Apakah Dinaran Penipu?
BROKER, EMAS, INVESTASI

Benarkah Dinaran Penipu? Berikut Review Lengkap Mengenai Dinaran

Banyak orang mengklaim dinaran penipu. Namun, ada beberapa orang yang masih mempercayai legalitas aplikasi dinaran. Sebenarnya, apa itu dinaran dan bagaimana legalitasnya? Berikut review lengkap mengenai Dinaran:

Apa Itu Dinaran?

Dinaran adalah aplikasi jual beli emas yang bisa dilakukan secara online. Aplikasi jual beli emas ini berdiri di bawah naungan perusahaan bernama PT Cipta Lintang Aji Dana. Aplikasi ini diluncurkan oleh seorang pengusaha terkenal di Indonesia bernama Mardigu Wowiek, yang terkenal dengan julukan Bos Man, pada tanggal 20 Mei 2020.

Melalui aplikasi dinaran, Anda bisa menabung atau menjual emas Anda secara online. Dinaran merupakan sebuah aplikasi penjual emas fisik karya anak bangsa yang bisa menjadi alternatif investasi serta solusi untuk keuangan Anda.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda bisa melakukan jual beli emas dengan mudah tanpa harus pergi ke toko fisik. Aplikasi ini diciptakan untuk memudahkan Anda dalam berinvestasi dan menyelamatkan uang Anda dari risiko inflasi.

Benarkah Dinaran Penipu? Berikut Review Lengkap Mengenai Dinaran

Fitur Yang Tersedia

Dinaran menyediakan berbagai fitur menarik yang mempermudah pengguna untuk melakukan transaksi. Berikut fitur yang tersedia dalam aplikasi dinaran:

💙Pembelian EmasFitur ini bisa Anda manfaatkan untuk membeli emas sesuai dengan modal yang Anda miliki. Namun, minimal pembelian emas di Dinaran seharga 0,5 gram emas.
💙Penjualan EmasSesuai dengan namanya, fitur ini bisa Anda gunakan untuk menjual emas yang Anda miliki. Minimal penjualan emas di Dinaran adalah Rp 20.000
💙Beri Emas Ke Sesama Pemilik AkunFitur ini bisa Anda manfaatkan untuk memberi atau berbagi emas ke sesama pemilik akun dinaran.
💙Cetak EmasFitur cetak emas bisa Anda gunakan untuk mencetak emas online Anda ke dalam bentuk fisik.

Apakah Dinaran Penipu?

Dinaran hanya memiliki legalitas perusahaan yang sah secara hukum dan tercatat dalam Kementerian Hukum dan HAM, sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku (UU PT No 40 tahun 2007). Selain itu, penjualan emas fisik secara digital telah diatur oleh Bappebti berdasarkan peraturan Badan Pengawas Berjangka Komoditi Nomor 4 tahun  2019 tentang Ketentuan Teknis Penyelenggaraan Pasar Fisik Emas Digital di Bursa Berjangka.

Sayangnya, informasi terbaru justru menyatakan bahwa Dinaran belum mendapatkan izin dari Bappebti. Bahkan, pemberitaan Kompas.com pada tanggal 23/7/2011 menyatakan bahwa Dinaran adalah satu satu dari 109 perdagangan berjangka bodong yang telah diblokir oleh Bappebti.

Sampai saat ini, website resmi dinaran juga tidak bisa diakses, meski menggunakan VPN. Hal inilah yang menimbulkan kecurigaan bahwa dinaran penipu. Jika melihat review dari PlayStore, aplikasi dinaran ini mendapatkan skor 4,4 dari lima bintang. Meski demikian, banyak komentar negatif mengenai aplikasi Dinaran yang dituliskan melalui Playstore. Jadi, Anda harus berhati-hati saat berinvestasi melalui aplikasi ini.

Apakah Dinaran Penipu?

Cara Mendaftar Aplikasi Dinaran

Untuk bergabung dengan Dinara, Anda harus mendownload aplikasinya melalui PlayStore. Setelah itu, lakukan registrasi dan membuat akun baru dengan mengisi formulir yang telah tersedia. Kemudian Anda akan mendapatkan notifikasi verifikasi melalui email. Periksa email Anda, dan klik link yang disediakan untuk verifikasi. Setelah itu, Anda bisa kembali login dengan password dan username yang telah dibuat. Secara rinci, berikut langkah untuk mendaftar di aplikasi dinaran:

  1. Download dan instal aplikasinya melalui playstore
  2. Setelah itu, buka aplikasi dan klik menu registrasi
  3. Isi email dan pasword yang akan Anda gunakan untuk login
  4. Cek notifikasi melalui email, dan klik link yang ada dalam email untuk verifikasi.

Setelah verifikasi dilakukan, Anda bisa login dengan email dan pasword yang sudah Anda daftarkan.

Cara Membeli Emas Melalui Aplikasi Dinaran

Setelah Anda berhasil melakukan aktivasi, Anda bisa menggunakan berbagai fitur yang tersedia dalam aplikasi dinaran. Jika ingin menggunakan fitur pembelian emas, Anda bisa mengikuti langkah berikut:

  1. Login dengan password dan email yang sudah Anda daftarkan
  2. Klik gambar bunga dan pilih menu “Beli Emas” yang ada pada aplikasi Dinaran.
  3. Masukan jumlah pembelian yang Anda inginkan.
  4. Pilih metode pembayaran yang akan digunakan.
  5. Lakukan pembayaran sesuai dengan metode yang Anda pilih.
  6. Tunggu hingga muncul notifikasi pembelian berhasil. Setelah itu, Anda bisa cek saldo emas Anda.

Cara Menjual Emas di Aplikasi Dinaran

Proses penjualan emas juga bisa dilakukan melalui aplikasi. Berikut cara menjual emas di aplikasi Dinaran:

  1. Login dengan akun yang Anda miliki
  2. Klik gambar bunga dan pilih menu “jual emas”
  3. Masukan nominal emas yang ingin kamu jual.
  4. Pilih metode pembayaran yang digunakan
  5. Tunggu notifikasi berhasil muncul dan uang hasil penjualan emas akan langsung di transfer ke rekening Anda.

Dinaran juga menyiapkan fitur penjualan emas yang fleksibel. Fitur ini didukung dengan kerjasama antara Dinaran dengan IDcash. Setelah melakukan transaksi pembelian utama, Anda akan mendapatkan notifikasi pengaktifan kartu debit ID cash. Setelah itu, tim akan melakukan verifikasi data dan mengirimkan dokumen fisik berupa starter pack kartu debit dinaran ke alamat Anda.

Setelah menerima starter pack kartu debit, Anda bisa melakukan penjualan emas melalui transaksi penarikan tunai melalui mesin ATM maupun mesin EDC.  Setelah itu, saldo Dinaran Anda akan langsung terpotong. 

Setiap penarikan akan langsung terkoneksi pada harga jual emas yang berlaku saat transaksi penarikan. Anda bisa melakukan pengecekan secara berkala melalui menu histori transaksi di aplikasi dinaran.

Cara Menjual Emas di Aplikasi Dinaran

Cara Cetak Emas Melalui Aplikasi Dinaran

Anda juga bisa melakukan cetak emas fisik melalui aplikasi ini. Berikut cara pencetakan emas fisik melalui aplikasi dinaran:

  1. Login dengan password dan email yang sudah terdaftar.
  2. Klik gambar bunga dan pilih menu “ambil emas” pada aplikasi.
  3. Pilih keping emas sesuai dengan gramasi emas yang Anda miliki dan klik tab “kirim ke alamat”.
  4. Tentukan jenis pengiriman dan klik tombol “Ambil Sekarang”.
  5. Setelah transaksi berhasil, tim dinaran akan mengirimkan emas yang kamu ambil sesuai dengan alamat yang dituliskan.
Cara Cetak Emas Melalui Aplikasi Dinaran

Kelebihan Aplikasi Dinaran

Aplikasi dinaran memiliki beberapa kelebihan seperti berikut:

💚Menjaga uang kita dari inflasiDengan berinvestasi emas, uang kita bisa terhindar dari risiko inflasi. Sebab, harga emas biasanya naik mengikuti perkembangan dunia. Menggunakan aplikasi dinaran merupakan cara mudah untuk berinvestasi emas. Proses buka akun, pembelian emas hingga pengambilan emas bisa dilakukan dari mana saja tanpa harus mengunjungi counter.
💚Terhubung dengan ID CashAplikasi dinaran terhubung dengan kartu debit ID Cash. Dengan adanya kartu tersebut, kita bisa melakukan penjualan emas hanya dari mesin ATM. Kartu tersebut juga bisa digunakan untuk penarikan di semua jenis ATM dan berbelanja di semua mesin EDC yang tersebar di seluruh Indonesia. Dengan begitu, uang rupiah kita jadi bernilai emas.
💚Mempermudah penyimpanan emasSelain praktis, membeli emas secara online juga mempermudah kita dalam menyimpannya. Jadi, kita tidak perlu menyimpan emas tersebut di brankas atau dompet khusus. Dengan begitu, risiko pencurian juga bisa diminimalisir.

Kekurangan Aplikasi Dinaran

Investasi emas melalui aplikasi dinaran juga harus dilakukan dengan hati-hati. Sebab, aplikasi dinaran memiliki sejumlah kekurangan seperti berikut:

💔Website resmi tidak bisa diaksesWebsite resmi Dinaran tidak bisa diakses meskipun menggunakan VPN. Hal ini menandakan bahwa situs resmi Dinaran telah diblokir oleh Kementerian Informasi. Pemblokiran situs kerap dilakukan juga dianggap investasi ilegal.Dengan diblokirnya situs resmi Dinaran, pengguna juga tidak bisa mendapatkan informasi yang jelas.
💔Spread cukup tinggiSpread jual beli emas melalui Dinaran mencapai 4,8%. Jumlah tersebut tergolong tinggi daripada aplikasi sejenis, seperti Pluang atau pegadaian, di mana spread tidak sampai 4%.
💔Emas tidak jelas mereknyaJenis emas yang dijual di aplikasi Dinaran tidak jelas mereknya. Padahal, merek juga menentukan keaslian dan harga jual kembali dari emas tersebut. 

Review Broker Teregulasi – Mitrade

Broker Mitrade menyediakan sarana investasi dengan cara berbeda. Dengan bergabung di Mitrade, Anda bisa berinvestasi di crypto, forex, saham, indeks, komoditas, dan emas. Broker Mitrade telah teregulasi oleh Australian Securities and Investments Commission (ASIC) dan Cayman islands monetary authority (CIMA). 

Investasi di Mitrade bisa dimulai dari modal awal US$ 50 saja. Tersedia juga fasilitas leverage 1:1000 yang memungkinkan Anda bertransaksi di pasar dengan modal kecil. Semua uang yang Anda setorkan ke Mitrade dijamin aman karena disimpan melalui segregated account sehingga tidak akan digunakan dalam proses operasional perusahaan. 

Agar Anda lebih mahir bertransaksi di pasar, Mitrade menyediakan akun demo senilai US$ 50.000 yang bisa Anda gunakan untuk berlatih trading. Tersedia pula ratusan indikator yang akan mempermudah Anda untuk melakukan analisis teknikal.

Cara bergabung dengan Mitrade juga sangat mudah. Anda hanya perlu melakukan pendaftaran dengan akun Google, Facebook, Apple ID, atau nomor telepon Anda. Setelah itu, lakukan verifikasi data dengan submit foro kartu identitas yang masih berlaku. Proses deposit juga bisa dilakukan melalui transfer antar bank, virtual account, atau e-wallet.

mitrade -broker terbaik di indonesia

Kesimpulan

Dinaran adalah aplikasi jual beli emas yang berdiri di bawah naungan perusahaan bernama PT Cipta Lintang Aji Dana. Aplikasi ini diluncurkan oleh seorang pengusaha terkenal di Indonesia bernama Mardigu Wowiek, yang terkenal dengan julukan Bos Man, pada tanggal 20 Mei 2020. Dinaran menyediakan fitur pembelian, penjualan, pengiriman emas ke sesama pemilik akun, hingga cetak emas. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda bisa berinvestasi emas dengan cara yang mudah. Aplikasi ini juga terhubung dengan ID Cash sehingga proses penjualan emas bisa dilakukan melalui penarikan rekening di semua jenis ATM. Jika Anda ingin berinvestasi melalui aplikasi Dinaran, sebaiknya Anda harus berhati-hati. Sebab, aplikasi ini sudah dianggap ilegal oleh Bappebti. Situs resminya pun tidak bisa diakses, meski menggunakan VPN.

BACA JUGA:

Jenis-Jenis Pelaburan Emas Untuk Pemula 

Panduan Terlengkap Investasi Emas 2022

Disclaimer: Artikel dibuat hanya untuk edukasi bukan menjatuhkan suatu pihak. Jika terdapat saran investasi atau trading dalam penulisan, hal itu hanya bisa digunakan sebagai referensi bukan acuan utama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *