Apa Itu BSC
INVESTASI, BITCOIN

Mengenal Lebih Dalam Apa Itu BSC dan BSC Scan

BSC dan BSC scan adalah istilah yang kini sering terdengar di tengah komunitas kripto. Namun, banyak orang yang masih belum memahami apa itu BSC dan cara Kerjanya? apa itu BSC Scan dan cara menggunakannya? BSC Scan merupakan alat untuk melakukan pencarian blockchain yang ada pada Binance Smart Chain (BSC). Lalu apa itu BSC dan bagaimana cara menggunakan alat BSC Scan mencari informasi BSC? Berikut penjelasan lengkap mengenai BSC dan BSC Scan:

Apa Itu BSC?

BSC atau Binance Smart Chain adalah layanan blockchain yang memungkinkan pengembang untuk membangun aplikasi terdesentralisasi mereka sendiri menggunakan smart contract. 

Binance Smart Chain telah dirancang untuk menyediakan jenis transaksi cepat serta memperluas fitur yang tersedia. BSC juga kompatibel dengan Ethereum Virtual Machine (EVM). Dengan kata lain, BSC mampu menjalankan apps yang di-porting dari Ethereum.

Teknologi BSC juga kompatibel dengan Ethereum Virtual Machine, yakni teknologi penerjemah smart contract ke dalam instruksi yang terbaca oleh komputer. Selain itu, BSC juga berfungsi agar pengguna Binance bisa mengatur aset digitalnya dengan cara cross chain dan rendah delay. Dengan adanya BSC, ekosistem binance akan bekerja semakin cepat dan canggih.

Apa itu BSC?

Cara Kerja BSC

BSC Scan bekerja untuk menjalankan aplikasi berbasis smart kontrak, BSC berjalan parales dengan Binance Chain. Dengan kata lain, pengguna bisa mendapatkan kapasitas transaksi Binance Chain yang tinggi dan fungsionalitas smart contract dari BSC. 

Platform ini agar pengembang bisa membangun aplikasi terdesntrasisasi dan mengelola aset digital mereka secara lintan chains dengan kapasitas yang besar

Binance Smart Chain bekerja dengan menggunakan proof of stake sebagai algoritma konsensus sehingga BSC bisa mencapai tiga detik waktu blok. BSC juga bekerja dengan isste, Proof of Stake Authority, yang merupakan gabungan model bukti kepemilikan dan otoritas.

Dengan sistem tersebut, pengguna BSC network bisa melakukan staking dan menjadi validator. Setelah itu, mereka akan mendapatkan bagian dari biaya transaksi jika berhasil memvalidasi blok yang telah disetujui oleh jaringan.

Binance bekerja dengan dual chain sehingga pengguna bisa mentransfer aset dari satu rantai blockchain ke rantai blockchain lainnya. Dengan cara itu, Anda bisa melakukan trading crypto yang cepat di Binance Chain. 

BSC juga bisa menjadi platform pertukaran token BBSC Coin BEP 2 dan BEP 8 dari binance chain dengan token BEP 2- standar untuk BSC Wallet dan ekosistemnya. Proses pertukaran token dari satu chai ke chain lainnya bisa dilakukan dengan mudah. Anda juga bisa melakukan transaksi NFT melalui BSC. Jadi, Anda bisa menjual atau ,e,beli NFT di Bincance melalui BSC Wallet.

Apa Itu BSC Scan?

BSC Scan adalah BlockExplorer terkemuka untuk Binance Smart Chain (BSC). BlockExplorer adalah mesin pencari yang memungkinkan pengguna untuk dengan mudah mencari, mengkonfirmasi, dan memvalidasi transaksi yang telah terjadi di blockchain BSC. 

BSC Scan tidak didanai, dioperasikan, atau dikelola oleh pencipta BSC melainkan ada sebagai entitas independen. Blockchain BSC memiliki buku besar publik (seperti database terdesentralisasi) yang diindeks. BSC Scan dibuat agar semua transaksi di Blockchain bersifat transparan dengan mengindeks dan membuat semua transaksi dapat dicari di Blockchain BSC.

Pada intinya, Bsc Scan sangat mirip dengan mesin pencari blockchain yang memungkinkan kita untuk mencari alamat dompet, transaksi, smart contract, dengan menavigasi menu atau menggunakan bilah pencarian. Dengan adanya BSC Scan, kita juga lebih mudah untuk. ,mempelajari lebih lanjut tentang ekosistem Binance Smart Chain. 

Tampilan antarmuka visual oleh Bsc Scan sangat mirip dengan Etherscan, karena kedua layanan ini dibuat oleh tim yang sama. Bsc Scan tidak bertindak sebagai layanan wallet karena pengguna perlu mencari solusi eksternal untuk tujuan itu. Namun, Anda dapat menghubungkan wallet seperti MetaMask, Trust Wallet, dan lainnya, dengan akun Bsc Scan.

Dengan kata lain, BSC Scan bukan penyedia layanan wallet. Jadi, BSC Scan tidak memiliki kendali atas transaksi yang terjadi di jaringan BSC atau Binance Smart Chain.

Apa Itu BSC Scan?

Kegunaan BSC Scan

Bsc Scan mirip dengan Explorer di banyak Platform Blockchain lainnya. BSC scan berguna sebagai pemberi informasi waktu nyata tentang aktivitas blockchain termasuk informasi transaksi, pembuatan blok,  token, dan sejenisnya. Dengan kata lain, BSC scab dapat digunakan untuk: 

  • Mencari transaksi dan melacak kemajuannya.
  • Melihat blok yang paling baru ditambahkan ke blockchain.
  • Memeriksa saldo dompet dan setiap transaksi yang terjadi.
  • Mencari, membaca, dan berinteraksi dengan kontrak pintar yang telah dipasang di blockchain.
  • Menjelajahi ketersediaan token dan cryptocurrency lainnya.

Semua informasi ini tersedia tanpa harus mendaftar dan sepenuhnya gratis, BSC scan hanya menampilkan informasi.

Cara Melacak Transaksi di BSC Scan

Anda dapat memanfaatkan Bsc Scan untuk melacak transaksi tertentu di Binance Smart Chain. Ada beberapa metode yang tersedia di Bsc Scan bagi Anda untuk melacak transaksi. Berikut cara melacak transaksi di BSC Scan:

1. Lewat Kotak Pencari

Jika ingin melacak transaksi lewat kotak pencari, Anda hanya perlu memasukkan alamat wallet. Dari sana Anda dapat mengumpulkan semua informasi yang terkait dengan transaksi.

Saat memberikan informasi tentang alamat dompet, pengguna akan melihat saldonya berdasarkan nilai BNB – Binance Coin – dan USD. Bsc Scan mendukung saldo token BEP-20 dan ERC-721, yang dapat diakses pada menu “Token”.

Cara Melacak Transaksi di BSC Scan

2. Menggunakan Hash Transaksi

Cara paling umum untuk melacak transaksi melalui Bsc Scan adalah dengan menggunakan Hash Transaksinya. Hash adalah rangkaian huruf dan angka untuk melacak status transaksi Binance Smart Chain. Memasukkan Hash Transaksi ke Bsc Scan akan memberikan banyak informasi berguna, seperti:

  • Status transaksi: nantinya, sistem dalam BSC scan akan menginformasikan apakah transaksi Anda akan tertunda, berhasil, atau gagal.
  • Height blok: Informasi ini berfungsi sebagai pengidentifikasi jaringan yang  mengkonfirmasi kapan penambang mencatat transaksi di blockchain
  • Nilai transaksi: informasi ini akan ditampilkan dalam nilai BNB dan USD
  • Biaya transaksi: informasi ini representasi dari biaya yang diperlukan untuk menyelesaikan transaksi di Binance Smart Chain.
  • Catatan pribadi: pengirim dapat menyertakan pesan pribadi dengan transaksi mereka, yang dapat dilihat oleh pengguna BacAan setelah mereka masuk ke akun mereka.

Cara Memverifikasi dan Menerbitkan Kontrak di BSC Scan

Pengguna yang berinteraksi dengan kontrak pintar bisa mendapat manfaat dari verifikasi kode sumber. Bsc Scan akan mencocokkan kode yang dihasilkan dengan data yang ada di blockchain melalui pengiriman kode sumber. 

Nantinya, smart contract akan memberikan informasi tambahan tentang transaksi dan memungkinkan pengguna untuk mengaudit kode untuk memverifikasi transaksi secara independen. Berikut cara memverifikasi dan menerbitkan kontrak di BSC Scan: 

  1. Kontrak Anda harus sudah ditautkan di BNB Chain.
  2. Buka situs Verifikasi Kontrak, klik “Verifikasi dan Publikasikan”.
  3. Isi informasi kontrak Anda yang benar, termasuk Alamat Kontrak, Jenis Kompilator, Jenis Lisensi Sumber Terbuka.
  4. Masukkan Kode Kontrak Soliditas. Pilih “Ya” untuk Pengoptimalan, jika itu diaktifkan.
  5. Klik “Verifikasi dan Publikasikan” untuk menyelesaikan proses ini.

Menemukan Token di BSC

Ekosistem Binance Smart Chain mendukung tiga jenis token, yakni variasi asli BEP-20 dan varian ERC-721 dan ERC-1155 Ethereum. Pengguna dapat melacak token teratas, harga, volume, ukuran pasar, jumlah pemegang, dan jika aset tersebut kompatibel untuk token BEP-20. 

Sementara itu, BSC scan juga dapat mengoperasikan ERC-721 lintas rantai. Selain itu, beberapa proyek dapat melepaskan setengah dari token mereka di satu rantai dan setengahnya lagi di rantai lainnya. 

Bsc Scan dapat melacak lebih dari 31.358 kontrak token ERC-721 dengan menghadirkan skenario yang menarik. ERC-1155 adalah standar token yang terutama digunakan untuk NFT (Non-Fungible Tokens). Pengguna dapat melihat total 3.778 kontrak token ERC-1155.

Fitur Yang Disediakan BSC Scan

BSC Scan menyediakan beberapa fitur seperti berikut:


Verifikasi Kontrak
Fitur ini memungkinkan transparansi untuk semua pengguna yang berinteraksi dengan kontrak pintar atau smart contract. Anda cukup mengunggah kode sumber, dan Bsc Scan akan mencocokkan kode di Blockchain bersama dengan kode yang dikompilasi. Anda harus memasukkan alamat kontrak pintar dan kemudian memilih lisensi sumber terbuka dan kompiler untuk menyelesaikan proses validasi.

Dokumentasi API
Dokumentasi API akan memberdayakan pengembang dan memberi mereka akses langsung ke data penjelajah blok di Bsc Scan. Anda juga dapat mengaksesnya melalui permintaan POST atau GET.

Broadcast  TXN
Anda dapat menempatkan transaksi yang ditandatangani dalam format hex, dan Anda dapat menyiarkannya melalui Binance Network dengan bantuan fitur ini.

Byte ke Opcode
Fitur ini memberi Anda kesempatan untuk mengakses alat decoding online. Alat ini akan mendekode bytecode kontrak tingkat rendah menjadi opcode.

Pemeriksa Perbedaan Kontrak
Anda dapat membandingkan dua kontrak dengan Contract Diff Checker. Yang harus Anda lakukan adalah memasukkan alamat mereka.

Kompilator Online Vyper
Anda dapat mengkompilasi kode sumber di Vyper dan kemudian mendapatkan output sebagai bytecode, ABI, dan bytecode runtime.

Validator Dalam BSC

Tidak seperti kebanyakan blockchain proof-of-stake dimana node pengguna memvalidasi transaksi, Binance Smart Chain membutuhkan validator. Saat ini, ada 43 validator yang menunjukkan ada beberapa tingkat sentralisasi untuk ekosistem ini.

Validator juga memiliki hak suara, yang direpresentasikan melalui jumlah BNB yang dimiliki node mereka. Pengguna dapat melihat kapan validator aktif, yang nantinya digambarkan oleh header blok, dan blok terakhir yang mereka validasi di papan peringkat validator. 

Sementara itu, apan peringkat akan menunjukkan berapa banyak blok yang diproses validator dalam satu hari, minggu, dan bulan terakhir. Hal ini juga menyertakan informasi mengenai keaktifan validator di jaringan. 

Ada sekitar 21 validator teratas oleh BNB yang dipertaruhkan akan dipilih untuk menjadi validator aktif. Bsc Scan adalah validator terkemuka dan memegang hak suara tertinggi, dengan 745.525 BNB yang dipertaruhkan. Pemegang dapat mendelegasikan BNB mereka ke Bsc Scan dan mendapatkan 13,8% APR.

Validator Dalam BSC

Review Broker Mitrade

Mitrader adalah broker internasional yang sudah mendapatkan legalitas dari Australian Securities and Investments Commission (ASIC) dan  Cayman Islands Monetary Authority (CIMA). Selain itu, Mitrade juga telah memenangkan berbagai penghargaan bergengsi, salah satunya broker terbaik asia dalam ajang Forex Award. Dengan bergabung bersama Mitrade, Anda bisa mendapatkan akses ke berbagai produk keuangan seperti saham, indeks, crypto, forex, dan komoditas. Selain itu, Mitrade juga menyediakan akun demo gratis senilai US$ 50.000 agar Anda bisa berlatih trading dan ratusan indikator untuk membantu Anda melakukan analisis teknikal. Proses transaksi di Mitrade juga sangat mudah dan bisa dilakukan dari mana saja. Berikut cara transaksi di Mitrade:

  1. Buka laman resmi Mitrade. Anda juga bisa menggunakan aplikasi selulernya.
  2. Pilih menu “Create Account” yang ada di pojok kanan layar dan lakukan registrasi. 
  3. Mengunggah kartu identitas Anda untuk proses verifikasi data.
  4. Lakukan deposit dana melalui OVO, transfer virtual account, atau antar rekening, minimal deposit dana adalah US$ 50.
  5. Setelah deposit, pilih instrumen yang ingin Anda tradingkan.
  6. Lakukan open posisi sesuai dengan hasil analisis teknikal dan fundamental.
  7. Setelah target profit yang Anda harapkan tercapai, Anda bisa melakukan penarikan dana. 
mitrade -broker terbaik di indonesia

Kesimpulan

BSC Scan adalah mesin pencari yang memungkinkan pengguna untuk dengan mudah mencari, mengkonfirmasi, dan memvalidasi transaksi yang telah terjadi di blockchain Binance Smart Chain. BSC scan berfungsi untuk mencari dan melacak transaksi, melihat blok baru yang ditambahkan ke blockchain, memeriksa saldo wallet, serta berinteraksi dengan smart contract yang sudah dipasang. BSC Scan juga bisa digunakan untuk mencari informasi mengenai ketersediaan token dan cryptocurrency.

Disclaimer: Artikel ini ditulis untuk kepentingan edukasi, bukan rekomendasi trading. Semua informasi yang dituliskan berasal dari review sumber yang relevan dan meninjau langsung platform terkait.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *