dana dari pasar modal. Broker ini juga melayani transaksi saham dan obligasi, baik untuk klien ritel dan institusi dari luar atau dalam negeri. Beberapa perusahaan yang sukses meraih pendanaan besar dalam IPO di bawah naungan UOB Kay Hian, di antaranya saham Triniti Dinamik Tbk, Nusa Palapa Gemintang Tbk, Transkon Jaya TBK, Era Graha Realty Tbk, dan masih banyak lainnya.

Dari data Bursa Efek Indonesia, broker ini sudah terdaftar dengan akta nomor 11 bertanggal 4 November 1991. Modal dasar broker AI adalah Rp 130 miliar, dengan modal disetor mencapai jumlah yang sama. Status perusahaan ini adalah patungan dengan operasional efek. Sementara itu, UOB Kay Hian, beroperasi di Indonesia dengan izin usaha penjamin emisi efek dan perantara pedagang efek. Di Indonesia, broker AI memiliki kantor pusat yang beroperasi di kawasan Thamrin, Jakarta.

Apa Itu Perantara Perdagangan Efek?

Mungkin sebagian besar dari Anda sedang bertanya-tanya apa itu perantara pedagang efek. Yah, broker AI memang beroperasi dengan izin usaha sebagai penjamin emisi dan perantara pedagang efek. Sebagai penjamin emisi, broker AI bertugas untuk membuat kontrak kerjasama dengan emiten yang ingin melakukan initial public offering (IPO). Nantinya, broker AI akan bertanggung jawab terhadap penjualan saham suatu emiten selama IPO berlangsung.

Sementara itu, sebagai perantara pedagang efek broker AI bertugas untuk melakukan jual beli efek, baik untuk tujuan emiten atau perusahaan itu sendiri. Sebagai perusahaan perantara pedagang efek, broker AI juga berperan sebagai manajer investasi. 

Kegiatan jual beli efek bisa dilakukan di Bursa Efek, untuk saham dan obligasi. Namun, perusahaan efek juga bisa melakukan kegiatan jual beli yang dilakukan diluar Bursa, yang dikenal dengan istilah transaksi over the counter (OTC). Efek yang diperjual belikan bisa berupa obligasi, reksadana, saham, atau produk derivatif. Perantara pedagang efek biasanya harus terdaftar pada bursa efek, begitu pula dengan broker AI. 

Mengenal Kode Broker AI, Apakah Broker Ini Bagus untuk Investasi?

Produk Keuangan yang Ditawarkan Broker AI

Broker AI menawarkan berbagai produk keuangan, seperti:

  1. Saham

Broker AI menawarkan produk investasi saham dengan platform web dan seluler yang canggih. melalui broker AI, Anda bisa melakukan jual beli saham di Bursa Singapura (SGX), Bursa Malaysia, HKEX, HK-Shanghai/ShenZhen Stock Connect, LSE, TSX , TSXV, NASDAQ, NYSE, NYSE ARCA dan AMEX. Broker AI juga menyediakan analis saham yang siap memberikan penelitian dan wawasan terkini untuk membantu klien mengidentifikasi dan memanfaatkan tren pasar terbaru.

  1. Obligasi

Obligasi adalah instrumen keuangan berupa surat utang. Memiliki obligasi sama halnya dengan kesepakatan bahwa Anda bersedia meminjamkan sejumlah uang kepada pihak yang menerbitkan surat obligasi tersebut. Nantinya, Anda bisa menerima profit atas bunga investasi tersebut. Obligasi masuk salah satu dari tiga kelas aset utama yang sering digunakan dalam berinvestasi, terutama bagi investor yang ingin punya pendapatan tetap. Dalam investasi, obligasi membantu menyeimbangkan risiko dari waktu ke waktu. 

  1. Contracts for Difference (CFD)

Sebagai broker didukung bank terbesar di Asia, Anda juga bisa memanfaatkan platform trading dari broker AI untuk memperdagangkan CFD dengan tenang. Anda bisa mengakses beragam counter dengan menyesuaikan strategi perdagangan, memantau dan melindungi posisi Anda. Dengan menggunakan model Akses Pasar Langsung yang disediakan broker AI, Anda juga dapat menikmati harga transparan karena setiap pesanan dan berpartisipasi langsung dalam pertukaran yang mendasarinya tanpa biaya atau spread tersembunyi.

  1. Sertifikat Leverage Harian (DLC)

Diperdagangkan di pasar sekuritas, DLC menawarkan leverage tetap kepada investor sebesar 3 hingga 7 kali kinerja harian dari indeks dasar (indeks pasar atau saham tunggal). Tanpa dampak volatilitas tersirat, dampak peluruhan waktu, atau margin, investor memiliki fleksibilitas untuk berdagang di pasar yang naik dan turun. DLC merupakan salah satu instrumen keuangan terstruktur yang diterbitkan oleh bank dan diperdagangkan di pasar sekuritas. DLC menawarkan kepada investor leverage tetap 3 hingga 7 kali dari kinerja harian indeks yang mendasarinya, baik itu saat pasar naik atau turun.

  1. Exchange Traded Funds (ETF)

Terdaftar di bursa, ETF menghubungkan investor ke berbagai pasar termasuk sektor yang sulit diakses dan kelas aset. ETF yang disediakan broker AI dikelola secara profesional oleh manajer investasi yang terdaftar di SEC. Meski bukan reksadana, ETF menggabungkan fitur reksa dana, yang hanya dapat dibeli atau ditebus pada akhir setiap hari perdagangan dengan NAB per sahamnya, dengan kemampuan untuk berdagang sepanjang hari di bursa sekuritas nasional dengan harga pasar. Sebelum berinvestasi di ETF, Anda harus membaca ringkasan prospektus dan prospektus lengkapnya, yang memberikan informasi mendetail tentang tujuan investasi ETF, strategi investasi utama, risiko, biaya, dan kinerja historis (jika ada).

  1. Futures dan Opsi

Futures dan opsi adalah jenis utama perdagangan derivatif saham di pasar saham. Ini adalah kontrak yang ditandatangani oleh dua pihak untuk memperdagangkan aset saham dengan harga yang telah ditentukan di kemudian hari. Kontrak semacam itu mencoba melindungi risiko pasar yang terlibat dalam perdagangan pasar saham dengan mengunci harga sebelumnya. 

Layanan yang Disediakan Broker AI

Selain menyediakan produk keuangan untuk investasi, broker AI juga menyediakan berbagai layanan seperti berikut:

Keuangan AkuisisiSebagai pemodal dan arranger untuk prinsipal, broker AI membantu investor memperoleh saham strategis di perusahaan publik di seluruh wilayah. Broker AI memiliki profesional keuangan yang berkualifikasi tinggi membantu menyusun kesepakatan yang paling sesuai dengan kebutuhan investor secara tepat waktu dan bijaksana
Investor edukasiLayanan ini dirancang untuk memaksimalkan kekayaan ke tingkat selanjutnya, investor dapat mengembangkan kecerdasan trading mereka dengan sesi pelatihan pribadi, seminar reguler, dan kurikulum eksklusif tentang analisis teknis, strategi trading, platform, dan pasar. Klien juga dapat menghadiri sesi jaringan internal eksklusif untuk terhubung, bertukar ide, dan mendapatkan wawasan.
Manajemen KekayaanBroker AI menyediakan berbagai produk dan layanan konsultasi yang komprehensif untuk individu dan perusahaan. Untuk melindungi dan mengembangkan portofolio, klien dapat mengandalkan solusi manajemen kekayaan dari broker AI yang berpusat di Asia, yang dapat disesuaikan untuk setiap kebutuhan atau tujuan investasi. Layanan wealth manajemen dari broker AI juga mencakup strategi alokasi aset, manajemen portofolio diskresioner, platform manajer aset, dan produk investasi eksternal.

Platform Trading yang Digunakan Broker AI

Broker AI menggunakan platform trading yang dirancang sendiri. Platform trading tersebut bernama Utrade. Platform trading Utrade menawarkan transaksi online dengan fitur handal untuk membantu klien memanfaatkan peluang pasar dimanapun mereka berada. Aplikasi ini bisa dioperasikan di android, windows, dan IOS.

Untuk mengakses aplikasi utrade, Anda hanya perlu mengunduhnya agar bisa mengaktifkan Formulir Fasilitas Internet Trading. Setelah itu,  lengkapi formulir tersebut dan kirimkan customer service broker AI melalui email. Jika dilihat dari Google PlayStore, Utrade mendapatkan 3 bintang dari 387 ulasan. Artinya, platform trading ini cukup bagus.

Namun, dalam menu testimoni terlihat banyak pengguna yang mengeluhkan bahwa UI dan UX Utrade sangat lawas sehingga tidak bisa memberikan pelayanan trading yang baik. Tampilan trade juga tidak simpel sehingga sering membingungkan penggunanya. Utrade telah didownload oleh lebih dari 10 ribu pengguna. Aplikasi ini terakhir kali di update pada 30 Desember 2022 dan dirilis pada 6 Juni 2012. Untuk menginstal Utrade, berikut langkah yang harus Anda ikuti:

  1. Unduh file Utrade lalu buka folder file setup.
  2. Lalu jalankan wizard instalasi Utrade dan ikuti petunjuk yang ada di layar.
  3. Setelah terinstal, klik dua kali ikon Utrade di desktop dan login dengan username serta password yang sudah dibuat.

Cara Buka Akun di Broker AI

Cara buka akun di broker AI pada umumnya sama dengan proses buka akun di broker lainnya. Anda perlu mengisi formulir pembukaan rekening efek menggunakan data yang valid. Setelah itu, Anda harus melampirkan dokumen kartu identitas dan fotokopi buku tabungan. Formulir pembukaan rekening berisi data pribadi, seperti profil, jenis pekerjaan, sumber penghasilan, dan jenis bisnis Anda. 

Setelah itu, Anda harus menandatangani surat perjanjian yang berisi persetujuan mengenai syarat dan ketentuan dalam pembekuaan  rekening perdagangan. Setelah tu, pihak broker AI akan meminta verifikasi data, Setelah verifikasi data selesai, Anda harus melakukan deposit, baik dengan saham atau tunai.  Setelah pembukaan rekening disetujui, Anda akan menerima surat konfirmasi. Berikut tata cara rinci buka akun di broker AI:

  1. Buka website https://utrade.co.id. Di bagian tab menu, pilih tab An Open Account.
  2. Lengkapi data yang diminta secara jujur.
  3. Klik Send Message.
  4. Kemudian pihak broker AI akan memproses formulir dan meminta Anda melakukan verifikasi.
  5. Setelah verifikasi selesai, Anda akan menerima surat konfirmasi pembukaan rekening.

Biaya Trading di UOB Kay Hian

Investasi di UOB Kay Hian tentu memerlukan modal. Berikut modal atau biaya yang harus Anda bayarkan saat berinvestasi di UOB Kay Hian:

Deposit atau setoran awalPembayaran deposit harus Anda lakukan setelah syarat pembukaan rekening nasabah rampung. Deposit minimal yang diminta adalah Rp 200 ribu. Deposit awal diperlukan untuk nasabah individu dan korporasi. Deposit bisa berupa uang tunai atau saham sesuai margin.
Komisi Komisi transaksi berlaku untuk setiap pembelian atau penjualan. Untuk rekening reguler, komisi yang harus dibayarkan sebesar 0,2522% untuk transaksi beli dan 0,3522% untuk transaksi jual. Sedangkan komisi untuk rekening online dan mobile sebesar 0,1916% untuk transaksi beli dan 0,3522% untuk transaksi jual.
Transfer SahamJika Anda melakukan transfer saham, Anda akan dikenakan biaya Rp 20.000 ditambah dengan pajak.

Keunggulan Broker AI

Broker AI menjadi salah satu broker internasional yang banyak diandalkan karena memiliki beberapa keunggulan berikut:

  1. 【√】Platform trading yang user friendly

Platform trading Utrade yang digunakan broker AI sangat user friendly. Platform ini bisa diakses di desktop atau ponsel. Selain user friendly, Utrade juga responsif, andal, dan aman. Jadi, orang yang pertama kali menggunakannya pun tidak akan kesulitan saat mengaksesnya.

  1. 【√】Biaya murah

Biaya investasi di broker AI sangat kompetitif dan murah. Modal deposit saja hanya perlu Rp 200 ribu. Bahkan, klien yang baru pertama membuka rekening efek di broker AI bisa diberikan setoran minimum gratis. Komisi transaksi juga tidak sampai 1%.

  1. 【√】Rutin memberikan edukasi ke investor

Salah satu keunggulan broker AI yang banyak disukai investor adalah edukasi rutin yang diberikan. broker AI sering memberikan ide, tips, dan strategi investasi dari sejumlah ahli perdagangan. Edukasi bisa dilakukan secara reguler melalui seminar atau layanan khusus yang disediakan tim perwakilan perdagangan.

Kekurangan Broker AI

Sebagai antisipasi, Anda juga perlu mengetahui kekurangan broker AI. berikut beberapa kekurangan broker AI:

  1. 【✗】Produk yang disediakan kurang likuid

produk investasi yang disediakan broker AI memang banyak. Sayangnya, produk yang disediakan kebanyakan bukan instrumen keuangan yang likuid.  Broker ini tidak menyediakan forex atau kripto. Jadi, proses jual beli produk juga tergolong lama.

  1. 【✗】Proses registrasi akun rumit

Registrasi akun di broker AI juga tergolong rumit. Anda harus mengisi formulir yang memerlukan banyak data. Setelah itu, Anda masih harus menentukan batas perdagangan. baru setelah rposes buka akun berhasill, broker AI akan mengirimkan surat konfirmasi ke alamat Anda. Hal itu terkadang butuh proses yang cukup memakan waktu.

  1. 【✗】Tidak ada leverage

Salah satu hal yang disukai trader saat menjelajahi pasar modal adalah leverage. Leverage adalah “uang pinjaman” dari broker sehingga trader bisa bertransaksi dengan modal seadanya. Sayangnya, pihak broker Ai tidak menyediakan fasilitas leverage untuk investornya.

Apakah Broker AI Aman Digunakan?

Secara legalitas, Anda tidak perlu ragu lagi dengan keamanan broker AI. Broker ini sudah mendapatkan izin beroperasi di Indonesia dari Bursa Efek Indonesia (BEI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dengan izin dari dua lembaga tersebut, status broker AI di Indonesia adalah resmi. Website broker AI juga bisa dibuka tanpa VPN dan sangat informatif, menunjukan tidak ada pembatasan informasi mengenai kehadiran broker ini di Indonesia.

Selain itu, broker ini sudah banyak mengantarkan emiten meraup modal besar saat melakukan IPO. Hal ini menunjukan bahwa track record broker sangat bagus. Oleh karena itu, Anda tidak perlu takut berinvestasi melalui broker ini. Meski demikian, Anda harus menyesuaikan investasi Anda dengan kemampuan dan profil risiko yang Anda miliki.

Pertimbangan juga produk investasi yang ditawarkan broker ini karena tidak semuanya cocok untuk investor, terutama produk yang ditawarkan kurang likuid. Broker ini memang memiliki reputasi yang bagus. Namun, reputasi yang bagus saja tidak cukup untuk menentukan apakah Anda bisa berinvestasi di dalamnya. Sesuaikan juga keamanan dan reputasi broker dengan profil risiko, modal investasi, dan tujuan Anda dalam melakukan investasi.

Mitrade Broker Penyedia Multi Aset yang Sudah Legal

Jika Anda perlu broker yang menyediakan forex dan kripto, Anda bisa memilih broker Mitrade. Broker internasional Mitrade sudah dijamin aman karena penyimpanan uang nasabah dilakukan di bank segregated dna broker ini sudah mendapatkan legaltias dari lembaga keuangan dunia, yakni Investments Commission (ASIC) dan Cayman islands monetary authority (CIMA).

Selain forex dna kripto, Anda juga bisa berinvestasi indeks, saham, dan komoditas bersama Mitrade. Modal deposit yang diperlukan bisa dimulai dari US$ 50. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan leverage 1000x dari Mitrade untuk meringankan modal trading Anda. Platform trading Mitrade sangat canggih, inovatif dan intuitif. Platform trading disusun sesuai kebutuhan klien dan dilengkapi ratusan indikator teknikal agar Anda bisa lebih teliti dalam melakukan analisis pasar.

Prose registrasi tidak rumit karena semuanya, mulai dari buka akun, verifikasi, hingga transaksi bisa dilakukan secara online. Deposit juga bisa dilakukan dalam berbagai metode, mulai dari transfer bank, e-wallet, hingga virtual account. Proses deposit tidak memakan waktu lama. Jadi, Anda bisa segera menjelajahi pasar modal dan memanfaatkan peluang di dalamnya. Untuk Anda yang masih pemula, Mitrade menyediakan akun demo senilai US$ 50.000 sebagai sarana berlatih trading.

Kesimpulan

Kode Broker AI adalah kode broker dari sebuah perusahaan sekuritas Asing yang beroperasi di Indonesia, UOB Kay Hian Holdings Limited. Berada dibawah naungan Grup UOB, UOB Kay Hian adalah salah satu perusahaan pialang terbesar di Asia. Broker AI berkantor pusat di Singapura dan sudah memiliki lebih dari 80 cabang di seluruh dunia termasuk jaringan kantor yang berkembang di seluruh Asia Tenggara, Tiongkok Raya, Inggris, dan Amerika Utara. Broker AI akses tanpa batas ke berbagai produk dan pasar di setiap negara, alat dan teknologi canggih kami menawarkan kepada investor kemampuan untuk berdagang di berbagai sekuritas, termasuk saham, obligasi, unit trust, kontrak berjangka, opsi, CFD, dan valas. Broker AI juga menyediakan berbagai layanan untuk basis klien yang terdiversifikasi yang mencakup korporasi, institusi, dan investor lokal. Broker AI menggunakan platform trading yang dirancang sendiri. Platform trading tersebut bernama Utrade. Platform trading Utrade menawarkan transaksi online dengan fitur handal untuk membantu klien memanfaatkan peluang pasar dimanapun mereka berada. Aplikasi ini bisa dioperasikan di android, windows, dan IOS. Untuk mengakses aplikasi utrade, Anda hanya perlu mengunduhnya agar bisa mengaktifkan Formulir Fasilitas Internet Trading. Setelah itu,  lengkapi formulir tersebut dan kirimkan customer service broker AI melalui email. Deposit di broker AI bisa dimulai dari Rp 200 ribu, Komisi trading juga murah, tidak sampai 1% dari total transaksi.

Disclaimer: Review mengenai kode broker AI bersumber dari website resmi broker bersangkutan dan berbagai sumber relevan. Penulisan mengenai broker AI hanya untuk sarana edukasi dna tidak bisa digunakan sebagai pijakan untuk memutuskan berinvestasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *