RPC BSC Metamask
BROKER, BITCOIN, INVESTASI

Penting untuk Pecinta Crypto, Pahami Cara Setting RPC BSC Metamask

RPC BSC Metamask adalah bagian tak terpisahkan saat Anda berinvestasi crypto. Namun, sebelum Anda mencoba untuk mensetting RPC BSC Metamask, Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa itu RPC BSC Metamask. Berikut ini akan dibahas secara detail mengenai apa itu RPC BSC Metamask dan cara menyettingnya:

Apa Itu RPC?

Dalam dunia cryptocurrency, RPC adalah singkatan dari remote procedure call yang bermakna panggilan prosedur jarak jauh. RPC adalah protokol yang memungkinkan dua komputer untuk berkomunikasi satu sama lain. RPC sering digunakan dalam sistem terdistribusi, di mana dua atau lebih komputer harus berkomunikasi untuk menyelesaikan suatu tugas. Dalam konteks cryptocurrency, RPC sering digunakan untuk merujuk pada cara dua atau lebih node dalam jaringan blockchain berkomunikasi satu sama lain.

Misalnya, saat transaksi dilakukan di blockchain, node dalam jaringan akan menggunakan RPC untuk berkomunikasi satu sama lain dan memverifikasi transaksi. Bisa dibilang, RPC merupakan cara dua komputer untuk berbicara satu sama lain. RPC adalah protokol populer untuk jaringan blockchain karena sangat efisien. RPC memungkinkan node untuk berkomunikasi satu sama lain tanpa harus mengirim banyak data bolak-balik.

Ini membuat RPC sangat cepat dan efisien, yang penting untuk jaringan blockchain yang perlu memproses banyak transaksi dengan cepat. RPC bukan satu-satunya protokol yang digunakan untuk jaringan blockchain, tetapi merupakan salah satu yang paling populer. RPC merupakan proses yang memungkinkan komunikasi antara sistem yang berbeda. Ini adalah protokol yang memungkinkan dua sistem untuk berkomunikasi satu sama lain untuk bertukar informasi.

RPC juga bisa diartikan sebagai protokol komunikasi perangkat lunak yang dapat digunakan satu program untuk meminta layanan dari program yang ada di komputer lain tanpa harus memahami bagaimana detail jaringan tersebut. RPC bisa Anda gunakan untuk memanggil proses lain melalui sistem jarak jauh. RPC bekerja dengan menggunakan model client server. Jadi, RPC bekerja dengan program yang meminta ditangguhkan sampai hasil prosedur jarak jauh bisa kembali.

RPC di Crypto adalah proses yang memungkinkan komunikasi antara sistem yang berbeda. Ini adalah protokol yang memungkinkan dua sistem untuk berkomunikasi satu sama lain untuk bertukar informasi. Dalam istilah blockchain, RPC adalah sekumpulan protokol yang memungkinkan klien (seperti Metamask) untuk berinteraksi dengan blockchain.

Kita memerlukan cara untuk mengakses server jaringan melalui opsi yang sesuai dan umum agar bisa berinteraksi dengan blockchain. Hal ini diperlukan agar kita bisa melakukan operasi seperti melihat saldo, membuat transaksi, atau berinteraksi dengan kontrak pintar. RPC akan memberi kita kemampuan untuk membuat koneksi itu dengan server.

Saat pengembang membuat aplikasi terdesentralisasi (dApp) dengan kemampuan RPC, pengguna akan dapat melakukan permintaan dan berinteraksi dengan blockchain. 

Penting untuk Pecinta Crypto, Pahami Cara Setting RPC BSC Metamask

Memahami Cara Kerja RPC

RPC kita butuhkan agar bisa berinteraksi dengan blockchain. Dengan  begitu, kita bisa melakukan berbagai operasi, seperti melihat saldo, membuat transaksi, atau berinteraksi dengan kontrak pintar. RPC memberi kita kemampuan untuk membuat koneksi itu dengan server.

Saat pengembang membuat aplikasi terdesentralisasi (dApp) dengan kemampuan RPC, pengguna akan dapat melakukan permintaan dan berinteraksi dengan blockchain. Misalnya, Saat Anda menggunakan pertukaran terdesentralisasi (DEX) dengan menghubungkan dompet, koneksi dan komunikasi Anda akan dialihkan melalui RPC. Hal ini dilakukan agar bisa berkomunikasi dengan server blockchain.

Anda harus membuat koneksi dengan node blockchain untuk mengakses dan mengambil data dari blockchain. Node adalah peserta jaringan yang menyimpan dan mengirimkan status terbaru dari blockchain. Pengguna yang ingin mengunduh data blockchain dapat melakukannya dengan menjalankan node mereka sendiri atau dengan menghubungkan ke node yang tersedia untuk umum melalui endpoint RPC. Mirip dengan alamat node, titik akhir RPC endpoint adalah URL tempat permintaan data blockchain dapat dibuat.

Prinsip yang sama yang berlaku untuk pemanggilan fungsi atau teknik pemrograman standar digunakan untuk mengkodekan semua RPC. Meskipun subrutin dirancang untuk eksekusi lokal atau jarak jauh, pengembang tetap menggunakan kode yang sama. Akibatnya, pemrogram tidak diharuskan menentukan lokasi pelaksanaan proses.

Ketika RPC digunakan, lingkungan panggilan ditangguhkan, parameter prosedur ditransfer melalui jaringan ke lingkungan tempat prosedur akan dijalankan, dan prosedur kemudian dijalankan di lingkungan tersebut. Saat prosedur selesai, hasilnya ditransfer kembali ke lingkungan pemanggilan, di mana eksekusi dilanjutkan seolah-olah kembali dari panggilan prosedur biasa. Selama RPC berjalan, maka terjadi proses berikut:

  1. Klien memanggil rintisan klien. Panggilan tersebut adalah panggilan prosedur lokal dengan parameter yang didorong ke tumpukan dengan cara normal.
  2. Kemudian rintisan klien membungkus parameter prosedur ke dalam pesan dan membuat panggilan sistem untuk pengiriman pesan. Kemudian akan terjadi proses pengepakan parameter prosedur yang disebut marshalling.
  3. OS lokal klien mengirimkan pesan dari mesin klien ke mesin server jarak jauh. Sementara itu, OS server akan meneruskan paket yang telah masuk ke rintisan server.
  4. Rintisan server membongkar parameter (unmarshalling) melalui pesan.
  5. Saat prosedur server selesai, ia kembali ke rintisan server untuk menyusun nilai kembalian ke dalam pesan. Kemudian, rintisan server akan menyerahkan pesan ke lapisan transport.
  6. Lapisan transport mengirimkan pesan yang dihasilkan kembali ke lapisan transport klien, yang mengembalikan pesan ke rintisan klien.
  7. Rintisan klien menghapus parameter pengembalian, dan eksekusi kembali ke pemanggil.

BACA JUGA: Mengenali Seluk Beluk Jaringan BSC Metamask dan Cara Menggunakannya

Keuntungan Menggunakan RPC

Menggunakan RPC saat berinvestasi crypto akan memberikan sejumlah keuntungan berikut:

Trading lebih sederhanaRPC menyederhanakan pembangunan dan pengintegrasian aplikasi, karena menyederhanakan kompleksitas yang mendasari protokol komunikasi dan topologi jaringan. Itu memudahkan dApps untuk membuat protokol aman untuk menyampaikan informasi. Kesederhanaan yang ditawarkan oleh node RPC penting bagi pengembang yang mengabaikan transmisi informasi dari dApps ke Blockchain.
InteroperabilitasRPC memungkinkan komunikasi antara aplikasi yang ditulis dalam bahasa pemrograman yang berbeda dan berjalan pada platform yang berbeda. Beberapa dompet dan layanan berinteraksi dengan banyak rantai dan layanan secara bersamaan. Dengan menggunakan node RPC, Anda dapat melakukan beberapa fungsi pada saat yang sama melalui berbagai jenis aplikasi dengan cepat.
SkalabilitasRPC memungkinkan aplikasi terdistribusi berskala besar di mana logika aplikasi dapat tersebar di beberapa sistem. Beberapa node RPC dapat digunakan untuk memastikan bahwa informasi diteruskan dan diproses dengan cepat untuk melakukan transaksi, menghubungkan dompet, atau mencari hash blok tertentu dengan lebih mudah.

Kekurangan Menggunakan RPC 

Menggunakan RPC dalam berinvestasi crypto juga memiliki beberapa kekurangan, seperti berikut:

Pemeliharaan yang tinggiMenggunakan RPC membutuhkan banyak perangkat keras khusus, termasuk banyak RAM. Meskipun RAM mungkin bukan masalah bagi sebagian besar komputer modern, menjalankan RPC membutuhkan lebih banyak ruang disk kosong.Ini karena peran node penuh melibatkan pengunduhan dan validasi transaksi. Node penuh juga dapat melebihi batas unggahan penyedia koneksi internet Anda, jadi koneksi tanpa meteran lebih disukai.
Memakan waktuProses menjalankan dan memelihara node blockchain dengan RPC melibatkan banyak masalah teknis, yang bisa sangat sulit dan memakan waktu. Dengan biaya yang besar, sering kali tampaknya bukan pilihan yang layak untuk membuat dan memelihara node blockchain sendiri.
Rawan pencurianMenggunakan RPC rentan dengan hacker atau pencurian. Sebab, hacker bisa menemukan backdoor menggunakan RPC node. Perangkat protokol ini juga memungkinkan pihak luar untuk berinteraksi dengan sistem blockchain. Hal ini bisa dimanfaatkan oleh hacker untuk menandatangani transaksi node menggunakan validator Axie DAO.

Komponen RPC Node

RPC memiliki beberapa komponen, seperti berikut:

👉ServerKomponen server menerima permintaan dari aplikasi klien dan menjalankan fungsi yang diminta.
👉KlienKomponen klien memulai RPC dan mengirimkan permintaan ke server.
👉Protokol KomunikasiRPC Node menggunakan protokol komunikasi seperti TCP/IP untuk mengaktifkan komunikasi antara komponen klien dan server.
👉Konfigurasi JaringanRPC Node memerlukan koneksi jaringan antara komponen klien dan server. Ini dapat dicapai melalui berbagai konfigurasi jaringan, termasuk jaringan area lokal (LAN), jaringan area luas (WAN), dan internet.
👉Pertimbangan KeamananKeamanan sangat penting saat menyiapkan Node RPC, karena memungkinkan komunikasi antara sistem dan aplikasi yang berbeda. Untuk memastikan keamanan RPC Node, disarankan untuk mengimplementasikan langkah-langkah seperti firewall, protokol komunikasi yang aman (mis., SSL/TLS), dan kontrol akses.
👉Pengelolaan node RPCUntuk memastikan Node RPC berfungsi dengan baik, penting untuk mengelola dan memeliharanya secara berkelanjutan. Ini termasuk memantau koneksi jaringan dan komponen server dan memastikan bahwa perangkat lunak yang diperlukan mutakhir. Komponen ini meningkatkan kebutuhan akan insinyur yang terampil dengan pelatihan teknologi Blockchain yang mengetahui cara kerja node Blockchain dan RPC.

Berbagai Penggunaan RPC

RPC bisa digunakan dalam berbagai skenario, yakni:

1. Aplikasi Terdistribusi

RPC Nodes dapat digunakan untuk membangun aplikasi berskala besar dan terdistribusi di mana logika aplikasi tersebar di beberapa sistem. Node RPC sangat membantu dalam membuat aplikasi dApps/Blockchain karena membantu dalam membuat antarmuka yang mulus antara aplikasi dan Blockchain yang ingin berinteraksi dengannya. Transmisi informasi dan keamanan yang mudah membantu pengembang membuat perubahan yang diperlukan jika terjadi masalah teknis.

2. Integrasi Sistem Warisan dan Sistem Multi-Rantai

RPC Nodes dapat mengintegrasikan sistem lama dengan aplikasi baru, memungkinkan komunikasi antar sistem yang menggunakan protokol dan teknologi berbeda. Node RPC juga memungkinkan dompet dengan preferensi multi-rantai untuk membuat antarmuka interaktif. Di mana banyak node dapat berinteraksi dengan rantai yang berbeda, informasi dapat dipertukarkan melalui jaringan yang berbeda.

3. Layanan Mikro

RPC Nodes dapat digunakan untuk membangun aplikasi berbasis layanan mikro, di mana setiap layanan mikro bertanggung jawab atas aspek tertentu dari logika aplikasi. Ini berguna untuk menyiapkan aplikasi kecil yang melakukan tindakan tertentu seperti mengirim koin crypto atau menukar koin melalui layanan yang berbeda.

4. Memproses Blok Data Besar

Anda dapat menjalankan beberapa panggilan dan permintaan untuk mencari informasi di Blockchain menggunakan node RPC. Ini bisa termasuk menemukan blok tertentu untuk mengenkripsi dompet yang ada di dAp

Mengapa RPC Penting untuk Blockchain?

Penggunaan node RPC memudahkan pengembang serta pelanggan untuk membuat dan menggunakan dApps. Ini memberi pelanggan opsi standar untuk berinteraksi dengan server jaringan dan Blockchain untuk mengakses informasi yang mereka butuhkan untuk melakukan tindakan atau melakukan transaksi melalui dompet yang berbeda.

Misalnya, ketika Anda menghubungkan dompet crypto Anda dengan aplikasi Blockchain, informasi yang diperlukan akan dialihkan ke sana tanpa mengungkapkan detail yang tidak perlu melalui node RPC. Untuk menyusun node RPC membutuhkan keterampilan dan kesabaran, dan dengan meningkatnya minat bisnis dan perusahaan dalam crypto, permintaan akan profesional dengan pelatihan Web3 terus meningkat.

RPC menguntungkan karena memungkinkan pengembang untuk membagi program dan dApps menjadi beberapa komponen. Kita dapat memisahkan logika dari presentasi karena komponen ini dapat beroperasi secara independen satu sama lain. Oleh karena itu, ketika datang ke aplikasi web, adalah mungkin untuk memisahkan bagian depan dari aplikasi yang sebenarnya. Salah satu manfaatnya adalah keamanan dapat ditingkatkan karena fungsi panggilan adalah satu-satunya cara untuk mengakses data secara langsung.

Cara Setting RPC BSC Metamask

Metamask adalah salah satu dompet crypto yang populer digunakan. Sebelum mengatur RPC Metamas, kita harus melakukan pengaturan pada jaringan BSC. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mengaktifkan VPN atau mensetting DNS terlebih dahulu. Setelah itu, kita bisa setting RPC BSC Metamask dengan cara berikut:

  1. Buka dompet Metamask yang Anda miliki.
  2. Di bagian Menu (ikon garis tiga), pilih bagian pengaturan.
  3. Kemudian pilih menu jaringan dan beralih ke bagian tambahkan jaringan.
  4. Kemudian akan muncul bagian kolom data yang harus Anda isi. Untuk pengisian RPC BSC Metamask, biasanya Anda diminta untuk menuliskan nama jaringan, url jaringan, ID rantai, simbol, URL Block Blocker. Untuk bagian nama jaringan, tuliskan “Smart Chain”. Di bagian RPC Url, isikan https://bsc-dataseed.binance.org. Sedangkan di bagian ChainID tuliskan “56”. Untuk symbol, tuliskan “BNB”. lalu di bagian Block explorer URL, jelaskan https://bscscan.com. Setelah mengisi semua data tersebut, Anda bisa mengklik tambah.

Setiap menggunakan dompet Metamask, Anda harus mengaktifkan VPN terlebih dahulu. Setelah Metamask selesai digunakan, Anda bisa mematikan VPN.

Review Broker Internasional Mitrade

Untuk berinvestasi dengan aman dan mudah, Anda bisa bergabung bersama broker Mitrade. Tak hanya berinvestasi crypto, Mitrade juga menyediakan saham, forex, index, dan komoditas. Trading atau investasi bersama Mitrade dijamin aman karena sudah mendapatkan pengawasan dari Investments Commission (ASIC) dan Cayman islands monetary authority (CIMA). Uang klien seluruhnya juga disimpan dalam bank segregated sehingga terjamin keamanannya.

Investasi bersama Mitrade juga mudah karena platform trading Mitrade disesuaikan dengan kebutuhan klien. Hanya dengan bermodal deposit US$ 50 saja, Anda sudah bisa bertransaksi bersama Mitrade. Tersedia pula leverage hingga 1000x yang akan meringankan Anda saat bertransaksi. Apalagi, platform trading Mitrade dilengkapi dengan ratusan indikator yang memudahkan Anda dalam melakukan analisis.

Buka akun di Mitrade tidak memakan banyak waktu dan tenaga. Hanya dalam hitungan menit, Anda sudah bisa melakukan registrasi. Proses registrasi Mitrade hanya membutuhkan foto kartu identitas dan rekening koran yang masih berlaku. Bersama Mitrade, trading menjadi lebih mudah dan hemat waktu.

mitrade -broker terbaik di indonesia

Kesimpulan

RPC BSC Metamask adalah komponen perangkat lunak yang memungkinkan komunikasi antara aplikasi, sistem, dan layanan. Ini bertindak sebagai media bagi aplikasi untuk memanggil prosedur atau fungsi pada sistem jarak jauh seolah-olah itu lokal. RPC dapat menyederhanakan proses membangun dan mengintegrasikan aplikasi, membuat penambahan fitur dan fungsi baru menjadi lebih mudah. Dalam dunia cryptocurrency, RPC adalah singkatan dari remote procedure call yang bermakna panggilan prosedur jarak jauh. RPC adalah protokol yang memungkinkan dua komputer untuk berkomunikasi satu sama lain. RPC sering digunakan dalam sistem terdistribusi, di mana dua atau lebih komputer harus berkomunikasi untuk menyelesaikan suatu tugas. Dalam konteks cryptocurrency, RPC sering digunakan untuk merujuk pada cara dua atau lebih node dalam jaringan blockchain berkomunikasi satu sama lain. Dengan munculnya dApps, ini adalah kesempatan bagus untuk menggunakan keahlian Anda dan mendapatkan pekerjaan yang bagus. Ini karena dApps penting untuk memelihara dan menjalankan node RPC secara teratur untuk mengimbangi basis pengguna yang terus meningkat. Kunci untuk berhasil menggunakan RPC adalah memahami arsitektur dan komponennya serta menyiapkan dan menggunakannya. Mengikuti langkah-langkah yang diuraikan dalam panduan ini, Anda dapat menyiapkan RPC dan menggunakannya untuk membuat aplikasi yang tangguh dan dapat diskalakan. 

Disclaimer: Penulisan artikel mengenai RPC BSC Metamask ini hanya untuk edukasi dan tidak bisa Anda gunakan sebagai panduan utama dalam trading atau berinvestasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *