investasi emas online
EMAS, INVESTASI

Inilah Panduan Terlengkap Investasi Emas Online 2021

Investasi emas online kini sedang digemari banyak orang. Selain caranya yang mudah, investasi emas online juga menjanjikan profit yang menggiurkan. Harga satuan emas pada tahun 2000 menduduki posisi US$270, sedangkan di tahun 2021 mencapai angka US$2024. Hal ini menunjukan bahwa harga emas telah meningkat tajam hingga 650 kali dalam kurun waktu 20 tahun. Karena potensi profit yang menggiurkan inilah, banyak orang mulai melirik investasi emas sebagai portofolio aset mereka. Namun seiring dengan perkembangan zaman, berinvestasi emas bukan hanya sekedar membeli emas fisik di toko fisik. Anda juga bisa berinvestasi emas secara online.

Jenis-Jenis Investasi Emas

Ada dua jenis investasi emas yang bisa kita coba, yaitu investasi emas fisik dan emas online. Jika ingin investasi emas fisik, kita bisa membeli perhiasan dan emas batangan lalu menjualnya kembali saat harga emas naik. Namun, investasi emas fisik saat ini mulai ditinggalkan karena dinilai ketinggalan zaman dan banyak kerugian. Emas fisik sering mengalami penurunan nilai jual kembali karena penambahan biaya pada saat pembelian, dan biaya penyimpanan jika Anda menyewa brankas atau loker bank untuk menyimpannya.

Berbeda dengan investasi emas fisik, investasi emas online tidak melibatkan aset fisik. Jadi, kita tidak membeli emas fisiknya melainkan surat berharga atau sertifikat yang dibackup oleh emas. Model investasi semacam ini juga dianggap lebih aman daripada membeli emas secara fisik. Sebab, resiko kehilangan dan pencurian saat menyimpan emas fisik juga lebih tinggi. Jika Anda memilih investasi emas online, Anda tidak akan dikenai biaya pembelian. Penyimpanan emas online juga tidak dikenai biaya.

Jenis-Jenis Investasi Emas
SUMBER DARI MITRADE

4 Cara Investasi Emas Online

Bagi Anda yang tertarik untuk melakukan investasi emas online, berikut panduannya:

  1. Trading Emas

Trading emas merupakan cara investasi emas online melalui pasar forex tanpa adanya perpindahan aset emas secara fisik. Karena itu, metode investasi ini dianggap aman, mudah, dan tanpa harus mengeluarkan ongkos transportasi. Keuntungan bisa Anda dapatkan dari pergerakan harga naik dan turunnya emas.Untuk melakukan trading emas, Anda bisa membuka akun melalui broker terpercaya seperti Mitrade.

Keuntungan cara investasi ini adalah transaksi yang bisa dilakukan selama 24 jam penuh. Jadi, Anda bisa melakukan aktivitas trading kapan saja. Leverage juga tinggi sehingga Anda bisa mulai investasi dengan modal kecil. Transaksi juga bisa dilakukan dua arah sehingga bisa meningkatkan margin keuntungan.

Namun, investasi emas online ini juga memiliki beberapa kerugian. Salah satunya adalah tingkat perubahan suku bunga yang sangat cepat. Selain meningkatkan profit, leverage yang tinggi juga bisa menimbulkan risiko yang besar dalam trading. Anda juga dibebankan biaya spread oleh broker. Trading emas juga bisa dilakukan dengan dalam bentuk kontrak berjangka atau CFD, di mana kita bisa memilih posisi long atau short dengan leverage. Mereka yang suka hobi emas biasanya menggunakan investasi emas dalam bentuk ini.

Investasi Emas Online-Trading emas
SUMBER DARI MITRADE
  1. Emas ETF

Emas ETF (Exchange Trade Fund) merupakan reksadana terbuka yang diinvestasikan dalam aset emas. Emas dalam bentuk ETF ini bisa diperdagangkan seperti saham. Investasi emas ETF tergolong aman, asalkan kita membelinya di broker terpercaya. Emas ETF dapat langsung diperdagangkan di akun saham. Modal awal untuk investasi emas online juga sangat kecil, bahkan kita bisa memulai investasi dari 0,001 gram emas. Harga juga sesuai spot alias bebas biaya cetak atau PPN (pajak pertambahan nilai). Sayangnya, emas ETF ini memiliki batas waktu untuk perdagangan seperti pasar saham.

📈Pros📈Cons
Jumlah minimum investasi rendah❌Ada batas waktu untuk perdagangan seperti pasar saham
✅Mudah dilakukan siapa saja dan likuiditas tinggi❌Ada biaya tahunan yang harus dibayarkan.
✅Bebas biaya pembuatan❌Hanya bisa ditebus dalam bentuk uang tunai, bukan emas fisik.
✅Bisa diperdagangkan langsung di akun saham. 
✅Pembalikan arah transaksi (reversal) bisa dilakukan pada hari yang sama.
sumber dari Mitrade
  1. Membeli Saham Pertambangan Emas

Anda dapat berinvestasi di saham perusahaan pertambangan emas. Saham perusahaan pertambangan emas dapat berkorelasi dengan harga emas. Namun, pertumbuhan dan pengembalian saham tergantung pada pendapatan perusahaan, bukan hanya pada nilai emas. Namun, Anda banyak faktor yang perludipertimbangkan ketika ingin investasi emas dengan cara ini seperti efektivitas manajemen, aktivitas lindung nilai, biaya produksi, eksplorasi tambang dan pengembangan proyek. Anda juga harus bisa menganalisis tren harga pasar emas. Karena itu, cara investasi ini dianggap sangat rumit.

Investasi Emas Online
  1. Reksadana Emas

Reksadana emas adalah sarana investasi gabungan yang sering berbentuk reksa dana atau dana yang diperdagangkan di bursa (ETF). Metode investasi emas ini dapat diakses melalui lembaga keuangan seperti bank komersial, atau dapat dibeli langsung di bursa saham. Cara investasi ini menjadi pilihan banyak orang karena tidak ada biaya penyimpanan dan biaya asuransi yang relatif tinggi.

Nilai investasi ini tidak hanya bergantung pada nilai emas yang sebenarnya tetapi juga bergantung pada berbagai faktor yang mempengaruhi perdagangan emas secara global. Jika dampaknya positif, maka nilai investasi Anda bisa melebihi harga emas di pasar. Anda juga bisa melakukan transaksi kapan saja selama jam kerja pasar bursa saham, Jenis investasi ini sangat cocok jika Anda ingin mendiversifikasi portofolio dan meningkatkan nilai lindung dengan emas.

📈Kelebihan📈Kekurangan
✅Tanpa biaya asuransi yang tinggi.❌Mudah terpengaruh kondisi pasar global
✅Bebas biaya penyimpanan❌Rawan penipuan
SUMBER DARI MITRADE

Apakah Investasi Emas Online Aman?

Investasi emas online tergolong aman dan menjanjikan di masa depan. Selain itu, investasi ini juga diawasi oleh pemerintah. Pemerintah telah mengeluarkan banyak regulasi untuk mendukung ekosistem investasi emas digital. Oleh karena itu, kita tidak perlu khawatir untuk berinvestasi di aset tersebut, asalkan investasi dilakukan di perusahaan yang resmi dan memiliki izin.

Berdasarkan Undang-Undang (UU) Nomor 10 Tahun 2011 tentang Perdagangan Berjangka Komoditi, kegiatan berjangka komoditi, termasuk emas digital, telah diatur, dikembangkan, dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti).  Dari peraturan tersebut, kita bisa melakukan investasi emas online secara aman melalui lembaga yang telah mendapat izin resmi dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti). Beberapa lembaga resmi di Indonesia yang menangani investasi emas online antara lain PT Kliring Berjangka Indonesia, Bursa Berjangka Jakarta, dan PT Pegadaian.

Keuntungan Investasi Emas Online

Investasi emas online  memberikan beberapa keuntungan seperti berikut:

  • Investasi emas online mudah dilacak dan dapat diakses kapan saja.
  • Likuiditas emas online sangat tinggi serta dapat dijual dan dibeli kapan saja sesuai dengan harga pasar.
  • Emas memiliki nilai lindung yang tinggi sehingga tahan terhadap inflasi dan dapat digunakan sebagai jaminan pinjaman.
  • Risiko pencurian sangat rendah, bahkan kita tidak perlu melakukan penyimpanan seperti emas fisik.
  • Emas yang kita beli dijamin asli karena telah mendapat sertifikasi dari lembaga berlisensi pemerintah.
  • Tidak ada penurunan nilai jual seperti saat Anda membeli perhiasan atau batangan.
  • Modal awal sangat ringan, bahkan kita bisa mulai berinvestasi dengan modal awal hanya Rp 10.000 saja.

Kerugian Investasi Emas Online

Meski banyak keuntungan, investasi emas online juga memiliki beberapa kerugian seperti berikut:

  • Tidak bisa memberikan pendapatan pasif yang rutin karena tidak ada bunga apa pun atas investasi kita.
  • Anda dibebankan biaya pengiriman dan pencetakan emas.
  • Dalam beberapa kasus, perusahaan atau lembaga yang menangani investasi emas online hanya menyediakan periode penyimpanan secara terbatas, setelah itu Anda harus mengambilnya secara fisik atau menjual emas tersebut.
  • Selisih (spread) harga jual dan beli emas digital atau online lebih tinggi daripada emas fisik karena kita hanya memegang sertifikatnya saja.

10 Aplikasi Investasi Emas Online Terbaik 2021

Bagi Anda yang ingin melakukan investasi emas online, beriku 10 aplikasi emas online terbaik 2021:

  1. Pegadaian digital

Aplikasi ini dijamin aman karena merupakan program resmi milik pemerintah. Pegadaian menawarkan program tabungan emas digital. Sistem investasi melalui aplikasi ini mirip seperti menabung namun saldonya dihitung berdasarkan gram emas. Anda bisa membeli emas mulai dari 0,01 gram saja.

  1. Tokopedia Emas

Aplikasi ini merupakan milik e-commerce Tokopedia. Ada berbagai fitur yang bisa kita manfaatkan untuk investasi emas, seperti misi emas dan akdo emas. Kita bisa menabung dan membeli emas sekaligus. Emas yang ditawarkan juga memiliki kadar 24 karat.

  1. Tamasia

Aplikasi ini merupakan produk kerjasama emas antam. Kita bisa mulai berinvestasi emas dengan membeli emas sebesar 0,01 gram saja dengan mendaftar via aplikasi. Jika ingin emas batangan kita bisa mengecek saldo emas kita dengan minimal saldo emas 1 gram. Emas batangan yang kita dapatkan merupakan cetakan asli dari PT Antam.

  1. Bukalapak

Bukalapak juga menyediakan fasilitas investasi emas mulai dari 0,001 gram. Emas yang kita investasikan akan disimpan di antam. Jika ingin mencetaknya, kita bisa mengajukan pencetakan emas batangan yang langsung dikirim ke alamat rumah kita.

  1. Pluang

Aplikasi ini diawasi oleh Badan Pengawasan Berjangka Komoditi (Bappeti). Emas yang kita beli dari aplikasi ini juga bersertifikat dan bisa dijual diluar negeri. Pembelian minimal emas yang bisa kita lakukan minimal 0,01 gram hanya dengan mendaftar dengan nomor HP.

  1. E-mas

Dengan aplikasi ini, kita bisa berinvestasi emas hanya dengan modal Rp 10.000 saja. Berbeda dengan aplikasi lainnya, kita tidak dibebankan biaya penyimpanan dan bisa menjual emas secara mudah dan cepat. Aplikasi ini diluncurkan pada tahun 2017 ORORI yang sudah terpercaya dalam bidang investasi.

  1. Indogold

Indogold merupakan perusahaan penyediaan jasa layanan rencana emas yang sudah ada sejak tahun 1978. Perusahaan ini telah merambah dunia digital dengan membuat aplikasi khusus yang berada dalam pengawasan Otoritas Jasa Keuangan dan Kominfo. Penyetoran dana ke Indigold juga sangat mudah karena kita bisa melakukan setoran melalui OVO, DANA, atau LinkAja. Emas yang kita investasikan juga bisa dicairkan dalam bentuk emas batangan atau UBS.

  1. Laku Emas

Aplikasi ini menyediakan fitur jual, beli, dan transfer emas. Saldo minimumnya memang tergolong mahal,karena kita harus membeli emas minimal 0,1 gram. Laku Emas menyediakan layanan titip dan kelola saldo emas dalam jangka wakututertentu dans sewa modal dalam bentuk emas.

  1. Treasury

Aplikasi ini sudah mengantongi izin dari Kominfo dan merupakan anggota dari asosiasi fintech Indonesia. Untuk modal awal, kita harus membeli emas minimal 0,5 gram.Aplikasi ini juga menyediakan fasilitas donasi atau pembayaran zakat.

  1. Dana Emas

Aplikasi ini merupakan kolaborasi perusahaan Dana dan Pluang agar investor bisa membeli emas minimal 0,01 gram, Investasi melalui investasi ini dijamin aman karena sudah terdaftar di badan perdagangan berjangka komoditi.Emas nasabah juga disimpan dan dijamin oleh PT  Kliring Berjangka Indonesia.

BACA JUGA: 10 Tips Sukses Untuk Investasi Jangka Panjang

Kesimpulan

Jika Anda ingin membeli emas sebagai bagian dari strategi diversifikasi portofolio, investasi emas online bisa menjadi salah satu cara terbaik. Selain risiko kehilangan yang rendah, investasi emas online juga bisa dilakukan kapan saja dan dari mana saja. Apalagi, saat ini banyak aplikasi yang memudahkan kita untuk melakukan investasi emas hanya bermodal internet dan ponsel. Modal awal investasi emas online juga lebih rendah daripada membeli emas fisik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *