Apa Itu BAT pada Cryptocurrency
INVESTASI, BITCOIN

Apa Itu BAT pada Cryptocurrency? Ini Pengertian dan Fungsinya

Teknologi keuangan atau biasanya disebut fintech memiliki peranan yang penting bagi ekosistem ekonomi digital global. Dimana, cryptocurrency adalah salah satu teknologi keuangan yang saat ini banyak digunakan oleh masyarakat luas.

Cryptocurrency bukan hanya banyak digunakan sebagai media trading ataupun investasi. Melainkan, cryptocurrency juga banyak dikembangkan dan digunakan sebagai metode pembayaran yang bisa diandalkan seperti BAT.  Basic Attention Token (BAT) adalah sebuah token yang khusus dikembangkan dan dirancang untuk memberikan solusi pembayaran pada bidang iklan online.

Bagi Anda yang belum tahu dan belum pernah mendengar apa itu BAT, bagaimana cara kerja BAT, dan bagaimana cara menggunakannya. Anda bisa simak informasi selengkapnya di artikel berikut ini.

Apa Itu BAT?

BAT adalah singkatan dari Basic Attention Token, dimana jenis cryptocurrency ini sebenarnya bukanlah hal yang baru di dunia cryptocurrency. Lantaran, BAT sudah diperkenalkan ke masyarakat sejak tahun 2017 namun memang jenis cryptocurrency ini masih kalah populer dibanding Bitcoin dan Ethereum.

Salah satu alasan mengapa BAT tidak sepopuler Bitcoin dan Ethereum adalah koin digital ini khusus dikembangkan dan digunakan pada ekosistem Brave browser.

Iklan online yang sering muncul ketika Anda membuka sebuah situs di browser, tentu terkadang membuat Anda tidak nyaman dan tidak betah berlama-lama di situs tersebut. Pengalaman pengguna inilah yang menjadi alasan mengapa Basic Attention Token (BAT) dikembangkan dan dapat digunakan untuk meningkatkan efisiensi pada biaya iklan dan mengatasi masalah privasi bagi pengguna.

Sebab, banyak iklan online yang ada di browser saat ini sama sekali tidak mementingkan masalah privasi pengguna. Bahkan, iklan online yang dipasang di browser hanya menguntungkan penyedia layanan iklan, namun sama sekali tidak menguntungkan pengguna yang melihat iklan online tersebut. Selain itu, iklan online yang muncul secara tiba-tiba sangat mengganggu kenyamanan dan privasi pengguna.

BAT adalah token berbasis ERC-20 yang dibangun pada blockchain ETH yang memiliki tujuan untuk meningkatkan efisiensi, keamanan, dan keadilan dalam hal pendistribusian iklan online dengan menggunakan blockchain lewat Brave browser.

Apa Itu BAT pada Cryptocurrency? Ini Pengertian dan Fungsinya

Mengenal Apa Itu Brave Browser

Brave browser bisa kita ibaratkan seperti Google Chrome yang biasa Anda gunakan untuk mencari segala informasi di internet. Brave browser adalah sebuah browser yang bersifat open source yang berpusat terhadap privasi pengguna dan dirancang untuk memblokir malware, cookie invasif, dan pelacak.

Sementara itu, Basic Attention Token (BAT) adalah token yang dikembangkan khusus untuk Brave browser. BAT dan Brave browser sama-sama dikembangkan oleh perusahaan Brave Software, dimana Brendan Eich dan Brian Bondy adalah pendiri dari Brave Software yang didirikan pada tahun 2015.

Kedua orang ini punya reputasi yang mentereng dalam dunia penelusuran web. Karena sama-sama punya pengalaman dalam mengembangkan salah satu browser terbesar di dunia yakni Mozilla Firefox.

Brave Software meluncurkan Brave browser versi pertama pada Januari 2016, lalu perusahaan ini juga mengembangkan dan meluncurkan Basic Attention Token (BAT) pada tahun 2017.

Tujuan utama Brave Software mengembangkan Brave browser dan BAT adalah untuk mengatur iklan online agar tidak sampai mengganggu privasi dan kenyamanan pengguna. Karena Brave browser memiliki fitur adblock otomatis yang terpasang pada aplikasi dan situsnya.

Selain memiliki perbedaan pada fitur pengaturan konten iklan dengan browser sejenis. Metode pembayaran yang digunakan di Brave browser juga berbeda dengan Google Chrome, jika Google Chrome masih menggunakan uang fiat bagi mereka yang ingin memasang iklan di browser.

Brave browser menerima pembayaran melalui cryptocurrency, dimana cryptocurrency yang dijadikan sebagai alat pembayaran adalah Basic Attention Token (BAT) yang memang merupakan token yang dikembangkan oleh perusahaan Brave Software itu sendiri.

BACA JUGA: Mengenal Apa Itu Mining Rig dan Cara Menggunakannya

 Cara Kerja Basic Attention Token (BAT) pada Brave Browser

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, walaupun terlihat sama namun Brave browser dan Google Chrome memiliki perbedaan yang bisa dilihat dari bagaimana cara browser tersebut mengelola bisnis iklannya.

Sebagai browser nomor satu di dunia, Google Chrome tentu memiliki jumlah pengguna yang sangat banyak dan hal ini tentu menjadi keuntungan bagi perusahaan yang ingin memasang iklan di Google Chrome.

Perusahaan yang ingin memasang iklan di Google Chrome akan membayar sejumlah biaya. Sementara itu, Google Chrome yang memiliki database pengguna yang sangat banyak akan menyediakan data pengguna kepada perusahaan tersebut. Perusahaan yang menggunakan layanan iklan milik Google Chrome bisa membuat iklan berdasarkan target audiens yang ingin dibidik (kata kunci, demografi, dan minat audiens).

Perusahaan atau pemasang iklan di Google Chrome bisa melakukan pembayaran dengan menggunakan aplikasi pembayaran online, transfer dana, kartu debit/kredit, dan penagihan bulanan.

Contohnya, jika Anda sedang mencari informasi mengenai hotel murah. Melalui pencairan Anda tersebut di Google Chrome, Anda akan menemukan banyak iklan hotel murah yang muncul. Bahkan, iklan hotel murah ini juga banyak muncul di beranda Instagram Anda.

Keuntungan hanya didapatkan oleh Google Chrome saja dari biaya iklan yang dibayarkan oleh perusahaan. Sedangkan, pengguna yang melihat iklan tersebut tidak mendapatkan reward apa-apa.

Hal ini berbeda ketika Anda menggunakan Brave browser, Anda bisa mematikan tayangan iklan di bagian pengaturan agar tidak melihat iklan sama sekali. Perusahaan yang ingin memasang iklan di Brave browser perlu membeli terlebih dahulu Basic Attention Token (BAT).

Kemudian, perusahaan perlu membayar iklan dengan menggunakan BAT. Dimana, biaya iklan yang sudah dibayarkan oleh perusahaan akan dibagi menjadi dua yakni 30% untuk Brave browser dan sisanya untuk pengguna yang melihat iklan yang ditayangkan.

Pada Brave browser, orang yang memasang iklan juga mendapatkan penghasilan tambahan. Semakin efisien konten yang konten kreator buat dan menghasilkan banyak atensi dari penonton. Pendapatan yang bisa diraih oleh konten kreator akan semakin besar pula yang berasal dari sebagian token BAT yang diberikan oleh pengguna yang melihat iklan tersebut.

Selain mendapatkan pendapatan dari konten yang dibuat, konten kreator juga mendapatkan hasil iklan yang lebih baik karena iklan yang dibuat tepat sasaran. Alhasil, Brave browser, konten kreator, dan pengguna sama-sama mendapatkan keuntungan dari iklan yang dibuat dan ditampilkan di browser, dan ditonton oleh pengguna tanpa memaksa pengguna untuk menonton iklan tersebut.

Pengguna Brave browser bisa mengatur berapa jumlah iklan yang ingin ditonton dan juga bisa mematikan iklan pada menu pengaturan agar tidak melihat iklan sama sekali saat menggunakan browser ini.

Cara kerja pemberian BAT kepada konten kreator seperti saweran, jika Anda suka dengan konten iklan yang dibuat oleh seorang konten kreator. Anda bisa membagikan sebagian BAT yang dimiliki kepada konten kreator tersebut agar mereka lebih semangat lagi dalam membuat konten-konten iklan selanjutnya.

Sementara itu, pengguna yang melihat tayangan iklan akan mendapatkan bayaran dengan menggunakan BAT.

Cara Menggunakan Basic Attention Token (BAT)

Dalam penggunaan BAT pada Brave browser, ada 2 pengguna yang perlu Anda ketahui yang bisa kita sebut sebagai konten kreator (pembuat iklan) dan pengguna (orang yang melihat iklan).

1.  User

Pada Brave browser, user atau pengguna bisa kita artikan sebagai orang yang melihat tayangan iklan di browser. Sebagai user, Anda bisa mendapatkan BAT dengan menonton iklan ataupun membeli token tersebut di crypto exchange legal dan terpercaya.

Ketika jumlah BAT yang sudah Anda kumpulkan dinilai cukup, barulah Anda bisa membagikan sebagian BAT yang dimiliki kepada konten kreator favorit Anda.

2.  Konten Kreator

Yang dimaksud dengan konten kreator adalah orang-orang yang membuat konten dan mempublikasikannya di sebuah platform. Konten kreator bisa mendapatkan BAT dengan syarat harus membuat akun Brave browser terlebih dahulu dan sudah terverifikasi.

Sebagai konten kreator di Brave browser, Anda bukan hanya bisa menghasilkan BAT dari YouTube. Melainkan, Anda juga menghasilkan BAT dari platform lainnya seperti Twitter, Twitch, bahkan website.

Setelah akun konten kreator Brave browser milik Anda sudah terverifikasi. Pelanggan setia website dan channel Anda sudah bisa mengirim BAT ke akun Anda. Konten kreator juga bisa menghasilkan BAT lebih banyak dengan mengirimkan kode referral aplikasi Brave browser kepada pengikut Anda.

Jika banyak pengikut Anda yang bergabung ke Brave browser melalui jalur referral, Anda akan mendapatkan tambahan BAT. Konten kreator di Brave browser bisa melihat segala pengaturan dan statistik tampilan melalui dashboard creator.

Untuk melihat jumlah BAT yang sudah dihasilkan, Anda bisa melihatnya dengan cara login ke akun konten kreator Brave browser. Lalu, Anda bisa klik ikon segitiga yang ada di bagian kanan atas pada browser.

Jumlah BAT yang Anda hasilkan nantinya bisa ditukarkan dengan cryptocurrency lainnya atau juga bisa ditukarkan dengan mata uang fiat.

Kelebihan dan Kekurangan Basic Attention Token (BAT)

Tujuan utama BAT dikembangkan adalah untuk mengganti sistem iklan online yang ada saat ini agar menjadi lebih aman dan nyaman bagi pengguna, dan lebih berfokus kepada privasi pengguna.

Walaupun begitu, pada penerapannya BAT juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu diketahui oleh pengguna.

1.  Kelebihan Basic Attention Token (BAT)

Memiliki Prinsip Anonimitas

Pada blockchain dan cryptocurrency, prinsip anonimitas adalah hal yang sangat dijunjung tinggi. Oleh karenanya, keamanan data pengguna selalu menjadi prioritas dalam dunia blockchain dan cryptocurrency.

Dengan memegang prinsip anonimitas, Basic Attention Token (BAT) selalu menjaga data diri pengguna agar tetap tertutup dan tidak disebarluaskan ke pihak ketiga tanpa izin dari pemilik data itu sendiri.

Dapat Digunakan untuk Memblokir Iklan

Selain memiliki prinsip anonimitas yang sangat baik bagi privasi pengguna. BAT juga dapat digunakan untuk memblokir iklan di beberapa situs sesuai dengan permintaan pengguna.

Tentu hal ini sangat berguna sekali bagi Anda yang sering merasa terganggu dengan kemunculan banyak iklan yang tidak relevan di website.

Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Selain Anda bisa mendapatkan BAT dengan membelinya langsung di crypto exchange terpercaya. Anda juga bisa mendapatkan BAT dengan menjadi pengguna atau konten kreator di Brave browser.

Jumlah BAT yang sudah dikumpulkan nantinya bisa Anda tukarkan dengan cryptocurrency lainnya dan juga bisa ditukarkan dengan mata uang fiat.

Konten kreator di Brave browser bisa mendapatkan tambahan BAT dari pengguna yang menonton konten iklan yang dibuat dan juga lewat program referral. Sedangkan, pengguna juga bisa menghasilkan BAT dengan cara menonton tayangan iklan yang dibuat oleh konten kreator.

Dapat Digunakan untuk Investasi dan Trading

Menurut Ripple Coin News, harga BAT pada tahun 2025 bisa mencapai $10. Prediksi harga BAT ini didorong oleh meningkatnya jumlah pengguna Brave browser di dunia.

Tercatat, jumlah pengguna aktif Brave browser pada Desember 2022 per bulan mencapai 55,45 juta pengguna dan browser ini juga memiliki lebih dari 1,7 juta konten kreator.

Dengan jumlah pengguna aktif sebanyak itu, hal ini tentu membuat investor optimis dengan kelangsungan bisnis Brave dan juga BAT yang menjadi bagian dari ekosistem Brave browser.

Kelebihan BAT sebagai token ERC-20 adalah penggunaannya yang mudah, punya likuiditas yang tinggi, dan keamanan yang terjaga karena memiliki prinsip anonimitas.

2.  Kekurangan Basic Attention Token (BAT)

Punya Pesaing Besar

Walaupun didukung dengan SDM yang mumpuni, namun skala bisnis Brave browser masih kalah jauh dibanding kompetitor bisnis lainnya seperti Google dan Mozilla. Hal ini bisa menjadi tantangan bagi bisnis Brave browser ke depan untuk terus berinovasi pada layanannya agar tetap diminati oleh masyarakat di luar sana.

Ancaman bisa datang dari kompetitor yang bisa membuat jumlah pengguna Brave browser menurun dan juga turut menurunkan jumlah transaksi BAT di platform tersebut.

BAT adalah Aset yang Tidak Stabil

Kekurangan cryptocurrency adalah harganya yang cenderung tidak stabil. Hal ini bukan berlaku untuk mata uang digital populer saja seperti BTC dan ETH, namun juga berlaku untuk semua koin digital yang ada saat ini termasuk Basic Attention Token (BAT).

Harganya yang cenderung tidak stabil menjadi tantangan tersendiri bagi pengguna dan konten kreator yang menerima pembayaran dengan BAT. Tentu berbeda halnya jika kamu menerima pembayaran dengan mata uang fiat sepert USD yang cenderung lebih stabil dibanding cryptocurrency.

Untuk mengurangi risiko dari turunnya harga BAT, Anda bisa langsung menukarkan BAT dengan stable coin yang memiliki nilai 1:1 dengan mata uang fiat seperti USDT.

Di Mana Investor atau Trader Bisa Mendapatkan BAT?

Bagi investor atau trader yang tertarik dengan prospek harga BAT, Anda bisa mendapatkan koin digital ini melalui beberapa cara berikut ini:

1.  Beli di Cryptocurrency ExchangeCara pertama untuk mendapatkan BAT adalah dengan membelinya langsung di cryptocurrency exchange. Namun Anda disarankan untuk tidak asal-asalan dalam memilih sebuah crypto exchange. Pilihlah crypto exchange legal dan terpercaya yang sudah memiliki izin dari regulator terkait agar Anda bisa melakukan transaksi jual-beli cryptocurrency secara aman.
2.  Menonton IklanSelain Anda bisa membeli BAT di crypto exchange legal dan terpercaya. Anda juga bisa mendapatkan BAT dengan menjadi pengguna di Brave browser. Untuk mendapatkan BAT, Anda bisa menonton iklan yang dibuat oleh konten kreator di Brave browser.
3.  Menjadi Konten KreatorSelain Anda dibayar dengan menggunakan BAT setelah menonton tayangan iklan di Brave browser. Anda juga bisa mendapatkan BAT dengan menjadi seorang konten kreator yang membuat iklan-iklan menarik bagi pengguna. Anda bisa dibayar oleh pengguna dengan menggunakan BAT, jika pengguna merasa konten iklan yang Anda buat bermanfaat dan menarik. 

Mitrade Adalah Broker Global Terpercaya yang Melayani Transaksi Jual-Beli Crypto

Selain menawarkan profit yang tinggi bagi investor ataupun trader. Anda juga perlu memahami bahwa investasi cryptocurrency memiliki risiko cukup besar.

Pertama, hal ini dikarenakan media pertukaran cryptocurrency hanya menggunakan kriptografi. Sehingga, investasi cryptocurrency tidak melibatkan adanya jaminan aset dari investasi yang ditanamkan.

Kedua, harga cryptocurrency yang cenderung tidak stabil yang membuat Anda bisa mengalami risiko kerugian sewaktu-waktu.

Ketiga, maraknya kasus broker ilegal yang seringkali menjerat para trader pemula saat ingin memulai trading karena mereka secara sembarang dalam memilih broker.

Untuk memulai trading atau investasi, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mempelajari dan memahami apa saja risiko investasi, memilih instrumen investasi, dan memilih platform investasi legal dan terpercaya yang sudah mengantongi izin dari regulator terkait.

Dalam hal ini, Mitrade adalah broker global yang sudah mengantongi izin dari ASIC dan CIMA. Dimana, investor atau trader bisa melakukan perdagangan cryptocurrency dengan aman karena Mitrade sudah menjalin kerjasama dengan bank segregated untuk memberikan perlindungan terhadap dana nasabah.

Anda bukan hanya bisa melakukan perdagangan cryptocurrency secara aman di Mitrade. Melainkan, Anda juga bisa melirik sejumlah instrumen keuangan lainnya yang tersedia di Mitrade seperti saham, indeks, forex, dan komoditas.

Investor atau trader bisa menjelajahi dunia investasi secara menyeluruh bersama Mitrade dengan modal investasi minimal $50. Dengan modal investasi sebesar itu, Anda bisa menikmati pengalaman trading kelas dunia dengan menggunakan ratusan indikator teknikal dan lebih dari 7 chart pattern yang bisa membantu investor saat menganalisa suatu aset.

 Kesimpulan

Basic Attention Token (BAT) adalah jenis cryptocurrency yang bisa Anda jadikan alternatif investasi, dimana prospek harga BAT cukup menjanjikan  jika kita lihat dari jumlah pengguna Brave browser secara bulanan yang bisa mencapai lebih dari 50 juta per Desember 2022.

Dalam penggunaanya, BAT memiliki keunggulan di antaranya; mudah untuk digunakan, punya likuiditas yang tinggi, dan memiliki keamanan data pengguna yang baik. Sementara itu, kekurangan utama dari BAT adalah harga yang cenderung tidak stabil sehingga dapat menimbulkan risiko kerugian bagi pemilik token tersebut.

Perlu Anda ingat cryptocurrency adalah aset investasi yang tidak stabil dan memiliki risiko yang cukup besar. Oleh karenanya, sebelum berharap cuan dari investasi cryptocurrency yang dilakukan. Anda perlu memahami terlebih dahulu apa saja risiko investasi cryptocurrency agar setiap investor dapat berinvestasi secara sadar dan bukan hanya ikut-ikutan tren saja.

Disclaimer: Artikel mengenai pengertian apa itu Basic Attention Token (BAT) ini ditulis dan diambil dari berbagai sumber dan hanya untuk edukasi saja, dan tidak bisa dijadikan panduan trading bagi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *