Mengenal Apa Itu PooCoin, Apakah Koin Ini Layak Dibeli di 2024
INVESTASI, BITCOIN

Mengenal Apa Itu PooCoin, Apakah Koin Ini Layak Dibeli di 2024?

Tahukah Anda ada berapa banyak jumlah cryptocurrency yang tersebar di seluruh dunia? Setidaknya, saat ini ada lebih dari 20 ribu cryptocurrency di seluruh dunia, salah satunya adalah PooCoin yang diluncurkan pada tahun 2021 lalu.

Lantas, apa keistimewaan dari PooCoin yang membuat koin ini unik dan berbeda dibanding cryptocurrency lainnya. Pada artikel ini, kami akan mengajak Anda untuk berkenalan lebih dekat dengan PooCoin yang termasuk meme coin yang menarik banyak perhatian investor di dunia crypto.

Mengenal Meme Coin dan Apa Itu PooCoin

Dalam dunia crypto, kita mengenal adanya istilah “meme coin”. Bagi Anda yang belum tahu apa itu meme coin, meme coin adalah aset crypto yang dibuat dari meme dan gambar online yang sedang viral di internet.

Biasanya, meme coin diluncurkan hanya untuk menangkap peluang tren sesaat yang sedang viral di komunitas online. Sehingga, harga meme coin sangat fluktuatif dan bisa mengalami penurunan harga yang sangat drastis jika keviralannya mulai meredup. Bahkan, tak jarang juga meme coin banyak dijadikan sebagai media untuk menipu investor dengan memanfaatkan keviralan suatu meme tanpa adanya tujuan proyek yang jelas.

Contohnya seperti meme coin GROK yang terinspirasi dari proyek AI Elon Musk yang mengalami penurunan harga hingga lebih dari 70% pada November 2023 lalu. Harga GROK turun hingga lebih dari 70% setelah meme coin ini terindikasi scam karena akun media sosial proyek tersebut pernah digunakan untuk proyek token penipuan ANDY.

Selain GROK, ada pula proyek meme coin lainnya yang melakukan scam kepada investor seperti Bitconnect, PlusToken, Memeunity, dan SushiWap.

Namun, bagaimana dengan PooCoin? Apakah meme coin ini juga termasuk scam? PooCoin adalah platform mata uang kripto yang memungkinkan Anda mencari informasi tentang grafik, harga transaksi, serta membeli dan menjual mata uang kripto yang termasuk dalam sistem “meme coin”. PooCoin termasuk token crypto yang berbasis pada jaringan blockchain Binance Smart Chain (BSC).

Hal yang membuat PooCoin unik adalah ikon dari meme coin ini yang bergambar tumpukan kotoran yang biasanya bisa diartikan sebagai ketidaksetujuan.

Peluncuran proyek  PooCoin di dunia crypto bukan hanya berfungsi sebagai mata uang virtual yang bisa Anda perdagangkan, melainkan PooCoin juga memiliki platform analisis dan penelusuran data transaksi blockchain yang bisa digunakan oleh investor untuk memantau pergerakan harga, menggambar grafik, dan membeli semua jenis shitcoin dan koin berkapitalisasi rendah yang umumnya dianggap banyak investor sebagai “koin kelas bawah”.

Diluncurkannya proyek PooCoin memiliki tujuan yang jelas untuk memperbaiki keterbatasan Decentralized Exchange (DEX) saat ini seperti di UniSwap dan PancakeSwap. Dimana, terdapat latensi jaringan yang berdampak signifikan pada kecepatan dan keandalan transaksi secara keseluruhan dibanding transaksi real-time.

Platform PooCoin menawarkan update grafik harga dengan cepat untuk koin berkapitalisasi besar dan koin berkapitalisasi kecil, termasuk koin terbaru yang datanya diambil dari platform TradingView. Sehingga, investor dapat memantau harga, volume transaksi, dan bisa mengambil keputusan apakah ingin membeli atau menjual aset crypto yang berada di dalam dompet kripto.

Situs Webhttps://poocoin.app/
PendiriAnonim
Jaringan BlockhainBinance Smart Chain (BSC)
Standar TokenBEP-20
Smart Contract0xb27adaffb9fea1801459a1a81b17218288c097cc
Total Supply10.000.000 koin
Biaya Transaksi8%
Alamat Perdagangan PooCoinBittrex, Binance, Huobi, FTX, EXMO, KuCoin, Gate.io
Crypto Wallet yang DigunakanMetamask, TrustWallet, WalletConnect, dan Binance Chain Wallet
Informasi PooCoin

Logo PooCoin

Meme coin memang identik dengan logonya yang memiliki gambar lucu, unik, dan menarik. Contohnya seperti Dogecoin yang memiliki logo koin bergambar seekor anjing berjenis Shiba Inu. Sementara untuk PooCoin, meme coin ini memiliki logo bergambar emoji tumpukan kotoran berwarna coklat. Makna tumpukan kotoran ini bisa mengekspresikan rasa tidak suka, tidak setuju, dan rasa jijik.

PooCoin adalah meme coin yang terinspirasi dari mata uang virtual Dogecoin yang kini menjadi salah satu cryptocurrency yang paling banyak diperdagangkan di seluruh dunia.

Logo PooCoin
Logo PooCoin

Harga PooCoin Tertinggi dan Terendah Sepanjang Masa

Pasca diluncurkan sejak 7 Maret 2021, PooCoin mengalami tren kenaikan yang sangat kuat pada Mei 2021. Menurut Coingecko, PooCoin pernah mencatatkan harga tertinggi sepanjang masa yaitu $14,26 pada 12 Mei 2021. Sementara untuk harga PooCoin terendah berada di level $0,00013808 pada 16 Oktober 2021.

Harga PooCoin Tertinggi dan Terendah Sepanjang Masa
(Sumber : Coingecko)

Harga PooCoin pada 4 Januari 2024 diperdagangkan pada level $0,301238/koin seperti yang bisa Anda lihat di grafik harga di atas. Sejak resmi diperdagangkan pertama kali pada 20 April 2021, harga PooCoin langsung meroket atau naik hingga 700% hanya dalam kurun waktu kurang dari 1 bulan dan berhasil menyentuh rekor harga tertingginya pada 12 Mei 2021 senilai $14,26.

Setelah menyentuh harga tertingginya pada 12 Mei 2021, harga PooCoin mengalami tren penurunan harga yang drastis hingga saat ini berada di bawah $1. Turunnya harga PooCoin secara drastis dari $14,26 menjadi di bawah $1 saat ini tentu menimbulkan kecurigaan bagi kalangan investor yang menganggap PooCoin adalah salah satu meme coin scam.

Padahal, anggapan tersebut sebenarnya tidaklah benar. Hal ini dikarenakan hingga saat ini PooCoin masih bisa diperdagangkan di berbagai crypto exchange, salah satunya adalah Binance yang menyediakan mata uang PooCoin bagi investor untuk diperdagangkan.

PooCoin adalah Koin Receh?

Walaupun PooCoin tidak terindikasi scam, namun investor di luar sana perlu memahami bahwa PooCoin adalah termasuk koin receh yang memiliki kapitalisasi pasar yang kecil.

Dengan kapitalisasi pasar yang kecil, PooCoin tentu lebih rentan menjadi target skema pump and dump dan juga rentan dimanipulasi yang bisa merugikan trader maupun investor.

PooCoin adalah Koin Receh?
PooCoin adalah Koin Receh?

Kelebihan PooCoin

1.  Menyediakan Platform Analisis dan Penelusuran Data Transaksi Blockchain

PooCoin bukan hanya sebuah aset crypto yang bisa Anda perdagangkan, melainkan PooCoin juga menyediakan platform analisis dan penelusuran data transaksi blockchain.

Inilah salah satu alasan mengapa PooCoin bukanlah meme coin scam. Karena proyek PooCoin tersebut memiliki maksud dan tujuan yang jelas tidak seperti meme coin scam lain pada umumnya.

Melalui platform PooCoin, Anda bisa mencari informasi terbaru tentang koin yang baru dirilis dan melacak data transaksi secara komprehensif dengan informasi yang selalu diupdate dengan cepat untuk koin berkapitalisasi kecil atau biasanya disebut koin sampah.

Selain itu, Anda juga bisa mengakses detail informasi dengan melacak dompet kripto, menampilkan riwayat transaksi, dan melihat token apa saja yang sedang tren dengan syarat Anda harus memegang PooCoin setidaknya $100 – $2.000.

2.  Menyimpan Potensi Keuntungan yang Tinggi

Walaupun saat ini PooCoin diperdagangkan di level di bawah $1, namun perlu Anda ketahui bahwa PooCoin adalah termasuk meme coin yang masih menyimpan potensi keuntungan yang tinggi. Ini adalah salah satu alasan mengapa meme coin hingga saat ini masih diminati banyak investor di luar sana.

Kekurangan PooCoin

1.  Kapitalisasi Pasar yang Kecil

Setelah mengalami fase kejayaan pada 2021 lalu dengan naik tajam hingga 700% di awal peluncurannya. Harga PooCoin terus mengalami penurunan dan saat ini hanya diperdagangkan di harga tidak lebih dari $1.

Kekurangan PooCoin
(Sumber: CoinMarketCap)

Salah satu kekurangan PooCoin yang perlu dicermati oleh investor maupun trader adalah koin ini memiliki kapitalisasi pasar yang kecil. Saat ini, PooCoin memiliki market cap berkisar Rp23 miliar dan menduduki peringkat 5.835 dari semua mata uang kripto yang terdaftar di CoinMarketCap.

Cryptocurrency yang memiliki market cap kecil adalah mata uang kripto yang tidak populer. Kekurangan PooCoin yang punya market cap kecil adalah meme koin ini sangatlah fluktuatif dan kurang likuid karena tidak memiliki volume perdagangan yang tinggi.

2.  Rentan Terhadap Scam

Peluncuran meme coin yang hanya memanfaatkan momentum dari keviralan meme atau gambar di komunitas online sangat rentan terhadap penipuan. Kita sering mendengar banyak kasus meme coin scam yang merugikan investor karena tidak memiliki tujuan proyek yang jelas sehingga sangat berisiko gagal di tengah jalan.

Hal ini juga dikhawatirkan oleh investor di luar sana terjadi kepada PooCoin. Harga PooCoin yang turun secara drastis sejak menyentuh harga tertingginya pada 12 Mei 2021 bisa menunjukkan bahwa PooCoin tidak cukup stabil seperti Dogecoin yang selalu menghiasi menu watchlist di berbagai aplikasi trading crypto.

BACA JUGA: Mengenal Ape Coin, Mata Uang Crypto Baru yang Terus Meroket

Cara Beli Token PooCoin di Situs Web PooCoinApp

Ada beberapa cara bagi Anda yang ingin membeli dan memperdagangkan PooCoin, salah satu caranya investor bisa membeli PooCoin melalui situs web PooCoinApp.

Untuk bisa melakukan trading PooCoin di PooCoinApp, investor harus terlebih dahulu menautkan dompet kripto ke sistem PooCoinApp. Berikut adalah langkah-langkah membeli PooCoin yang bisa Anda ikuti di bawah ini. 

·  Buka situs https://poocoin.app/ di browser Anda.
·  Klik tombol Connect yang berada di kanan layar gadget Anda.
·  Pilih dompet kripto yang ingin ditautkan seperti MetaMask, Trust Wallet, Coinbase, Walletconnect, dll. Anda bisa menautkan dompet kripto ke sistem PooCoinApp sesuai dengan dompet kripto yang Anda gunakan.
·  Scan QR code dan tautkan dompet kripto Anda ke sistem PooCoinApp.
·  Untuk membeli PooCoin di situs web PooCoinApp, Anda bisa mencari koin tersebut pada menu pencarian dengan mengetikkan kata kunci PooCoin untuk melihat informasi detail meme coin tersebut.
·  Pada halaman informasi detail PooCoin, terdapat tombol Trade. Anda bisa klik tombol Trade untuk membeli PooCoin dan selanjutnya Anda akan dihubungkan dengan platform trading PancakeSwap V1 atau PancakeSwap V2.
·  Ketika  Anda trading di PancakeSwap, terdapat biaya slippage dan Anda juga akan dikenakan biaya transaksi sebesar 8% saat membeli PooCoin.
·  Anda bisa memilih PooCoin sebagai koin yang ingin dibeli dan memasukkan jumlah PooCoin yang ingin dibeli.
·  Selanjutnya, sistem PooCoinApp akan mengarahkan Anda ke halaman konfirmasi pembelian melalui halaman transaksi PooCoin Token Pancakes.

Selain Anda bisa membeli PooCoin melalui situs web PooCoinApp dan nantinya akan diarahkan ke platform trading Pancakeswap. Mata uang virtual PooCoin juga tersedia di berbagai crypto exchange terpercaya seperti KuCoin, BingX, Gate.io, dll.

Cara Melihat Grafik Harga PooCoin di Situs Web PooCoinApp

Anda yang ingin menganalisa grafik harga PooCoin, Anda bisa dengan mudah menganalisanya melalui situs web PooCoinApp. Untuk melihat grafik harga PooCoin, Anda bisa simak langkah-langkahnya di bawah ini: 

·      Buka situs https://poocoin.app/ di browser Anda.
·      Pada kolom Enter Token Name, Anda bisa memasukkan pencarian dengan kata kunci PooCoin.
·      Selanjutnya, Anda akan diarahkan menuju halaman informasi token PooCoin yang menampilkan grafik harga, riwayat harga, dan kapitalisasi pasar.
·      Pada grafik harga PooCoin, Anda bisa menganalisa harga PooCoin dengan menggunakan indikator teknikal yang tersedia seperti Average Price, Bollinger Bands, dan EMA Cross. Agar tidak membuat mata Anda cepat lelah saat memantau pergerakan harga PooCoin, Anda bisa memperbesar tampilan grafik harga PooCoin.
·      Di bawah tampilan grafik harga PooCoin, Anda bisa melihat riwayat pembelian PooCoin dengan mengklik menu Buyers atau Sellers.

Selain melalui langkah-langkah melihat grafik harga PooCoin di atas, Anda juga bisa melihat grafik harga PooCoin dengan sangat mudah melalui halaman About di situs web PooCoinApp.

Cara Melihat Koin Crypto yang Akan Listing di Situs Web PooCoinApp

Salah satu kelebihan yang ditawarkan platform PooCoin bagi investor adalah platform ini bukan hanya menyediakan analisis untuk koin-koin berkapitalisasi besar, melainkan platform PooCoin juga menyediakan analisis untuk koin-koin berkapitalisasi kecil maupun baru.

Untuk Anda yang ingin melihat analisis koin-koin baru yang akan segera listing. Anda bisa melihat koin-koin baru tersebut melalui situs web PooCoinApp dengan cara seperti berikut: 

·      Buka situs https://poocoin.app di browser Anda.
·      Pada menu Tools, Anda bisa pilih Ape (New Token Scanner). Biasanya, situs web PooCoinApp membutuhkan waktu untuk bisa menampilkan koin-koin baru yang akan segera listing di bursa kripto.
·      Selanjutnya, Anda bisa memilih dan menganalisa koin-koin baru yang akan listing mana saja yang ingin dianalisa lebih dalam.

Sebagai investor, Anda perlu berhati-hati dengan maraknya token penipuan yang baru diluncurkan. Tips aman membeli token baru yang akan listing adalah memperhatikan volume perdagangan dan likuiditas dari koin baru tersebut. Jika berdasarkan analisa Anda ditemukan bahwa ada koin baru yang tidak memiliki likuiditas, hal ini dapat menunjukkan bahwa koin tersebut bukanlah koin yang baik untuk dibeli. Anda bisa menganalisis koin baru yang akan segera listing di situs web PoinCoinApp dengan memperhatikan informasi likuiditas dan volume perdagangan dari koin tersebut.

Apakah PooCoin Layak untuk Dibeli di Tahun 2024?

PooCoin dikenal investor sebagai koin sampah karena merupakan koin yang memiliki market cap kecil dan tidak berharga. Setelah mencetak rekor harga tertingginya pada 12 Mei 2021, harga PooCoin terus turun hingga saat ini hanya diperdagangkan di bawah $1/koin.

Untuk mengetahui potensi PooCoin di masa mendatang, kita sebagai investor bisa mengevaluasi kinerja PooCoin melalui analisa fundamental dan teknikal. Anda bisa melakukan analisa fundamental PooCoin dengan meneliti beberapa aspek sebagai berikut. 

·      Proyek yang dikembangkan.
·      Komunitas.
·      Tim pengembang.
·      White Paper atau roadmap.
·      Faktor keamanan.

Sementara untuk analisa teknikal, Anda bisa memantau pergerakan harga PooCoin dengan menggunakan indikator teknikal seperti MA, RSI, dan Bollinger Bands. Selain itu, Anda juga tidak boleh melupakan bahwa masih ada faktor-faktor lain yang bisa mempengaruhi pergerakan harga PooCoin di masa mendatang yaitu sentimen pasar, regulasi, perkembangan teknologi, persaingan, dan tingkat supply dan demand.

Sejak diluncurkan pada 2021 lalu, proyek PooCoin mendapatkan perhatian yang besar di dunia crypto. Karena PooCoin bukan hanya sebagai aset crypto, melainkan PooCoin juga menyediakan platform analisis dan pelacakan data transaksi blockchain.

Inilah alasan mengapa PooCoin terlihat sangat menarik di mata investor di dunia crypto. Hal ini dikarenakan PooCoin bukan hanya sekedar meme coin yang dianggap sebagai lelucon,  tetapi PooCoin diluncurkan dengan maksud dan tujuan yang jelas yaitu memperbaiki keterbatasan DEX yang saat ini terdapat latensi yang berdampak signifikan pada kecepatan dan keandalan transaksi secara keseluruhan dibanding transaksi real-time.

PooCoin yang dianggap investor sebagai koin sampah, tentu masih menyimpan potensi keuntungan yang menggiurkan bagi investor di luar sana. Hal ini mengingat proyek PooCoin terlihat sangat menarik bagi kalangan investor dengan menyediakan analisis dan pelacakan data transaksi blockchain yang bisa digunakan investor yang ingin memburu cuan dari token-token baru yang akan segera listing di bursa kripto.

Mitrade adalah Pilihan Terbaik untuk Jual/Beli Aset Crypto

Memilih platform trading yang tepat adalah salah satu tips aman bagi Anda yang ingin berinvestasi kripto. Anda bisa memilih platform trading yang sudah berlisensi dan memiliki track record yang baik.

Ada banyak platform trading crypto yang bisa Anda pilih, salah satu platform trading crypto yang direkomendasikan adalah broker Mitrade. Mitrade adalah broker yang sudah mengantongi lisensi dari lembaga keuangan dunia seperti ASIC dan CIMA sehingga aman bagi trader yang ingin melakukan perdagangan cryptocurrency.

Selain cryptocurrency, broker Mitrade juga menyediakan instrumen trading lain seperti indeks, forex, komoditas, dan saham. Dengan minimal deposit $20, Anda sudah bisa melakukan trading di broker Mitrade dengan dilengkapi ratusan indikator teknikal, lebih dari 7 jenis chart, dan tersedia leverage besar hingga 1000x.

Demi menjaga dana nasabah tetap aman, broker Mitrade menyediakan rekening nasabah terpisah dan memberikan perlindungan saldo negatif bagi nasabah. Anda bisa memanfaatkan fitur kalender ekonomi, berita, dan analisa untuk mendapatkan gambaran terkini terkait kondisi market yang sedang terjadi yang disediakan gratis bagi investor yang bergabung dengan Mitrade.

iklan mitrade
iklan mitrade

Kesimpulan

PooCoin adalah termasuk meme coin yang memiliki market cap kecil dan dianggap sebagai koin sampah di dunia crypto. Namun, PooCoin bukan hanya bisa Anda perdagangkan di berbagai crypto exchange, tetapi PooCoin juga menyediakan platform analisis dan pelacakan data transaksi blockchain.

Bagi Anda yang ingin berburu cuan dari koin-koin baru yang akan segera listing di bursa kripto. Anda bisa menganalisanya terlebih dahulu di platform PooCoin agar tidak tertipu oleh proyek token penipuan yang marak terjadi.

Sebelum membeli PooCoin, pastikan bahwa Anda sudah melakukan analisis fundamental dan teknikal terlebih dahulu untuk mendapatkan gambaran potensi kenaikan dari meme coin ini di masa mendatang.

Disclaimer: Artikel mengenai PooCoin ini hanya ditulis untuk keperluan edukasi. PooCoin dan cryptocurrency lainnya adalah instrumen trading yang mengandung risiko sehingga investor perlu berhati-hati saat berinvestasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *